Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

Budget Adalah, Fungsi, Jenis, dan Budget Plan

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 9 December 2022

Secara umum budget adalah daftar rencana mengenai perkiraan pendapatan dan pengeluaran dalam periode tertentu yang digunakan untuk keperluan bisnis. Budget atau sering disebut juga sebagai anggaran merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha.

Oleh sebab itu, budget harus dibuat sebaik mungkin demi keamanan operasional suatu bisnis. Perkiraan tentang pendapatan dan pengeluaran perlu dievaluasi secara rutin supaya uang yang diperoleh cukup untuk menutup semua pengeluaran.

Definisi Budget Berdasarkan Para Ahli

Budget adalah

Budget Memiliki Fungsi Vital sebagai Perencanaan Keuangan Pada Perkembangan Bisnis (Sumber: Freepik.com)

1. Menurut Catur dan Safrida

Budget adalah rencana kegiatan kuantitatif dalam satu periode yang yang akan dijalankan oleh suatu manajemen.

2. Menurut Gunawan dan Munandar

Menurut kedua ahli tersebut budget ialah segala bentuk rencana yang kemungkinan akan disusun meskipun rencana tersebut bukan merupakan suatu anggaran.

3. Menurut M Nafarin

Budget artinya rencana keuangan tertulis yang disusun secara periodik berdasarkan program yang telah disetujui oleh suatu organisasi dan dinyatakan secara kuantitatif.

4. Menurut Munandar

Definisi budget menurut Munandar ialah rencana kegiatan suatu perusahaan yang disusun secara sistematis dan dinyatakan dalam kesatuan moneter yang berlaku dalam periode tertentu.

Fungsi Budget Menurut Para Ahli

1. Menurut Mulyadi

Mulyadi menjelaskan ada beberapa fungsi dari budget, antara lain:

  • Digunakan sebagai alat komunikasi yang menghubungkan berbagai unit di dalam perusahaan.
  • Tolak ukur hasil operasi perusahaan yang sesungguhnya.
  • Pengendali manajemen perusahaan.
  • Sebagai motivasi karyawan perusahaan agar bekerja secara efektif sesuai dengan tujuan operasi perusahaan.

2. Menurut Munandar

  • Alat untuk Pengkoordinasi Kerja

Budget adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengkoordinasikan kerja supaya setiap bagian dari perusahaan tersebut bisa saling menunjang dan bekerja sama dengan baik sehingga operasional perusahaan berjalan dengan lancar.

  • Sebagai Alat Ukur dan Perbandingan untuk Mengevaluasi Kinerja Perusahaan

Realisasi kinerja perusahaan perlu diukur dan dibandingkan untuk mengetahui apakah budget yang dibuat memberikan hasil yang maksimal. Nantinya, penilaian tersebut akan menjadi tolak ukur apakah perusahaan tersebut sudah sukses atau belum.

  • Pedoman Kerja Perusahaan

Fungsi budget adalah sebagai penentu arah dan target yang harus dicapai perusahaan pada periode yang akan datang.

Baca Juga: Cara Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis dan Contohnya

Jenis Budget

1. Budget Utama

Budget ini dibuat oleh berbagai departemen dalam suatu perusahaan menggunakan masukan dari rencana finansial, prediksi kas, dan laporan keuangan.

2. Budget Arus Kas

Merupakan budget yang disusun menggunakan kesimpulan estimasi produksi dan penjualan dengan memperkirakan utang dan piutang. Data tersebut nantinya akan digunakan sebagai acuan aktivitas bisnis perusahaan.

3. Budget Operasional

Pada budget operasional konsepnya hampir mirip dengan laporan keuntungan dan kerugian suatu bisnis yang disiapkan setiap awal tahun. Informasi terkait budget operasional biasanya digunakan untuk mengecek keuntungan, apakah sudah sesuai dengan anggaran atau belum.

4. Budget Keuangan

Anggaran finansial ini digunakan untuk mengetahui kesehatan suatu bisnis. Di sini budget disusun untuk mengetahui berapa banyak modal diperlukan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek.

5. Budget Tenaga Kerja

Jenis budget ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk menggaji karyawannya. Jika tidak disediakan, maka proses produksi tidak bisa berjalan lancar.

Budgeting

Budget adalah

Baik atau Tidaknya Penyusunan Keuangan Perusahaan Tergantung Pengelolahan Budget (Sumber: Freepik.com)

Yang dimaksud dengan budgeting ialah proses penyusunan budget yang wajib dilakukan oleh perusahaan agar keuangan perusahaan berjalan dengan baik. Proses tersebut meliputi persiapan dan penggunaan anggaran.

1. Ciri-ciri Budgeting yang Berjalan dengan Baik

Baik atau tidaknya proses budgeting bisa dilihat dari ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Fleksibel
  • Realistis
  • Bisa dikomunikasikan dengan jelas
  • Terorganisir dengan baik

2. Metode Budgeting

  • Metode Incremental Budgeting

Merupakan sistem anggaran belanja dan pendapatan yang mempertimbangkan perubahan selama periode berjalan dengan mempertimbangkan anggaran pada periode selanjutnya.

Metode incremental budgeting adalah metode yang paling cepat dari semua metode penganggaran dan cocok digunakan untuk pelaku bisnis yang memiliki sedikit waktu tetapi membutuhkan hasil yang cepat dan masuk akal.

  • Metode Zero-Based

Metode yang sering dikenal dengan ZBB ini merupakan metode yang didasarkan pada perkiraan tiap kegiatan bisnis tanpa harus mengacu pada rencana kegiatan bisnis atau hasil kegiatan bisnis pada periode tertentu.

Bisa dikatakan juga sebagai budget yang dimulai dari nol. Budget jenis ini merupakan alat berharga dalam krisis keuangan dengan menargetkan biaya apa yang benar-benar penting saat ini dan biaya apa yang bisa ditunda atau tidak perlu dikeluarkan.

  • Metode Activity

Pada metode ini, proses penyusunan anggaran dan pengendalian aktivitas yang dilakukan oleh pelaku bisnis. Harapannya bisa mencapai efektivitas anggaran dan biaya sehingga beban kerja dan tujuan strategik yang telah ditetapkan dapat terpenuhi.

Fokus utama pada metode ini adalah mendorong pendapatan, bukan biaya administrasi dan overhead. Oleh sebab itu, anggaran ini berguna untuk menilai profitabilitas dan harga produk yang berbeda.

  • Metode Value Proposition

Metode ini telah digunakan oleh banyak perusahaan karena dinilai telah banyak memberikan keuntungan bisnis melebihi kompetitor.

Pada metode value proposition, perusahaan menjanjikan suatu nilai produk kepada pelanggan jika pelanggan memilih produk yang ditawarkan.

Budget Plan

Setelah memahami apa itu budget, sekarang saatnya untuk mempelajari cara membuat perencanaan anggaran. Budget plan perlu dilakukan oleh seorang pelaku bisnis agar keuangan bisnis berjalan dengan efisien.

1. Manfaat Budget Plan

  • Bisa dijadikan pedoman kerja suatu perusahaan. Fokus pada budget plan dan menetapkan prioritas akan sangat membantu kelancaran suatu usaha karena apa yang akan dijalankan nantinya tidak melenceng dari rencana awal.
  • Evaluasi dapat dilakukan dengan mudah. Pembuatan rencana anggaran akan mempermudah proses evaluasi bisnis sebab semua bagian yang kurang efektif dari bisnis tersebut mudah diketahui.

Bagian yang tidak memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis bisa segera dihilangkan.

  • Koordinasi kerja bisa dijalankan dengan baik. Dengan memiliki budget plan, maka setiap karyawan dalam perusahaan bisa mengkoordinasikan pekerjaan dengan baik karena memiliki target dan tujuan yang sama.

2. Komponen yang Harus Ada Dalam Budget Plan

  • Keuntungan: Perencanaan keputusan finansial bisa dilaksanakan jika sudah mendapatkan angka keuntungan secara pasti. Tetapi bila masih ada keraguan, maka pemeriksaan ulang pengeluaran perlu dilakukan.
  • Pendapatan: Proyeksi pendapatan perlu dibuat seakurat mungkin agar semua prioritas dalam bisnis dapat ditetapkan.

Caranya bisa dengan menggunakan data pendapatan dari periode sebelumnya. Jika belum memiliki data terkait pendapatan, sebaiknya lakukan riset pemasaran terlebih dulu.

  • Pengeluaran: Pengeluaran usaha yang telah dikelola dengan baik bisa meningkatkan pendapatan dengan jumlah yang banyak.

Bagilah pengeluaran ke dalam beberapa kategori seperti biaya variabel, biaya semi-variabel, dan biaya tetap agar estimasi pendapatan yang didapat sesuai yang diharapkan.

3. Cara Membuat Budget Plan

Membuat budget plan yang efisien memang tidaklah mudah, tetapi tak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang bisa dicoba, yakni sebagai berikut:

  • Siapkan anggaran pendapatan dari hasil penjualan dengan cara mengalikan volume produk dan harga rata-rata produk.
  • Susunlah besaran anggaran produksi yang diperlukan agar target penjualan dan kebutuhan inventori terpenuhi.
  • Buatlah anggaran biaya yang diperlukan untuk membeli bahan baku supaya jumlah produksi yang ditargetkan tercapai.
  • Buatlah anggaran yang dibutuhkan untuk membayar tenaga kerja.
  • Menyiapkan anggaran untuk beban pokok penjualan.
  • Menyusun anggaran yang akan digunakan untuk biaya non-manufaktur seperti biaya pemasaran, biaya administrasi, biaya distribusi produk, dan biaya penyusutan aset.
  • Membuat anggaran untuk biaya overhead pabrik yang meliputi biaya variabel dan biaya tetap.

Budget adalah perhitungan penting yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis dengan cermat. Jika budgeting tersebut dikelola dengan baik, maka akan mencegah masalah keuangan dan bisa mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

Beeaccounting

Untuk Anda yang mau mengatur keuangan bisnis agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting, yang akan memudahkan bisnis Anda untuk terus berkembang.

Mulai dari laporan laba rugi, alur kas, stok, hutang/piutang bisa Anda kelola dengan mudah dengan menggunakan Beeaccounting, software ini juga akan meminimalisir terjadinya kesalahan dalam setiap membuatan budgeting perusahaan.

Sehingga akan sangat memudahkan perusahaan Anda untuk dikelola keuangannya. Ada beberapa varian yang bisa Anda ambil untuk menikmati fitur dari Beeaccouting, sesuai dengan kebutuhan bisnis. Informasi selengkapnya bisa Anda cari di sini.

Cara Berjualan di Tokopedia Langsung Banjir Orderan
Cara berjualan di tokopedia semakin dilirik oleh banyak orang terutama setelah adanya pandemi. Semua orang berbondong-bondong menjalankan bisnis online untuk […]
Baca Juga
Tabel Cash Flow: Contoh, Metode, dan Cara Membuatnya
Dalam laporan akuntansi, tabel cash flow adalah istilah yang cukup sering ditemui. Prinsip cash flow adalah upaya untuk mencatat semua […]
Baca Juga
6 Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana
Laporan Keuangan pada umumnya sangat diperlukan oleh banyak perusahaan. Semua usaha sudah dipastikan mereka membuat pencatatan keuangan agar bisa menganalisa […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu