Logo Bee Web

Remunerasi Adalah Imbalan, Begini Penjelasannya

Remunerasi adalah imbalan, salah satu istilah yang mungkin saat ini masih asing bagi masyarakat umum, simak informasinya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 1 May 2023

Remunerasi adalah salah satu istilah yang mungkin saat ini masih asing bagi masyarakat umum. Banyak sekali orang yang tidak tahu arti dari istilah tersebut.

Istilah ini sebenarnya lebih mengacu pada pekerjaan, khususnya pegawai yang bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta. Dimana remunerasi ini hak karyawan dan perusahaan memang memiliki kewajiban untuk membayarnya sebelum mengakhiri hubungan kerja.

Mengenal Apa itu Remunerasi Adalah ..

Remunerasi

Remunerasi alah imbalan yang juga bisa disebut dengan upah (Credit: Freepik.com)

Remunerasi lebih dikenal sebagai pemberian imbalan atau penghargaan terhadap seseorang secara teratur yang sudah bekerja dan berpartisipasi. Bonus atau penghargaan ini sebenarnya berkaitan dengan sistem kompensasi bagi karyawan.

Jadi dapat dikatakan bahwa reward ini hanya berupa uang atau reward lainnya. Dimana reward ini dapat diartikan sebagai bentuk pujian atas pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan.

Setiap perusahaan juga memberikan biaya nominal yang berbeda. Perbedaan nilai nominal kompensasi ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kinerja keuangan, lama dan masa kerja.

Secara umum pengertian dari Remunerasi adalah perusahaan akan membayar gaji karyawannya atau imbalan berdasarkan jasa yang diberikan oleh karyawan tersebut. Perlu dipahami bahwa reward karyawan ini tentunya akan dibayarkan setiap bulan.

Dengan kata lain reward ini akan dibayarkan secara berkala. Berdasarkan pengertian tersebut, juga dapat disimpulkan bahwa reward ini sangat berkaitan erat dengan kehidupan kerja.

Bentuk-Bentuk dari Remunerasi yang Perlu Diketahui

Setelah Anda memahami betapa pentingnya reward, berikut adalah berbagai jenis reward yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Adapun bentuk reward ini akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Gaji

Gaji merupakan salah satu contoh reward dalam bentuk pembayaran tetap. Jadi memang gaji ini dibayarkan secara teratur setiap bulan. Untuk perhitungan besaran gaji pada karyawan sangat bervariasi mulai dari per jam atau upah harian dan lain-lain.

Gaji karyawan juga tentunya disesuaikan dengan gaji karyawan lain dalam industri yang masih sama. Gaji juga akan disesuaikan dengan keterampilan atau keahlian, ruang lingkup, periode karyawan.

Untuk memudahkan aktifitas rekap biaya gaji karyawan, Anda bisa gunakan software akuntansi online Beecloud. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat dengan mudah mencatat setiap pengeluaran yang terkait dengan gaji karyawan.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Operasional, Gaji Dan Beban

Biaya operasional perusahaanpun lebih mudah untuk di pantau dan dikelola. Selain itu, Beecloud juga menyediakan laporan keuangan perusahaan secara otomatis dari laba rugi dan laporan akuntansi lainnya. Dengan teknologi cloud Anda bisa memantau bisnis dimana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Contoh Slip Gaji Karyawan: Komponen dan Format

2. Komisi

Bonus Remunerasi adalah uang yang dibayarkan kepada karyawan ketika tugas tertentu telah diselesaikan. Dimana reward ini merupakan jenis tip yang banyak sekali  ditemukan pada bisnis seperti real estate, retail, dan juga bisnis berbasis penjualan berbagai macam produk.

3. Bonus dan Insentif

Bonus dan insentif adalah reward yang akan diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya hanya pada waktu tertentu saja. Imbalan dan insentif disini dikenal sebagai imbalan yang tidak tetap jumlahnya, bahkan tidak akan diberikan kepada tenaga kerja sekaligus.

Biasanya, untuk bonus sendiri akan dibayarkan sebagai kenaikan gaji pada karyawan tertentu. Sedangkan insentif akan diberikan dengan menilai kinerja pegawai. Karyawan akan menerima insentif setelah berhasil menyelesaikan tugas di luar tugas utama.

4. Upah

Upah sebagai contoh kompensasi terkait pekerjaan yang akan dibayarkan per jam atau harian. Jadi semakin banyak jam kerja karyawan di tempat kerja, maka akan semakin banyak dibayar.

5. Jenis Hadiah Lainnya

Perusahaan akan memberi reward kepada para karyawannya dengan beberapa jenis bonus lainnya, misalnya seperti uang untuk perjalanan bisnis ke luar kota. Biasanya, para karyawan yang ditugaskan untuk bekerja pada perjalanan bisnis ke luar kota akan menerima uang.

Jenis remunerasi ini akan dihitung dengan cara membandingkan biaya hidup, tempat tinggal, dan tunjangan makan. Reward ini seringkali digunakan di sektor swasta maupun publik.

Komponen-Komponen yang Ada Pada Remunerasi

Ada beberapa komponen yang ada pada remunerasi perlu dipahami. Berikut ini adalah penjelasan terkait komponen Remunerasi adalah:

  • Pembayaran Langsung, lebih mencakup berbagai jenis pembayaran.
  • Komisi, pembayaran berdasarkan kinerja dari karyawan dan dirancang untuk mendorong produktivitas lebih maksimum.
  • Bonus, akan dibayarkan kepada karyawan selain gaji pokok.

Faktor Penilaian Pada Remunerasi Karyawan

Ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi besarnya gaji yang diterima oleh seorang karyawan pada suatu perusahaan. Faktor-faktor tersebut akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini:

1. Standar Perusahaan

Setiap perusahaan tentunya sudah memiliki standar yang berbeda dalam hal mempekerjakan karyawannya. Standar tersebut harus berbanding lurus dengan kapasitas perusahaan. Jadi semakin tinggi pendapatan dari perusahaan, maka akan semakin tinggi tingkat gaji karyawan.

2. Kontribusi yang Wajar

Kinerja lebih baik dan juga kontribusi karyawan tentunya akan mempengaruhi imbalan yang diperoleh. Oleh karena itu, karyawan harus lebih berkontribusi terhadap perusahaannya.

3. Keterampilan dan Prestasi

Keterampilan seorang karyawan lebih berharga dan mendorong perusahaan untuk menawarkan bonus kinerja yang lebih banyak. Apalagi jika karyawan tersebut terbukti memiliki banyak prestasi.

4. Level Pekerja

Ada beberapa perusahaan yang telah mengklasifikasikan level karyawan. Hal ini tentunya tergantung pada jumlah pembayaran yang dilakukan, seperti jam kerja karyawan atau keterampilan.

Landasan Hukum yang Berkaitan dengan Remunerasi

Remunerasi adalah imbalan

Indonesia Memiliki Landasan Hukum Tersendiri Terkait Remunerasi (Credit: Freepik.com/ @Racool_Studio)

Cakupan arti Remunerasi ini pada dasarnya memang cukup luas. Ada beberapa landasan hukum remunerasi yang digunakan dan perlu diketahui dengan jelas seperti:

  • Menurut UU No. 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan KKN Negara Bebas serta Bersih.
  • Menurut UU No. 43 Tahun 1999 diubah menjadi UU No. 8 Tahun 1974 tentang asas-asas kepegawaian.
  • Keputusan Presiden Nomor 7 tentang Adanya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2005.

Keuntungan Bisnis Ketika Memberikan Remunerasi Pada Karyawan

Ada beberapa keuntungan remunerasi bagi karyawan yang perlu diketahui dengan jelas. Di bawah ini sudah ada berbagai keuntungan dari remunerasi adalah.

1. Tunjangan Liburan atau THR

Tunjangan Hari Raya atau THR sebagai salah satu tunjangan yang biasanya akan diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya saat lebaran. Umumnya, THR ini akan diterima sama dengan gaji pokok satu kali saja.

THR maksimal akan diberikan kepada karyawan 14 hari sebelum Idul Fitri terlaksana. Namun, tidak semua perusahaan memberikan THR ini.

2. Lembur

Tunjangan gaji ini sebenarnya harus bisa dihitung secara akurat dan cermat. Hal ini karena lembur dihitung menurut undang-undang yang sudah memiliki standar dan batasan.

Perusahaan tidak diperbolehkan menyuruh karyawannya untuk bekerja lembur dan melanggar prosedur yang telah ada. Akan lebih baik lagi, jika perusahaan yang menginginkan karyawannya bekerja lembur, terlebih dahulu meminta persetujuan karyawan tersebut.

3. Asuransi Kesehatan

Cara perusahaan untuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja bagi karyawannya akan lebih baik dengan membuat asuransi karyawannya. Tingkat keuntungannya berbanding lurus dengan risiko pekerjaan yang akan diterima oleh karyawan.

Misalnya saja, risiko pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan sangat tinggi. Jadi uang pertanggungan yang akan diterima oleh karyawan juga lebih tinggi.

4. Pemutusan Kerja

Uang pesangon ini akan dibayarkan kepada karyawan pada akhir hari kerja atau setelah pemecatan. Besarnya dari pesangon tergantung pada lamanya masa kerja karyawan.

5. Liburan dari pekerjaan

Tunjangan gaji ini tidak selalu berarti memberikan uang kepada para karyawan. Namun, juga bisa menjadi tunjangan untuk liburan, meskipun bukanlah uang. Liburan ini memang memiliki nilai yang lebih tinggi bagi pekerja.

Kesimpulan

Singkatnya, Remunerasi merupakan penghargaan atau pengakuan yang akan diberikan kepada karyawan atas prestasi kerja di tempat kerjanya. Ketika perusahaan telah memberikan penghargaan kepada karyawannya.

Maka diharapkan akan tercipta hubungan yang baik antara karyawan dengan perusahaan tersebut. Manfaat Remunerasi adalah untuk bisa semakin meningkatkan loyalitas dan secara tidak langsung akan berkembang.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

11 Strategi Pemasaran Bengkel Motor Omset Hingga Ratusan Jutaan
Membahas mengenai usaha tentu tidak lepas dengan strategi pemasaran. Hal ini sangat perlu dilakukan agar usaha Anda bisa berkembang dan
Baca Juga
3 Contoh Surat Hutang Piutang dan Panduannya Lengkap
Sebagai seorang profesional di dunia bisnis, sudah menjadi kegiatan biasa jika terlibat dalam transaksi hutang piutang dengan pihak lain. Dalam
Baca Juga
Rumus Safety Stock dan Cara Menghitungnya
Safety stock atau stok pengaman adalah jumlah persediaan tambahan yang dipertahankan di atas tingkat persediaan normal untuk mengatasi ketidakpastian dalam
Baca Juga
Cara Berjualan di Tokopedia Langsung Banjir Orderan
Cara berjualan di tokopedia semakin dilirik oleh banyak orang terutama setelah adanya pandemi. Semua orang berbondong-bondong menjalankan bisnis online untuk
Baca Juga
Download Kwitansi Kosong PDF dan Cara Mudah Membuatnya
Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat dan mengisi kwitansi dengan mudah? Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel
Baca Juga
Surat Jalan: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Komponen
Ketika mengirim suatu barang, terdapat dokumen bukti pengiriman yang bernama surat jalan. Surat ini sangat penting, bahkan tidak boleh hilang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu