Software Akuntansi Keuangan Itu Penting? Ini Alasannya!

Friday, 22 October 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
software-akuntansi-manajemen-keuangan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Banyak yang mengatakan bahwa software akuntansi keuangan penting dan setiap perusahaan wajib memilikinya. Benarkah demikian? Ada apa dengan software akuntansi, apa saja keunggulannya dan mengapa perusahaan wajib memiliki software ini? Ternyata, ada sejumlah alasan menarik dari pernyataan tersebut. Kita cari tahu, yuk!

Dalam dunia bisnis, ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Mulai dari penyediaan bahan baku, menyiapkan strategi pemasaran, manajemen pergudangan dan sejumlah kegiatan operasional lainnya. Masing-masing kegiatan ini sama pentingnya, tetapi ada satu yang sifatnya sensitif dan menentukan bagaimana nasib perusahaan kedepan, yakni manajemen keuangan perusahaan.

software-akuntansi-manajemen-keuangan

Alasan Mengapa Software Akuntansi Penting (Sumber: Freepik.com)

Sebelum adanya software akuntansi, manajemen keuangan dilakukan secara manual oleh seorang akuntan. Semua catatan akuntansi tersimpan dalam memori komputer. Untuk pembukuan sehari-hari, biasanya akuntan mencatat manual menggunakan buku tulis yang lumayan tebal. Semua kegiatan ini hanya bisa dilakukan di ruangan kantor, dan tidak memungkinkan bagi seorang akuntan meninggalkan ruangan selagi mereka bekerja.

Menyelesaikan pembukuan bukanlah pekerjaan mudah seperti yang kita bayangkan. Dan pekerjaan seorang akuntan bukan hanya menyusun pembukuan dan laporan keuangan. Sering kali pembukuan harus tertunda sampai akhir tahun sebab banyak pekerjaan lain yang lebih mendesak, dan menimbulkan resiko adanya kekeliruan dalam penyusunan laporan keuangan.

software-akuntansi-memudahkan-dalam-pembayaran-pajak

Software Akuntansi Memudahkan Perhitungan Pajak (Sumber: Pexels.com)

Masalah yang paling sering terjadi adalah pada saat pembayaran pajak. Sering terjadi kesalahan dalam pengkategorian biaya, bahkan tak jarang ada biaya yang terlewatkan begitu saja. Parahnya lagi apabila pengeluaran perusahaan tercampur dengan pengeluaraan pribadi. Sehingga dana perusahaan membengkak dan beresiko gulung tikar.

Tentunya kita tidak mau semua permasalahan ini terjadi, dan sebisa mungkin untuk mencegahnya. Salah satu upaya pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan membeli dan menggunakan software akuntansi keuangan. Dari sini saja, sudah terlihat alasan pertama mengapa software akuntansi ini perlu. Ternyata masih ada sejumlah alasan lain, lho. Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengapa Perusahaan Butuh Software Akuntansi Keuangan? Ini Alasannya!

mengapa-perusahaan-butuh-software-akuntansi-keuangan

Alasan Perusahaan Membutuhkan Software Akuntansi Keuangan (Sumber: Unsplash.com)

Ada banyak alasan mengapa perusahaan perlu menggunakan software akuntansi keuangan. Mengingat salah satu tujuan dari software ini adalah memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan, dan juga membantu perusahaan untuk mengalami pertumbuhan yang pesat.

Sebaik-baiknya pekerjaan manusia, tentu ada cacatnya. Sekalipun software tidak sepenuhnya dapat menggantikan fungsi akuntan, setidaknya ia hadir untuk memberikan kemudahan dan cara-cara baru dalam mengelola keuangan.

Software ini akan meringankan pekerjaan seorang akuntan, khususnya dalam hal pembukuan keuangan.  Dengan beban kerja yang lebih ringan, akuntan bisa lebih fokus menyelesaikan pekerjaan lain. Selain itu, Anda sebagai pemilik bisnis juga lebih leluasa melakukan pengawasan keuangan, sebab tidak bergantung pada laporan yang diberikan oleh akuntan.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa software akuntansi perlu bagi perusahaan. Alasan berikut sekaligus menjadi bukti bagaimana software dapat menyederhanakan operasional bisnis konvensional yang terbilang rumit.

1.      Menawarkan Kemudahan dalam Pencatatan Pengeluaran

memudahkan-pencatatan-pengeluaran

Memudahkan Pencatatan untuk Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Alasan pertama mengapa perusahaan butuh software akuntansi keuangan adalah kemampuannya dalam mempermudah pencatatan pengeluaran perusahaan. Keuangan perusahaan yang membengkak seringkali disebabkan oleh adanya catatan pengeluaran yang terlewat dari buku besar. Biasanya, hal ini baru Anda rasakan ketika melakukan evaluasi keuangan setiap akhir tahun.

Catatan pengeluaran yang bermasalah tentu saja berbahaya bagi perusahaan. Resiko terburuknya perusahaan mengalami kebangkrutan atau gulung tikar. Maka dari itu, laporan pengeluaran yang akurat sangat perlu. Laporan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan setiap tahunnya.

Menggunakan software akuntansi akan mempermudah akuntan dalam menyusun laporan pengeluaran. Sebab software akuntansi keuangan ini memiliki kemampuan untuk melacak pengeluaran perusahaan berdasarkan tanggal transaksi.

Software yang punya kemampuan ini adalah software uang sudah teringrasi dengan kartu kredit atau rekening biro perusahaan. Sehingga mustahil ada pengeluaran dalam jumlah tertentu yang terlewat dari catatan sistem.

2.      Fleksibel, Tidak Harus Bekerja di Kantor

dengan-software-akuntansi-online-mengerjakan-laporan-keuangan-fleksibel-tidak-harus-ke-kantor

Cek Omset dan Stok Gak Perlu Ngantor (Sumber: Freepik.com)

Alasan kedua mengapa perusahaan membutuhkan software akuntansi keuangan adalah kemudahan dan kebebasan dalam akses sebab software ini sifatnya fleksibel. Dengan kata lain, pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan tidak harus selalu dikerjakan di kantor. Tetapi bisa Anda kerjakan kapan saja dan dimana saja selagi terhubung dengan sistem.

Software yang bersifat fleksibel seperti akan sempurna untuk Anda yang punya mobilitas padat, atau punya banyak cabang toko dengan lokasi yang berbeda-beda. Untuk menikmati fasilitas ini, kami sarankan Anda memilih software akuntansi keuangan cloud saja daripada berbasis dekstop.

3.      Menemukan Pengalaman Baru yang Lebih Baik dalam Mengelola Keuangan

Menggunakan software akuntansi keuangan akan menghadirkan pengalaman yang berbeda dari cara-cara konvensional dalam mengelola keuangan. Anda tidak perlu lelah melakukan perhitungan secara manual, tidak lagi membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan pembukuan, atau tidak lagi butuh buku tebal untuk menampung catatan transaksi perusahaan.

Sebab semua aktivitas ini dapat dengan mudah Anda kerjakan bersama software akuntansi keuangan. Hasil akhirnya sudah bisa pasti akurat dan terjamin. Uniknya lagi, rata-rata software akuntansi keuangan sudah terintegrasi dengan banyak perangkat bisnis.

pengalaman-menyenangkan-mengelola-keuangan

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Mudah dan Menyenangkan (Sumber: Freepik.com)

Khususnya kartu kredit dan juga rekening biro perusahaan. Ini akan semakin mempermudah ketika harus melakukan pembayaran dalam jumlah tertentu kepada supplier. Menghemat waktu dan juga lebih efisien karena transfer dana bisa Anda lakukan dengan satu aplikasi saja.

Bukan hanya itu, beberapa software akuntansi juga ada yang terintegrasi dengan POS kasir, misalkan saja Bee Accounting dan juga Bee Cloud. Software yang sudah terintegrasi jauh lebih baik dan mudah bagi perusahaan.

Pengawasan bisa Anda lakukan kapan saja. Transaksi dapat berlangsung dimana saja, dan mustahil ada pengeluaran ataupun pemasukan yang luput dari pantauan aplikasi. Proses administrasi yang semula memakan waktu berjam-jam, kini bisa Anda selesaikan dalam hitungan menit.

4.      Punya Banyak Manfaat Untuk Perusahaan

manfaat-untuk-perusahaan-kontrol-keuangan

Kontrol Keuangan Perusahaan Jadi Lebih Mudah (Sumber: Freepik.com)

Alasan berikutnya mengapa software akuntansi perlu bagi perusahaan adalah manfaatnya. Tidak mungkin aplikasi ini ramai menjadi perbincangan jika tidak mampu memberikan manfaat yang setimpal. Bagaimana software akuntansi memberikan manfaat kepada perusahaan tentunya tidak perlu Anda pertanyakan lagi.

Secara singkat, manfaat atau kegunaan software akuntansi bagi perusahaan adalah sebagai berikut. Pertama, memastikan adanya kontrol keuangan yang baik, membentuk kerangka kerja akuntansi yang lebih efisien, hemat waktu dan tenaga, pengelolaan utang piutang menjadi lebih terorganisir, membuat laporan keuangan dengan cepat, dan banyak manfaat lainnya.

Jika Anda terlalu penasaran dengan apa saja manfaat software ini, mengapa tidak langsung membeli dan merasakannya sendiri? Sebagai langkah awal, Bee Accounting adalah pilihan yang tepat. Ada layanan uji coba selama 30 hari yang bisa Anda pakai secara cuma-cuma atau gratis.

Itulah tadi beberapa alasan sekaligus bukti bagaimana software keuangan mampu menyederhanakan operasional dalam perusahaan. Apabila Anda tertarik untuk mencoba, kami sarankan melirik satu dari tiga produk milik Bee.id berikut. Yakni Bee Accounting, Bee Cloud software akuntansi online, dan juga Bee Pos aplikasi kasir online.

Daripada software akuntansi keuangan sejenis asal vendor lain, Bee.id punya keunikan yang berbeda. Salah satunya adalah kaya dengan pluggin sehingga lebih fleksibel dalam menyesuaikan jenis bisnis yang hendak Anda kelola. Untuk informasi lebih lanjut, jangan lupa kunjungi laman resmi Bee.id. Semoga bermanfaat!

Laporan Akuntansi-Pakai-Software-Akuntansi-Beeaccounting

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :