🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Jika Mengabaikan Akuntansi, Inilah Dampaknya pada Bisnis Anda

Setiap bisnis memerlukan laporan kauangan akuntansi untuk mengatur manajemen keuangannya. Lantas apa dampak mengabaikan akuntansi bagi bisnis?
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 2 September 2019

Sebagai pemilik bisnis kecil, penting bagi Anda untuk memperhatikan dampak mengabaikan akuntansi dan juga mengetahui bahwa kesalahan yang tampaknya kecil dapat menyebabkan resikon keuangan yang serius di masa depan, salah satunya mengabaikan pencatatan akuntansi.

Perusahaan besar memiliki transaksi besar untuk menutupi kesalahan jenis ini.Namun, perusahaan yang l ebih kecil mungkin bisa langsung runtuh jika praktik akuntansi dan pembukuan yang salah diterapkan.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang keberhasilan di masa depan, maka Anda perlu memastikan bahwa Anda membangun fondasi dengan dukungan pembukuan dan akuntansi yang kuat.

Mengapa Pembukuan Akuntasi Itu Penting?

dampak mengabaikan akuntansi

Ilustrasi perhitungan akuntansi pada bisnis Credit: Freepik.com)

Pembukuan akuntansi mencakup berbagai layanan untuk memastikan bahwa semua transaksi keuangan dicatat dengan baik. Berikut ini alasan mengapa pembukuan akuntansi penting bagi setiap bisnis:

  • Pemantauan Keuangan: Dengan mencatat setiap transaksi keuangan, termasuk pemasukan dan pengeluaran, pemilik bisnis atau manajemen dapat melacak sejauh mana kesehatan keuangan perusahaan.
  • Pengambilan Keputusan yang Informasional: Manajemen dapat menganalisis profitabilitas, likuiditas, dan stabilitas keuangan untuk membuat keputusan strategis yang berdasarkan data yang valid.
  • Kepatuhan Hukum dan Pajak: Dengan menyimpan catatan yang akurat, perusahaan dapat lebih mudah memenuhi kewajiban pelaporan kepada otoritas pajak dan lembaga keuangan lainnya.
  • Penilaian Kinerja Bisnis: Ini membantu dalam mengidentifikasi tren, mengukur pertumbuhan, dan menentukan area-area di mana perbaikan mungkin diperlukan.
  • Kredibilitas dan Transparansi: Pembukuan yang baik meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata investor, pemberi pinjaman, dan pihak terkait lainnya. Transparansi dalam laporan keuangan menciptakan kepercayaan dan memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan keuangan perusahaan.

Dengan menjalankan pembukuan akuntasi yang efektif, sebuah organisasi dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangannya, mengurangi risiko kesalahan atau kecurangan, serta meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan ekonomi atau industri.

Baca Juga: 5 Alur Proses Akuntansi Sederhana Serta Fungsi dan Tujuannya

7 Dampak Mengabaikan Akuntansi Pada Bisnis

Mengabaikan laporan akuntansi dalam bisnis dapat memiliki dampak buruk yang signifikan. Berikut adalah tujuh dampak negatif yang mungkin timbul jika sebuah bisnis mengabaikan laporan akuntansi:

1. Ketidakjelasan Keuangan

Dampak mengabaikan akuntansi yang pertama adalag ketidakjelasan keuangan, dimana tanpa laporan akuntansi yang teratur, pemilik bisnis dan manajemen tidak akan memiliki gambaran yang jelas tentang keuangan perusahaan. Ini dapat menyebabkan ketidakpastian dalam pengambilan keputusan dan kesulitan dalam merencanakan strategi keuangan.

2. Kesulitan Pemantauan Kinerja

Berikutnya adalah jika tanpa pemantauan yang teratur melalui laporan keuangan, sulit untuk mengevaluasi kinerja bisnis. Ini dapat menghambat kemampuan manajemen untuk mengidentifikasi tren, kelemahan, atau potensi peluang untuk perbaikan.

3. Ketidakpatuhan Pajak dan Hukum

Mengabaikan laporan akuntansi dapat mengakibatkan ketidakpatuhan terhadap peraturan perpajakan dan hukum keuangan. Ini dapat menyebabkan sanksi, denda, atau konsekuensi hukum lainnya yang dapat merugikan bisnis.

4. Kurangnya Kredibilitas

Bisnis yang tidak menyajikan laporan keuangan dengan baik dapat kehilangan kredibilitas di mata investor, pemberi pinjaman, dan mitra bisnis. Kredibilitas yang rendah dapat mempersulit upaya untuk mendapatkan pendanaan atau menarik mitra strategis.

5. Kurangnya Perencanaan Keuangan

Laporan akuntansi merupakan dasar untuk perencanaan keuangan yang efektif. Tanpa informasi yang akurat tentang arus kas, laba rugi, dan posisi keuangan, perencanaan keuangan yang efektif menjadi sulit diimplementasikan.

6. Kesalahan dan Kecurangan

Tanpa sistem akuntansi yang baik, ada risiko kesalahan pencatatan dan potensi kecurangan. Ini dapat merugikan keuangan perusahaan dan merusak reputasi bisnis.

7. Kurangnya Kemampuan Menyesuaikan Diri

Bisnis yang tidak mengandalkan laporan akuntansi untuk mengidentifikasi tren pasar dan keuangan mungkin kesulitan beradaptasi dengan perubahan ekonomi atau industri. Ini dapat menyebabkan ketertinggalan dari pesaing dan risiko kegagalan bisnis.

Mengabaikan laporan akuntansi dapat memiliki konsekuensi serius bagi keberlanjutan dan kesuksesan bisnis. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perhatian yang memadai terhadap fungsi akuntansi dan pelaporan keuangan.

Kebiasaan Buruk Manajemen Keuangan Bisnis

Dampak Mengabaikan Akuntansi

Gambar 1. Dampak Mengabaikan Akuntansi (Sumber: Google.co.id)

Banyak melakukan kesalahan finansial secara umum akan membuat Anda kehilangan uang perusahaan. Anda tidak hanya akan kehilangan uang tunai dimuka, tetapi beberapa kesalahan ini berpotensi menyebabkan kejatuhan perusahaan Anda.

Berikut adalah beberapa kebiasaan keuangan yang salah dan paling umum terjadi yang perlu Anda hindari:

  • Menunda-nunda Pembukuan: Ketika segala sesuatunya menjadi sibuk di kantor, urusan administrasi dan pembukuan seringkali merupakan hal-hal yang terkesan sepele namun penting. Salah satunya menunda pembukuan. Masalahnya adalah bahwa penundaan dapat menyebabkan masalah serius di masa depan. Anda tidak hanya akan kehilangan beberapa transaksi, tetapi bisnis Anda dapat lumpuh karena Anda membuat keputusan tanpa memiliki informasi keuangan lengkap.
  • Mengabaikan Masalah Arus Kas: Monitor arus kas sangatlah penting. Jika pembukuan Anda berantakan, maka salah satu resikonya Anda mungkin membayar jumlah tagihan yang salah pada tenggat waktu yang terlambat. Atau, Anda mungkin mengalami masalah arus kas yang membuat Anda justru sulit untuk membayar tagihan saat jatuh tempo.
  • Masalah Jangka Panjang Kebiasaan Pencatatan Akuntansi yang Buruk

Baca Juga: 11 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Kesimpulannya

Beberapa masalah keuangan kecil saat ini tidak akan menjatuhkan perusahaan Anda. Tapi, masalah ini bisa mengarah pada masalah besar di masa depan. Jika Anda ingin menciptakan bisnis yang sukses di masa depan, maka perencanaan keuangan adalah bagian penting dari kesuksesan jangka panjang Anda. Gagal mengikuti angka dalam laporan keuangan adalah salah satu kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik bisnis.

Untungnya, kini banyak alat dalam bentuk perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyederhanakan proses.  Seperti software akuntansi Beeaccounting. Jangan takut untuk membeli atau membayar perangkat lunak akuntansi yang tepat. Sistem ini penting agar Anda dapat meluangkan waktu dan fokus pada tugas-tugas lain yang penting bagi pertumbuhan masa depan perusahaan Anda.

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

Contoh Laporan Cash Flow Sederhana Excel
Contoh laporan cash flow sederhana excel bisa membantu  Anda sebagai pemilik bisnis dalam proses pembukuan. Salah satu laporan keuangan yang
Baca Juga
Jurnal Adalah Catatan, Apa Fungsinya dalam Akuntansi?
Dalam ilmu akuntansi, setiap pemasukan dan pengeluaran perlu dicatat secara mendetail. Catatan tersebut dimasukkan ke dalam jurnal akuntansi. Jurnal adalah
Baca Juga
Komponen Dasar Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis membuat keputusan dalam menjalankan bisnis. Artinya,
Baca Juga
Profesi Akuntan Adalah: Pengertian dan Tugas
Akuntan memiliki peran utama dalam perusahaan karena mengarahkan langsung dengan keuangan perusahaan. Jika ada kesalahan dalam pembukuan keuangan, perusahaan akan
Baca Juga
Cara Memilih Program Akuntansi Online Terbaik Untuk Bisnis
Program akuntansi online dibuat untuk memudahkan aktivitas bisnis. Bisa dibayangkan betapa pusingnya akuntan perusahaan mengelola keuangan tanpa software pembukuan online.
Baca Juga
Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit
Contoh rekap orderan olshop agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merekap orderan online
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu