Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Contoh Pembukuan Kas Sederhana dalam Akuntansi

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 22 April 2022

Contoh pembukuan kas banyak dicari pebisnis lantaran hal tersebut dapat dijadikan sebuah acuan dalam membuat laporan kas usaha. Kita semua tahu, pembukuan sangat wajib dilakukan pengusaha karena perannya yang begitu penting bagi kelangsungan usaha.

Pembukuan adalah salah satu cara untuk memberi kepastian bahwa bisnis dapat mengukur pertumbuhan dan profitabilitas, sehingga Anda sebagai pengusaha perlu tahu cara melakukan pembukuan. Sederhananya, pembukuan adalah kegiatan mencatat transaksi bisnis harian Anda. Dalam proses pembukuan, Anda harus mencatat uang yang keluar dan juga uang masuk, karena dokumentasinya adalah sebuah kunci sehingga Anda harus pintar dalam mengaturnya.

Selain itu, Anda juga harus menyimpan semua tanda terima, tagihan, dan cek yang dibatalkan. Apa sebenarnya pembukuannya? Dan bagaimana cara Anda membuatnya?

Semua itu akan dibahas dalam artikel ini, mulai dari definisi sederhana pembukuan, cara membuat, dan beberapa contoh template pembukuan.

Mengenal Lebih Detail Tentang Pembukuan Kas

contoh pembukuan kas

Ilustrasi Akuntan Sedang Membuat Pembukuan Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Definisi pembukuan telah disebutkan sedikit pada penjelasan sebelumnya, Anda dapat melihat bahwa kegiatan pembukuan mengacu pada tugas mencatat dan mengelola informasi keuangan bisnis yang harus dilakukan setiap hari.

Data seperti transaksi, biaya akrual dan informasi kegiatan keuangan lainnya dapat dipertanggungjawabkan melalui pembukuan. Peran proses ini sangat penting dalam kegiatan perusahaan, karena memungkinkan untuk melacak semua informasi keuangan yang diperlukan.

Informasi ini penting untuk membuat Anda lebih mudah bagi Anda untuk membuat keputusan pembiayaan dan operasi yang baik di masa depan. Seseorang yang memiliki kemampuan atau ahli dalam mengelola transaksi keuangan dan catatan bisnis disebut pemegang buku. Melalui pembukuan yang efektif, Anda dapat memastikan catatan dan manajemen aset keuangan dan kewajiban bisnis secara akurat dan efisien.

Ini tentu dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan bisnis internal, seperti alokasi pendapatan. Selain itu, juga bisa untuk pengambilan keputusan eksternal, seperti pilihan investor untuk mendanai operasi bisnis. Dalam bisnis pembukuan keuangan sangat penting untuk kelangsungan usaha dan menghindari permasalahan antara keuangan bisnis dengan keuangan pribadi.

Sejumlah manfaat yang diperoleh jika membuat pembukuan kas adalah:

  • Meminimalkan risiko kehilang produk, aset atau uang.
  • Mengetahui jumlah pajak yang harus dibayar.
  • Mempengaruhi aset bisnis dan rugi laba di masa depan.
  • Mengetahui jumlah hutang dan piutang
  • Memonitor biaya operasional bisnis.
  • Mengetahui kemajuan menjalankan bisnis.

Alasan Kenapa Bisnis Perlu Laporan Kas

cara buat buku kas

Ilustrasi Akuntan Mencatat Transaksi dengan Uang Kas Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Item yang cukup banyak membuat asumsi bahwa pembukuan hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar.

Akan tetapi usaha kecil juga membutuhkannya karena banyak manfaat pembukuan yang dapat diperoleh oleh bisnis ini. Meskipun transaksi yang dilakukan masih kecil, manfaat pembukuan dapat dirasakan pada usaha baru yang sering bingung dan hilang dalam alokasi modal dan dana.

Oleh karena itu, masalah yang terjadi saat ini adalah banyak usaha kecil yang bangkrut karena mereka belum menyadari manfaat pembukuan sehingga tidak konsisten dalam pencatatan atau bahkan tidak melakukannya.

Banyak alasan mengapa banyak pemilik usaha kecil tidak melakukan pembukuan dalam bisnis mereka.

  • Mereka merasakan proses ini cukup merepotkan dan kurang pemahaman dalam melakukan hal itu sehingga malas untuk melakukannya, meskipun ada banyak aplikasi pembukuan murah yang sangat mudah digunakan untuk menyelesaikan masalah.
  • Tidak mengerti sehingga membuat pemilik bisnis merasa mereka harus membayar lebih untuk menyewa seorang akuntan.
  • Pemilik bisnis sering mengeluh tentang keterbatasan waktu yang harus mereka lakukan

Dari sini, pemilik bisnis dapat menyicil dengan membuat catatan kecil setiap transaksi telah selesai. Setelah itu, catatan kecil ini hanya dirapikan setelah jam kerja operasional dan dimasukkan ke dalam buku besar.

Ketika bertekad untuk membangun bisnis, upaya yang optimal diperlukan untuk mengembangkannya. Salah satunya adalah dengan membuat pembukuan sederhana dilakukan secara teratur.

Cara dan Contoh Pembukuan Kas Sederhana

Agar mudah dibaca dan dipahami contoh pembukuan kas, Anda harus lebih dulu memahami cara membuat pembukuan ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pembukuan Kas Pengeluaran

Untuk pemilik bisnis kecil dalam mencatat transaksi keuangan sebenarnya tidak sulit. Karena, untuk usaha kecil jenis transaksi yang dilakukan umumnya tidak terlalu banyak. Hal yang perlu Anda lakukan dalam proses ini adalah membuat pembukuan terpisah antara satu jenis transaksi dengan transaksi lain. Umumnya ada tiga bentuk transaksi yang dilakukan dalam usaha kecil, yaitu peralatan pembelian, biaya operasional, membeli bahan baku, dan gaji karyawan.

contoh pembukuan kas

Contoh Pembukuan Kas Pengeluaran

2. Pembukuan Kas Pemasukan

Langkah kedua setelah membuat buku pengeluaran adalah membuat buku pendapatan. Ada dua akun yang harus Anda perhatikan dalam buku ini, yaitu catatan pendapatan tunai dan catatan pemasukan piutang. Membuat buku pendapatan ini sangat penting, karena nanti itu akan digunakan untuk mengukur pendapatan bisnis kecil Anda dalam periode waktu tertentu, bisa berupa bulanan, triwulanan dan setiap tahun.

contoh pembukuan kas

Contoh Pembukuan Kas Pemasukan

3. Pembukuan Kas Utama

Setelah kedua buku di atas siap, maka Anda dapat membuat pembukuan yang berfungsi untuk menggabungkan dua catatan di atas. Nama buku ini adalah buku kas umum. Pentingnya, membuat buku ini untuk mengukur dan membandingkan jumlah penghasilan bisnis kecil Anda dengan jumlah pengeluaran Anda. Dari buku ini maka Anda dapat mengetahui apakah bisnis Anda merugikan atau menguntungkan

contoh pembukuan kas

Contoh Pembukuan Kas Umum

4. Laporan Laba Rugi

Dalam proses pembukuan, tujuan utama Anda sebagai pemilik bisnis kecil adalah untuk mengetahui apakah perusahaan Anda mengalami kerugian atau keuntungan. Nah, untuk mendapatkan pengetahuan itu, Anda butuh untuk membuat buku laba rugi.

Agar mudah ketika membuat laporan laba rugi untuk pengusaha, harus mengikuti logika dari laporan keuangan yang benar. Ada kesalahan sedikit, laporan keuangan yang dibuat juga bisa salah, dan inilah yang menyebabkan pemilik usaha merasa sulit ketika mereka harus melakukan laporan keuangan.

contoh pembukuan kas

Contoh Laporan Laba Rugi

Aplikasi Laporan Kas Mudah dan Praktis

Dalam membuat pembukuan kas memang dibutuhkan pengetahuan dan juga waktu yang cukup luang. Hal itu dibutuhkan agar tidak mengalami kesalahan dalam membuat laporan keuangan. Karena jika ada kesalahan, maka akan fatal akibatnya.

Saat ini, terdapat cara mudah dan praktis dalam membuat pembukuan kas, yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Dengan adanya teknologi, kita bisa menggunakan sebuah perangkat lunak atau aplikasi untuk memudahkan kita membuat pembukuan kas.

Salah satu aplikasi tersebut adalah Beecloud, yang memberikan berbagai fitur canggih dan otomatis dalam membuat laporan keuangan bisnis.

Kesimpulan

Dibutuhkan pemahaman dan waktu untuk membuat laporan pembukuan kas dari mulai pembukuan kas masuk, kas keluar, kas utama, hingga laporan laba rugi. Anda bisa mengikuti cara di atas untuk membuat pembukuan kas.

Tapi jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah dan praktis bahkan hemat, Anda bisa menggunakan aplikasi Beecloud. Fitur dari Beecloud sendiri sangat simple dan praktis, Anda bisa mendapatkan manfaatnya ketika menggunakan Beecloud.

Bikin Laporan Cash Flow Cukup 5 Menit Saja!

8 Cara Mudah Belajar Pembukuan Keuangan
Salah satu informasi yang wajib Anda ketahui ketika belajar pembukuan keuangan dalam dunia bisnis adalah bagaimana cara membuat pembukuan keuangan […]
Baca Juga
Format Laporan Keuangan Developer
Format laporan keuangan developer adalah komponen vital dalam manajemen keuangan bisnis. Secara umum, ada empat format laporan keuangan dalam bisnis, […]
Baca Juga
Aplikasi Nota Pembelian, Manfaat dan Langkah Pembuatannya
Aplikasi nota pembelian menjadi bagian penting dalam proses akuntansi usaha. Baik itu, bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan berkembang, sudah umum […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu