🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Laporan Arus Kas, Komponen dan Cara Buatnya

Simak selengkapnya contoh laporan arus kas dari beberapa bidang usaha dan langkah-langkah pembuatannya secara lengkap pada artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 7 March 2023

Bagi sebuah bisnis cash flow digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dari sebuah perusahan. berikut ini untuk contoh laporan arus kas dan cara membuatnya.

Sebelum membahas tentang contoh laporan cash flow, ada beberapa pemahaman yang wajib dipelajari terlebih dahulu, berikut diantaranya:

Komponen dalam Laporan Arus Kas

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Ada 3 Komponen Wajib Ada Dalam Laporan Arus Kas (Sumber: Freepik.com)

Dalam laporan cash flow ada beberapa komponen wajib di dalamnya, berikut diantaranya:

1. Aktivitas Operasional

Komponen pertama adalah laporan. keuangan terkait kegiatan operasional perusahaan. Diperoleh dengan memasukkan nilai dari kas bank pada transaksi. mencakup laporan laba dan rugi perusahaan itu sendiri.

Jika dirincikan meliputi total penjualan dari produk yang ditawarkan, kemudian pembelian persediaan produksi dan sejenisnya, perlengkapan, utang dan beberapa beban biaya lainnya.

2. Aktivitas Investasi

Berikutnya adalah komponen biaya dalam laporan cash flow yang berasal dari aktivitas investasi atau penjualan, pembelian aktiva tetap dan beberapa aktivitas lainnya yang bisa mempengaruhi kas/ bank dalam kurun waktu lebih dari satu tahun.

3. Aktivitas Pendanaan

Terakhir ada aktivitas kas yang berasal dari penambahan modal, cara menghitungnya dengan menambahkan atau mengurangi kas dari kewajiban jangka panjang dan ekuitas dari pemilik perusahaan. Mulai dari penyetoran modal awal, utang bank, penerbitan saham dan sejenisnya.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Laporan Keuangan dan Kegunaannya untuk Bisnis

Metode Pembuatan Laporan Arus Kas

Jika sudah mengetahui komponen-komponen yang ada pada laporan cash flow, selanjutnya adalah pembahasan tentang metode pembuatan laporan arus kas, dalam hal ini ada 2 metode yang digunakan berikut diantaranya:

1. Metode Langsung (Direct Method)

Metode pertama adalah metode langsung atau direct method, dimana dalam cara pembuatan laporan cash flow dengan cara ini adalah mengelompokkan kegiatan operasional perusahaan menjadi beberapa kategori.

Seperti pengelompokkan beban, mulai dari penyusutan, amortisasi, keuntungan utang dan sejenisnya. Keuntungan dari menggunakan metode ini adalah laporan lebih ringkas dan mudah dibaca dan dimengerti.

Pada praktek pembuatannya Anda perlu menyiapkan buku kas bank dan buku kas kecil, lalu kemudian diperiksa secara silang antara buku kas bank, rekening koran, dan buku kas kecil. Untuk mendapatkan hasil laporan yang akurat.

Contoh laporan arus kas direct metode:

Format dan Contoh Laporan Metode Langsung (Sumber:pengadaanbarang.co.id)

2. Metode Tidak Langsung (Indirect Method)

Selanjutnya adalah metode tidak langsung atau indirect method, pada metode ini fokus perhatiannya mengacu pada perbedaan antara laba bersih yang didapatkan dengan aktivitas operasional. Bisa dikatakan metode berfokus pada korelasi antara laporan laba rugi, neraca dan arus kas itu sendiri.

Metode ini lebih mudah dibandingkan dengan metode sebelumnya, sebab Anda tidak perlu lagi menyiapkan data baru lagi, Anda sudah cukup bisa menggunakan data yang sudah ada. Penyusunanya juga dilandasi dari laporan laba rugi dan neraca.

Contoh laporan arus kas dengan metode tidak langsung:

Format Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Format dan Contoh Laporan Metode Tidak Langsung (Sumber: pengadaanbarang.co.id)

Contoh Laporan Arus Kas

Berikut deretan contoh laporana arus kas dari beberapa bidang usaha:

1. Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan Jasa

Ilustasi Contoh Laporan Perusahaan Jasa

2. Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang

Laporan Arus Kas

Bentuk Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang dengan Beecloud (Sumber: Bee.id)

3. Contoh Laporan Arus Kas Bisnis Cafe

07 Laporan Arus Kas Usaha Cafe Usaha Cafe

Bentuk Laporan Arus Kas Usaha Cafe (Sumber: Bee.id)

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan, Lengkap dan Jelas!

Langkah-Langkah Membuat Laporan Arus Kas Perusahaan

Ada 5 tahapan dalam pembuatan laporan cash flowperusahaan secara umum, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Menghitung Naik dan Turunnya Kas Perusahaan

Langkah pertama dalam menulis laporan adalah menghitung total seberapa kenaikan dan penurunan dari kas perusahaan. Caranya dengan melihat neraca pada akun kas perusahaan.

Selain itu, perhitungan ini bisa dilakukan dengan melihat buku kas bank dan buku kas kecil untuk memantau kenaikan dan penurunan kas dari perusahaan.

2. Menghitung dan Laporan Kas Bersih pada Aktivitas Operasional

Selanjutnya adalah menghitung juga melaporkan kas bersih dari aktivitas operasional perusahaan. Dimana pada tahapan ini perlu melakukan pemisahan antara kas khusus untuk kegiatan operasional dan kegiatan yang lain.

Jika sudah dipisahkan, berikutnya adalah menghitung jumlahnya dan membuat laporan kas bersih dari laporan arus kas kegiatan operasional itu sendiri.

3. Menghitung dan Laporan Kas Bersih pada Aktivitas Investasi

Langkah selanjutnya adalah menghitung dan melaporkan kas bersih dari aktivitas investasi. Kegiatan investasi ini meliputi kegiatan pembelian dan penjualan dari aktiva tetap atau investasi jangka panjang yang dilakukan perusahaan dalam satu masa periode.

4. Menghitung dan Laporan Kas Bersih pada Aktivitas Pendanaan

Selanjutnya adalah menghitung aktivitas pendanaan, caranya hampir sama dengan langkah sebelumnya. Bedanya, data nilai yang dimasukkan berasal dari kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemilik perusahaan.

5. Total Kas dari 3 Komponen Laporan Arus Kas

Terakhir adalah mentotal seluruh hasil kas bersih dari tiga komponen laporan cash flow, mulai dari kas bersih laporan aktivitas operasi, investasi dan pendanaan.

Beri kemudian menyusun laporan cash flow sesuai dengan format contoh yang sudah dijelaskan di atas lengkap dengan jumlah saldo awal periode pada perhitungan laporannya.

Beecloud Untuk Pantau Cash Flow Dan Pengambilan Keputusan

Untuk Memudahkan Anda mengurus laporan keuangan Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, dijamin akurat dan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis.

Anda hanya tinggal memasukkan data transaksi setiap proses berlangsung dan laporan akan otomatis jadi. Bisa di cek kapan saja dan dimana saja. Sudah saatnya Anda terbebas dari jeratan bisnis Anda sendiri, bebas bisa berjalan dimana saja kapan saja sembari pantau bisnis dari kejauhan tanpa perlu ke lokasi.

25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal
Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk
Baca Juga
9 Alasan Mesin Kasir Android Portable Jadi Favorit Pengusaha
Mesin kasir android portable merupakan hasil perkembangan kemajuan teknologi pada era sekarang menuntut para pebisnis untuk menyesuaikan tantangan zaman modern
Baca Juga
Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan UMKM
Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian.
Baca Juga
Contoh Jurnal Umum dan Buku Besar Akuntansi Perusahaan
Jurnal umum dalam bidang ilmu akuntansi, sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari dan tentunya wajib diketahui
Baca Juga
Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih
Baca Juga
Catering Adalah Peluang Usaha Menjanjikan, Begini Tips Suksesnya
Apa itu catering? Catering adalah usaha yang menyediakan berbagai jenis makanan sesuai dengan pesanan dari customer, jenis bisnis ini bisa
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu