Faktor Penting Memilih Software Akuntansi Pabrik Terbaik 2021

Wednesday, 10 November 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
software-akuntansi-pabrik-terbaik-2021

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Anda tentu menginginkan software akuntansi yang terbaik untuk perusahaan, bukan? Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih sebuah software akuntansi. Jika Anda ingin mendapatkan software akuntansi pabrik terbaik, setidaknya ada 5 faktor yang harus Anda perhatikan. Apa sajakah faktor-faktor tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Faktor-faktor Penting dalam Memilih Software Akuntansi Pabrik

software-akuntansi-pabrik-terbaik-2021

Faktor dalam Memilih Software Akuntansi Pabrik (Sumber: Freepik.com)

Karena software akuntansi ini sangat krusial keberadaanya untuk sebuah perusahaan, maka memilih software akuntansi haruslah penuh pertimbangan. Setidaknya, pertimbangkan 5 faktor beriku tini jika Anda ingin memilih software akuntansi.

1. Perhatikan keamanan data

Mungkin masih ada pengusaha yang lebih memilih untuk melakukan metode akuntansi manual karena alasan keamanan data. Anda tidak perlu khawatir data keuangan bocor atau dicuri oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab, karena software akuntansi pabrik sudah lengkap dengan sistem yang bisa melindungi, menyimpan, serta mengelola data perusahaan dengan aman.

Namun, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu keamanan data dari software akuntansi yang akan Anda gunakan atau tanyakan langsung hal ini kepada penyedia software akuntansi. Pastikan bahwa software tersebut memiliki sistem yang bisa menjaga keamanan data Anda meski tersimpan secara online.

2. Kemudahan untuk dioperasikan

softwarew-akuntansi-beeaccounting-mudah-digunakan

Testimoni Pengguna Software Akuntansi Beeaccounting

Memilih software akuntansi distributoryang mudah untuk Anda operasikan sangatlah penting. Sebagai saran, pilihlah software yang menggunakan user interface yang efisien dan sederhana agar software akuntansi tersebut menjadi mudah untuk Anda operasikan atau oleh karyawan.

Jika sebuah software mudah untuk Anda atau karyawan operasikan, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya operasional lebih untuk melakukan pelatihan. Tujuan bisnis pun bisa tercapai  dalam waktu yang cepat.

3. Fitur-fitur software haruslah lengkap

Sebelum memilih software akuntansi pabrik, sebaiknya pastikan bahwa fitur-fitur yang ada sudah lengkap sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya, cek apakah software tersebut bisa membuat laporan keuangan otomatis atau tidak, dan fitur-fitur yang berhubungan dengan akuntansi lainnya.

4. Customer Support

Support-Profesional-Beeaccounting

Profesional Support Merupakan Faktor Terpenting Dalam Mmemilih Software Akuntansi

Ketika akan memilih sebuah software akuntansi dagang, pastikan bahwa software tersebut memiliki customer support yang baik. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan solusi yang baik ketika terjadi masalah dan kendala. Anda juga bisa melihat apakah suatu software memiliki layanan yang baik atau tidak dari customer support ini.

Jika pelayanan dari customer support sangat baik dan ramah, maka software akuntansi tersebut terbilang memiliki nilai tambah.

5. Harga dan biaya lainnya

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan software akuntansi terbaikdengan harga yang tinggi, maka kinerja dan performa dari software tersebut akan semakin baik juga. Namun, ada juga beberapa software akuntansi murah yang memiliki kualitas yang baik juga.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih pilih saja software akuntansi dengan fitur-fitur yang sesuai dengan jenis usaha Anda dan budget yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk fitur-fitur yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Rekomendasi Software Akuntansi Pabrik Terbaik

Jika Anda tertarik untuk menggunakan software akuntansi pabrik untuk perusahaan Anda, berikut sejumlah rekomendasi software akuntansi yang terbaik tahun 2021.

1. Beecloud

laporan-produksi-software-akuntansi-manufaktur-beecloud

Contoh Laporan Pokok Produksi Pabrik dengan Software Akuntansi Beecloud

Rekomendasi software akuntansi pabrikyang pertama adalah Beecloud. Beecloud merupakan software akuntansi yang terbaik dengan banyak kelebihan dan manfaat untuk kelancaran bisnis.  Dengan menggunakan software ini, maka Anda bisa mengontrol banyak cabang perusahaan tanpa harus mondar-mandir.

Semua data juga terpusat secara online dan realtimeserta tergabung menjadi satu data, tanpa rekap ulang, anti molor dan pasti klop. Data-data yang tercatat ke dalam software yaitu seperti data kas, stok, pembelian, penjualan, hutang piutang, serta pengeluaran biaya-biaya lainnya.

Karena semua cabang perusahaan bisa terkontrol dari kantor pusat menggunakan software ini, maka Anda bisa mengecek limit hutang, anggaran biaya, dan lain sebagainya secara online.

Menggunakan software akuntansi ini juga membuat perusahaan aman dan siap untuk melakukan audit. Hal ini karena bukti transaksi dapat Anda lampirkan di Beecloud. Contoh bukti transaksi yang bisa dilampirkan yaitu surat jalan, invoice, nota, faktur pajak, pembayaran mesin, parkir, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda bisa kontrol perusahaan kapanpun dan dimanapun karena sudah tersedia aplikasi Beecloud Dashborad di Playstore. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek omset 1 jam terakhir, laba rugi hari ini, piutang atau pinjaman yang sudah jatuh tempo, hingga saldo kas.

Keuntungan lainnya jika menggunakan software ini adalah perusahaan menjadi aman dari kebocoran dan manipulasi. Sia-sisa jika Anda sudah berusaha keras dalam menaikkan omset, namun terdapat kebocoran maling di dalam toko. Oleh karena itu, Anda perlu melindungi bisnis dari kebocoran kas/bank, stok barang, dan piutang dengan menggunakan Beecloud.

2. Beepos

software-akuntansi-pabrik-bill-of-material

Daftar Bill of Material Software Akuntansi Beecloud

Rekomendasi software akuntansi berikutnya adalah Beepos. Beepos adalah software kasir online yang akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Software ini support untuk banyak merk hardware dan tipe peralatan POS, sehingga bisa untuk membantu kasir berjualan lebih cepat dan aman. Beepos memiliki fitur yang lengkap, di antaranya yaitu barcode scanner, card reader, customer display, printer nota, dan lain sebagainya.

software akuntansi pabrikini juga mudah untuk Anda operasikan. Kasir bisa mencari item, mengecek harga, dan cetak nota hanya dalam satu kali klik aja. Tidak hanya itu, software ini juga bisa melakukan integrasi akuntansi, seperti kontrol juga gross profit, data omset penjualan, biaya operasional hingga pajak PPN & PPH dan laba bersih.

Keuntungan lainnya adalah bisnis Anda akan aman dari manipulasi dan kebocoran, karena Beepos bisa menjaga bisnis anda. Beepos bisa melaporkan rekap penjualan per payment, slip setoran per shift, setoran buta, dan klop penjualan vs setoran vs stok.

Owner juga bisa melakukan kontrol stok harian. Hal ini juga sudah terbukti oleh ribuan user yang membuktikan bahwa stok klop dan hpp benar  jika menggunakan software kasir online. Software ini juga bisa membuat laporan stok lengkap, kalkulasi hpp total bahan.

3. Beeaccounting

Software-Akuntansi-Manufaktur-Untuk-Produksi-Pabrik-Beeaccounting

Klik Gambar di Atas untuk Info Selengkapnya

Rekomendasi software akuntansi pabrikyang terakhir adalah Beeaccounting. Software ini adalah jenis software akuntansi offline yang berbasis desktop.  Software akuntansi offline terbaikini hanya satu-satunya yang bisa melakukan 47 plugin berbeda yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis usaha yang Anda miliki.

Contoh bidang usaha yang tersedia yaitu retail, distributor, bengkel, restoran, pabrik, grosir dan masih banyak lainnya. Software ini sangat stabil, powerful, dan fleksibel, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi error atau terjadi kebocoran privasi dan semacamnya, karena itu semua terjamin tidak akan terjadi.

Pihak Beeaccounting juga menyediakan garansi uang kembali setelah 30 hari percobaan. Jadi, Anda bisa mengklaim uang kembali 100% setelah penggunaan kurang dari 30 hari jika ternyata software ini tidak cocok dengan kebutuhan Anda.

Nah, itulah rekomendasi software akuntansi pabrik dan faktor-faktor yang harus Anda perhatikan sebelum membeli software akuntansi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :