Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Liabilitas dalam Dunia Bisnis. Apa Saja?

Dipublish Tgl: Friday, 24 June 2022

Dalam dunia bisnis, liabilitas bukan hal asing lagi. Liabilitas adalah salah satu komponen keuangan penting untuk menunjang sebuah perusahaan. Meskipun memiliki nilai dan berbentuk fisik, hal itu tidak bisa disamakan dengan aset.

Apa Itu Liabilitas?

Ketika menjalankan bisnis, sebuah perusahaan mengeluarkan berbagai macam biaya untuk menjalankan operasional. Umumnya, penggunaannya dalam jumlah besar sehingga biaya tersebut memiliki tagihan dalam beberapa periode tertentu. 

Selain perihal biaya, perusahaan juga mempunyai tagihan terhadap pinjaman modal eksternal yang disebut sebagai utang. Tagihan tersebut dijadikan satu kemudian dinamai dengan sebutan liabilitas.

Wanita Melihat Tagihan Di Bisnis

Ilustrasi Wanita Melihat Tagihan (Sumber: Freepik.com)

Arti itu dimaknai sebagai kewajiban dan menjadi tanggungan perusahaan, baik itu berasal dari eksternal maupun internal. Tanggungan utang tersebut harus dibayarkan sesegera mungkin sebelum jatuh tempo pembayaran. 

Tidak melulu tentang uang, pembayaran tersebut bisa berupa kewajiban berbentuk barang, jasa ataupun manfaat ekonomi dalam bentuk lainnya. Di dalam pencatatan neraca liabilitas akan ditulis pada sebelah kanan artinya berlawanan dengan aset. 

Perbedaan Aset dan Liabilitas

Selain liabilitas, dalam bisnis aset juga bukan hal asing. Keduanya merupakan istilah dalam akuntansi yang membantu pengusaha membedakan apa saja yang menghasilkan keuntungan atau malah mengurangi keuntungan. 

Secara sederhana liabilitas adalah kewajiban dari perusahaan, sedangkan aset merupakan sumber daya perusahaan. Selain itu, aset juga dapat membantu pelaku bisnis mengetahui apa saja yang dimiliki perusahaan mereka. 

Baca Juga: Cara Gampang Menghitung Neraca untuk Laporan Keuangan

Hal tersebut bisa memiliki nilai serta bentuk yang sama dengan aset, baik itu berupa barang maupun modal. Hal tersebut yang sering membuat pengusaha salah paham bahkan menganggapnya sebagai aset. Faktanya, keduanya adalah hal yang berbeda. 

Hal itu sendiri tidak bisa ditinggalkan karena akan menimbulkan sebuah masalah. Sedangkan aset adalah hak milik suatu perusahaan sehingga dapat dikelola sebaik-baiknya untuk kemajuan perusahaan. 

Jenis-jenis Liabilitas

Secara garis besar, liabilitas dibagi menjadi dua jenis. Penjelasan dapat anda simak di bawah ini:

  • Liabilitas Jangka Pendek

Dua Orang Yang Sedang Melakukan Transaksi

Liabilitas Jangka Pendek (Sumber: Freepik.com)

Pertama, ada liabilitas jangka pendek atau bisa juga disebut dengan liabilitas lancar yaitu sebuah kewajiban yang diselesaikan dalam jangka waktu pendek tidak lebih dari waktu satu tahun. 

Dalam neraca keuangan, bentuk pelaporan di atas umumnya digabung menjadi satu. Sebagai contoh tagihan air 3 bulan sekali. Maka, dalam neraca keuangan ialah total pembayaran yang dilakukan selama 4 kali dalam satu tahun. 

Berikut beberapa contohnya:

  1. Kewajiban pajak penjualan
  2. Kewajiban pajak penghasilan
  3. Kredit rekening koran
  4. Tagihan listrik
  5. Tagihan air, dll.
  • Liabilitas Jangka Panjang

Kedua ialah liabilitas jangka panjang. Artinya, jangka waktu yang ditentukan untuk melakukan pembayaran kewajiban dengan tempo lama atau lebih dari satu tahun dan dalam satu siklus laporan keuangan perusahaan.

Seseorang Menghitung Hutang Yang Harus Dibayarkan

Liabilitas Jangka Panjang (Sumber: Freepik.com)

Ini disebut tidak lancar karena perusahaan tidak bisa membayar kewajiban kurang dari satu tahun. Adapun contohnya adalah:

  1. Utang bank
  2. Utang hipoti
  3. Utang obligasi
  4. Kredit noveltasi
  5. Utang susbduersi
  6. Utang pemegang saham
  7. Utang sewa, dll.

Karakter Liabilitas

Setelah memahami jenis-jenisnya, selanjutnya kita akan mempelajari karakteristiknya yaitu sebagai berikut:

  • Segala bentuk pinjaman yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan pribadi maupun perusahaan harus dibayarkan sesegera mungkin saat sudah jatuh tempo.
  • Segala bentuk kewajiban yang harus dibayarkan kepada pihak lain pada periode tertentu yang sudah disepakati atau waktu bisnis tertentu.
  • Sebagai sebuah transaksi yang sudah terjadi mewajibkan adanya entitas.
  • Bentuk tanggung jawab entitas kepada pihak lain ialah tidak menghindari upaya penyelesaian.
  • Membutuhkan aset beserta entitas lain untuk menyelesaikan kewajiban tersebut.

Cara Menganalisis Liabilitas Perusahaan

  1. Melalui rasio utang terhadap aset yang dimiliki perusahaan
  2. Menggunakan rasio utang terhadap ekuitas

Thumbnail Youtube Minimarket email

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai labilitas. Sebagai pemilik perusahaan ataupun pengusaha baru, liabilitas adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan dan untuk itu perlu diselesaikan sesuai jatuh tempo yang sudah disepakati. 

Bagi anda pemilik usaha minimarket, yuk gunakan software kasir minimarket. Bee.id ialah developer software kasir terpercaya. Nikmati kemudahan owner Pebisnis Minimarket untuk menganalisa keuangan secara cepat, mudah dan akurat. 

6 Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif
Strategi pemasaran saat ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Kecanggihan teknologi yang kini terus berkembang […]
Baca Juga
Tips Mudah Bikin Laporan Akuntansi Excel dan Rumusnya
Membahas mengenai akuntansi excel memang tidak bisa lepas dengan laporan keuangan. Apakah Anda sudah mengenali apa saja rumus yang bisa […]
Baca Juga
Cari Aplikasi Pembukuan Bengkel? Simak Biar Nggak Salah Pilih!
Ketika Anda adalah pemilik bisnis yang menjalankan bengkel otomotif, memiliki aplikasi pembukuan bengkel yang tepat akan membantu manajemen service antrian […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu