Logo Bee Web

8 Contoh CSR Perusahaan dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep di mana perusahaan secara aktif berkontribusi terhadap sosial, lingkungan, dan ekonomi.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 26 July 2023

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep di mana perusahaan secara aktif berkontribusi terhadap pembangunan sosial, lingkungan, dan ekonomi di sekitarnya. CSR perusahaan telah menjadi faktor penting dalam strategi bisnis modern.

Di mana perusahaan mengambil tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagai bagian integral dari operasional mereka. Di Indonesia sendiri CSR telah diatur dalam Undang - Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT)

Contoh CSR Perusahaan Ternama di Dunia

Berikut ini beberapa contoh program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh beberapa perusahaan ternama:

1. The Coca-Cola Company: Program Air Murni

Perusahaan pertama adalah The Coca-Cola Company. mereka memiliki program CSR yang berfokus pada akses air bersih dan sanitasi. Perusahaan ini berkomitmen untuk memperbaiki akses terhadap air bersih bagi komunitas yang membutuhkannya.

Melalui inisiatif "Air Murni", Coca-Cola membangun dan memelihara infrastruktur air bersih, seperti sumur dan sistem penyaringan air di berbagai negara yang mengalami kekurangan air bersih.

2. Unilever: Program Pembangunan Berkelanjutan

Selanjutnya adalah perusahaan Unilever, Unilever sendiri merupakan perusahaan konsumen global yang telah mengintegrasikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam operasionalnya.

Dengan program CSR mereka, Unilever berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan mereka dan meningkatkan kesejahteraan sosial. Mereka berfokus pada tujuan besar.

Contohnya seperti mengurangi limbah plastik, meningkatkan akses ke sanitasi, dan memperbaiki kesejahteraan petani yang menjadi mitra mereka.

3. Patagonia: Kampanye Perlindungan Lingkungan

Contoh CSR perusahaan selanjutnya adalah Patagonia, sebuah merek pakaian luar ruang yang terkenal, memiliki komitmen yang kuat terhadap perlindungan lingkungan. Perusahaan ini tidak hanya menghasilkan produk yang bertanggung jawab secara lingkungan.

Apa Itu Csr

CSR adalah kegiatan perusahaan yang memiliki tanggung jawab secara sosial kepada masyarakat (Credit: Freepik)

Tetapi juga terlibat dalam kampanye dan inisiatif perlindungan alam. Mereka secara aktif mendukung pelestarian tanah dan air, serta membangun kesadaran masyarakat tentang isu-isu lingkungan.

4. Microsoft: Inklusi Digital

Berikutnya adalah Microsoft dengan program Induksi digital miliknya, dimana Microsoft telah menunjukkan komitmennya terhadap inklusi digital melalui program CSR mereka.

Perusahaan ini bekerja sama dengan lembaga pemerintah dan organisasi nirlaba untuk memberikan akses pendidikan teknologi kepada mereka yang tidak mampu.

Mereka meluncurkan program pelatihan teknologi dan memberikan akses ke perangkat dan sumber daya digital kepada komunitas yang terpinggirkan.

5. Google: Inisiatif Energi Bersih

Google telah berinvestasi dalam inisiatif energi bersih sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap lingkungan. Perusahaan ini berusaha untuk menggunakan sumber energi terbarukan dan mengurangi jejak karbon mereka.

Perusahaan mereka telah secara khusus mengalokasikan dana untuk proyek energi terbarukan, seperti pembangunan pembangkit listrik surya dan angin, serta mendukung inisiatif penelitian dan pengembangan teknologi energi bersih.

6. IKEA: Program Daur Ulang

Contoh CSR perusahaan berikutnya adalah IKEA, perusahaan furniture global, telah berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan melalui program CSR mereka yang berfokus pada daur ulang dan pengurangan limbah.

Dalam hal ini mereka mencoba untuk mendorong pelanggan untuk mendaur ulang produk IKEA yang tidak lagi digunakan melalui program buyback dan pengembalian produk. Selain itu, IKEA juga menggunakan bahan ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam produksi furniture mereka.

7. Procter & Gamble: Program Kesehatan dan Kebersihan

Selanjutnya adalah perusahaan Procter & Gamble (P&G) telah mengambil inisiatif CSR dalam bentuk program kesehatan dan kebersihan.

Mereka konsisten dan berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap air bersih, sanitasi, dan produk kebersihan. P&G juga terlibat dalam kampanye edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dan kebiasaan hidup sehat.

8. AQUA: Program CSR Perusahaan Pendampingan Masyarakat

AQUA, sebagai perusahaan produsen air minum dalam kemasan terbesar di Indonesia, memiliki program CSR yang fokus pada akses air bersih dan sanitasi serta pendidikan dan literasi air.

Relawan Csr

sebelumnya relawan akan diberikan pembekalan melalui sesi sharing (Credit: Freepik)

Melalui program-program ini, AQUA berupaya meningkatkan akses terhadap air bersih, membangun sumur dan sarana sanitasi, serta memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan sanitasi. Selain itu, AQUA juga berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat tentang sumber daya air dan keberlanjutan lingkungan.

Manfaat Program CSR Bagi Perusahaan

Program Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan, selain kepada masyarakat sekitar. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama program CSR bagi perusahaan:

1. Program CSR Perusahaan Meningkatkan Reputasi dan Citra Perusahaan

Perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan dianggap sebagai perusahaan yang peduli dan berkontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Reputasi yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan, serta meningkatkan daya tarik perusahaan bagi calon karyawan dan mitra bisnis.

2. Peningkatan Keterlibatan Karyawan

Manfaat selanjutnya dari program CSR adalah dapat memberikan kesempatan bagi karyawan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan sosial dan lingkungan.

Hal ini dapat meningkatkan rasa keterikatan karyawan terhadap perusahaan, meningkatkan kepuasan kerja, dan membangun semangat kerja yang positif.

Dimana karyawan yang terlibat dalam program CSR juga merasa bangga menjadi bagian dari perusahaan yang memiliki tujuan yang lebih besar daripada sekadar keuntungan finansial.

3. Meningkatkan Inovasi dan Keunggulan Kompetitif

Selanjutnya, melalui program CSR dapat mendorong perusahaan untuk berinovasi dalam mengembangkan solusi yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Menghadapi tantangan sosial dan lingkungan dalam program CSR dapat memicu kreativitas dan inovasi yang membantu perusahaan untuk menjadi lebih efisien, memperoleh keunggulan kompetitif, dan beradaptasi dengan perubahan pasar.

4. Peningkatan Akses ke Sumber Daya dan Modal

Perusahaan yang memiliki komitmen CSR yang kuat cenderung lebih menarik bagi para pemodal dan pemberi pinjaman. Investasi dan pendanaan yang berkelanjutan seringkali diberikan kepada perusahaan yang memiliki rekam jejak yang baik dalam hal tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Program CSR yang sukses dapat membantu perusahaan mendapatkan akses lebih mudah ke sumber daya dan modal yang diperlukan untuk pertumbuhan dan ekspansi.

5. Pengurangan Risiko dan Konsekuensi Negatif

Dengan mengimplementasikan program CSR, perusahaan dapat mengurangi risiko hukum, operasional, dan reputasi. Dalam menjalankan bisnis, perusahaan harus mematuhi regulasi dan standar lingkungan, sosial, dan etika yang berlaku.

Dimana dengan memperhatikan tanggung jawab sosial dan lingkungan, perusahaan dapat mengurangi risiko denda, sanksi hukum, gugatan, atau kerusakan reputasi yang dapat timbul akibat pelanggaran terhadap norma-norma yang berlaku.

Kesimpulan

Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi bagian integral dari banyak perusahaan di seluruh dunia. Contoh-contoh CSR perusahaan yang disebutkan di atas mencakup berbagai sektor industri dan menunjukkan berbagai komitmen perusahaan terhadap isu-isu sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Dimana Program CSR memiliki manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Selain meningkatkan reputasi dan citra perusahaan, program CSR perusahaan juga dapat meningkatkan keterlibatan karyawan, mendorong inovasi, dan memberikan keunggulan kompetitif.

Beecloud Untuk Catat Keluar Masuk Uang Bisnis

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi Beecloud untuk mengelola dan manajemen keuangan bisnis, bisa memantau arus kas, sehingga bisa diketahui dan dianalisa secara jelas. Kondisi keuangan perusahaan pun sehat dan transparan.

Selain itu, Beecloud juga memiliki banyak fitur lainnya seperti invoice, manajemen gudang barang, hingga laporan akuntansi otomatis dari neraca hingga laba rugi. Segera dapatkan kemudahan dalam bisnis pakai Beecloud. Coba gratis Beecloud sekarang

FIFO Adalah Metode Manajemen Persedian, Begini Cara Kerjanya
Metode FIFO adalah salah satu konsep yang sangat penting dalam dunia bisnis, terutama dalam manajemen persediaan barang. Dalam artikel ini,
Baca Juga
General Ledger, Bukti Akurat Detail Keuangan Perusahaan
Tahukah Anda mengapa banyak tempat usaha kecil bisa berkembang menjadi kelas menengah hingga besar tetapi perusahaan besar berbalik pailit atau
Baca Juga
Cost Control Adalah: Pengertian, Fungsi, Faktor dan 3 Elemennya
Pengendalian biaya atau cost control adalah salah satu kunci utama dalam meraih keuntungan dalam menjalankan sebuah bisnis. Secara pengertian cost
Baca Juga
7 Unsur-Unsur Manajemen Lengkap dengan Penjelasannya
Selain diterapkan di dalam sebuah perusahaan atau bisnis, manajemen merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Manajemen sendiri adalah
Baca Juga
13 Tips Mencegah Fraud Pada Bisnis
Suatu penyajian laporan keuangan secara palsu serta disengaja dengan menghilangkan atau menambahkan nilai tertentu merupakan definisi dari fraud atau dikenal
Baca Juga
Outlet Adalah: Jenis, Tantangan dan Tips Membangunnya
Dalam dunia bisnis, outlet adalah salah satu bentuk usaha yang cukup populer. Outlet menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan karena produk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu