Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Accounting Software: Mengenal Pengertian dan Kegunaannya

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 7 April 2022

Di zaman yang semakin modern ini, penggunaan accounting software merupakan hal yang lumrah dan justru harus digunakan. Selain penggunaannya yang mudah, efektif, efisien, dan aman, ada banyak sekali manfaatnya ketika Anda mulai menggunakannya.

Terlebih jika bisnis Anda semakin berkembang, tidak mungkin jika harus menggunakan sistem akuntansi secara manual. Pasti akan lebih sulit dan hasilnya bisa jadi kurang akurat karena adanya human error.

Apa Itu Accounting Software?

apa-itu-accounting-software

Memahami Pengeertian Accounting Software (Sumber: Freepik.com)

Accounting software atau software akuntansi merupakan program komputer yang membantu pemilik bisnis dan akuntan dalam melakukan pencatatan dan melaporkan transaksi keuangan. Software ini akan memudahkan Anda dalam membuat perhitungan akuntansi, sehingga akan lebih mudah dalam melakukan analisis.

Software ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, tergantung dari tingkatannya. Ada beberapa perusahaan yang menginginkan software akuntansi mudah dan siap pakai. Sementara yang lainnya membutuhkan software akuntansi yang lebih kompleks.

Apakah Software Akuntansi Penting Untuk Bisnis Kecil?

accounting-software-penting-untuk-bisnis-kecil

Bisnis UMKM Juga Memerlukan Accounting Software (Sumber: Freepik.com)

Akuntansi merupakan bagian penting yang terdapat dalam bisnis. Peran akuntansi dalam bisnis antara lain sebagai pengendali keuangan, penyedia informasi mengenai keuangan, membantu pemilik bisnis dan manajer dalam mengambil keputusan, dan sebagai penghubung dengan pihak ketiga seperti investor.

Dengan begitu, tentu saja accounting software penting bagi semua bisnis, termasuk bisnis kecil. Karena, software ini akan menangkap secara keseluruhan mengenai keuangan bisnis Anda.

Kegunaan Software Akuntansi

Selain yang sudah disebutkan pada poin-poin sebelumnya, ada beberapa manfaat lainnya dari sebuah software akuntansi untuk bisnis Anda. Berikut adalah kegunannya.

1. Menghemat Waktu

Manfaat dari suatu software tentu saja untuk menghemat waktu, termasuk saat menggunakan software akuntansi. Bila dibandingkan dengan menggunakan akuntansi manual seperti Excel dan buku, maka software lebih otomatis dan membuat pekerjaan Anda lebih efisien.

2. Laporan Keuangan Akan Selalu Update dan Otomatis

Tidak seperti melakukan pembukuan secara manual, menggunakan software akan membuat urusan Anda lebih mudah, khususnya dalam hal pelaporan keuangan. Anda tidak perlu membuat laporan dan analisis lagi. Cukup dengan mengklik sebuah tombol, maka laporan Anda sudah siap.

laporan-penjualan-accounting-software

Rekap Otomatis Laporan Penjualan Accounting Software Beecloud (Sumber: Bee.id)

Anda bisa mengatur periode pelaporan, seperti bulanan, kuarter, atau per tahun. Sangat mudah bukan?

3. Data yang Dimiliki Akan Lebih Akurat

Selain otomatis dan selalu update, menggunakan software dalam melakukan pembukuan keuangan akan membuat data-data yang dimiliki akurat. Jika ada perubahan data, Anda cukup mengganti data yang salah. Kemudian, secara otomatis data-data yang berkaitan seperti jumlah dan laporan akhirnya juga akan ikut berubah menyesuaikan.

4. Data Keuangan Bisa Disinkronisasi Secara Otomatis

Kalau sebelumnya Anda harus melakukan sinkronisasi dengan akun bank, kartu kredit, dan payroll‚ÄĒtentu saja ini sangat membuang waktu Anda. Maka, dengan menggunakan accounting software semuanya akan serba otomatis tersinkronisasi via API.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Beralih ke Software Akuntansi?

Umumnya, para pebisnis akan mulai beralih dari cara manual seperti penggunaan Excel atau Spreadsheet ke software akuntansi ketika jumlah transaksi yang dimilikinya semakin bertambah. Jika jumlah transaksi bertambah, maka cara manual akan menjadi tidak efisien lagi, karena akan dibutuhkan banyak waktu dan prosesnya.

Bagaimana, apakah bisnis Anda sudah siap untuk beralih menggunakan accounting software? Beberapa aplikasi yang umum digunakan perusahaan besar adalah Quickbooks, Wave, dan Xero. Tapi, jika Anda menginginkan software akuntansi lokal yang terpercaya, Anda juga bisa menggunakan Beecloud.

BEECLOUD adalah satu-satunya software akuntansi online berbasis cloud di Indonesia yang dirancang untuk mengontrol berbagai cabang. Hebatnya lagi BEECLOUD bisa mengontrol sampai dengan 48 cabang dari satu tempat.

Hadir sebagai solusi pembukuan dan manajemen keuangan online yang otomatis, pebisnis akan semakin dimanjakan dalam mengontrol bisnis lebih menyenangkan dan otomatis.  Coba gratis sekarang!

Beecloud-Program-Akuntansi-Online-Mengontrol-48-Cabang-dari-1-Tempat

Fitur Penting Aplikasi Manajemen Keuangan untuk Perusahaan
Sebagai seorang pengusaha ada kalanya mengikuti perkembangan jaman. Untuk saat ini dunia teknologi sudah jauh berkembang, dan tentunya terdapat beberapa […]
Baca Juga
Aplikasi Kwitansi Digital untuk Usaha Online Shop
Aplikasi kwitansi digital digunakan untuk membuat kwitansi yang merupakan salah satu tanda bukti dari melakukan pembayaran jual-beli yang sah menurut […]
Baca Juga
Cari Tahu Perbedaan Laporan Pajak Bulanan dan Tahunan Di Sini
Laporan Pajak Bulanan ‚Äď Apakah anda pernah kesulitan membuat Laporan Pajak Bulanan atau Tahunan ? Bagi anda yang belum mengerti […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu