Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Online Shop

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 30 May 2022

Laporan keuangan online shop merupakan hal penting yang wajib diperhatikan untuk Anda pebisnis online shop. Pasalnya, banyak pelaku online shop yang masih belum sadar akan pentingnya laporan keuangan.

Laporan keuangan yang dimaksud disini adalah mengenai keuangan yang masuk dan keluar dalam kegiatan jual beli yang Anda lakukan melalui online. Kegiatan keuangan tersebut memang seharusnya dilakukan pencatatan yang baik dan benar.

Artikel ini akan membahas mengenai pentingnya laporan keuangan bagi pelaku online shop dan bagaimana melakukan pembukuan atau pencatatan yang baik dan benar agar bisnis online shop dapat berkembang dan menghasilkan.

Pengertian Laporan Keuangan Online Shop

Laporan Keuangan Online Shop

Ilustrasi Pebisnis Online Shop (Sumber: Freepik.com)

Laporan keuangan adalah catatan atau pembukuan yang menampilkan informasi keuangan perusahaan dalam periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan.

Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan di mana audit biasanya sering dilakukan oleh lembaga pemerintah, akuntan, perusahaan, atau lembaga lain dengan tujuan memastikan akurasi dan untuk tujuan pajak, pembiayaan, atau investasi.

Laporan keuangan lengkap biasanya meliputi:

  • Laporan Posisi Keuangan (Neraca)
  • Laporan laba rugi yang komprehensif
  • Pernyataan Perubahan Ekuitas
  • Laporan Perubahan Posisi Keuangan yang dapat disajikan dalam bentuk laporan arus kas atau laporan dana
  • Catatan dan laporan lainnya serta materi penjelasan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan

Unsur yang secara langsung terkait dengan pengukuran posisi keuangan adalah aset, kewajiban, dan ekuitas. Sementara elemen yang terkait dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi adalah pendapatan dan pengeluaran.

Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai elemen laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai elemen neraca.

Fungsi Laporan Keuangan

fungsi laporan keuangan

Ilustrasi Fungsi Laporan Keuangan

Investor dan analis keuangan bergantung pada data keuangan untuk menganalisis kinerja perusahaan dan membuat prediksi tentang arah masa depan harga saham perusahaan. Selain itu, sumber terpenting dari data keuangan yang andal dan diaudit adalah laporan tahunan, yang berisi laporan keuangan online shop.

Laporan keuangan digunakan oleh investor, analis pasar, dan kreditor sebagai alat untuk melakukan evaluasi kesehatan keuangan hingga potensi pendapatan perusahaan. Tiga laporan keuangan utama dan yang paling sering digunakan adalah neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Komponen Laporan Keuangan dalam Online Shop

Menurut standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia, laporan keuangan memiliki 5 jenis laporan yang perlu Anda ketahui, yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan posisi keuangan (neraca), laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau profit and loss statement atau income statement adalah laporan keuangan yang berfungsi untuk menilai kinerja keuangan apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian dalam satu periode akuntansi.

Selain mencari tahu laba atau kerugian, laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan, materi evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan.

Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal adalah laporan yang menjelaskan perubahan dalam bentuk peningkatan atau penurunan aset bersih untuk suatu periode. Pada awal pendirian perusahaan, karena pemilik perusahaan harus menyetor modalnya.

Selama operasi, tentu saja modal awal akan berubah sesuai dengan kinerjanya. Misalnya, jika dalam periode saat ini perusahaan menderita kerugian, modal akan berkurang. Sebaliknya, jika perusahaan mengalami laba, modal akan meningkat.

Laporan Posisi Keuangan/Neraca

Seperti namanya laporan posisi keuangan (neraca) atau balance sheet adalah laporan keuangan yang menunjukkan posisi dan informasi keuangan perusahaan.

Dalam laporan neraca, Anda akan melihat informasi tentang aset, kewajiban, dan modal perusahaan secara lengkap dan terperinci. Dengan demikian, elemen dalam laporan neraca hanya tiga akun.

Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan keempat adalah laporan laporan arus kas. Laporan arus kas memberikan informasi tentang arus kas perusahaan yang masuk dan keluar. Selain itu, laporan arus kas juga berfungsi sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di masa depan.

Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas Laporan Keuangan (CALK) adalah bagian dari laporan keuangan entitas. Namun, catatan laporan keuangan bukanlah sesuatu yang harus dibuat oleh perusahaan. Jadi biasanya perusahaan yang membuat catatan untuk laporan keuangan adalah perusahaan skala besar atau kompan publik.

Tujuan membuat laporan ini adalah untuk memberikan penjelasan terperinci tentang hal -hal yang ada dalam jenis laporan keuangan lainnya. Sehingga lokasi catatan untuk laporan keuangan ada di belakang dirinya sendiri.

Masalah dalam Mengelola Laporan Keuangan Online Shop

Masalah Dalam Mengelola Laporan Keuangan Online Shop

Ilustrasi Pebisnis Online Shop Rekap Pesanan (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui komponen laporan keuangan, Anda yang sebagai pemilik online shop harus paham peran laporan keuangan ini. Yang dimaksud disini adalah, bukan hanya mengelola pemasukan dan pengeluaran juga tetapi Anda juga perlu mengelola laporan keuangan lain.

Karena setiap laporan keuangan memiliki perannya yang bertujuan untuk membuat Anda lebih mudah dalam mengelola usaha online shop.

Dalam mengelola laporan keuangan tersebut, terkadang beberapa orang menemukan masalah yang membingungkan dan bahkan belum menemukan jalan keluarnya.

Apa saja masalah yang sering dihadapi?

  • Ribetnya melakukan rekap keuangan dari platform marketplace
  • Harus input laporan penjualan dari marketplace satu persatu
  • Menyusun laporan keuangan masih manual atau menggunakan excel
  • Capek pindah ribuan transaksi secara manual ke pembukuan
  • Sudah menggunakan aplikasi keuangan tetapi belum support integrasi platform marketplace
  • Butuh banyak admin buat rekap jadinya biaya membengkak
  • Jualan laris tapi gak tahu profitnya berapa
  • Stok sering selisih karena gak ada waktu buat stok opname
  • Bingung mau scale-up produk soalnya gak tahu produk terlaris per channel
  • Gak tahu omset per channel dan mana channel yang paling menguntungkan

Dari sekian masalah yang sering dihadapi, mestinya itu akan membuat bisnis online shop menjadi sangat susah untuk dijalankan. Apalagi, jika masalah belum menemukan jalan keluar pilihan terakhir selalu tidak sesuai dengan keinginan.

Laporan Keuangan Online Shop Mudah Anti Ribet

Untungnya, disini Anda berada di tempat yang tepat karena setiap masalah pasti ada solusi. Disini kami akan memberikan rekomendasi dari masalah yang mungkin Anda alami sebagai pemilik online shop, yaitu susahnya membuat laporan keuangan online shop.

Berikut ini adalah rekomendasi kami.

Aplikasi Pembukuan Online Shop Beecloud

Aplikasi pembukuan atau software akuntansi online untuk bisnis toko online (online shop), yang memudahkan rekap ribuan data transaksi ke pembukuan hingga jadi laporan keuangan secara otomatis.

Aplikasi pembukan ini adalah Beecloud + Plugin E-commerce dengan keuntungan yang Anda dapatkan yaitu:

  • Rekap ribuan transaksi dari Tokopedia dan Shopee cukup 7 menit, 1x klik
  • Cari Tahu Produk Terlaris dan Channel Toko Online Paling Menguntungkan
  • Melek Data dan Angka Supaya Tahu Profit Secara Realtime
  • Gampang Stok Opname Ribuan Produk, Rutin jadwalkan stok opname di masing-masing kategori produk
  • Efisiensi biaya dan waktu
  • Laporan penjualan per channel

Anda bisa melihat video berikut ini

Kesimpulan

Aplikasi pembukuan memberikan Anda kemudahan dalam mengelola laporan keuangan dengan cara cepat dan efisien. Dampaknya, ini akan memudahkan Anda menjalankan bisnis online shop.

Tapi, Membuat Laporan Akuntansi itu Susah dan Ribet?

Tidak mau susah atau ribet? Gunakan software akuntasi untuk memudahkan anda dalam membuat laporan akuntansi usaha online shop. Banyak fitur-fitur yang akan memudahkan anda dalam membuat laporan akuntansi, jadi tidak perlu repot-repot harus mengerti akuntansi untuk membuat laporannya. Software akuntansi berbasis cloud Beecloud yang akan membantu anda.

Coba gratis Beecloud sekarang!

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online web

Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Membahas tentang pembukuan di dalam usaha kecil tentu sangat penting. Selain menjadi media untuk mengatur keuangan usaha Anda juga bisa […]
Baca Juga
Jenis Software Akuntansi Apa Saja yang Cocok Untuk UKM?
Software akuntansi apa saja yang cocok dan terbaik untuk pembukuan UKM? Pertanyaan seperti ini banyak diungkap oleh pemilik UKM, terutama […]
Baca Juga
5 Tugas & Tanggung Jawab Manajer Akuntansi
Sudahkah Anda tahu tentang apa saja tugas yang menjadi tanggung jawab dari seorang manajer akuntansi di Indonesia? Jika Anda belum […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu