Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Inilah Alasan Pentingnya Membuat Anggaran Perusahaan

Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 22 February 2022

Dalam sebuah usaha atau organisasi, memperhatikan pentingnya membuat anggaran sangat wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar kelangsungan operasional berjalan dengan lancar. Supaya bisa mencapai rencana yang sudah ditentukan, perusahaan wajib menentukan langkah atau tindakan yang harus diambil

Cara efektif untuk menjaga bisnis dan semua pembayaran agar tetap di jalur adalah dengan merencanakan anggaran. Anggaran dan rencana kerja harus dibuat guna mencapai rencana perusahaan di masa yang akan datang. Disinilah perusahaan akan membuat sebuah rencana kerja.

Mengapa Membuat Anggaran untuk Perusahaan Penting?

pentingnya membuat anggaran

Mengetahui Pentingnya Membuat Anggaran (Sumber: Freepik.com)

Pada artikel sebelumnya, kami sudah membahas mengenai apa itu anggaran beserta penjelasannya. Anda bisa membacanya melalui link berikut: Anggaran Adalah: Pengertian, Klasifikasi, Jenis dan Manfaat

Anggaran umumnya digunakan untuk mengetahui sebuah renaca awal biaya yang akan dikeluarkan untuk pembelian maupun biaya pada proyek bisnis atau usaha tertentu. Dengan adanya anggaran disini, diharapkan ide atau progres yang dimulai bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Pentingnya membuat anggaran perusahaan disini memiliki tujuan-tujuan yang nantinya akan membantu operasional usaha. Berikut beberapa tujuan dari anggaran:

  1. Anggaran bisa digunakan sebagai alat ukur semua pihak ketika melakukan perencanaan keuangan dalam pengeluaran barang maupun proyek
  2. Untuk melihat besarnya biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan
  3. Bisa dijadikan sebagai alat acuan bagi otoritas keuangan
  4. Sebagai alat ukur target pencapaian perusahaan

Baca Juga: Cara Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis dan Contohnya

Komponenen Anggaran Perusahaan

komponen-anggaran-perusahaan

Apa Saja Komponen Membuat Anggaran? Photo by olia danilevich from Pexels

Pada sebuah perusahaan ada banyak devisi yang masing-masing membutuhkan penganggaran masing-masing. Saat semua anggaran dari semua devisi digabungkan, hasilnya masuk ke anggaran akhir, atau umumnya disebut sebagai "Master Budget" atau anggaran keseluruhan. Apa saja komponen pentingnya membuat anggaran tersebut?

  • Anggaran Penjualan

Anggaran penjualan memberikan arus pendapatan yang diperkirakan dari bisnis. Umumnya anggaran penjualan adalah anggaran pertama yang disiapkan karena pendapatan inilah yang hasilnya akan menentukan tingkat pengeluaran. Di bawah anggaran penjualan, terdapat penjualan bisnis yang harus diperkirakan. Perkiraan ini dilakukan atas tujuan:

  • Analisa pola penjualan sebelumnya
  • Mengetahui kondisi ekonomi. (misal tingkat inflasi, suku bunga, nilai tukar, tingkat pertumbuhan ekonomi)
  • Kondisi politik
  • Keadaan Persaingan
  • Faktor lain yang mempengaruhi penjualan
  • Anggaran Produksi

Selain anggaran penjualan, anggaran produksi juga punya peran penting dalam keseluruhan proses penganggaran. Ini bertujuan untuk menentukan jumlah unit produk yang akan diproduksi oleh perusahaan. Selain itu juga menentukan biaya untuk produk yang harus diproduksi juga harus diperhatikan.

Anggaran produksi dibuat berdasarkan dengan anggaran penjualan. Seperti unit penjualan yang dibutuhkan, inventaris pembuka dan penutup diperlukan untuk mencapau jumlah unit yang harus diproduksi pada sebuah periode yang dianggarkan.

  • Anggaran Pembelian Bahan Baku Langsung

Seperti namanya, bahan baku langsung adalah bahan yang akan digunakan langsung dalam sebuah produksi barang. Anggaran yang berkaitan dengan bahan langsung juga menentukan jumlah dari biaya sumber daya yang akan dibutuhkan dalam kegiatan produksi.

  • Anggaran Tenaga Kerja, Biaya Overhead, dan SG&A

anggaran-tenaga-kerja

Anggaran Tenaga Kerja dan Biaya Lain-lain (Sumber: Freepik.com)

Selanjutnya, anggaran yang berhubungan dengan tenaga kerja, overhead dan SG&A (selling, general, and administrative expense) disiapkan secara terpisah. Keseluruhannya digabungkan dalam satu anggaran.

Anggaran tenaga kerja yang berpartisipasi dalam proses produksi akan berbentuk biaya tenaga kerja langsung. Anggaran ini disusun sesuai dengan total jam kerja dan biaya dalam per jamnya.

Overhead merupakan biaya-biaya yang tidak dikeluarkan secara langsung dalm proses produksi barang, tapi juga diperlukan ketika aktivitas produksi misalnya sewa pabrik. Anggaran biaya overhead disiapkan dengan jam kerja langsung.

Untuk biaya SG&A dikeluarkan untuk berjalannya operasi bisnis setiap harinya.

  • Anggaran Kas

Kas merupakan nyawa dalam bisnis yang sama halnya dengan darah yang harus dimiliki tubuh. Ibarat juga seperti kerangka bangunan, apabila sebuah bisnis kehabisan kas, bisa saja bangunan atau bisnis yang telah lama didirikan akan ambruk.

Untuk memastikan kelancaran operasional bisnis, tentunya anggaran kas juga harus dipikirkan. Anggaran kas membantu untuk merumuskan siklus pembayaran dan penerimaan bisnis dan juga memastikan uang tunai tersedia.

Dengan merencakana anggaran kas, bisnis bisa melacak piutang beserta hutang agar terhindar dari kekurangan kas.

Bagaimana Cara Membuat Estimasi Anggaran Perusahaan?

cara-membuat-estimasi-anggaran

Cara Mudah Membuat Estimasi Anggaran Perusahaan (Photo by Mikhail Nilov from Pexels)

Apabila Anda ingin membuat anggaran perusahaan secara manual, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan dalam proses penganggaran, yaitu:

1. Catat dan Perhatikan Dana yang Tersedia

Keuangan yang terbatas dapat memperlambat rencana pertumbuhan bisnis. Oleh karenanya, dalam perencanaan anggaran perusahaan perlu diperhatikan pada pendanaan yang sedang tersedia karena ketersediaan dana bisa diinvestasikan untuk menentukan operasional yang layak untuk dijalankan.

2. Dapatkan Perkiraan Pendapatan

Faktanya anggaran penjualan adalah anggaran paling penting dari semua komponen yang ada. Seluruh anggaran didasari pada anggaran penjualan atau pendapatan. Selanjutnya, anggaran penjualan akan menentukan apakah bisnis menghasilkan pemasukan yang cukup untuk keperluan kelangsungan usaha. Oleh sebab itu, permintaan yang akurat untuk menyusun anggaran penjualan harus diperhatikan.

3. Dapatkan Anggaran Departemen

Anggaran departemen berperan dalam membantu untuk mencapai pengeluaran yang dianggarkan untuk periode yang dianggarkan. Setiap devisi akan menyiapkan anggarannya masing-masing lalu selanjutnya semua akan digabung menjadi bagian dari anggaran induk.

4. Validasi Kompensasi

Renacana anggaran kompensasi merupakan komponen pentingnya membuat anggaran. Sebab kompensasi dikenakan kenaikan tahunan, oleh karenanya harus dipersiapkan dengan sangat berhati-hati. Persetujuan untuk kenaikan kompensasi harus diambil dari manajemen atas, dan kemudian harus ditambah dalam rencana anggaran kompensasi.

5. Validasi Paket Bonus

Untuk mensejahterahkan karyawan, bonus sering diberikan kepada pekerja yang memiliki dedikasi yang tinggi. Bonus berperan sebagai metode penilaian. Jika bonus tidak dipertimbangkan dalam proses penganggaran maka dapat menciptakan kekacauan dalam keuntungan bisnis. Oleh sebab itu, setiap rencana bonus harus dipetimbangkan dahulu.

6. Dapatkan Permintaan Anggaran Modal

Anggaran modal bertujuan untuk melakukan ekspansi bisnis. Ini membantu bisnis dalam memanfaatkan peluang yang diperlukan untuk perkembangan bisnis. Segala rencana belanja modal wajib diambil di muka, dan hal tersebut harus dimasukkan dalam peroses perencanaan anggaran yang sesuai.

7. Tinjau Anggaran

Setelah segala proses anggaran sudah ditentukan dan dipikirkan, selanjutnya anggaran harus ditinjau secara menyeluruh dan disiapkan untuk memperbaiki segala kekurangan. Jika terdapat desimal yang ditempatkan dengan salah dapat membuat ketidakseimbangan dalam lembar anggaran.

Siapa yang Bertugas Membuat Anggaran?

siapa-yang-bertugas-membuat-anggaran

Siapa yang Berhak Menyusun Anggaran (Photo by RODNAE Productions from Pexels)

Dalam menyusun sebuah anggaran, tentunya bukan pekerjaan yang mudah karena berkaitan dengan keuangan perusahaan. Penyusunan anggaran umumnya dilakukan oleh suatu komite anggaran yang beranggotakan manajer-manajer fungsional, diantaranya:

  • Salah seorang anggota direksi.
  • Manajer pemasaran.
  • Manajer produksi.
  • Manajer keuangan.
  • Manajer bagian umum.

Contoh Mudah Membuat Anggaran di Software Akuntansi Beecloud

penyusunan-anggaran-perusahaan-di-beecloud

Tampilan Memasukkan Anggaran Tiap Bulan dalam Satu Periode di Beecloud (Sumber: Bee.id)

Kesimpulan

Anggaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap perusahaan. Karena pentingnya membuat anggaran itu sendiri memiliki berbagai tujuan yang tentunya untuk mendukung segala kegaiatan yang ada pada sebuah perusahaan. Berbagai komponen dari anggaran yang ada, harus diperhatikan dan dilaksanakan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Agar lebih mudah membuat anggaran di pembukuan, software akuntansi online Beecloud adalah solusinya. Ketika anggaran sudah dimasukkan ke dalam system maka akan terpotong dan terdapat laporan anggaran apakah membengkak atau berlebih.

catat-anggaran-bulanan-otomatis-sinkron-pembukuan

Cara Menghitung Harga Jual Produk Agar Tidak Rugi
Berbisnis adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang atau pendapatan. Dalam menjual produk tentu perlu mengetahui cara menghitung harga jual […]
Baca Juga
Nota Tunai: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Ketika Anda membeli sesuatu, misalnya membeli kebutuhan usaha, maka pihak penjual akan memberikan nota tunai atau kontan kepada Anda. Hal […]
Baca Juga
Tips Buat Laporan Cash Flow Sederhana dengan Cepat dan Akurat
Laporan cash flow sederhana atau laporan arus kas merupakan salah satu bagian yang penting dari laporan keuangan di suatu perusahaan. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu