Jika Mengabaikan Akuntansi, Inilah Dampaknya pada Bisnis Anda

Monday, 2 September 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebagai pemilik bisnis kecil, penting bagi Anda untuk memperhatikan dampak mengabaikan akuntansi dan juga mengetahui bahwa kesalahan yang tampaknya kecil dapat menyebabkan resikon keuangan yang serius di masa depan, salah satunya mengabaikan pencatatan akuntansi yang rapi. Perusahaan besar memiliki transaksi besar untuk menutupi kesalahan jenis ini.

Namun, perusahaan yang lebih kecil mungkin bisa langsung runtuh jika praktik akuntansi dan pembukuan yang salah diterapkan. Jika Anda ingin meningkatkan peluang keberhasilan di masa depan, maka Anda perlu memastikan bahwa Anda membangun fondasi dengan dukungan pembukuan dan akuntansi yang kuat.

Baca Juga: Prinsip Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Mengapa Pembukuan Akuntasi Itu Penting?

Biasanya, pembukuan akuntansi mencakup berbagai layanan untuk memastikan bahwa semua transaksi keuangan dicatat dengan baik. Layanan ini dapat mencakup penjualan, penerimaan barang, pembelian, penggajian, pembayaran, pendapatan, dan banyak lagi yang lainnya.

Memiliki petugas pembukuan akuntansi penting untuk memastikan bahwa transaksi masuk dan keluar dari bisnis Anda memang sesuai kebutuhan.

Pembukuan, Akuntansi, dan Keputusan Bisnis

Apa yang akan terjadi jika Anda tidak mengikuti laporan pembukuan dan akuntansi yang dicatat dalam bisnis Anda? Setiap keputusan yang Anda buat dapat berdampak pada profitabilitas dan arus kas perusahaan. Jika Anda membuat terlalu banyak keputusan buruk, maka hal itu akan menyebabkan kejatuhan bisnis Anda.

Masalah Akuntansi dan Pembukuan untuk Bisnis Kecil Anda

Apa masalah terbesar yang mungkin Anda hadapi dalam menjalankan bisnis kecil Anda? Ini adalah beberapa penyebab utama yang dapat menyebabkan masalah keuangan bagi perusahaan Anda kedepannya:

  • Tidak serius dalam pembukuan atau praktik akuntansi Anda
  • Menunda tugas-tugas penting harian, mingguan, dan bulanan
  • Mempercayakan tugas akuntansi keuangan kepada karyawan bergaji rendah dan tidak berpengalaman
  • Gagal berkomunikasi dengan akuntan Anda
  • Inefisiensi dalam sistem kerja reguler

Selain praktik pembukuan dan akuntansi yang efisien dan efektif, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda menerapkan manajemen yang baik atas staf dan karyawan Anda. Tetapkan harapan, ajarkan teknik yang tepat, lalu pastikan bahwa semua orang mengikuti praktik yang sama dalam cara mereka menangani penjualan, entri data, dan pencatatan transaksi lainnya.

Dampak Mengabaikan Akuntansi, Justru Bisa Menghabiskan Uang Anda

Dampak Mengabaikan Akuntansi

Gambar 1. Dampak Mengabaikan Akuntansi (Sumber: Google.co.id)

Banyak melakukan kesalahan finansial secara umum akan membuat Anda kehilangan uang perusahaan. Anda tidak hanya akan kehilangan uang tunai dimuka, tetapi beberapa kesalahan ini berpotensi menyebabkan kejatuhan perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa kebiasaan keuangan yang salah dan paling umum terjadi yang perlu Anda hindari:

  • Menunda-nunda Pembukuan: Ketika segala sesuatunya menjadi sibuk di kantor, urusan administrasi dan pembukuan seringkali merupakan hal-hal yang terkesan sepele namun penting. Salah satunya menunda pembukuan. Masalahnya adalah bahwa penundaan dapat menyebabkan masalah serius di masa depan. Anda tidak hanya akan kehilangan beberapa transaksi, tetapi bisnis Anda dapat lumpuh karena Anda membuat keputusan tanpa memiliki informasi keuangan lengkap.
  • Mengabaikan Masalah Arus Kas: Monitor arus kas sangatlah penting. Jika pembukuan Anda berantakan, maka salah satu resikonya Anda mungkin membayar jumlah tagihan yang salah pada tenggat waktu yang terlambat. Atau, Anda mungkin mengalami masalah arus kas yang membuat Anda justru sulit untuk membayar tagihan saat jatuh tempo.
  • Masalah Jangka Panjang Kebiasaan Pencatatan Akuntansi yang Buruk

Beberapa masalah keuangan kecil saat ini tidak akan menjatuhkan perusahaan Anda. Tapi, masalah ini bisa mengarah pada masalah besar di masa depan. Jika Anda ingin menciptakan bisnis yang sukses di masa depan, maka perencanaan keuangan adalah bagian penting dari kesuksesan jangka panjang Anda. Gagal mengikuti angka dalam laporan keuangan adalah salah satu kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik bisnis.

Untungnya, kini banyak alat dalam bentuk perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyederhanakan proses. Jangan takut untuk membeli atau membayar perangkat lunak akuntansi yang tepat. Sistem ini penting agar Anda dapat meluangkan waktu dan fokus pada tugas-tugas lain yang penting bagi pertumbuhan masa depan perusahaan Anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :