Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Cara Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis dan Contohnya

Dipublish Tgl: Thursday, 9 December 2021

Cara membuat anggaran tahunan bisnis pertama-tama harus direncanakan dengan teliti untuk mengetahui kondisi keuangan usaha. Dengan membuat anggaran tahunan, Anda dapat menetapkan prioritas dan tujuan yang lebih baik, membuat komitmen jangka panjang, dan membuat keputusan perekrutan.

Apa Itu Penyusunan Anggaran?

cara-membuat-anggaran-tahunan

Memahami Pengertian Penyusunan Anggaran (Sumber: Pexels.com)

Penyusunan anggaran atau budgetting merupakan sebuah rencana yang dibuat juga disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan dalam perusahaan untuk periode dan jangka waktu tertentu di masa mendatang.

Penganggaran disini juga merupakan komitmen resmi manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan, biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu di masa mendatang.

Maka dari itu anggaran belanja seringkali disebut juga dengan rencana keuangan.

Terdapat berbagai jenis anggaran belanja, yakni anggaran belanja penjualan, belanja produksi, belanja tunai, belanja pemasaran, belanja proyek, belanja pendapatan, dan belanja ekspeditur.

Mengapa Membuat Anggaran Tahunan Penting?

mengapa-membuat-anggaran-tahunan-penting

Pentingnya Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Anggaran tahunan penting karena memungkinkan bisnis menetapkan prioritas, sasaran, dan batas pengeluaran. Ini memungkinkan bisnis untuk melacak di mana ia berada secara finansial, yang memungkinkan perencanaan jangka panjang yang lebih efektif.

Membuat anggaran tahunan juga membantu Anda mengenali kapan Anda memiliki kemampuan untuk merekrut karyawan baru, menetapkan sasaran penghasilan baru yang sejalan dengan tujuan perusahaan, dan berinvestasi dalam lini laba baru.

Manfaat lain untuk membuat anggaran tahunan meliputi:

  • Kemampuan untuk membuka jalur kredit.
  • Sederhanakan persiapan pajak.
  • Kemampuan untuk membuat keputusan terdidik tentang biaya overhead, gaji, tunjangan dan bonus Rumus Perhitungan Biaya Per Unit Beserta Contohnya

Perusahaan yang berkecenderungan memandang ke depan, akan selalu memikirkan apa yang mungkin dilakukannya terkait budgeting pada masa yang akan datang.

Sehingga dalam pelaksanaannya, perusahaan ini tinggal berpegangan pada semua rencana budgeting yang telah disusun sebelumnya.

Cara Membuat Anggaran Tahunan

pengertian-penyusunan-anggaran

Cara Membuat Anggaran Tahunan Bisnis yang Baik dan Benar (Sumber: Freepik.com)

Pedoman anggaran belanja perusahaan didasarkan pada budgeting belanja selama setahun yang telah dibuat dan dipersiapkan beberapa bulan sebelum budgeting tahun berikutnya. Pedoman ini dikenal sebagai manajemen puncak untuk dasar dalam menyusun anggaran belanja.

Untuk memulai proses pembuatan anggaran tahunan, mulailah dengan persiapan anggaran, penentuan anggaran, dan pelaksanaan anggaran.

1. Persiapan Penyusunan Anggaran

Persiapan penyusunan anggaran dibuat dengan memeriksa laporan laba rugi dari dua tahun terakhir. Hapus pengeluaran tidak biasa yang tidak Anda antisipasi selama tahun mendatang, serta pendapatan satu kali.

  • Analisa Laporan Laba Rugi Dua Tahun Terakhir

software-akuntansi-laporan-laba-rugi

Contoh Laporan Laba Rugi (Sumber: Bee.id)

Lakukan analisa rata-rata angka dari laporan laba rugi dua tahun terakhir kemudian sesuaikan dengan biaya yang naik selama tahun tersebut. Buat juga modifikasi untuk perubahan margin kotor, investasi satu kali, kondisi pasar, dan pendapatan yang Anda antisipasi selama tahun mendatang. Perimbangkan juga bagaimana perubahan di beberapa area dapat berdampak pada yang lain.

Misalnya, jika Anda mempekerjakan lebih banyak profesional penjualan, pendapatan Anda akan naik dari penjualan tambahan, tetapi Anda juga akan membelanjakan lebih banyak untuk asuransi kesehatan dan biaya terkait lainnya.

  • Perhatikan Pengeluaran Lebih Detail

Setelah Anda memiliki gambaran umum tentang pendapatan dan pengeluaran bisnis untuk tahun ini, Anda harus melihat lebih dekat pada pengeluaran. Beberapa pengeluaran perusahaan Anda adalah biaya tetap seperti asuransi, sewa, sewa, dll.

Anda juga harus memperhatikan biaya untuk gaji karyawan karena harus sejalan dengan pertumbuhan dan pendapatan perusahaan. Anda juga harus melihat apakah Anda perlu merekrut, dampak perekrutan pada area lain dari anggaran Anda dan tingkat pengalaman apa yang Anda perlukan untuk mengoptimalkan operasi.

  • Periksa Belanja Modal atau Capital Expenditure

Pengeluaran modal seperti komputer baru, mesin, furnitur dan barang-barang lainnya juga penting untuk dimasukkan dalam anggaran.

Pikirkan peralatan apa yang perlu Anda beli untuk karyawan baru. Juga pikirkan tentang peralatan apa pun yang perlu Anda beli atau perbarui untuk menghasilkan produk atau layanan Anda.

Selalu ingat bahwa investasi dapat mempengaruhi output. Meskipun mungkin tergoda untuk menunda investasi besar, keputusan ini dapat memengaruhi waktu pengiriman, kualitas produk, dan output, yang dapat berdampak besar pada pendapatan dari waktu ke waktu.

  • Hitung Arus Kas

Contoh-Laporan-Arus-Kas

Contoh Laporan Arus Kas (Sumber: Bee.id)

Saat Anda membuat anggaran tahunan, penting untuk menjaga pendapatan arus kas. Misalnya, Anda mungkin perlu membeli inventaris sebelum melakukan penjualan dan Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki uang tunai untuk melakukan pembelian yang diperlukan. Dalam kasus seperti ini, Anda dapat membuat laporan arus kas menggunakan laporan laba rugi dan tingkat perputaran AR/P.

  • Masukkan Anggaran ke Dalam Sistem Keuangan Anda

Anda dapat membagi anggaran tahunan Anda dengan 12 bulan dalam setahun dan kemudian menggunakannya untuk mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda

Setiap kali Anda meninjau laporan keuangan Anda untuk bulan itu, bandingkan dengan anggaran dan dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa dekat proyeksi Anda. Ini dapat membantu Anda mengendalikan pengeluaran sekaligus membantu Anda membuat anggaran tahunan yang lebih akurat di masa mendatang.

2. Penentuan Penyusunan Anggaran

penentuan-penyusunan-anggaran

Penyusunan Anggaran Harus dengan Diskusi Semua Departemen (Sumber: Pexels.com)

Ada 3 tahapan dalam penentuan penyusunan anggaran, antara lain:

  • Masing-masing karyawan dari tiap bidang membicarakan dan merundingkan hasil dari persiapan yang telah dilakukan agar anggaran belanja yang disusun nantinya mampu mengakomodasi kebutuhan tiap-tiap bagian.
  • Koordinasi dalam penyusunan dan penelaahan komponen anggaran belanja yang telah disusun.
  • Pengesahan dan juga pendistribusian anggaran yang merata ke seluruh bagian.

Dalam tahap ini, pihak manajemen perusahaan dan direksi akan melakukan pengesahan setelah melakukan uji kelayakan dan pengkajian dari tiap anggaran belanja perusahaan yang disusun oleh tiap-tiap bagian perusahaan yang nantinya berkedudukan sebagai pengguna anggaran.

3. Pelaksanaan Penyusunan Anggaran

pelaksanaan-penyusunan-anggaran

Pelaksanaan Penyusunan Anggaran Harus Dilakukan dengan Cermat (Sumber: Pexels.com)

Tahapan pelaksanaan merupakan langkah terakhir dari penyusunan anggaran yang kemudian akan diputus dalam keputusan tunggal.

Masing-masing bagian perusahaan akan mulai melaksanakan budgeting sebagaimana yang telah disepakati dalam anggaran belanja perusahaan.

Dalam hal ini tiap manajer akan mengawasi kemudian melaporkannya ke direksi apakah pelaksanaan anggaran sesuai dengan perencanaan yang disepakati sebelumnya atau tidak.

Membuat anggaran tahunan membutuhkan waktu, terutama jika Anda berkonsultasi dengan departemen lain. Biasanya ide yang baik untuk mulai membuat anggaran Anda pada bulan Oktober untuk memberi diri Anda banyak waktu untuk mendapatkan perkiraan terperinci dari proyeksi pendapatan dan pengeluaran Anda.

Semakin cermat dan detail dalam penyusunannya, maka akan semakin mudah perusahaan untuk menjalankan kegiatan usahanya.

Contoh Daftar Anggaran vs Realisasi dengan Menggunakan Software Akuntansi Beecloud

Gambar Software Akuntansi Online Anggaran Realisasi

Cek Perbedaan Anggaran dengan Realisasi Bisnis di Beecloud (Sumber: Bee.id)

Kesimpulan

Cara membuat anggaran tahunan harus direncanakan secara detail mulai dari persiapan, penentuan hingga pelaksanaan. Membuat anggaran tahunan mempunyai tujuan untuk membangun model bagaimana bisnis dapat berjalan secara finansial jika menjalankan strategi, peristiwa, dan rencana tertentu.

Jika Anda belum memiliki laporan keuangan hal itu akan semakin mempersulit Anda dalam menyusun anggaran tahunan. Tanpa adanya laporan keuangan Anda tidak bisa mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda.

Untuk itu sebagai solusi pembuatan anggaran tahunan yang akurat, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beecloud yang mempunyai fitur membuat laporan keuangan dengan mudah seperti laporan laba ruhi, laporan arus kas, hingga stok. Juga telah tersedia fitur cek laporan anggaran vs realisasi di Beecloud.

Dengan Beecloud,  membuat anggaran tahunan sangatlah mudah, klik pada banner di bawah untuk coba gratis selama 14 hari:

Cara-Membuat-Anggaran-Tahunan-dan-Kontrol-Realisasinya-di-Beecloud

8 Cara Mudah Belajar Pembukuan Keuangan
Salah satu informasi yang wajib Anda ketahui ketika belajar pembukuan keuangan dalam dunia bisnis adalah bagaimana cara membuat pembukuan keuangan […]
Baca Juga
Unsur Unsur, Tujuan, dan Contoh Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)
Pentingnya Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKMCatatan atas Laporan Keuangan (CaLK) merupakan dokumen tambahan pada isi laporan keuangan. Tujuannya […]
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap
Setiap perusahaan atau usaha apapun pasti memiliki laporan keuangan. Karena laporan keuangan bisa diidentifikasikan secara jelas informasi yang ada di […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu