🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Cepat Buat Laporan Keuangan Toko Sederhana

Laporan keuangan toko merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah usaha apalagi jika Anda baru memulainya.
Penulis: Farhan Anggara
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 20 April 2022

Laporan keuangan toko merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah usaha apalagi jika Anda baru memulainya. Bisnis tanpa laporan keuangan bagaikan berlari tanpa kaki, Anda akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha.

Bagi sebagian besar pemilik toko, memiliki laporan keuangan yang terperinci dan rapi adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi. Dengan adanya laporan keuangan, laba dan rugi dapat diilustrasikan dengan jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk lebih jelasnya mengenai laporan keuangan, mari kita bahas lebih lanjut pada artikel ini.

Apa itu Laporan Keuangan?

peran-penting-laporan-keuangan-untuk-bisnis-online

Memahami Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah sejumlah informasi tentang kondisi keuangan bisnis yang berfungsi untuk memantau kinerja bisnis dalam periode tertentu. Anda perlu membuat sebuah laporan keuangan untuk mengetahui apa yang terjadi pada arus transaksi keuangan di toko Anda pada suatu waktu.

Jika kita melihat berbagai jenis laporan keuangan, dapat dikatakan bahwa jenis laporan keuangan yang cocok untuk toko adalah laporan sederhana. Keuntungan dari laporan keuangan sederhana adalah yang lebih mudah dilakukan, lebih mudah dipelajari dan tidak memakan banyak waktu.

Anda dapat menggunakan laporan keuangan sederhana untuk berbagai jenis toko, baik toko-toko kecil maupun besar. Misalnya, toko kelontong, toko bahan baku, toko sepeda, toko elektronik, bahkan toko mainan. Bisnis lain seperti kedai kopi, bisnis pertanian, bisnis pengolahan ikan, juga dapat menggunakan laporan keuangan sederhana.

Pada artikel ini, Anda dapat mempelajari cara membuat laporan keuangan sederhana bersama dengan langkah-langkah untuk persiapan. Jika Anda adalah pemilik toko, berikut adalah cara membuat laporan keuangan sederhana yang dapat Anda lakukan menggunakan buku atau gadget.

Cara Membuat Laporan Keuangan Toko

Ilustrasi Toko/Gudang Produk Mengecek Data Transaksi

Membuat laporan keuangan bukan merupakan hal yang sulit karena sesuai namanya, laporan keuangan sederhana terbilang cukup mudah dibuat oleh siapapun bahkan untuk Anda yang belum mengetahui akuntansi.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat laporan keuangan sederhana dengan mudah.

1. Mencatat Pemasukan

Prinsip utama dalam menyiapkan laporan keuangan adalah memisahkan catatan pengeluaran dan catatan pendapatan. Catatan ini akan menentukan bagaimana Anda berhasil dalam menyiapkan laporan keuangan berikutnya.

Mencatat pendapatan harus dilakukan setiap setiap hari, sehingga Anda dapat dengan mudah menghitung laba setiap bulan. Catatan ini juga berfungsi untuk menganalisis hari apa saja yang memiliki tingkat penjualan yang tinggi dan juga rendah.

2. Mencatat Pengeluaran

Setelah pemasukan, jangan lupa mencatat pengeluaran. Jika Anda tidak mencatat pengeluaran, apa yang akan terjadi pada bisnis Anda?

Mencatat pengeluaran sangat perlu dilakukan untuk nantinya digunakan sebagai acuan dalam membuat laporan keuangan yang akan dipersiapkan. Selain itu, dengan mencatat pengeluaran setiap harinya, kita akan mudah menganalisa pengeluaran tiap harinya, apakah ada penambahan modal atau pengurangan.

3. Mencatat Stok Barang

Selain mencatat arus keuangan yang masuk dan keluar, Anda juga harus memiliki catatan yang berisi persediaan semua item di toko Anda. Catatan stok barang mengandung persediaan, berbagai jenis barang, dan masa kedaluwarsanya. Dengan buku stok barang, Anda dapat mengurutkan dan memeriksa ketersediaan barang agar tidak sia-sia.

Buku catatan stok harian juga berfungsi untuk memantau item yang masuk dan keluar, baik diperdagangkan atau digunakan dalam operasi bisnis. Barang yang dipinjam atau disewa pada biaya juga jangan dilupakan dalam catatan ini.

4. Mencatat Buku Kas Utama

Setelah mengumpulkan segala catatan sebelumnya, dilanjutkan dengan mencatat dalam buku kas utama. Semua aspek mulai dari pendapatan dan pengeluaran toko baik uang maupun barang, Anda harus mengatur rapi dan detail dalam buku kas utama. Jika ada sedikit kesalahan, itu akan berdampak pada perbedaan dalam laporan keuangan berikutnya.

Dapat dikatakan bahwa buku kas utama adalah catatan dasar yang harus diamati ketika Anda ingin memeriksa keberlanjutan aliran aset dan keuntungan.

5. Mencatat Inventaris

aplikasi-inventaris-restoran

Mencatat Inventaris Penting Dalam Pembuatan Laporan Keuangan (Sumbeer: Freepik.com)

Jika sebelumnya adalah catatan stok barang dagangan, ada juga buku yang mencatat semua peralatan yang mendukung bisnis toko Anda. Buku catatan inventaris berisi semua peralatan di toko yang Anda beli menggunakan dana anggaran. Barang-barang seperti lemari es, timbangan beras, atau lemari kaca diberi nomor persediaan dan dicatat dalam satu buku khusus.

Mencatat pada buku inventaris fungsinya untuk mengetahui semua aset yang dimiliki oleh bisnis Anda nantinya. buku inventaris juga dapat digunakan sebagai bukti tertulis dari manajemen aset yang dapat dipertanggungjawabkan.

6. Membuat Laporan Keuangan Neraca

Bagian selanjutnya dari catatan laporan keuangan sederhana untuk toko adalah neraca. Neraca adalah laporan keuangan yang memberikan informasi dan menunjukkan posisi aset atau kekayaan toko yang Anda jalankan.

Di neraca ada dua elemen penting, yaitu aset dan pasiva. Aktiva adalah segala sumber daya usaha toko yang Anda miliki. Termasuk uang tunai, piutang, persediaan, dan peralatan. Sementara pasiva adalah hutang pada pihak lain baik jangka panjang dan pendek terhadap pihak lain yang harus dibayar, baik dalam jangka pendek dan panjang.

7. Membuat Laba Rugi

Pencatatan laporan keuangan dilanjutkan dengan menghasilkan laba rugi. Anda dapat mengetahui detail penghasilan utama dan sekunder dari bisnis toko. Penghasilan utama dapat menjadi hasil dari penjualan barang di toko, sedangkan pendapatan sekunder adalah jika ada pendapatan dari properti yang disewa.

Semua jenis pengeluaran baik operasional maupun non-operasional juga termasuk dalam laporan laba rugi. Jadi tujuan utamanya dari laporan ini adalah untuk memberikan gambaran yang baik tentang keuntungan dan kerugian toko Anda dalam periode bulanan atau tahunan.

Baca Juga: Apa itu Laba Rugi? Dan Bagaimana Cara Membuat Laporannya?

8. Membuat Laporan Perubahan Modal

Ketika Anda pertama kali mendirikan sebuah toko, pasti Anda mengeluarkan modal yang tidak sedikit. Modal akan terus mengikuti pendapatan dan kerugian dari transaksi sehari-hari. Gerakan ini dapat dilihat melalui laporan perubahan modal.

Dalam laporan perubahan modal, dapat dilihat penyebab perubahan modal. Tetapi sebelum itu Anda harus menyelesaikan laporan laba rugi. Selain membutuhkan laporan laba rugi, Anda juga memerlukan data modal awal dan pendanaan (prive) dalam waktu tertentu.

9. Laporan Arus Kas

Dalam membuat laporan keuangan, langkah terakhir yang dilakukan adalah membuat laporan arus kas. Laporan arus kas juga sangat penting karena mengandung informasi dari laporan keuangan yang telah diatur sebelumnya. Memuat posisi kas baik mengalami untung atau rugi, dapat langsung terlihat otomatis dari pengaturan laporan ini.

Laporan arus kas adalah bentuk laporan kas usaha yang masuk dan keluar selama periode pelaporan. Dari laporan ini juga dapat diketahui apakah anggaran yang keluar jumlahnya seimbang dengan anggaran pendapatan.

Di sisi lain, laporan arus kas juga berguna untuk memprediksi anggaran tunai pada periode berikutnya. Karena laporan tersebut dapat menunjukkan semua bentuk kelemahan dalam hal kas utama usaha Anda.

Kesimpulan

Membuat laporan keuangan sangat penting mengingat ini adalah sebuah alat untuk mengetahui kesehatan bisnis toko Anda. Dengan mengikuti cara di atas Anda bisa membuat laporan keuangan sederhana dengan waktu yang tidak lama.

Atau apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi sebagai alat bantu. Karena saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membuat laporan secara otomatis kapan pun disaat Anda membutuhkannya.

Anda bisa menggunakan aplikasi Beepos karena memiliki banyak fitur salah satunya yakni pembuatan laporan keuangan yang otomatis dan lengkap. Segala laporan keuangan akan tersaji ketika Anda membutuhkannya. Ini akan menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu membuatnya secara manual.

Gak perlu lembur bikin laporan, semua generate otomatis; laporan kartu stok, saldo stok terkini, stok opname, multi satuan, multi gudang dan antar cabang sehingga tidak terjadi lagi kehilangan stok.

Coba gratis Beepos sekarang! Info lebih lanjut klik gambar di bawah ini!

Beepos Desktop Minimarket_web

Artikel Terkait

Liabilitas Jangka Pendek: Kelebihan dan Cara Analisisnya
Dalam operasional perusahaan, aspek keuangan memiliki peranan yang sangat penting. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah liabilitas jangka pendek
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Cost Structure Adalah: Jenis, Contoh, dan Fungsi
Pada dasarnya, cost structure adalah landasan utama yang menopang keberlanjutan setiap bisnis. Sebagai elemen kunci dalam pemodelan bisnis, cost structure
Baca Juga
Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang
Setiap perusahaan dagang selalu memiliki misi yang diharapkan suatu saat dapat terlaksanakan. Untuk mendukung itu semua, pastinya harus didukung dengan
Baca Juga
Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan yang Baik
Laporan keuangan bagaikan jendela yang membuka pandangan kita terhadap kesehatan finansial suatu perusahaan. Oleh sebab itu, wajib hukumnya pelaku usaha
Baca Juga
Software Kasir Pulsa Terbaik 2023, Rekomendasi dan Fitur Terbaru
Saat ini, penyedia software kasir pulsa sudah terbilang cukup banya. Namun, apakah semua software tersebut memiliki kualitas yang baik? Jawabannya
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Saturday, 3 February 2024
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu