Logo Bee Web

Akuntansi UKM: Aplikasi Pembukuan Sederhananya Usaha Kecil

Akuntansi UKM sangat penting untuk menjagi stabilitas keuangan usaha anda. Usaha kecil menengah tentu tetap membutuhkan sebuah laporan akuntansi.
Penulis: Maghfirotul Amalia
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 8 March 2020

Akuntansi UKM - Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan yang dimiliki, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang. Dengan kriteria omset : Rp. 300 Juta – Rp 2,8 miliar.

Sedangkan, Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan yang dimiliki, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersihatau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang. Dengan kriteria omset : >Rp. 2,5 Miliar – Rp. 50 Miliar.

Apa itu UKM?

Kerajinan adalah salah satu bidang UKM yang banyak digeluti

Apa itu UKM? (Sumber: Pexels.com)

Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri.

Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.” (Sumber: Wikipedia.org)

Usaha Apa Saja yang Termasuk dalam Kategori UKM?

Berikut beberapa daftar bidang usaha untuk UKM :

1. Kuliner

Banyak pelaku UKM yang bergerak di bidang kuliner, dengan menu kekinian yang disukai anak muda atau menu tradisional yang masih menjadi favorit mereka mampu bersaing dan menggerakkan geliat ekonomi masa kini. Tak jarang pengelola bisnis di bidang ini adalah anak-anak muda bangsa kita.

2. Fashion

Bisnis di bidang fashion memang tak lekang oleh waktu, berbagai platform e-commerce turut hadir dalam mendukung para pengusaha online dalam mengembangkan usaha mereka di bidang fashion.

3. Pendidikan

UKM di bidang pendidikan? Apakah ada? tentu saja ada. Seperti contohnya Lembaga Pendidikan yang memberikan jasa bimbingan belajar atau les privat.

4. Otomotif

Salah satu UKM yang bergerak di bidang otomotif adalah bengkel. Entah itu bengkel mobil atau motor. Di usaha ini biasanya mereka juga menjual spare part dan perlengkapan kendaraan bermotor yang dibutuhkan oleh konsumen. Peluangnya masih cukup besar karena penggunaan kendaraan bermotor di negeri ini masih cukup tinggi.

5. Agribisnis

Kebutuhan akan pangan dan nutrisi pastinya akan membuat UKM Agribisnis di bidang pertanian terus berkembang. Begitu juga dengan UKM Agribisnis di bidang peternakan karena kebutuhan untuk protein hewani juga masih dibutuhkan.

6. Teknologi Internet

UKM bidang teknologi internet sepertinya masih menjadi primadona saat ini. Bagaimana tidak, banyaknya e-commerce, aplikasi dan media online masih terus eksis hingga hari ini. Bahkan sudah seperti menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi masyarakat kita saat ini.

Kenapa UKM Butuh Laporan Akuntansi?

Pentingnya Laporan Pembukuan untuk UKM

Kalkulator untuk Hitung Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Laporan akuntansi adalah instrumen penting bagi UKM (Usaha Kecil Menengah) karena memberikan banyak manfaat yang krusial untuk pengelolaan bisnis mereka. Berikut adalah lima alasan mengapa UKM perlu laporan akuntansi:

Baca Juga: UKM (Usaha Kecil Menengah): Pengertian, Jenis & Tips Suksesnya

1. Pemantauan Kinerja Keuangan

Laporan akuntansi menyediakan gambaran tentang kesehatan keuangan UKM. Ini membantu pemilik atau pengelola untuk memantau pendapatan, biaya, dan laba atau rugi. Dengan memahami kinerja keuangan, pemilik dapat membuat keputusan yang lebih baik terkait strategi bisnis dan alokasi sumber daya.

2. Pengambilan Keputusan Strategis

Informasi keuangan yang terdokumentasi dalam laporan akuntansi membantu dalam pengambilan keputusan strategis. Pemilik UKM dapat menggunakan data ini untuk menilai kelayakan proyek, mengidentifikasi tren bisnis, dan menentukan langkah-langkah untuk meningkatkan profitabilitas atau mengurangi biaya.

3. Kepatuhan Perpajakan dan Hukum

Selanjutnya adalah dengan laporan akuntansi yang akurat dan teratur dapat membantu UKM memenuhi kewajiban perpajakan dan hukum. Dengan menjaga rekam keuangan yang lengkap, UKM dapat menghindari masalah pajak dan legal yang dapat timbul akibat ketidakpatuhan.

4. Akses ke Sumber Pembiayaan

Melalui laporan akuntansi yang rapi dan transparan dapat meningkatkan kemungkinan UKM mendapatkan akses ke sumber pembiayaan tambahan. Institusi keuangan atau calon investor seringkali memerlukan laporan keuangan yang jelas sebagai dasar untuk mengevaluasi kelayakan investasi atau pinjaman.

5. Pembuktian Kredibilitas

Terakhir alasan kenapa ukm perlu laporan akuntansi adalah untuk teratur dan akurat dapat meningkatkan kredibilitas UKM di mata mitra bisnis, pelanggan, dan pemasok. Pihak-pihak terkait seringkali lebih percaya pada perusahaan yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik dan dapat menyajikan laporan secara profesional.

Oleh karena itu agar apapun bidang usaha UKM yang Anda geluti bisa terus berkembang dan bisa mencapai omset yang ditargetkan dengan baik, juga keuangan UKM bisa tetap sehat, diperlukan sebuah pembukuan UKM atau Aplikasi Akuntansi sederhana untuk UKM.

Salah satu aplikasi Akuntansi UKM dengan harga terjangkau dan bisa diakses dari handphone adalah Beecloud. Beecloud ada software akuntansi yang sering digunakan oleh Pengusaha UKM di Indonesia.

Software Kasir dan Akuntansi Restoran Cafe Terbaik
Software akuntansi restoran menjadi andalan para pengusaha rumah makan untuk melancarkan jalannya bisnis mereka. Khususnya bagian kasir yang memiliki peranan
Baca Juga
Siapa Saja Pemakai Informasi Akuntansi? Berikut Diantaranya
Informasi akuntansi menjadi pondasi utama bagi pemahaman dan pengambilan keputusan yang tepat. Siapa saja yang terlibat dalam ekosistem bisnis, mulai
Baca Juga
Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Usaha Kecil
Pembukuan keuangan sederhana dibutuhkan oleh pengusaha untuk melihat progres bisnisnya melalui rekapan aktivitas keuangan di dalam perusahaan. Apakah keuntungan meningkat
Baca Juga
Contoh Laporan Kas Excel Bikin Laporan Keuangan Cuma 5 Menit
Contoh laporan kas excel detail yang perlu diketahui adalah kondisi perusahaan apakah untung atau rugi, apakah ada pertambahan modal, apakah
Baca Juga
Contoh Jurnal Pembelian dan Cara Membuatnya
Contoh Jurnal pembelian adalah pencatatan pembelian yang terjadi pada kegiatan operasional perusahaan yang dilakukan secara rutin, yang termasuk dalam elemen
Baca Juga
Konsep Dasar Akuntansi: Pengertian, Contoh, dan Pentingnya
Sebagai pemula dalam dunia akuntansi, memahami konsep dasar merupakan langkah awal yang krusial. Terdapat delapan konsep dasar akuntansi yang perlu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu