Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

8 Bisnis Modal Kecil yang Hasilkan Keuntungan Besar

Dipublish Tgl: Thursday, 29 September 2022

Mengantongi modal kecil bukan penghalang untuk memulai bisnis. Sebab, banyak pilihan bisnis modal kecil yang keuntungannya menjanjikan seperti usaha di bidang kuliner dan laundry. Kuncinya bukan semata pada modal, tetapi memanfaatkan peluang dan menerapkan strategi yang tepat.

Terdapat banyak jenis usaha yang terkesan sepele dan bisa dimulai dengan modal terbatas, padahal sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jenis usaha seperti itulah yang sebaiknya dijalankan karena peluangnya cukup tinggi. Bagi yang belum memiliki ide, simak rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Bisnis Modal Kecil yang Menjanjikan

Rekomendasi Bisnis Modal Kecil

Ilustrasi Bisnis Online di Rumah (Sumber: Freepik.com)

Siapapun bisa berbisnis walaupun modalnya sedikit, asalkan memilih jenis bisnis yang tepat dan prospeknya bagus. Berikut daftar bisnis menguntungkan yang dapat dijadikan referensi bagi yang mengantongi modal pas-pasan:

  • Franchise Minuman

Minuman merupakan produk yang sedang booming akhir-akhir ini, mulai dari thai tea, boba milk tea, kopi, matcha, hingga cheese tea yang membuat banyak orang ketagihan. Wajar, bisnis franchise minuman terlihat di mana-mana karena menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Franchise minuman merupakan jenis bisnis modal kecil yang dapat dimulai dari minimal 1,7 jutaan rupiah saja. Sangat terjangkau sekali, kan? Jika dapat menjual 20 cup per hari seharga Rp7.000 per cup, maka dalam satu bulan sudah bisa langsung balik modal dan untung banyak.

Bagi yang memiliki modal sedikit lebih lega, maka bisa memilih brand minuman yang populer. Umumnya, modal yang dibutuhkan antara 5 juta rupiah sampai 9,5 juta rupiah. Tapi, keuntungan yang didapat bisa 3 hingga 4 kali lipatnya. 

Baca Juga: Bisnis Waralaba: Sejarah Singkat, Kelebihan, dan Kelemahannya

  • Makanan Ringan

Pilihan selanjutnya adalah makanan ringan yang diminati oleh banyak orang. Jenis makanan yang bisa dijual sangat beragam, seperti makaroni, popcorn, keripik, jamur crispy, kulit crispy, usus crispy, mie lidi, cireng, tahu susu, tahu bakso, kerupuk seblak, bakso goreng dan stik talas.

Semua camilan tersebut memiliki banyak penggemar karena rasanya enak dan praktis dibawa pergi. Berapa keuntungannya? Contoh, jika memilih menjual macaroni, maka modal yang dibutuhkan sekitar Rp1,4 juta – Rp1,9 juta saja.

Dalam sehari, apabila terjual 100 bungkus dengan harga per bungkus Rp2.500, maka hanya dalam satu bulan sudah bisa balik modal. Selebihnya, penjual hanya tinggal menikmati keuntungan yang didapat.

  • Katering Rumahan

Katering Rumahan bisnis modal kecil

Ilustrasi Usaha Katering Rumahan Photo by Kim Deachul on Unsplash 

Ide bisnis modal kecil yang keuntungannya menggiurkan yaitu katering rumahan. Peluang bisnis ini sangat besar dengan menyasar para pekerja kantoran, mahasiswa, perusahaan, sekolah, instansi, hingga masyarakat secara umum.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha katering tergolong terjangkau dan fleksibel. Penjual dapat menyesuaikan dengan konsep katering, misalnya makanan sehat, makanan khusus diet atau makanan sesuai pesanan pembeli.

Misalnya untuk katering menu diet, modal awal yang disiapkan minimal 2,5 juta rupiah hingga 3,9 juta rupiah. Keuntungan sekitar 1 jutaan rupiah dapat diperoleh jika menjual sekitar 100 box dalam sehari seharga Rp50.000 per box. Harga yang terjangkau untuk menu diet yang dibuat istimewa.

  • Jasa Potong Rambut

Barber alias jasa potong rambut merupakan salah satu bisnis modal kecil yang menjanjikan, tetapi sering tidak terpikirkan oleh banyak orang. Padahal, peluangnya cukup bagus karena masih banyak masyarakat di desa maupun kota yang membutuhkan jasa ini.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha potong rambut hingga promosi minimal sekitar 2 jutaan rupiah. Selain promosi, modal juga dipakai untuk membeli perlengkapan potong rambut dan perabot penunjang lainnya.

Prospek pengembangan jasa potong rambut tergolong cerah, terlebih dengan dukungan media sosial sebagai alat promosi yang murah dan manjur. Nantinya, ketika usaha tersebut sudah dikenal, maka bisa dijadikan sebagai bisnis franchise yang semakin menambah keuntungan.

  • Jasa Titip

Apakah pernah terpikir untuk membuka jasa titip alias jastip? Jangan biarkan hanya menjadi angan, tapi segera wujudkan. Pasalnya, bisnis yang terkesan sederhana ini justru mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha jastip sangat kecil. Anda hanya membutuhkan handphone dan kuota internet untuk mempromosikan usaha ini melalui akun media sosial dan chat app. Keuntungan diperoleh dari biaya jasa titip per item barang yang dibeli.

Jenis bisnis ini cukup beragam, mulai dari jasa titip barang di kota besar, jasa titip makanan, jasa titip barang branded, jasa titip kosmetik hingga jasa titip barang luar negeri. Kunci utama kesuksesan bisnis jastip yaitu promosi yang menarik dan fokus pada target pasar. 

  • Dropshipper

Dropshipper

Ilustrasi Dropshipper (Sumber: Freepik.com)

Jangan sia-siakan skill dagang hanya karena terhalang modal yang pas-pasan. Pertimbangkan untuk menjadi dropshipper yang termasuk dalam bisnis modal kecil untung besar yang sangat mudah dilakukan. Seorang dropshipper tidak perlu stok barang dan hanya promosi produk.

Berbeda dengan reseller yang harus melakukan pembelian dulu, dropshipper baru akan melakukan transaksi setelah menerima pesanan dari pembeli. Bisa dikatakan bahwa menjadi dropshipper sama sekali tidak keluar modal, hanya perlu menggencarkan promosi.

Keuntungan bersumber dari selisih harga barang asli dengan harga barang baru yang ditentukan oleh dropshipper. Misalnya, dropshipper bekerjasama dengan supplier baju muslim. Dropshipper boleh menentukan harga setiap produk sesuai jumlah keuntungan yang diinginkan.

  • Laundry

Bagi yang mengantongi modal yang tidak seberapa, cobalah untuk memilih laundry sebagai bisnis yang akan dijalankan. Pangsa laundry sangat luas mulai dari karyawan yang tinggal di kost, mahasiswa, hingga masyarakat secara umum yang tidak sempat mencuci.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry berkisar antara 5 juta hingga 10 jutaan rupiah. Sebagai permulaan, cukup menggunakan satu mesin cuci tanpa harus menyewa tempat. Manfaatkan bagian depan rumah untuk menerima baju-baju laundry dari pelanggan.

Apabila memiliki uang yang lebih, maka sebaiknya menyewa tempat di lokasi strategis. Misalnya, pinggir jalan yang aksesnya mudah, dekat dengan area kost-kostan atau dekat dengan area kampus. Hal tersebut menjadi salah satu faktor pendorong perkembangan bisnis. 

  • Sewa Perlengkapan Bayi

Sewa Perlengkapan Bayi bisnis modal kecil

Ilustrasi Sewa Perlengkapan Bayi (Sumber: Freepik.com)

Rekomendasi bisnis modal kecil yang prospek pengembangannya juga cerah yakni sewa perlengkapan bayi. Jenis usaha ini jarang terpikir oleh masyarakat, namun peluangnya cukup besar. Dibandingkan usaha lain, pesaing di bidang ini masih belum terlalu banyak.

Menyewakan perlengkapan bayi merupakan pilihan yang menarik. Sebab, waktu pemakaian yang tergolong singkat sehingga barang rawan terbengkalai setelah bayi beranjak dewasa. Alasan lain yaitu tidak semua keluarga mampu membeli perlengkapan bayi sehingga sewa menjadi alternatif.

Jenis perlengkapan bayi yang potensial untuk disewakan yaitu stroller, high chair 2 in 1, play mat playground, bouncer, jumperoo, gendongan bayi, car seat, baby walker dan baby toy set. Sistem sewanya bervariasi, misalnya sewa 4 hari, 7 hari, 60 hari, atau 90 hari.

Tips Memulai Bisnis Modal Minim

Apabila tertarik memulai bisnis dengan modal terbatas, maka perlu memperhatikan beberapa tips penting berikut ini:

  • Awali dengan melakukan riset pasar untuk menentukan jenis usaha yang peluang lakunya paling tinggi di lingkungan tempat tinggal atau lingkungan tempat toko yang disewa;
  • Manfaatkan aset yang sudah dimiliki. Misalnya, membuka usaha katering dengan memanfaatkan skill sendiri, perlengkapan masak dan handphone untuk promosi;
  • Tentukan alokasi modal bisnis dengan pertimbangan yang matang sehingga uang yang tidak seberapa bisa dimaksimalkan dengan baik;
  • Maksimalkan media sosial. Gunakan platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh target pasar. Misalnya, target pasar banyak yang memakai Facebook dan WhatsApp, maka gencarkan promosi di dua platform online tersebut.

Baca Juga: Rincian Biaya Modal Bisnis Minimarket Kecil-Kecilan

Kesimpulan

Memulai bisnis modal kecil ternyata bukanlah hal yang mustahil karena pilihannya sangat beragam. Dengan modal terbatas, seseorang dapat membuka usaha franchise minuman yang keuntungannya hingga 3 kali lipat atau dropshipper yang keuntungannya menggiurkan tanpa harus stok barang. 

Ingin membangun bisnis modal kecil? Temukan niche dan keterampilan Anda, latih, dan tekuni itu. Namun, jangan lupa bahwa di dunia yang sangat digital, apapun bisnis yang ingin Anda kembangkan, kemungkinan besar harus dimulai dengan merancang promosi secara online.

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Bisnis Modal Minim, Inilah Tips Bisnis Kuliner Kecil-kecilan
Tips Bisnis Kuliner - Bisnis kuliner menjadi bisnis yang saat ini paling tepat untuk digeluti. Pasalnya bisnis kuliner menjadi bisnis […]
Baca Juga
Mengenal Inflasi dan Deflasi serta Dampaknya Bagi Bisnis
Mungkin masih banyak orang yang masih merasa asing dengan istilah inflasi dan deflasi yang sering terjadi. Beberapa orang sering kebingungan […]
Baca Juga
Peluang dan Kiat Sukses Usaha Toko Minimarket
Usaha toko minimarket seiring berjalannya waktu mengalami masa-masa sulit terutama saat pandemi melanda Indonesia. Bukan hanya itu, keberadaan usaha toko […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu