Logo Bee Web

ERP Adalah Sistem yang Bisa Digunakan untuk Optimalisasi Bisnis

Dalam bisnis diperlukan proses optimalisasi untuk memenuhi tuntutan persaingan yang ada, ERP adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 February 2023

Bagi yang belum mengenal istilah bisnis yang satu ini, ERP adalah sistem dalam bisnis yang banyak digunakan baik itu oleh perusahaan besar maupun kecil, dalam pengaturan data. Dengan menggunakan sistem optimalisasi bisnis ini maka perusahaan bisa lebih efektif dan efisien dalam mengoperasikannya.

Hal tersebut dikarenakan sistem ini mampu mengumpulkan dan mengatur segala informasi dalam bisnis. Istilah ini tentunya sudah sering didengar di kalangan pebisnis, walaupun demikian mungkin masih ada beberapa orang yang masih belum memahami dengan baik tentang istilah ini.

Maka dari itu dalam artikel ini akan dibahas mendalam mengenai istilah ini. Dengan demikian, maka diharapkan nantinya bisa lebih memahami dan bisa menerapkan sistem ini dengan baik, dalam bisnis yang dimiliki atau akan dijalankan.

Apa itu ERP? ERP Adalah…

Apa Itu Erp

ilustrasi merencanakan dalam optimalisasi bisnis (sumber: Unsplash)

Hal pertama yang harus diketahui untuk mengenal lebih dalam mengenai istilah bisnis yang satu ini yaitu, mengetahui pengertian dari istilah tersebut. Jadi ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning, yaitu sistem teknologi yang berguna dalam mengoptimalisasi proses bisnis.

Sistem ini digunakan perusahaan untuk mengelola serta merencanakan seluruh sumber daya yang dimiliki secara mendetail, dalam rangka mencapai operasional harian dan target periodik. Penyedia dari sistem ERP ini bisa berasal dari pihak internal perusahaan ataupun pihak ketiga.

Data perusahaan yang sudah terintegrasi dengan baik juga bisa membuat proses bisnis bisa berjalan lebih optimal, karena bisa meminimalisir terjadinya penundaan yang terjadi akibat hambatan informasi atau data.

Sehingga akses informasi mengenai aktivitas bisnis terbaru dan akurat bisa disajikan secara real time. Selain itu, bisa membantu bisnis dalam meningkatkan akurasi dan kecepatan untuk menangani setiap permintaan dari pelanggan.

Kemudahan dalam mengelola berbagai informasi yang dimiliki juga bisa mengambil keputusan bisnis yang tepat dan meningkatkan kemampuan bisnis.

Fungsi Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Fungsi Sistem Erp

ilustrasi pengoptimalan sistem dalam bisnis (sumber: Unsplash)

Beberapa fungsi yang bisa didapatkan dalam bisnis pada saat menggunakan sistem sistem ERP, diantaranya yaitu sebagai berikut:
Kemudahan dalam akses informasi dan data

Fungsi dari penggunaan sistem ERP dalam optimalisasi bisnis yang pertama yaitu memungkinkan sebuah bisnis untuk mengakses informasi secara real-time dan terintegrasi. Hal ini tentunya juga bisa mempermudah dalam menentukan untuk proses pengambilan keputusan dengan tepat.

1. Meningkatkan Produktivitas

Menggunakan sistem ERP juga bisa membantu dalam meningkatkan produktivitas dalam bisnis, yaitu dengan memfokuskan pada hal-hal yang penting serta mengurangi penggunaan waktu untuk mengelola aspek yang berbeda.

Dengan demikian maka efisiensi operasional sebuah perusahaan akan mengalami peningkatan.

2. Mengoptimalkan Proses Bisnis

Manfaat dari penggunaan sistem ERP atau optimalisasi bisnis selanjutnya yaitu di dalamnya sudah disediakan platform yang sudah terintegrasi, sehingga bisa proses pengelolaan semua aspek dalam kegiatan bisnis yang berlangsung bisa dilakukan dalam satu tempat.

Hal tersebut tentunya bisa membuat proses pengelolaan dan pengoptimalan bisnis bisa berjalan lebih mudah.

3. Fleksibel

Fungsi selanjutnya dari sistem ERP adalah memungkinkan bisnis agar bisa mengakomodasi segala bentuk perubahan yang terjadi, sehingga sistem ini bisa dilakukan perubahan dengan mudah menyesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing perusahaan.

4. Kepuasan Pelanggan

Fungsi terakhir yaitu memungkinkan bisa bisa meningkatkan layanan yang diberikan kepada pelanggan, serta bisa membantu dalam memastikan pesanan dari pelanggan bisa segera diproses secara tepat waktu dan efisien.

Cara Kerja Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Prinsip kerja dari perencanaan sumber daya manusia dalam perusahaan yaitu dengan melakukan penyederhanaan alur kerja. Selain itu juga melalui proses otomatisasi menggunakan database yang terpusat.

Cara Kerja Sistem ERP

briefing cara kerja sistem ERP (sumber: Istockphoto)

Penyajiaan ERP yaitu menggunakan dashboard sehingga bisa memudahkan penggunanya untuk melihat informasi atau data real time, yang sudah dihimpun seluruhnya dari proses bisnis pada setiap departemen.

Contohnya yaitu apabila ERP menerima pesanan dari pelanggan, maka secara otomatis data dari pesanan tersebut akan terkirim ke pusat distribusi. Dengan demikian maka proses yang terjadi bisa lebih efisien dan pesanan bisa terpenuhi tepat waktu.

Waktu pengiriman, tingkat inventaris dan faktor lain sebagai penentu dalam memutuskan pusat untuk proses distribusi bisa dilihat dalam sistem ERP ini. Informasi tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan pilihan distribusi yang paling produktif dan bisa menghemat biaya lebih banyak.

Dan dikutip dari Sampoerna University, ERP juga memastikan bahwa setiap data dan atribut di dalam sistem digabungkan ke akun dengan benar di buku besar perusahaan sehingga semua biaya dapat terlacak dan konfirmasi data tersebut dengan benar.

Cara kerja sistem ERP adalah sistem yang memungkinkan data yang berasal dari berbagai departemen, bisa diakses dan dibagikan kepada semua orang yang terdapat di dalam organisasi. Jadi ERP bisa menyatukan informasi menjadi satu sumber.

Penggunaan sistem ERP juga bisa membuat bisnis bisa mempunyai keunggulan yang kompetitif. Beberapa ERP cloud bisa dibuat menyesuaikan berdasarkan kebutuhan dari spesifik jenis industri tertentu, hal ini juga tergantung dari masing-masing penyedia perangkat lunak.

Tujuan Pengembanan Sistem ERP

Semakin berkembangnya persaingan bisnis secara global, membuat perusahaan juga harus lebih memperkuat dan meningkatkan efektivitas untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya. Maka pengembanan sistem ERP merupakan hal yang bisa diterapkan perusahaan untuk menjadi solusi.

Beberapa tujuan penting di dalamnya yaitu meliputi:

  • Meningkatkan sumber daya manusia yang bertanggung jawab serta mampu menjalankan setiap tugas yang diberikan. Selain itu, juga bisa turut serta dalam membangun suasana di dalam perusahaan agar bisa semakin produktif.
  • Menghasilkan sumber daya produksi yang berkualitas.
  • Efektif dalam membuat laporan keuangan serta akuntansi logistik perusahaan.
  • Produk yang dihasilkan bisa dipasarkan secara efektif dan meningkatkan nilai produktivitas penjualan.
  • Menghindari terjadinya kompleksitas mengenai persoalan dalam sumber daya perusahaan di masa yang akan datang.
  • Mampu mengikuti persaingan bisnis secara kompetitif.

Contoh Industri yang Menggunakan ERP

Berikut ini merupakan beberapa contoh industri yang mendukung penggunaan sistem optimalisasi bisnis, yaitu:

1. Industri Konstruksi

Industri Pengguna Sistem Erp untuk optimalisasi

Perusahaan Konstruksi Pengguna Sistem ERP (sumber: Istockphoto)

Penggunaan sistem ERP dalam jenis bisnis ini maka bisa membantu perusahaan untuk memangkas operasi, berdasarkan pada alur kerja yang sudah terkustomisasi. Selain itu, juga bisa membantu dalam mengatur sistem manajemen mengenai inventaris untuk urusan penyediaan stok barang.

2. Industri Medis

Sistem ERP dalam industri medis berperan banyak mulai dari pengaturan regulasi hingga biaya administrasi. Sehingga bisa sangat membantu dalam mengatur kegiatan operasional yang sangat besar, karena ada banyak proses kerja yang perlu diorganisir dengan baik.

3. Industri Pakaian

Industri pakaian membutuhkan pengelolaan yang baik mengenai penyediaan stok barang, Maka dari itu sistem ERP sangat dibutuhkan dalam industri ini. Selain itu, penggunaan sistem ini juga bisa membantu dalam pengaturan manajemen keuangan.

4. Industri Makanan

Industri Makanan Pengguna Erp untuk optimalisasi

industri makanan pengguna sistem ERP (sumber: Istockphoto)

Penggunaan sistem ERP adalah hal yang sangat membantu dalam industri makanan, karena bisa membantu dalam melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa pada makanan. Sistem ini akan memberi peringatan ketika waktu expired makanan telah tiba.

5. Industri Susu

Susu merupakan bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat suatu produk. Maka dari itu, industri yang bergerak di bidang ini harus menyediakan bahan dasar ini dalam jumlah yang cukup besar.

Namun agar produk sesuai dengan permintaan dari pelanggan, tentu dibutuhkan pengontrolan yang teliti untuk mengetahui tanggal kadaluarsa dari bahan tersebut, maka dari itu penggunaan sistem ERP bisa sangat membantu dalam optimalisasi bisnis.

ERP adalah sistem teknologi yang bertujuan untuk mengelola dan mengatur segala informasi dan data secara terintegrasi, sehingga bisa mempermudah dalam optimalisasi proses bisnis. Dengan demikian proses bisnis di dalamnya bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Sistem ERP memiliki manfaat dan peran penting dalam menciptakan efisiensi kerja dalam perusahaan. Menggunakan sistem Enterprise Resource Planning secara tepat akan membuahkan hasil yang signifikan bagi perusahaan.

Saat ini sudah banyak software yang telah menerapkan sistem Enterprise Resource Planning sehingga kemampuannya tidak bisa diragukan lagi. Pastikan Anda memilih software yang tepat dengan sistem ERP yang sesuai standar agar tidak mengalami kerugian.

Untuk memudahkan dalam operasional, sangat disarankan untuk Anda untuk menggunakan software akuntansi Beecloud, yang memiliki banyak fitur dalam memudahkan Anda dalam mengatur operasional perusahaan. Coba gratis dengan klik gambar di bawah ini.

Beecloud Business Owner Fokus scale up Bisnis

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Neraca Saldo Perusahaan Dagang, Metode dan Contohnya
Neraca saldo perusahaan dagang adalah sebagai suatu gambaran menyeluruh tentang posisi keuangan pada suatu periode waktu tertentu, neraca saldo ini
Baca Juga
Standar Akuntansi ETAP, Manfaat, Prinsip dan Contohnya
SAK ETAP atau yang disebut juga dengan standar akuntansi ETAP adalah sebuah standar yang mendasari pembuatan laporan keuangan, terutama pada
Baca Juga
Software Akuntansi Online Bisnis, Berikut Penjelasan Manfaatnya
Sekarang, dunia bisnis tak lagi sama dengan zaman dahulu. Secara perlahan, bisnis konvensional mulai bergerak menuju era digital. Hal ini
Baca Juga
Nota Tunai: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Ketika Anda membeli sesuatu, misalnya membeli kebutuhan usaha, maka pihak penjual akan memberikan nota tunai atau kontan kepada Anda. Hal
Baca Juga
Komponen Dasar Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis membuat keputusan dalam menjalankan bisnis. Artinya,
Baca Juga
Jenis Jenis Pajak di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui
Menurut Pajak.com Pajak adalah iuran rakyat kepada negara, berdasarkan undang-undang, yang dapat dipaksakan, dengan imbalan yang diberikan secara tidak langsung
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu