Logo Bee Web

Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap

Ada beberapa jenis laporan keuangan yang biasa digunakan. Sebagai contoh, disini saya akan memberikan contoh laporan keuangan usaha jasa
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 29 November 2019

Setiap perusahaan atau usaha apapun pasti memiliki laporan keuangan, termasuk untuk jenis laporan keuangan perusahaan jasa. Karena laporan keuangan bisa diidentifikasikan secara jelas informasi yang ada di sebuah perusahaan.

Ada beberapa jenis laporan keuangan yang biasa digunakan meliputi laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan laporan lainnya.

Nah, untuk mengetahui seperti apa contoh laporan keuangan usaha jasa yang lengkap, simak ulasannya berikut ini beserta tujuan pentingnya laporan keuangan.

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan Keuangan Hasil Teori Akuntansi

Setiap bisnis memerlukan laporan keuangan untuk manajemen bisnis mereka (Credit: Freepik.com)

Apa itu laporan keuangan perusahaan? Laporan keuangan perusahaan adalah catatan informasi keuangan bisnis atau perusahaan selama satu periode akuntansi. Guna menggambarkan bagaimana situasi dan kondisi perusahaan tersebut.

Perusahaan menyiapkan laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, laporan keuangan dibuat pada akhir periode akuntansi perusahaan. Lamanya periode akuntansi ini bervariasi di antara perusahaan. Ada yang menyelesaikannya setiap tahun, ada juga yang setiap beberapa bulan sekali.

Kebijakan akuntansi perusahaan bervariasi selama periode akuntansi ini. Keakuratan pencatatan transaksi sangat penting agar laporan keuangan memiliki perhitungan yang tepat, karena keuntungan, kerugian, dan pembayaran pajak perusahaan bergantung pada hal tersebut.

Kesimpulannya, laporan keuangan perusahaan jasa memiliki peran penting dalam mengelola keuangan bisnis dan memberikan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Laporan keuangan memberikan gambaran tentang kinerja keuangan perusahaan, transparansi kepada pemangku kepentingan, dasar perencanaan keuangan, dan kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan perpajakan.

Fungsi Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Berikut adalah fungsi umum dari laporan keuangan perusahaan jasa:

1. Evaluasi Kinerja Keuangan

Fungsi yang pertama adalah memberikan informasi tentang kinerja keuangan perusahaan selama periode tertentu. Hal ini memungkinkan manajemen dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengevaluasi profitabilitas, likuiditas, dan stabilitas keuangan perusahaan. Laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas membantu dalam menilai kesehatan keuangan secara menyeluruh.

2. Pengambilan Keputusan Keuangan

Berikutnya adalah memberikan data dan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan keuangan yang tepat. Manajemen dapat menggunakan laporan keuangan untuk mengevaluasi kinerja bisnis, mengidentifikasi trend, dan mengambil langkah-langkah strategis seperti pengendalian biaya, peningkatan efisiensi, atau penyesuaian harga jasa.

3. Transparansi dan Akuntabilitas

Ketiga, memberikan transparansi dan akuntabilitas kepada pemangku kepentingan. Laporan ini memberikan gambaran jelas tentang keuangan perusahaan, termasuk pendapatan, biaya, aset, kewajiban, dan ekuitas.

Dengan adanya laporan keuangan yang akurat dan terpercaya, perusahaan jasa dapat membangun kepercayaan dengan pemegang saham, klien, mitra bisnis, dan pihak-pihak lain yang terlibat.

4. Perencanaan Keuangan

Laporan keuangan memberikan dasar yang kuat untuk perencanaan keuangan. Dengan menganalisis laporan keuangan, manajemen dapat merencanakan anggaran, mengatur sumber daya keuangan, dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan.

Dengan ini laporan keuangan bisa membantu dalam menetapkan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, serta mengembangkan strategi untuk mencapainya.

5. Kepatuhan dan Pelaporan Keuangan

Berikutnya adalah memenuhi persyaratan kepatuhan perpajakan dan regulasi lainnya. Laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu diperlukan untuk penyusunan laporan pajak, pelaporan kepada otoritas perpajakan.

Serta pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku. Dengan menjaga kepatuhan dalam pelaporan keuangan, perusahaan jasa dapat menghindari sanksi dan masalah hukum yang mungkin timbul.

Jenis dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Pada setiap akhir periode, setiap perusahaan pasti melaporkan hasil keuangannya. Laporan keuangan sebuah perusahaan terdiri dari 4 yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca dan laporan arus kas. Untuk mengetahui setiap laporan tersebut simak ulasannya berikut ini:

1. Laporan Laba-Rugi

Sesuai dengan namanya laporan laba rugi merupakan laporan yang dibuat dengan menyajikan seluruh pendapatan serta kerugian selama satu periode. Ada dua bentuk jenis penyajian laporan laba dan rugi sebagaimana berikut ini:

a. Bentuk Single Step

Bentuk single step adalah laporan dengan menjumlahkan seluruh pendapatan dan semua beban. Nah, dari jumlah itulah besarnya laba dan rugi bisa diketahui. Berikut contoh laporan laba rugi perusahaan jasa Single Step:

tabel laba rugi

Tabel Laporan Laba Rugi Single Step (Credit: Bee.id)

b. Bentuk Multiple Step

Selanjutnya adalah multiple step, hampir sama dengan bentuk single step. Perbedaannya terletak pada pengelompokan atas jenis pendapatan serta jenis beban dengan kata lain pendapatan. Berikut contoh laporan laba rugi perusahaan jasa Multiple Step:

tabel laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Multiple Step (Credit: Bee.id)

2. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal merupakan laporan keuangan yang dibentuk secara khusus dengan menyajikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada modal sebuah perusahaan. Yang pasti laporan ini ditulis selama satu periode. Dalam laporan perubahan modal terdapat unsur-unsur yang meliputi modal awal, laba rugi, setoran dan ekuitas akhir.

Berikut Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa:

Laporan Perubahan Modal

3. Laporan Posisi Keuangan

Neraca atau biasa disebut dengan laporan posisi keuangan merupakan laporan keuangan yang berbentuk informasi mengenai perubahan posisi keuangan. Baik berupa kewajiban, aset dan modal untuk satu periode perusahaan tersebut. Dalam laporan posisi keuangan terdapat beberapa unsur yang meliputi aset kewajiban dan ekuitas.

Berikut Contoh Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Jasa:

Salah Satu Contoh Laporan Posisi Keuangan

Salah Satu Contoh Laporan Posisi Keuangan (Sumber: Idmanajemen.com)

4. Laporan Arus Kas

Berbeda dengan ketiga jenis laporan sebelumnya, laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang didalamnya menyajikan informasi mengenai arus masuk dan arus keluar kas. Baik meliputi uang tunai saldo kas dan rekening giro.

Sedangkan setara kas merupakan investasi yang sifatnya berjangka waktu pendek. Sehingga kas tersebut bisa dicairkan dengan mudah. Laporan kas dibuat selama periode akuntansi tertentu. Laporan kas juga diklasifikasikan menjadi 3 yaitu arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas pendanaan dan arus kas dari aktivitas investasi.

Sama seperti laporan laba rugi, laporan arus kas juga dibedakan menjadi dua bentuk, yakni Direct dan Indirect step:

#Contoh Laporan Arus Kas Langsung

Format Laporan Arus Kas Metode Langsung

Format dan Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung (Sumber:pengadaanbarang.co.id)

#Contoh Laporan Arus Kas Tidak Langsung

Format Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Format dan Contoh Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung (Sumber: pengadaanbarang.co.id)

Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dengan Beecloud

Nah, setelah mengetahui apa itu laporan keuangan, jenis laporan keuangan perusahaan jasa lengkap dengan contohnya. Selanjutnya adalah mengetahui cara membuat laporan keuangan tersebut.

Untuk membuat laporan keuangan ini Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, hanya perlu klik-klik laporan akuntansi langsung jadi. Dilengkapi dengan banyak fitur yang menguntungkan Beecloud bisa jadi solusi scale up bisnis Anda. Langganan sekarang juga dengan klik banner di bawah ini

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Itulah contoh laporan keuangan usaha jasa lengkap beserta pentingnya laporan keuangan. Jika dalam sebuah perusahaan, laporan keuangannya sudah lengkap maka akan semakin mudah untuk mengelola keuangan itu sendiri. Maka dari itu jangan berhenti belajar mengenai laporan keuangan. Semoga ulasan ini bermanfaat.

5 Aplikasi Pengatur Keuangan yang Dapat Diunduh Melalui Playstore
Aplikasi pengatur keuangan merupakan kunci utama dalam mencatat seluruh aktivitas kas masuk dan keluar, sehingga dapat membantu Anda untuk mengelola
Baca Juga
Cash Ratio Adalah: Cara Hitung, Cara Baca & Cara Optimalkan
Dalam dunia keuangan perusahaan, rasio kas dan cash ratio adalah salah satu indikator penting yang memberikan gambaran tentang kemampuan suatu
Baca Juga
3 Software Akuntansi Terbaik di 2023 untuk UMKM
Dengan banyaknya pilihan software akuntansi, membuat banyak pebisnis merasa bingung dalam memilih software akuntansi terbaik 2022 dan sesuai bagi perusahaannya.
Baca Juga
5 Tugas & Tanggung Jawab Manajer Akuntansi
Sudahkah Anda tahu tentang apa saja tugas yang menjadi tanggung jawab dari seorang manajer akuntansi di Indonesia? Jika Anda belum
Baca Juga
Kasbon adalah Solusi Pinjaman Karyawan daripada Pinjol?
Kasbon adalah bentuk pinjaman yang umumnya diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Dalam konteks ini, karyawan meminjam sejumlah uang dari perusahaan
Baca Juga
Sistem Akuntansi: Pengertian, Manfaat dan Contohnya
Sistem informasi akuntansi atau sering disebut sistem akuntansi adalah salah satu hal yang penting bagi suatu perusahaan. Akuntansi sebagai sistem
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu