Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap

Friday, 29 November 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Setiap perusahaan atau usaha apapun pasti memiliki laporan keuangan. Karena laporan keuangan bisa diidentifikasikan secara jelas informasi yang ada di sebuah perusahaan. Ada beberapa jenis laporan keuangan yang biasa digunakan meliputi laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan laporan lainnya. Sebagai contoh, disini saya akan memberikan contoh laporan keuangan usaha jasa

Nah, untuk mengetahui seperti apa contoh laporan keuangan usaha jasa yang lengkap, simak ulasannya berikut ini beserta tujuan pentingnya laporan keuangan.

Baca Juga: Apa itu Laba Rugi? Dan Bagaimana Cara Membuat Laporannya?

Pentingnya Laporan Keuangan

laporan keuangan usaha jasa

Pentingnya Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap perusahaan atau usaha apapun pasti membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Adapun berikut ini tujuan adanya laporan keuangan perusahaan:

  1. Menyajikan informasi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.
  2. Untuk memenuhi kebutuhan informasi bersama sehingga bisa saling terbuka.
  3. Untuk menyatakan apa yang telah dilakukan manajemen agar tidak terjadinya kecurangan.

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Pada setiap akhir periode, setiap perusahaan pasti melaporkan hasil keuangannya. Laporan keuangan sebuah perusahaan terdiri dari 4 yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca dan laporan arus kas. Untuk mengetahui setiap laporan tersebut simak ulasannya berikut ini:

1. Contoh Laporan Laba-Rugi

Sesuai dengan namanya laporan laba rugi merupakan laporan yang dibuat dengan menyajikan seluruh pendapatan serta kerugian selama satu periode. Ada dua bentuk jenis penyajian laporan laba dan rugi sebagaimana berikut ini:

  • Bentuk Single Step

Bentuk single step adalah laporan dengan menjumlahkan seluruh pendapatan dan semua beban. Nah, dari jumlah itulah besarnya laba dan rugi bisa diketahui.

  • Bentuk Bertahap

Bentuk bertahap hampir sama dengan bentuk single step. Perbedaannya terletak pada pengelompokan atas jenis pendapatan serta jenis beban dengan kata lain pendapatan.

2. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal merupakan laporan keuangan yang dibentuk secara khusus dengan menyajikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada modal sebuah perusahaan. Yang pasti laporan ini ditulis selama satu periode. Dalam laporan perubahan modal terdapat unsur-unsur yang meliputi modal awal, laba rugi, setoran dan ekuitas akhir.

3. Laporan Posisi Keuangan

Neraca atau biasa disebut dengan laporan posisi keuangan merupakan laporan keuangan yang berbentuk informasi mengenai perubahan posisi keuangan. Baik berupa kewajiban, aset dan modal untuk satu periode perusahaan tersebut. Dalam laporan posisi keuangan terdapat beberapa unsur yang meliputi aset kewajiban dan ekuitas.

Dalam menyusun laporan posisi keuangan ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagaimana berikut ini:

  • Judul laporan yang bertuliskan keterangan perusahaan baik itu nama perusahaan, nama laporan serta periode laporan.
  • Isi Laporan berisi tentang aset yang disusun sedemikian rupa, sehngga sesuai dengan urutan likuiditas.

4. Laporan Arus Kas

Berbeda dengan ketiga jenis laporan sebelumnya, laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang didalamnya menyajikan informasi mengenai arus masuk dan arus keluar kas. Baik meliputi uang tunai saldo kas dan rekening giro.

Sedangkan setara kas merupakan investasi yang sifatnya berjangka waktu pendek. Sehingga kas tersebut bisa dicairkan dengan mudah. Laporan kas dibuat selama periode akuntansi tertentu. Laporan kas juga diklasifikasikan menjadi 3 yaitu arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas pendanaan dan arus kas dari aktivitas investasi.

Itulah contoh laporan keuangan usaha lengkap beserta pentingnya laporan keuangan. Jika dalam sebuah perusahaan, laporan keuangannya sudah lengkap maka akan semakin mudah untuk mengelola keuangan itu sendiri. Maka dari itu jangan berhenti belajar mengenai laporan keuangan. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :