Logo Bee Web

Perdagangan Internasional: Pengertian, Dampak dan Manfaatnya

Perdagangan internasional adalah transaksi jual beli yang dilakukan oleh antar negara dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 26 April 2023

Apa itu perdagangan internasional? Aktivitas transaksi jual beli yang dilakukan dalam skala internasional, dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba. Transaksi ini bisa juga disebut dengan aktivitas impor dan ekspor.

Kegiatan ini tentu saja sangat menguntungkan karena pemasaran juga semakin luas dan tidak terbatas. Dalam kegiatan ini banyak yang terlibat didalamnya. Mari mengenal lebih dalam apa itu international trade atau perdagangan internasional pada artikel di bawah ini:

Apa yang Dimaksud Perdagangan Internasional?

International trade atau perdagangan internasional adalah kegiatan transaksi jual beli barang atau jasa antar negara untuk mendapatkan keuntungan. Istilah peradangan ini dibedakan menjadi dua kelompok yakni ekspor dan impor.

Ekspor sendiri adalah kegiatan perdagangan barang atau jasa dari satu negara ke negara luar, contohnya produk Indonesia dikirimkan ke negara lainnya. Sedangkan impor adalah kebalikan dari ekspor, yakni kegiatan perdagangan barang atau jasa dari luar negeri ke dalam negeri, contohnya Indonesia membeli produk dari negara lain.

Apa Itu Perdagangan Internasional

Dari perdagangan internasional tersebut, terbentuklah hubungan ekonomi antar negara (Credit: Freepik)

Adapun beberapa pengertian dari para ahli adalah sebagai berikut:

Menurut Febrianti dkk (2020), perdagangan internasional adalah bentuk dari perpanjangan produksi, pertukaran serta konsumsi, yang merupakan elemen dasar kehidupan. Produsen dan konsumen yang terlibat dalam perdagangan ini berasal dari negara-negara yang berbeda.

Pendapat hampir saja juga dijelaskan oleh Edi Supardi (2021) yang menjelaskan bahwa perdagangan internasional adalah kegiatan ekonomi dan perdagangan antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain dengan persetujuan bersama.

Dan terakhir ada pendapat Eddie Rinaldy dkk. (2020), perdagangan internasional adalah hubungan perdagangan antara dua negara yang berbeda, banyak dilakukan dalam bentuk ekspor dan impor.

Ciri – Ciri Perdagangan Internasional

Transaksi perdagangan internasional trade memiliki beberapa karakteristik khusus yang membedakan dengan jenis perdagangan lainnya, yakni:

  • Pihak penjual dan pembeli tidak saling bertemu
  • Dikenalkan melalui media promosi dari negara masing-masing
  • Harga barang atau komoditas yang akan dijual sudah ditentukan oleh kesepakatan internasional atau bargain position dari masing-masing pihak.
  • Pelaku usaha harus memenuhi syarat dan ketentuan tertentu, khususnya pengusaha di Indonesia.
  • Negara berperan cukup banyak dalam perdagangan ini, baik dalam urusan pajak atau perlindungan pengusaha.
  • Memiliki hukum yang telah mengatur setiap transaksi perdagangan internasional.
  • Transaksi menggunakan bahasa internasional
  • Mata uang menggunakan mata uang terkuat, seperti Dolar AS atau Dolar Singapura. Dst.

Bentuk - Bentuk Perdagangan Internasional

Selain memiliki karakteristik khusus, perdagangan ini juga dibedakan menjadi beberapa bentuk berdasarkan negara partisipannya, yakni’

1. Perdagangan Internasional Bilateral

Bentuk perdagangan internasional bilateral adalah sebuah kerja sama perdagangan yang dilakukan oleh dua negara yang berbeda, dengan harapan dan tujuan mendapatkan keuntungan ekonomi masing-masing. Hal ini bisa dicontohkan dengan hubungan ekonomi antara negara Indonesia dengan negara Jepang.

2. Perdagangan Internasional Regional

Kemudian, perdagangan internasional regional adalah kegiatan transaksi jual beli yang dilakukan oleh negara yang berbeda namun masih dalam satu kawasan tertentu, seperti ASEAN. Tujuannya pun hampir sama dengan bentuk perdagangan lainnya yakni mendapatkan keuntungan ekonomi negara masing-masing.

3. Perdagangan Internasional Multilateral

Terakhir ada perdagangan internasional multilateral yakni sebuah bentuk kerja sama perdagangan yang dilakukan oleh negara yang berbeda tanpa adanya batasan tertentu. Cakupan memasarkan bentuk perdagangan multilateral jauh lebih luas dibandingkan dengan bentuk perdagangan lainnya.

Contoh dari perdagangan multilateral yang ada adalah AFTA atau ASEAN Free Trade Area yang dilakukan oleh negara-negara di kawasan Asia tenggara, termasuk Indonesia.

Faktor Pendorong Adanya Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional timbul karena adanya beberapa faktor pendorong, diantaranya sebagai berikut:

1. Pasar Bebas

Faktor pertama yang menyebabkan timbulnya perdagangan ini adalah adanya pasar bebas. Dimana liberalisme sudah ditanamkan dalam sistem perdagangan ini. Siapa saja berhak memperluas pasar dan penjualan produk barang dan jasa lintas negara.

Pengertian Pasar Monopoli

Pedagang dan pembeli yang mengatur penuh segala sesuatu terkait transaksi mereka

Adanya pasar bebas ini juga dibutuhkan kerja sama antar negara untuk menambah peluang meningkatnya keuntungan negara. Dari sinilah para individu atau kelompok saling berlomba untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan mereka.

2. Perbedaan Geografis

Faktor pendorong kedua adalah adanya perbedaan kondisi geografis, sudah menjadi pengetahuan umum jika setiap negara memiliki kondisi geografis yang beda yang juga menjadikan adanya perbedaan sumber daya alam.

Contohnya Indonesia negara beriklim tropis memiliki tumbuhan rempah yang melimpah berbeda dengan negara Eropa yang kondisi geografisnya tidak memungkinkan untuk budidaya rempah. Sehingga, Indonesia menjadi negara yang menjual belikan komoditas rempah pada negara di kawasan Eropa tersebut.

Berikutnya adalah perkembangan teknologi, yang memudahkan setiap individu dalam melakukan komunikasi tanpa batasan wilayah dan waktu, siapa saja dan dimana saja mereka yang ingin melakukan komunikasi bisa melakukan seketika itu saja asalkan memiliki kontak yang akan dihubungi.

Informasi yang disampaikan juga mudah tersebar dalam waktu sepersekian detik saja, menjadikan para pengusaha memanfaatkan peluang ini dan berlomba-lomba meningkatkan produksi dan penjualan melalui perdagangan internasional.

3. Perbedaan Pertumbuhan Teknologi dan Perkembangannya

Berikutnya masih tentang perbedaan, jika sebelumnya adalah perbedaan tentang kondisi geografis kali ini adalah perbedaan dalam pertumbuhan dan perkembangan teknologi. Meskipun sebagian besar negara di Dunia ini sudah mengalami perkembangan namun dalam segi pertumbuhan bisa dikatakan berbeda.

Perbedaan teknologi ini akan menjadikan negara penghasil barang mentah melakukan kegiatan ekspor pada negara yang bisa mengolahnya menjadi teknologi dan sebaliknya.

Manfaat Perdagangan Internasional

Adanya perdagangan ini menimbulkan banyak sekali manfaat bagi pebisnis maupun negara, berikut diantaranya:

  • Perdagangan skala internasional bisa memperluas pasar perdagangan
  • Dengan pasar yang semakin luas maka potensi penjualan meningkat semakin kuat.
  • Meningkatkan keuntungan penjualan baik bagi bisnis maupun negara.
  • Membuka peluang transfer teknologi yang akan memudahkan operasional bisnis.
  • Membuka lapangan pekerjaan dan lain sebagainya.

Kekurangan Perdagangan Internasional

Selain menimbulkan banyak manfaat, perdagangan ini juga memiliki beberapa kekurangan, yakni:

  • Persaingan bisnis semakin ketat
  • Industri kecil berpotensi kalah bersaing
  • Produk lokal berpotensi mengalami penurunan penjualan
  • Bergantung pada negara maju yang memberikan fasilitas teknologi dan sejenisnya.
  • Memunculkan eksploitasi sumber daya alam juga sumber daya manusia
  • Menimbulkan adanya penjajahan ekonomi dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Perdagangan internasional adalah transaksi jual beli yang dilakukan oleh antar negara dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Dalam aktivitas perdagangan ini ada beberapa manfaat juga kekurangannya.

Manfaat dari perdagangan ini meliputi memperluas pasar yang berpotensi meningkatkan penjualan dan keuntungan juga pendapatan negara. Namun sayangnya perdagangan internasional ini juga berpotensi untuk menjadikan bisnis kecil kalah bersaing karena persaingan pasar yang semakin ketat.

Oleh sebab itu, setiap pebisnis perlu melakukan inovasi dan scale up secara berkala agar bisnisnya terus berkembang dan tidak kalah saing dengan persidangan kompetitor yang tidak ada kini sudah tidak ada batasnya. Buat bisnis seunik mungkin dan perkuat manajemennya agar pengelolaan dan penyusunan rencana bisa dilakukan dengan lebih matang.

Dalam perdagangan, software akuntansi Beecloud dapat membantu pebisnis mengatur pengeluaran, memantau pembayaran tagihan, dan mempercepat proses pembayaran. Jadi secara keseluruhan, software akuntansi memberikan manfaat yang sangat penting bagi berbagai jenis kegiatan perdagangan

Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi online ini sangat dianjurkan agar dapat meminimalisir kerugian finansial dan meningkatkan keuntungan secara efektif.

Beecloud Untuk Pantau Cash Flow Dan Pengambilan Keputusan

 

 

Coba gratis Beecloud, klik gambar di atas

Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh
Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang
Baca Juga
Aplikasi Penjualan Barang untuk Pengusaha Banyak Cabang
Untuk saat ini, dunia bisnis memang sudah sangat jauh berkembang. Apalagi dengan adanya sebuah teknologi yang dapat memudahkan kegiatan berbisnis.
Baca Juga
Aplikasi Kwitansi Digital untuk Usaha Online Shop
Aplikasi kwitansi digital digunakan untuk membuat kwitansi yang merupakan salah satu tanda bukti dari melakukan pembayaran jual-beli yang sah menurut
Baca Juga
Fraud Adalah Penipuan dalam Bisnis, Mari Ketahui Faktornya!
Fraud adalah tindakan merugikan yang dilakukan untuk bisa mengambil keuntungan dengan cara tidak baik atau curang. Ada beberapa contoh fraud,
Baca Juga
Toko Kelontong: Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia
"Budi tolongin ibu beli telur setengah kilo sama gula sekilo ya di toko kelontong bu Ira" kata Ibu. Masih ingatkah
Baca Juga
Cara Meningkatkan Revenue Stream untuk Mengembangkan Bisnis
Ketika Anda menjalankan bisnis, memahami apa itu revenue stream sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Revenue stream adalah cara mengukur aliran
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu