Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana

Dipublish Tgl: Thursday, 21 April 2022

Cara buat buku kas sangat penting untuk membuat buku kas yang seharusnya dimiliki setiap pebisnis. Cara buat buku kas sendiri tidak banyak diketahui karena buku kas sendiri memiliki banyak macamnya.

Salah satu kesalahan pebisnis pemula adalah tidak memiliki sebuah catatan keuangan yaitu buku kas. Pasalnya buku kas memiliki peran penting yaitu sebagai alat analisa keuangan pada bisnis yang dijalankan.

Mengetahui dan juga memahami tentang cara buat buku kas sangat penting, terutama bagi Anda yang saat ini ingin memulai suatu bisnis. Setiap pengusaha di Indonesia, baik usaha kecil, mikro, atau besar, tentu wajib untuk memahami apa itu buku kas serta cara membuatnya.

Pengertian Buku Kas

cara buat buku kas

Ilustrasi Cara Buat Buku Kas Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Buku kas adalah sebuah media pencatatan yang terkait dengan uang tunai perusahaan. Dalam catatan tersebut, penerimaan dan juga transfer uang tunai atau kredit dapat dicatat secara rinci dan detail. Tentu saja catatan tersebut mengikuti standar umum, sehingga nantinya dapat dipahami oleh semua orang. Standardisasi umum yang dimaksud dalam hal ini adalah klasifikasi transaksi, status, dan juga keterangannya.

Dari buku itu, masing-masing pihak akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dengan lebih teliti. Selain itu, buku las juga dapat digunakan untuk mengetahui sektor mana yang merupakan sumber pendapatan atau sumber pengeluaran terbesar bagi perusahaan. Oleh karena itu, buku ini memiliki peran yang sangat penting.

Kondisi keuangan perusahaan yang dicatat rapi setiap transaksi tentu akan sangat berguna untuk digunakan sebagai referensi dalam berbagai hal, termasuk di dalamnya untuk pengambilan keputusan tertentu. Setiap keputusan yang dianggap penting dan merupakan prioritas utama, umumnya akan selalu didasarkan pada kondisi perusahaan, salah satunya dapat dinilai berdasarkan buku kas Perusahaan.

Kondisi keuangan, penting untuk mengetahui bahwa itu tidak hanya dalam hal angka, tetapi bagaimana kas dapat meningkat atau menurun dengan melihat buku ini. Dengan menggunakan buku ini, perusahaan akan dapat melakukan analisis yang tepat dan rencana keuangan masa depan yang baik dengan menjadikan buku kas sebagai referensi.

Jenis Buku Kas

aplikasi pembukuan sederhana

Ilustrasi Melakukan Pembukuan (Sumber: Freepik.com)

Selain buku kas umum, serta buku kas masuk dan buku kas keluar, ternyata masih ada jenis buku kas lainnya, seperti buku pembantu bank, buku pembantu pajak, dan juga buku pembantu di panjar.

Dari empat buku tersebut, arus kas atau dana perusahaan dapat dengan mudah diamati dengan benar dengan menggunakan buku kas masuk atau buku kas keluar. Anda perlu menggarisbawahi bahwa setiap jenis buku ini memiliki peran pentingnya sendiri.

Untuk buku pembantu bank, perbedaan dengan buku kas umum dalam hal fungsionalitas. Dalam buku ini, aliran dana yang dapat dicatat hanyalah dana dari transaksi yang dibuat khusus menggunakan bank. Alasannya, buku bantu Bank hanya akan mencatat kegiatan transaksi yang terjadi dari bank atau teller ATM.

Di sisi lain, Buku Bantuan Pajak adalah buku di mana catatan transaksi terkait dengan pajak. Mulai dari pemungutan dan juga deposito pajak yang dikumpulkan sebagai pembayar pajak, hingga pencatatan pajak lainnya, terutama PPH.

Terakhir, buku pembantu panjar adalah buku catatan di mana ada catatan yang mengelilingi pengeluaran dan juga pengiriman uang untuk diserahkan kepada pihak-pihak tertentu sesuai dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Baca Juga: Akuntansi UKM: Aplikasi Pembukuan Sederhananya Usaha Kecil

Cara Buat Buku Kas

Setelah memahami definisi dan jenisnya, Anda juga harus tahu cara membuat buku kas. Selanjutnya Anda dapat memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

1. Cara Buat Buku Kas Folio Dwi Halaman

Dalam penulisan buku kan dwi halaman, Anda harus dapat memiliki dua muka halaman di dalamnya yang terdiri dari halaman debit dan juga halaman kredit. Halaman Debit berguna untuk mencatat pendapatan atau penambahan uang kas dan juga sumber pendapatannya.

Halaman debit ini terdiri dari 4 kolom utama termasuk :

  • Kolom pertama untuk mengisi tanggal masuk uang.
  • Kolom kedua adalah mengisi keterangan tentang pendapatan secara singkat, jelas, dan juga lebih mudah dipahami.
  • Kolom ketiga untuk mengisi nomor seri bukti pendapatan uang, sehingga kas akan meningkat.
  • Kolom keempat untuk mengisi jumlah uang sesuai dengan tanggal yang dicatat.

Kemudian, halaman kredit yang dibuat adalah mencatat pengeluaran uang. Pada halaman ini, Anda juga harus memasukkan alasan dari pengeluaran yang terjadi lebih jelas.

Selain itu, halaman kredit juga terdapat empat kolom, yaitu :

  • Kolom pertama diisi dengan tanggal
  • Kolom kedua diisi dengan informasi tentang pengeluaran yang dibuat oleh perusahaan
  • Kolom ketiga diisi dengan nomor seri pengeleuaran dana
  • Kolom keempat diisi dengan catatan jumlah kas keluar pada tanggal tersebut

2. Cara Buat Buku Kas Folio Satu Halaman

Metode ini umumnya digunakan oleh berbagai perusahaan kecil karena dianggap sangat praktis. Informasi yang dalam pendapatan dan pengeluaran ditemukan di halaman yang sama, sehingga akan lebih mudah dibaca dan tidak akan membutuhkan banyak waktu.

Dalam buku folio satu halaman ini ada 5 elemen yang tidak boleh terlewatkan, yaitu:

  • Kolom pertama untuk diisi dengan tanggal
  • Kolom kedua untuk mengisi informasi terkait dengan memasukkan atau keluarnya dana
  • Kolom ketiga isi dengan nomor urut bukti kas pemasukan dan juga bukti kas pengeluaran
  • Kolom keempat untuk mengisi saldo kas perusahaan
  • Dan kolom kelima untuk mengisi jumlah pengeluaran kas yang akan dilakukan

cara buat buku kas

3. Cara Buat Buku Kas Tabelaris

Cara tabelaris ini mengandung jalur atau kelompok yang diisi sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang bersangkutan. Cara membuatnya sangat praktis, yaitu di halaman di sisi kiri harus diisi dengan debit dan sisi kanan diisi dengan kredit.

Semua cara ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Dengan hanya menggunakan aplikasi ini, diharapkan dapat membantu Anda sedikit daripada menggunakan cara manual dengan kertas. Anda hanya perlu mempelajari berbagai formula untuk memudahkan proses kerja.

4. Cara Buat Jurnal Kas

Rupanya, jurnal kas juga memiliki fungsi yang sama pentingnya. Meskipun memang hanya digunakan oleh perusahaan perdagangan, tetapi jurnal kas ternyata sangat berguna untuk mengetahui kas masuk dan keluar dari perusahaan, yang membedakan hanya transaksi yang dicatat pada transaksi tunai.

Jurnal kas ini dapat dibagi menjadi jurnal penerimaan kas yang didalamnya mencatat penerimaan kas dari hasil pembayaran piutang dan pendapatan penjualan dagang. Sedangkan dalam jurnal pengeluaran kas, yang dicatat adalah semua biaya tunai dari nilai transaksi pembayaran utang dan juga pembayaran beban.

Kesimpulan

Membuat buku kas memang hal yang mudah, tapi banyak orang tidak memahami peran pentingnya. Adanya buku kas, Anda bisa memahami kondisi keuangan usaha yang dijalankan. Apalagi jika bisnis Anda masih baru, maka haruslah membuat buku kas.

Anda bisa mengikuti cara buat buku kas sederhana di atas. Atau jika Anda ingin cara yang lebih mudah dan praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi Beecloud. Aplikasi Beecloud memungkinkan Anda untuk membuat laporan keuangan secara lengkap dan cepat bahkan otomatis.

Laporan cash flow sederhana dapat Anda buat dengan mengikuti rumus yang sudah dibahas di atas. Selain itu terdapat contoh yang bisa Anda jadikan sebagai refrensi dalam pembuatan laporan arus kas.

Bagaimana caranya membuat arus kas dengan mudah hanya dengan cukup 5 menit saja dan dijamin hasilnya akurat? Pakai saja aplikasi pembukuan Beecloud. Anda tidak lagi perlu repot-repot bikin jurnal, buku besar, arus kas, laba rugi dan neraca. Pakai Beecloud bikin laporan cash flow hanya dengan 1x klik saja. Pokoknya kalau pakai beecloud Anda gak harus jago akunting. Selain itu jika terjadi kesalahan Anda tidak perlu lagi melakukan koreksi satu persatu.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan Beecloud, akan memudahkan Anda untuk mengaudit perusahaan Anda. Dan kerennya lagi Anda dapat mengakses laporan keuangan perusahaan kapan saja Anda membutuhkan. Penasaran? Coba gratis Beecloud sekarang! Info lebih lengkap klik gambar di bawah ini!

Bikin Laporan Cash Flow Cukup 5 Menit Saja!

Cara Membuat Buku Besar Beserta Penjelasannya
Apakah itu buku besar? Buku besar merupakan dokumen akuntansi utama yang berisi semua akun yang dimiliki oleh bisnis, yang berarti […]
Baca Juga
General Ledger, Bukti Akurat Detail Keuangan Perusahaan
Tahukah Anda mengapa banyak tempat usaha kecil bisa berkembang menjadi kelas menengah hingga besar tetapi perusahaan besar berbalik pailit atau […]
Baca Juga
Mengenal Pembukuan Kas Sederhana dan Cara Membuatnya
Pembukuan kas sederhana sering kita dengar dalam istilah akuntansi. Pebisnis seperti Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu