Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Mengenal, Manfaat, dan Faktor Analisis SWOT Bagi Perusahaan

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 24 June 2022

SWOT berasal dari kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats. Analisis SWOT sendiri merupakan sebuah teknik perencanaan strategi yang berguna untuk mengevaluasi kelemahan (weakness), kekuatan (strength), peluang (opportunities), serta ancaman (threats) dalam suatu proyek.

Hal inilah yang penting dilakukan pada sebuah perusahaan untuk menentukan penyusunan strategi, penjualan produk, maupun ide bisnis baru. Selain bisa digunakan pada perusahaan atau urusan bisnis, sebetulnya analisis ini dapat digunakan pada diri sendiri untuk mengembangkan karir Anda.

Mengenal Analisis SWOT Terbaik

Mengenal Analisis Swot

Mengenal Apa Itu Analisis SWOT (Sumber: Freepik.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, SWOT merupakan akronim dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Jika diartikan, Analisis SWOT merupakan aktivitas mengorganisir dan menganalisa kelemahan (Weakness), kekuatan (Strength), kesempatan (Opportunity), serta ancaman (Threats) yang dialami oleh bisnis Anda.

Namun, bila dipecah, unsur kekuatan dan kelemahan bersifat internal bagi perusahaan (misalnya: reputasi bisnis, hak paten, lokasi pabrik). Jadi Anda masih bisa mengaturnya dari waktu ke waktu.

Analisa Swot Di Bisnis

Anlisa SWOT di Bisnis (Sumber: ilmu.lpkn.id)

Sedangkan, peluang dan ancaman bersifat eksternal (misalnya: pemasok, kompetitor, harga pasar), suka atau tidak. Faktor inilah yang sangat sulit Anda kontrol karena sifatnya lebih fleksibel dan berfluktuatif dari waktu ke waktu.

Bisnis apapun sebenarnya bisa menggunakan analisis SWOT kapan saja dan dimana saja. Namun, hal ini digunakan untuk menilai keadaan lingkungan yang selalu berubah-ubah dan merespon nya secara proaktif.

Contoh metode analisis SWOT termasuk salah satu alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, di mana aplikasinya yaitu:

  • Bagaimana cara kekuatan (strengths) bisa mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.
  • Bagaimana cara kekuatan (strengths) bisa menghadapi ancaman (threats) yang ada.
  • Bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kelemahan (weaknesses) dalam mencegah keuntungan.
  • Bagaimana cara yang tepat mengatasi kelemahan (weaknesses) agar bisa membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Dengan 4 faktor yang saling berkaitan tersebut, maka analisis ini bisa memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi sebuah perusahaan.

Manfaat dari Analisis SWOT

Manfaat dari Analisis SWOT bagi perusahaan sebagai strategi penentu masa depan dalam keberlangsungan bisnis. Misalnya bagaimana sebuah perusahaan menjalankan strategi misi untuk mencapai tujuan (visi) perusahaan.

Selain itu, bisa dimanfaatkan oleh para stakeholder untuk mengetahui keadaan faktor internal dan eksternal dari perusahaan. Bahkan, adanya penilaian SWOT akan membantu Anda untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan.

Baca Juga: Fitur Penting Aplikasi Manajemen Keuangan untuk Perusahaan

Tanpa adanya pengetahuan dari analisis SWOT, maka Anda tidak bisa mengetahui potensi minat pasar, serta peluang pasar yang dapat dimanfaatkan. Sementara itu, Anda bisa mengetahui tingginya tingkat persaingan pasar pada produk atau usaha Anda. Apalagi, sebelum menjalankan bisnis, Anda harus menganalisa produk atau bisnis.

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Tim Sedang Melakukan Analisa Swot

Contoh Analisis SWOT (Sumber: Freepik.com)

Saat Anda ingin menyusun strategi menggunakan Analisis SWOT, maka ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah faktor internal dalam analisis swot. Berikut ini sudah ada faktor yang mempengaruhinya.

  • Faktor InternalĀ 

Umumnya, faktor internal pada analisis SWOT terdiri dari strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan). Di mana berguna untuk mengidentifikasi faktor internal yang mencakup:

  1. Pengalaman perusahaan mulai dari yang berhasil atau gagal.
  2. Finansial terhadap perusahaan.
  3. Sumber daya yang sudah dimiliki oleh perusahaan.
  4. Kekuatan maupun kelemahan dari perusahaan.
  • Faktor EksternalĀ 

Faktor eksternal dalam Analisis SWOT umumnya berkaitan dengan opportunity (peluang) dan threat (ancaman). Faktor ini sangat berguna untuk mengidentifikasi faktor eksternal biasanya meliputi:

  • Lingkungan, peraturan pemerintah.
  • Tren, budaya, ideologi, sosial politik, perekonomian.
  • Peristiwa yang sedang terjadi dan sumber permodalan.
  • Perkembangan teknologi.

Thumbnail Youtube Minimarket email

Namun sebelum membuat analisis SWOT, pastikan Anda sudah menggunakan software kasir minimarket. Selain itu, hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan analisa adalah membuat daftar pertanyaan.

Kemudian, Anda baru bisa menuju ke tahap berikutnya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selanjutnya, Anda harus menjawab daftar pertanyaan tersebut berdasarkan keadaan yang sesuai pada perusahaan.

Semoga informasi yang telah tersampaikan dapat memberikan manfaat. Demikianlah informasi mengenai manfaat dan faktor dari Analisis SWOT.

Aplikasi Kasir Android Terbaik dan Tepat untuk UKM Indonesia
Aplikasi Kasir Android - Kini berbagai usaha sudah mulai menggunakan aplikasi kasir android. Namun apakah Aplikasi Kasir yang digunakan adalah […]
Baca Juga
Software Akuntansi Sederhana dan Mudah Digunakan Tahun 2021
Akuntasi sangat penting sekali untuk sebuah perusahaan atau koperasi. Maka dari itu, seorang akuntan sangat krusial dalam sebuah perusahaan. Namun, […]
Baca Juga
Pengertian Akuntansi Dasar, Proses, serta Manfaatnya
Salah satu ilmu berguna yang bisa Anda pelajari untuk kehidupan sehari-hari seperti pengelolaan dana pribadi ialah akuntansi dasar. Akuntansi merupakan […]
Baca Juga
5 Contoh Nota Kontan dan Penjelasannya Lengkap
Nota kontan adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran tunai antara penjual dan pembeli. Dalam bisnis, contoh nota kontan […]
Baca Juga
Nota Tunai: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Ketika Anda membeli sesuatu, misalnya membeli kebutuhan usaha, maka pihak penjual akan memberikan nota tunai atau kontan kepada Anda. Hal […]
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Faktur Penjualan Bisnis
Salah satu teknologi yang sangat diperlukan oleh pebisnis, yaitu aplikasi untuk membuat faktur penjualan yang dapat diakses kapan saja dan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright Ā© 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu