Banyak Pebisnis pernah dengar tentang laporan perubahan modal saat mengatur pembukuan bisnis. Walaupun hal ini penting dalam bisnis, hanya beberapa orang saja yang mampu memahami. Di artikel ini Anda akan mempelajari serba serbinya beserta cara membuat laporan perubahan modal (ekuitas).
Secara sederhana definisi laporan perubahan modal adalah bentuk laporan yang membuat list perubahan pada aset perusahaan. Jadi hal berupa kenaikan modal dan kas sampai keuangan penting seperti penyusutan nilai - nilai tersebut masih dalam bahasan laporan ini.
Contoh Laporan Perubahan Modal (Sumber: Aksaragama.com)
Untuk arti yang spesifik, laporan perubahan modal merupakan bahasan perubahan modal dalam satu periode tertentu. Dalam laporan tersebut dibahas situasi permodalan, laporan laba rugi dan kondisi usaha secara legit sebelum bahasan pembukuan neraca dagang.
Baca Juga: Neraca Perdagangan: Surplus vs Defisit
Setelah tahu definisinya, sekarang lihat juga tujuan laporan perubahan ekuitas. Pada tujuan, ada 3 hal penting yang biasanya diutamakan. Hal ini adalah:
Ilustrasi Laporan Keuangan (Sumber: Pexels.com)
Laporan ini memang berbentuk singkat tapi padat. Orang yang membacanya akan langsung tahu bagaimana kondisi perusahaan. Bentuk bahasannya juga sederhana agar siapa saja yang baca mudah paham dan menggunakannya. Aspek inilah yang membuat laporan perubahan modal menjadi penting dalam pembukuan perusahaan.
Isi dari laporan keuangan perubahan modal adalah berbagai hal penting yang pengaruhi modal. Berikut adalah bahasan yang biasanya penting ada:
Merupakan data seluruh dana dan investasi yang masuk sebagai modal perusahaan. Hal ini merupakan hitungan sebelum terjadinya perubahan di waktu tertentu. Bisa dibilang, data ini merupakan hasil perubahan modal bulan sebelumnya.
Merupakan besaran selisih antara pendapatan dan pengeluaran. Biasanya data ini sudah dibahas detail pada laporan laba rugi sebelum masuk pada laporan ini.
Contoh Laporan Laba Rugi
Untuk perusahaan yang besar dan menggunakan sistem board direksi, data ini perlu dipersiapkan. Hal ini merupakan rangkuman data tentang keuangan perusahaan secara singkat. Keuangan ini meliputi hal seperti deviden dan bagian kontribusi investor dalam perusahaan.
Baca Juga: Apa itu Dividen? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Hal ini merupakan hitungan dari laba bersih setelah potongan dari Prive. Namun jika tidak ada prive, hasil datanya lebih fokus pada besaran hitungan perubahan untuk besaran modal awal.
Berisikan besaran perubahan modal dan juga penjelasan singkat mengenai status perubahan tersebut.
Setidaknya ada 4 langkah untuk membuat laporan ini, antaranya (Credit: Weplus.id) :
Untuk membuat laporan ini, Anda harus tahu dulu seputar kondisi permodalan usaha. List permodalan ini nantinya ditentukan dinilai secara akurat. Mulai dari permodalan barang – barang aset sampai degradasi kepemilikan aset juga perlu dibahas.
Karena kebutuhan akurasi yang tinggi datanya, Kebutuhan laporan ini tidak hanya sekedar data rumah sakit. Kebanyakan memilih alternatif, yaitu menggunakan aplikasi pembukuan.
Penggunaan teknologi keuangan ini sudah lama trending, namun baru digunakan sebagian usaha karena tuntutan pelaporan keuangan yang lebih cepat dan efisien. Aplikasi seperti ini dapat digunakan untuk bantu menyusun pembukuan. Mulai dari hitungan gaji sampai besaran yang di dapat, semuanya berbeda dari kenyataan.
Baca Juga: Pengertian Rasio Keuangan Beserta Fungsi, Rumus dan Contohnya
Kesimpulan
Dari bahasan di atas, Anda sudah tahu mengapa laporan perubahan modal adalah hal penting dalam banyak usaha. Semoga bahasan ini berguna bagi Anda dan terima kasih sudah baca artikel ini!