Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Neraca Keuangan Perusahaan, Pokok Vital Penentuan Kebijakan

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 June 2022

Sebuah perusahaan baik yang masih berkembang atau yang telah maju wajib memiliki neraca keuangan yang dilaporkan setiap bulannya. Neraca keuangan bisa menjadi sebuah pengambilan keputusan apakah sebuah usaha tersebut akan membuat kebijakan baru atau tidak. Simak detail penjelasan neraca keuangan perusahaan berikut ini. 

Definisi Neraca Keuangan

Merupakan sebuah catatan fisik dalam bentuk data matang dari semua kegiatan tempat usaha, khususnya evaluasi dalam hal finansial. Dengan adanya data matang yang mudah dibaca, maka pihak pengelola dan manajemen bisa memberikan respon mengenai hasil tersebut. Contoh, sebuah perusahaan kecil memiliki omzet bulan Januari 2022 Rp. 30 juta dengan rincian a,b,c maka pihak pengelola bisa menaikkan omzet bulan depan menjadi Rp. 40 juta dengan strategi a,b,c. 

Jadi, dari dasar neraca keuangan tersebut menjadikan banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan perusahaan. 

Tujuan Dibentuknya Neraca Keuangan

Tujuan Dibuat Neraca Keuangan

Tujuan Dibentuknya Neraca Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Setiap perusahaan wajib ada neraca keuangan perusahaan untuk periode harian, mingguan dan bulanan. Jika memungkinkan, rutinkan semua hitungan tentang perusahaan agar terkendali dengan baik. Tujuan pokok dari neraca keuangan adalah melihat bagaimana modal yang keluar, laba yang masuk, dan biaya operasional. Jika ketiganya menunjukkan sebuah angka yang labil, terutama modal lebih tinggi dari pada laba, tentu menjadi sebuah hal kurang baik untuk perkembangan perusahaan. 

Namun jika modal lebih kecil daripada laba, bisa dikatakan bahwa perkembangan perusahaan tersebut baik. 

Manfaat Neraca Keuangan

  1. Bisa menganalisa kemajuan usaha Anda, apakah mau melebarkan sayap atau stagnan puas disitu saja. 
  2. Mencari strategi jual beli yang jitu jika mengalami kemunduran (neraca laba turun)
  3. Menghitung detail antara modal, laba, operasional bulan berikutnya sehingga jika terjadi kemungkinan buruk ada tindakan lain.
  4. Meramalkan usaha baru ketika usaha yang lama telah berjalan. Contohnya Anda memiliki usaha laundry dan ingin membuka cabang usaha jenis lainnya seperti stand pulsa, tentunya dengan melihat pengalaman neraca keuangan usaha sebelumnya menjadi lebih ringan. 

Baca Juga: Pengertian, Fungsi & Cara Menyusun Neraca Keuangan Perusahaan

Pokok Neraca Keuangan

  • Aktiva

Aktiva Tidak Tetap

Contoh Aktiva Tidak Tetap (Sumber: Freepik.com)

Bahasa dasar untuk bidang akuntansi adalah aset. Aktiva terdiri dari dua, yaitu aktiva lancar dan aktiva tidak lancar. Aktiva lancar merupakan aset yang mudah dikelola, dicairkan atau dialihkan bentuknya. Contohnya uang, sertifikat, hutang, stok, atau ongkos DP. Sedangkan aktiva tidak lancar adalah aktiva yang sulit dan atau tidak bisa dicairkan maupun dikelola. Contohnya tanah, bangunan, mesin, hak cipta, dan merek. Dengan demikian ada bagian tersendiri dari keduanya untuk diberikan penanganan. 

  • Liabilitas

Bahasa dasar untuk bidang akuntansi adalah kewajiban. Kewajiban terdiri dari 2 jenis liabilitas, yaitu liabilitas jangka pendek (hutang yang lancar) dan liabilitas jangka panjang (hutang yang tidak lancar).

Hutang lancar adalah tagihan tertunda atau tanggungan berperiode yang masa pelunasannya di bawah 12 bulan. Contohnya biaya tagihan listrik, biaya operasional perawatan alat usaha rutin, pajak usaha, dan honor pegawai. Sedangkan hutang tidak lancar adalah tagihan tertunda atau tanggungan periode yang masa pembayarannya lebih dari 12 bulan ke atas. Contohnya pinjaman kredit masa waktu panjang dan dana pensiun.

  • Ekuitas

Bahasa dasar untuk bidang akuntansi adalah modal. Modal merupakan sejumlah nilai tertentu yang dimiliki mutlak oleh pemilik tempat usaha seperti investor atau pemilik mandiri. Ekuitas dibagi menjadi 2 jenis, yaitu saham disetor dan laba ditahan. Dalam membuat sebuah neraca keuangan detil, Anda bisa mengeceknya di software kasir minimarket harus menguasai sebuah keahlian akutansi sehingga detil hitungan persentasenya bisa terakumulasi dengan baik.

Neraca yang terbaca hanyalah bentuk laporan fisik matang berisikan pokok modal sekian, kas usaha sekian, tanggungan hutang sekian, gaji sekian dan sebagainya. Tetapi untuk hitungan modal pun memakai rumus hitungan tertentu agar semua laba dari satu produknya terhitung secara baik.

Thumbnail Youtube Minimarket email

Neraca keuangan perusahaan dikatakan sebagai laporan matang keuangan perusahaan Anda. Kemudahan dalam membaca laporan tersebut harus bisa dianalisa oleh pihak atasan karena dengan dasar neraca tersebut pihak atasan bisa menentukan kebijakan lanjutan. Rumus akuntansi paling dasar usaha kecil adalah menentukan modal, laba, rugi dan biaya tak terduga. Selebihnya, harga 1 produk ditentukan setelah Anda menguasai rumus penentuan harga produk.

Cara Mudah Buat Pembukuan Keuangan Online Shop dengan Excel
Pembukuan keuangan online shop tidak hanya dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Pelaku usaha menengah dan kecil seperti online shop pun […]
Baca Juga
Proforma Invoice Adalah: Perbedaan Invoice dan Proforma Invoice
Proforma invoice adalah salah satu faktur atau invoice yang disediakan oleh supplier sebelum menyediakan barang atau jasa. Invoice ini dikirimkan […]
Baca Juga
Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Perusahaan dengan Tepat
Laporan keuangan perusahaan yang dibuat dengan tepat merupakan suatu hal yang tidak boleh diabaikan oleh suatu bisnis maupun orang-orang yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu