Logo Bee Web

Industri Adalah Kunci Ekonomi, Ketahui Jenis dan Contohnya

Industri adalah kegiatan ekonomi yang melibatkan produksi barang dengan jumlah besar, ketahui jenis industri dan contohnya di artikel ini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 24 February 2023

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang pernyataan industri adalah kunci ekonomi dan apa saja jenis serta contohnya di berbagai bidang? Jika iya, maka artikel ini adalah tempat yang paling tepat untuk menjawab rasa penasaran Anda!

Industri merupakan sektor ekonomi yang mempunyai peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Jika sudah tidak sabar ingin mempelajarinya lebih dalam, mari simak pembahasan berikut sampai akhir!

Apa Itu Industri? Industri Adalah Kunci Perekonomian!

Industri merupakan kegiatan ekonomi yang melibatkan produksi barang dan jasa dalam jumlah besar yang dilakukan secara terorganisir dan sistematis untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Ini melibatkan pengolahan bahan mentah atau penggunaan teknologi tertentu dalam rangka menghasilkan produk akhir yang siap digunakan.

Selain itu, industri biasanya dibedakan menurut jenis barang atau jasa yang dihasilkan. Setiap jenisnya mempunyai karakteristik dan tantangan tersendiri serta membutuhkan sumber daya, teknologi, hingga tenaga kerja yang berbeda pula.

Dalam perkembangannya, industri bisa berperan sebagai penggerak ekonomi, sumber pendapatan masyarakat, serta sarana pengembangan teknologi dan inovasi.

Tidak hanya itu saja, industri juga memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi suatu negara.

Ini terutama dalam hal penciptaan lapangan kerja, peningkatan produktivitas, dan meningkatkan daya saing di pasar global.

Walaupun demikian, industri juga bisa berdampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat, seperti polusi udara dan polusi air akibat limbah yang tidak terkelola.

Selain itu, ada pula dampak sosial dan ekonomi dari perubahan yang terjadi dalam struktur industri, seperti jika terdapat penurunan produksi dalam industri tertentu, ini bisa berdampak pada tingkat pengangguran dan kemiskinan di daerah tersebut.

Oleh karena itu, pengembangan industri harus dilakukan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan dengan memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat.

Pengertian Industri Adalah, Menurut Para Ahli

Industri adalah salah satu sektor ekonomi yang mempunyai peran penting dalam menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan industri?

Pengertian industri bisa bervariasi tergantung dari sudut pandang dan bidang keilmuan masing-masing ahli. Berikut adalah beberapa pengertian industri menurut para ahli, antara lain:

Teguh S. Pamudi

Industri merupakan sekelompok perusahaan yang bertujuan menghasilkan produk untuk menggantikan satu sama lain. ini terdiri dari beberapa perusahaan yang mempunyai keterkaitan hingga terjadi proses substitusi.

Sukimo

Pengertian industri adalah perusahaan yang menjalankan aktivitas ekonomi dalam sektor sekunder. Ini berarti kegiatan produksi barang atau jasa yang melibatkan pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi.

Hamilton and J. Linge

Industri ialah aktivitas pabrik untuk mengolah bahan mentah atau bahan baku secara kimiawi atau mekanis menjadi hasil akhir yang bernilai.

Dumairy

Terdapat dua arti industri. Pertama, industri berarti himpunan perusahaan-perusahaan sejenis. Kedua, industri merujuk ke sektor ekonomi yang di dalamnya ada kegiatan produktif untuk mengolah sendiri barang mentah menjadi barang jadi.

Jenis-jenis Industri

Seperti yang sudah diketahui bahwa industri adalah salah satu usaha atau hal terpenting dalam kemajuan ekonomi suatu negara. Ada banyak sekali jenis atau kelompok industri yang bekerja untuk menghasilkan keuntungan dan manfaat bagi masyarakat.

Berikut ini adalah daftar jenis dari industri sendiri yang perlu Anda ketahui, antara lain:

a. Jenis Secara Umum

Jika dikategorikan secara umum, industri terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Industri Ekstraktif Adalah

Perusahaan yang memanfaatkan bahan baku dari lingkungan sekitar, misalnya industri pertanian, industri peternakan, dan industri perkebunan.

2. Industri Non Ekstraktif

Memanfaatkan bahan bagi dari alam, seperti industri kapas dan industri kayu lapis.

3. Industri Fasilitatif

Menjual layanan yang dibutuhkan oleh banyak orang, misal industri perbankan dan industri perdagangan.

b. Berdasarkan Asal Modal

Jika ditinjau berdasarkan asal modalnya, industri bisa dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Industri Swasta Nasional

Semua modal berasal dari pengusaha dalam negeri, seperti Unilever.

2. Industri Nasional

Penanaman modal berasal dari dalam negeri dan tidak perlu investor asing, seperti industri mesin Barata.

3. Industri Bersama

Modalnya berasal dari pengusaha swasta dalam negeri maupun pemerintah, misal pembangunan jalan tol, pelabuhan, dan bandara.

4. Industri Asing

Seluruh modalnya didapatkan dari pengusaha asing, tetapi pengerjaannya tetap sesuai dengan aturan pemerintan, seperti Coca Cola.

Baca Juga: Pahami Jenis Perusahaan Manufaktur dan Contoh Laporannya

Foto Pekerja Industri Pabrik

Ilustrasi Pekerja Industri Pabrik (Sumber: Freepik.com)

c. Daya Tampung Kerja

Industri adalah sektor ekonomi yang bisa dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya berdasarkan daya tampung kerja. Berikut adalah penjelasannya, antara lain:

1. Industri Padat Modal

Dalam kinerjanya banyak menggunakan modal, baik berupa mesin atau uang, misalnya industri besi baja.

2. Industri Padat Karya

Kegiatannya membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak, seperti industri jamu, industri mebel, hingga industri makanan beku.

3. Produktivitas Perorangan

Berdasarkan produktivitas perorangan, industri dibagi menjadi tiga bagian, antara lain:

4. Industri Primer

Menghasilkan barang tanpa mengolahnya lebih lanjut, misal pada industri anyaman dan penggilingan ikan.

5. Industri Sekunder

Bertugas untuk melakukan pengolahan lebih lanjut, contohnya industri alat elektronik dan pemintalan benang.

6. Industri Tersier

Bergerak di bidang jasa, seperti industri biro perjalanan, industri pariwisata, hingga industri penginapan.

d. Jumlah Tenaga Kerja

Terdapat beberapa industri yang masuk ke dalam kelompok berdasarkan banyaknya tenaga kerja, antara lain:

1. Industri Besar

Jumlah tenaga kerja yang bertugas dalam industri ini adalah lebih dari 100 orang, seperti pabrik semen dan lain sebagainya.

2. Industri Sedang

Mempunyai atau mempekerjakan karyawan berkisar antara 20 sampai 99 orang, seperti industri sandal dan lain-lain.

3. Pengertian Industri Kecil

Sama dengan namanya, industri ini berskala kecil dan hanya mempekerjakan 5 hingga 19 orang, seperti industri kerajinan kayu hingga industri seni lukis.

4. Industri Rumah Tangga

Jumlahnya lebih kecil dan orang yang bekerja hanya sekitar 1 hingga 4 orang saja, misal industri makanan ringan.

Contoh-Contoh Industri dari Berbagai Bidang

Industri menjadi satu sektor ekonomi yang mengambil peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya terbatas pada satu bidang, industri juga mempunyai jenis, mulai dari manufaktur, pertanian, teknologi, hingga kreatif.

Berbicara tentang industri manufaktur adalah usaha untuk mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi hingga mempunyai nilai tambah maupun nilai jual.

Pada poin berikut ini, kami akan membahas lebih lanjut terkait contoh industri di berbagai bidang, antara lain:

1. Industri Kuliner

Meliputi produksi makanan dan minuman, baik yang dijual secara langsung maupun melalui distribusi ke berbagai toko dan restoran. Beberapa jenis yang populer adalah industri kue, minuman ringan, kopi dan teh, hingga makanan cepat saji.

Foto Keadaan Industri Otomotif

Foto Suasan Industri Otomotif (Sumber: Freepik.com)

2. Industri Otomotif

Memproduksi kendaraan bermotor, seperti mobil, sepeda motor, dan truk. Pekerjaan industri ini meliputi pembuatan mesin, perakitan kendaraan, dan penjualan suku cadang.

3. Industri Tekstil dan Garmen

Tugas jenis industri ini adalah produksi pakaian dan aksesori, seperti pakaian, sepatu, tas, topi, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga mengerjakan pembuatan bahan, produksi pakaian jadi, dan distribusi ke toko-toko retail.

4. Industri Kimia

Berperan untuk memproduksi bahan kimia, seperti pupuk, obat-obatan, bahan plastik, bahan bakar, dan bahan lainnya. Pentingnya sektor kimia dalam industri adalah sebagai penyedia bahan baku kimia untuk pembuatan beberapa produk jenis industri lain.

Foto Industri Pabrik Masker

Ilustrasi Industri Masker (Sumber: Freepik..com)

5. Industri Farmasi

Pekerjaan jenis industri ini adalah produksi obat-obatan, alat kesehatan, dan suplemen. Oleh sebab itu, mereka juga perlu melakukan riset dan pengembangan untuk menemukan obat baru, produksi obat, serta distribusi ke apotek hingga rumah sakit.

Baca Juga: Contoh Perusahaan Manufaktur yang Beroperasi di Indonesia

6. Industri Teknologi

Melakukan produksi barang dan jasa berbasis teknologi, seperti perangkat keras komputer, perangkat lunak, telekomunikasi, dan jasa teknologi informasi. Industri ini berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir karena adanya revolusi digital.

Salah satu contoh industri teknologi adalah perusahaan PT BITS Miliartha, merupakan perusahaan developer software akuntansi bernama Beeaccounting. Perusahaan teknologi ini sudah berdiri sejak 2010 dan sudah membantu 148rb pebisnis di Indonesia.

 

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Beeaccounting adalah software akuntansi berbasis desktop yang dilengkapi dengan laporan-laporan keuangan usaha. Jika Anda mempunyai bisnis yang lagi kesulitan dan tidak punya laporan pembukuan, software ini adalah jawabannya. Coba gratis sekarang!

7. Industri Jasa

Mencakup berbagai jenis layanan seperti transportasi, kesehatan, keuangan, perhotelan, pariwisata, dan jasa profesional lainnya. Industri kreatif adalah usaha menciptakan ide dan kreativitas yang dikerjakan oleh individu maupun perusahaan.

Bisa dikatakan sebagai industri kreatif, jika suatu jasa mampu berkontribusi signifikan terhadap perekonomian suatu negara.

Kini Anda sudah tahu bahwa industri adalah salah satu sektor ekonomi yang mengambil peran besar untuk kemajuan perekonomian suatu negara dan jenisnya tidak hanya satu, tetapi ada juga banyak jenis lainnya yang bergerak berdasarkan beberapa hal.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Mengenal Sistem Produksi, Jenis, Karakteristik dan Fungsinya
Setiap perusahaan pastinya memiliki sistem produksi dalam rangkaian kegiatan bisnisnya, terdiri dari berbagai elemen yang bekerja saling melengkapi sehingga menjadikan
Baca Juga
Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan / COGS
Menghitung harga pokok penjualan bukanlah perkara yang mudah. Ada rumusnya sendiri untuk mendapatkan angka HPP nya tepat dan benar. Jika
Baca Juga
Perusahaan Manufaktur Adalah: Ciri, Produk dan Contohnya
Perusahaan manufaktur adalah jenis perusahaan yang memulai bisnisnya dari mengolah bahan mentah hingga menjadi produk jadi dan siap digunakan. Keberadaan
Baca Juga
Perencanaan Produksi Massal, Tahapan dan Contohnya
Perencanaan produksi massal adalah salah satu landasan strategis bagi keberhasilan suatu industri dalam memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang pesat.
Baca Juga
Harga Pokok Produksi: Unsur, Metode, dan Cara Membuatnya
Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) menentukan harga pokok produksi sangat penting di mana salah satu manfaatnya yaitu untuk menentukan harga
Baca Juga
BOP (Biaya Overhead Pabrik): Arti, Fungsi dan Caranya, Lengkap
BOP adalah singkatan dari biaya overhead pabrik, jenis biaya yang tidak bisa dikaitkan dengan biaya produksi sebuah produk atau jasa.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu