Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

8 Cara Mudah Belajar Pembukuan Keuangan

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 24 June 2022

Salah satu informasi yang wajib Anda ketahui ketika belajar pembukuan keuangan dalam dunia bisnis adalah bagaimana cara membuat pembukuan keuangan yang baik dan benar. Maka dari itu, cara mudah mempelajari pembukuan keuangan adalah dengan mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Untuk membantu Anda dalam mengetahui informasi lengkap terkait bagaimana cara membuat pembukuan keuangan yang tepat ini, di sini kami akan membagikan cara lengkapnya, sehingga Anda perlu fokus untuk membaca artikel ini.

8 Cara Mudah Belajar Pembukuan Keuangan dalam Dunia Bisnis

Pada dasarnya, pembukuan keuangan adalah suatu proses pencatatan yang akan dilakukan untuk mengumpulkan data keuangan seperti harta, kewajiban, modal, biaya, dan jumlah harga penghasilan barang dalam suatu perusahaan tertentu.

Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa proses pencatatan ini perlu dilakukan secara teratur oleh suatu perusahaan tertentu. Sebab, pembukuan keuangan seperti ini akan sangat dibutuhkan dalam semua sistem bisnis yang ada. Lalu, bagaimana cara tepat untuk membuat pembukuan keuangan?

1. Catat Pengeluaran yang Terjadi

Tahapan pencatatan yang satu ini bisa dilakukan sejak Anda membangun bisnis tersebut. Buatlah 1 buku khusus untuk mencatat segala jenis pengeluaran yang sedang terjadi di dalam bisnis Anda.

Catat Tiap Pengeluaran di Pembukuan Keuangan dan Akuntansi

Catat Tiap Pengeluaran di Pembukuan Keuangan dan Akuntansi (Sumber: Pexels.com)

Beberapa jenis pengeluaran seperti biaya operasional, biaya bahan baku, dan gaji karyawan wajib dicatat dengan jumlah yang tepat. Pastikan tidak terjadi kesalahan sedikit pun ketika mencatat pengeluaran yang telah terjadi di dalam perusahaan Anda.

2. Catat Pemasukan yang Terjadi

Tidak hanya pengeluaran saja yang harus dimasukkan ke pembukuan keuangan seperti ini, tapi segala jenis pemasukan yang terjadi di dalam bisnis Anda juga perlu untuk dicantumkan. Nantinya, buku kas pemasukan ini bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan pembukuan keuangan bisnis Anda.

3. Membuat Buku Kas Utama

Ketika Anda belajar pembukuan keuangan, Anda juga perlu membuat buku kas utama yang di dalamnya akan berisi segala jenis pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda. Dengan begitu, pelaku usaha dapat mengetahui secara jelas berapa keuntungan dan kerugian yang telah diperolehnya.

Baca Juga: Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana

4. Menyediakan Buku Stok Barang

Pada dasarnya, akan ada banyak jenis buku yang harus Anda siapkan untuk memulai bisnis dalam bidang apapun itu. Dalam hal ini, Anda juga perlu menyediakan buku stok barang untuk mengetahui jumlah produk maupun jasa yang ada di dalam bisnis Anda.

4 Tantangan Umum Dihadapi dalam Pengelolaan Stok Barang scaled

Stok Opname Rutin untuk Memudahkan Kontrol Stok (Sumber: Pexels.com)

Dengan demikian, pelaku usaha dapat lebih mudah dalam mengawasi ketersediaan barang dan jasa yang ada pada bisnisnya tersebut.

5. Membuat Buku Inventaris Barang

Selain buku kas utama dan buku stok barang, penting untuk Anda ketahui bahwa buku inventaris barang juga memiliki peran yang cukup besar dalam hal ini. Sebab, buku inventaris barang ini bisa digunakan untuk mempermudah pelaku usaha dalam menjaga keawetan aset perusahaannya.

Laporan Stok Lengkap dari Bee Memudahkan Pembukuan Usaha

Laporan Stok Lengkap dari Bee Memudahkan Pembukuan Usaha

6. Menyediakan Buku Laba Rugi Pembukuan Usaha

Ketika Anda belajar pembukuan keuangan perusahaan, maka Anda akan tahu bahwa buku laba rugi juga memiliki peran yang sangat penting untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis

Pada dasarnya, buku laba rugi ini akan berguna untuk mencatat segala jenis pendapatan dan kerugian yang telah diperoleh perusahaan dalam beberapa periode tertentu.

7. Membuat Laporan Keuangan Perubahan Ekuitas

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya ekuitas adalah kekayaan entitas yang meliputi perusahaan, UKM, dan lain sebagainya. Nantinya, ekuitas dalam suatu perusahaan akan diperoleh dari selisih antara jumlah aktiva perusahaan yang telah dikurangi dengan pasiva di dalamnya.

8. Membuat Neraca Keuangan Pembukuan Usaha

Dengan membuat neraca keuangan yang tepat seperti ini, pelaku usaha dapat lebih mudah dalam mengetahui kondisi keuangan perusahaannya. Tidak hanya itu, neraca keuangan juga akan berguna untuk mengetahui seberapa besar nilai dari perusahaan tersebut.

Contoh Pembukuan Akuntansi Laporan Neraca di Bee

Contoh Pembukuan Akuntansi Laporan Neraca di Bee

Baca Juga: Cara Buat Laporan Neraca 5 Menit & Tanpa Jago Akuntansi

Maka dari itu, di dalam pembukuan keuangan perusahaan tertentu, perlu dicantumkan juga neraca keuangan yang tepat dan akurat. Dengan begitu, data yang ada di dalam laporan keuangan tersebut sudah bisa dipastikan lengkap, sehingga pelaku usaha bisa menganalisanya lagi di kemudian hari.

Untuk lebih mudah dalam membuat pembukuan keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi online dari Beecloud. Aplikasi ini didesain untuk mengontrol banyak cabang dalam 1 tempat sekaligus, jadi segera gunakan aplikasinya!

Beecloud Program Akuntansi Online Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat

Akuntansi Aplikasi: Manfaat, Fitur dan Rekomendasi Terbaik 2022
Akuntansi aplikasi saat ini akrab dalam kegiatan bisnis di berbagai perusahaan mulai dari skala menengah hingga besar. Menggunakan aplikasi untuk […]
Baca Juga
Pengertian Aktiva Tetap, Jenis, Contoh dan Metode Penyusutan
Aktiva merupakan hal yang sangat penting dalam keuangan bisnis karena menjadi sumber ekonomi dari sebuah perusahaan tersebut. Di dalam aktiva […]
Baca Juga
Apa itu Catatan Atas Laporan Keuangan?
Pada urusan akuntansi perusahaan, Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) menjadi salah satu laporan yang penting. Laporan keuangan umumnya terdiri dari […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu