Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Laporan Perubahan Modal: Pengertian, Tujuan dan Cara Membuat

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 30 July 2022

Banyak Pebisnis pernah dengar tentang laporan perubahan modal saat mengatur pembukuan bisnis. Walaupun hal ini penting dalam bisnis, hanya beberapa orang saja yang mampu memahami. Di artikel ini Anda akan mempelajari serba serbinya beserta cara membuat laporan perubahan modal (ekuitas).

Apa Sebenarnya Laporan Perubahan Modal Itu?

Secara sederhana definisi laporan perubahan modal adalah bentuk laporan yang membuat list perubahan pada aset perusahaan. Jadi hal berupa kenaikan modal dan kas sampai keuangan penting seperti penyusutan nilai - nilai tersebut masih dalam bahasan laporan ini.

Laporan Perubahn Modal Pt Abc Printing

Contoh Laporan Perubahan Modal (Sumber: Aksaragama.com)

Untuk arti yang spesifik, laporan perubahan modal merupakan bahasan perubahan modal dalam satu periode tertentu. Dalam laporan tersebut dibahas situasi permodalan, laporan laba rugi dan kondisi usaha secara legit sebelum bahasan pembukuan neraca dagang.

Baca Juga: Neraca Perdagangan: Surplus vs Defisit

Tujuan Membuat Laporan Perubahan Modal (Ekuitas) Pada Bisnis

Setelah tahu definisinya, sekarang lihat juga tujuan laporan perubahan ekuitas. Pada tujuan, ada 3 hal penting yang biasanya diutamakan. Hal ini adalah:

  • Menjadi rangkuman mudah situasi permodalan usaha
  • Menjadi bentuk gambaran singkat situasi bisnis
  • Merupakan bentuk sederhana untuk mengungkapan perubahan dalam modal kerja
Definisi Laporan Perubahan Modal

Ilustrasi Laporan Keuangan (Sumber: Pexels.com)

Laporan ini memang berbentuk singkat tapi padat. Orang yang membacanya akan langsung tahu bagaimana kondisi perusahaan. Bentuk bahasannya juga sederhana agar siapa saja yang baca mudah paham dan menggunakannya. Aspek inilah yang membuat laporan perubahan modal menjadi penting dalam pembukuan perusahaan.

Berbagai Hal yang Dibahas dalam Laporan Perubahan Modal

Isi dari laporan keuangan perubahan modal adalah berbagai hal penting yang pengaruhi modal. Berikut adalah bahasan yang biasanya penting ada:

  • Besaran Modal Awal Bisnis

Merupakan data seluruh dana dan investasi yang masuk sebagai modal perusahaan. Hal ini merupakan hitungan sebelum terjadinya perubahan di waktu tertentu. Bisa dibilang, data ini merupakan hasil perubahan modal bulan sebelumnya.

  • Laba Maupun Rugi Bersih

Merupakan besaran selisih antara pendapatan dan pengeluaran. Biasanya data ini sudah dibahas detail pada laporan laba rugi sebelum masuk pada laporan ini.

06 Laporan Laba Rugi 2 Usaha Cafe Usaha Cafe

Contoh Laporan Laba Rugi

  • Data Prive

Untuk perusahaan yang besar dan menggunakan sistem board direksi, data ini perlu dipersiapkan. Hal ini merupakan rangkuman data tentang keuangan perusahaan secara singkat. Keuangan ini meliputi hal seperti deviden dan bagian kontribusi investor dalam perusahaan.

Baca Juga: Apa itu Dividen? Berikut Penjelasan Lengkapnya

  • Penambahan Modal Dalam Usaha

Hal ini merupakan hitungan dari laba bersih setelah potongan dari Prive. Namun jika tidak ada prive, hasil datanya lebih fokus pada besaran hitungan perubahan untuk besaran modal awal.

  • Hasil Akhir

Berisikan besaran perubahan modal dan juga penjelasan singkat mengenai status perubahan tersebut.

Cara Membuat Laporan Perubahan Modal yang Akurat

Setidaknya ada 4 langkah untuk membuat laporan ini, antaranya (Credit: Weplus.id) :

  1. Letakkan modal awal di posisi atas laporan, bisa diambil dari neraca saldo setelah penutupan periode sebelumnya. Selain itu, modal awal ini juga bisa diambil dari neraca lajur bagian neraca saldo sebelum penyesuaian.
  2. Tentukkan laba atau rugi bersih pada periode tersebut. Hal ini bisa kamu ambil dari selisih kolom debet dan kredit bagian laba atau rugi pada neraca lajur. Selain itu, bisa juga diambil dari hasil akhir laporan laba rugi komprehensif periode tersebut.
  3. Tentukkan penarikan yang diambil dari neraca lajur bagian neraca kolom debet.
  4. Hitung modal akhir berdasarkan data yang sudah didapatkan tersebut.

Untuk membuat laporan ini, Anda harus tahu dulu seputar kondisi permodalan usaha. List permodalan ini nantinya ditentukan dinilai secara akurat. Mulai dari permodalan barang – barang aset sampai degradasi kepemilikan aset juga perlu dibahas.

Karena kebutuhan akurasi yang tinggi datanya, Kebutuhan laporan ini tidak hanya sekedar data rumah sakit. Kebanyakan memilih alternatif, yaitu menggunakan aplikasi pembukuan.

BeeCloud Laporan Akuntansi Download 03

Penggunaan teknologi keuangan ini sudah lama trending, namun baru digunakan sebagian usaha karena tuntutan pelaporan keuangan yang lebih cepat dan efisien. Aplikasi seperti ini dapat digunakan untuk bantu menyusun pembukuan. Mulai dari hitungan gaji sampai besaran yang di dapat, semuanya berbeda dari kenyataan.

Baca Juga: Pengertian Rasio Keuangan Beserta Fungsi, Rumus dan Contohnya

Kesimpulan

Dari bahasan di atas, Anda sudah tahu mengapa laporan perubahan modal adalah hal penting dalam banyak usaha. Semoga bahasan ini berguna bagi Anda dan terima kasih sudah baca artikel ini!

3 Software Akuntansi Terbaik di 2022 untuk UMKM
Dengan banyaknya pilihan software akuntansi, membuat banyak pebisnis merasa bingung dalam memilih software akuntansi terbaik 2022 dan sesuai bagi perusahaannya. […]
Baca Juga
Contoh Surat Tagihan Dan Kegunaannya
Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar istilah surat tagihan. Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan surat tagihan? Sebelum membahas […]
Baca Juga
Cari Aplikasi Pembukuan Bengkel? Simak Biar Nggak Salah Pilih!
Ketika Anda adalah pemilik bisnis yang menjalankan bengkel otomotif, memiliki aplikasi pembukuan bengkel yang tepat akan membantu manajemen service antrian […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu