Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Software Keuangan Perusahaan Terbaik untuk Cepat Analisa Bisnis

Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 17 May 2022

Software keuangan perusahaan sangat dibutuhkan untuk memudahkan pelaksanaan usaha. Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk melancarkan operasional perusahaan.

Software Keuangan Perusahaan Terbaik untuk  Cepat Analisa Bisnis

pengalaman menyenangkan mengelola keuangan dengan software akuntansi

Ilustrasi Pebisnis Melihat Laba Bisnis dengan Software Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Mengelola keuangan perusahaan adalah hal yang rumit lantaran dibutuhkan sebuah keahlian dan ketelitian dalam menghitung hingga mengoreksi segala transaksi yang terjadi di perusahaan. Karena terbilang rumit, maka dari itu hadirnya software memberikan kemudahan dalam melakukan hal tersebut.

Saat ini ada banyak program komputer yang dibuat oleh pengembang yang handal untuk memfasilitasi semua pekerjaan manusia, salah satunya adalah software keuangan perusahaan. Seberapa pusing jika seorang akuntan perusahaan atau bisnis harus menghitung uang masuk dan keluar dari perusahaan dengan kalkulator manual? Pasti sangat melelahkan dan sangat rentan terhadap kesalahan.

Tidak ada satu bisnis yang tidak mengelola manajemen keuangan, semuanya dikelola dengan baik dan benar.

Di Indonesia saat ini ada banyak software keuangan dengan berbagai fitur dan kebutuhan, belum tentu bisnis satu dan lainnya dapat menggunakan software akuntansi yang sama karena ada perbedaan dalam mencatat laporan keuangan mereka.

Software keuangan adalah salah satu perangkat lunak yang berfungsi untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data keuangan dalam bisnis dan perusahaan yang umumnya untuk orang-orang yang tugasnya membuat catatan keuangan bernama akuntan.

Akuntansi dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk hasil kegiatan ekonomi dalam bisnis atau perusahaan untuk berbagai pihak seperti investor, kreditor, manajemen dan pemilik.

Akuntansi telah ada sejak zaman kuno selama babylonia kuno, tetapi di masa lalu tidak ada software akuntansi keuangan seperti ini.

Kenapa Harus Pakai Software Keuangan

software akuntansi ukm memudahkan dalam menyusun laporan keuangan

Ilustrasi Alasan Mengapa Harus Menggunakan Software Keuangan

Mungkin Anda berpikir bahwa selama ini cara yang umum digunakan untuk mengelola keuangan adalah menyewa freelance akuntan atau merekrut karyawan yang memiliki skill akuntan.

Semakin berkembangnya teknologi, tujuan dari diciptakan software keuangan adalah untuk memberikan kemudahan dan meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam mengelola keuangan.

Pasalnya, seorang manusia saja yang bekerja sendiri masih rentan dengan kesalahan sehingga khawatinya itu akan merugikan perusahaan. Itulah mengapa software untuk keuangan dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut alasan yang harus Anda ketahui kenapa harus pakai software keuangan:

  1. Memberi kemudahan, karena software didesain dengan tampilan yang memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan keuangan.
  2. Meminimalisir kesalahan, software keuangan memberikan sistem pencatatan dan penghitungan otomatis yang tujuannya untuk menghindari kesalahan hitung.
  3. Keamanan data, jika masih manual menggunakan laporan kertas itu akan rawan kehilangan dibandingkan menggunakan software yang tersimpan aman dalam sistem komputer.
  4. Kecepatan dan ketepatan, jika Anda membutuhkan laporan keuangan secara mendesak, Anda tidak perlu menunggu staff untuk membuatnya karena software akan membuatnya secara cepat.

Tips Memilih Software Keuangan Perusahaan

Banner Beecloud Laporan Neraca

Ilustrasi Fitur di Software Keuangan Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Banyak diluar sana perusahaan yang mengembangkan software keuangan dengan berbagai tawaran yang mereka berikan. Namun dari sekian banyak software keuangan, tentu saja Anda perlu memilih yang tepat untuk perusahaan yang dikelola.

Berikut ini tips untuk Anda dalam memilih software keuangan perusahaan.

1. Jenis Bisnis atau Perusahaan

Sebelum memilih software keuangan, ketahui jenis bisnis yang Anda jalankan seperti bisnis perdagangan, layanan, manufaktur, industri, agraries dan sebagainya.

Selain itu, ketahui bentuk bisnis Anda apakah properti pribadi, UMKM, CV, perusahaan atau firma. Karena ada beberapa kebutuhan akuntansi berbeda dalam setiap jenis dan bentuk bisnis yang dilakukan.

2. Sesuaikan Kebutuhan

Harap dicatat bahwa sekarang banyak software keuangan dan bisnis dilengkapi dengan fitur laporan keuangan. Menariknya, berbagai fitur lain juga disajikan untuk memperluas fungsi perangkat lunak, sehingga ia menawarkan manajemen keuangan yang lebih praktis dengan hanya satu perangkat lunak.

Sayangnya, jumlah fitur yang tersedia sering membuat pengguna software bingung dalam mengoperasikannya. Selain itu, tidak semua fitur benar-benar dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Untuk memaksimalkan penggunaan, Anda harus memilih perangkat lunak yang berisi fitur umum sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Utamakan Kemudahan Akses

Kemudahan dalam mengakses ssoftware adalah aspek penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih software keuangan perusahaan. Ada baiknya, pilih software yang dapat diakses dengan perangkat apa pun. Ini akan memudahkan Anda memantau keuangan perusahaan di mana saja dan kapan saja.

Selain itu kompatibel dengan perangkat apa pun, software berbasis cloud juga direkomendasikan. Karena aplikasi berbasis cloud memungkinkan Anda untuk mengakses informasi yang diperlukan di mana saja dan kapan saja selama terhubung ke jaringan Internet. Analisis keuangan juga dapat dilakukan secara lebih praktis.

4. Pastikan Keamanan Data

Keuangan perusahaan adalah data inti yang mencerminkan kinerja dan kondisi perusahaan. Data ini bersifat rahasia dan hanya dapat diketahui oleh beberapa pihak yang berwenang. Selain akses mudah, Anda harus memilih aplikasi atau software yang juga dilengkapi dengan batasan pada setiap akses pengguna untuk memastikan keamanan data.

Dengan pembatasan opsi pada akses ke setiap pengguna, Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat mengakses data. Jadi, keamanan data menjadi lebih aman dan dapat dipantau.

Tidak perlu khawatir, sekarang banyak perangkat lunak dilengkapi dengan teknologi baru yang menawarkan kemampuan manajemen dan perlindungan data yang berkualitas.

Baca Juga: Contoh Pembukuan Kas Sederhana dalam Akuntansi

5. Pilih Software yang Memiliki Sistem Integrasi

Tips selanjutnya adalah memilih aplikasi yang dilengkapi dengan sistem terintegrasi. Integrasi akan membantu Anda menghubungkan software dengan aplikasi berhubungan lainnya. Pastikan juga software yang Anda pilih juga dilengkapi dengan fasilitas cadangan data untuk kemudahan pengelolaan laporan keuangan.

Keberadaan sistem terintegrasi ini memudahkan Anda untuk memantau kinerja bisnis melalui laporan keuangan yang saling terkait. Sistem ini juga menawarkan manajemen yang lebih mudah dan mengantisipasi ketika bug terjadi. Dengan demikian, data keuangan akan tetap tersedia dan disimpan dengan aman.

6. Manfaatkan Penawaran Percobaan Gratis

Baik offline maupun online, Anda masih perlu pelatihan sehingga dapat mahir mengoperasikannya. Menariknya, sekarang banyak pengembang menyediakan penawaran percobaan gratis untuk calon pengguna sehingga mereka dapat mengalami pengalaman menggunakan software untuk mengelola data keuangan bisnis.

Sering diremehkan, rupanya tawaran uji coba gratis sangat berguna bagi Anda yang bingung menentukan software mana yang harus dipilih.

Penawaran ini memungkinkan Anda dapat merasakan sensasi menggunakan perangkat lunak dan menentukan perangkat lunak mana yang lebih cocok dan lebih mudah digunakan.

Software Keuangan Perusahaan Terbaik, Beecloud

Beecloud Dashboard dan Laptop

 Ilustrasi Software Keuangan Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Hampir di penghujung artikel, kali ini Anda perlu tahu mana salah satu software keuangan perusahaan terbaik untuk segala bisnis.

Apa yang disebutkan di atas sangat memenuhi pertanyaan mengenai mana software terbaik untuk perusahaan. Yang perlu Anda tahu adalah Software keuangan Beecloud.

Beecloud

Salah satu software keuangan terbaik Beecloud, menawarkan berbagai fitur yang diluar dugaan Anda. Aplikasi yang berbasis cloud ini memungkinkan Anda mengelola bisnis dalam genggaman Anda.

Analisa bisnis berdasarkan angka. Penjualan naik tapi cashflow seret? Piutang macet tak tertagih? Analisa penyakit bisnis anda berdasarkan angka, tanpa feeling & kira-kira. Menekan piutang macet tak tertagih. Banyak pengusaha bankrut karena hal ini! Gampang ngutangin gak bisa nagih. Di Beecloud anda bisa kontrol limit per pelanggan & manajemen penagihan

Selain itu, Beecloud telah memiliki aplikasi sendiri yang memungkinkan Anda sebagai business owner melakukan pengecekkan menyeluruh pada bisnis Anda dalam satu tampilan dashboard. Segala informasi yang Anda butuhkan sudah tersaji secara otomatis dan real time.

Kesimpulan

Software keuangan perusahaan sangat dibutuhkan banyak pengusaha lantaran memberikan kemudahan dan meminimalisir resiko dalam menjalankan bisnis. Namun tidak disarankan salah pilih software karena itu akan merugikan perusahaan.

Faktur Pembelian dan Perbedaannya dengan Nota Pembelian
Sebagai seorang akuntan, faktur pembelian sangatlah penting karena digunakan sebagai salah satu bukti transaksi yang sah sehingga laporan keuangan yang […]
Baca Juga
Software Laporan Keuangan Terbaik untuk Berbagai Jenis Usaha
Setiap bisnis atau usaha pasti membutuhkan laporan tentang status keuangan. Laporan tersebut akan digunakan untuk analisis pertumbuhan dan perkembangan suatu […]
Baca Juga
Simak Pentingnya Laporan Arus Kas Dalam Sebuah Bisnis Berikut ini
Laporan Arus kas adalah sebuah data yang menampilkan uang yang bergerak (mengalir) masuk dan keluar dari bisnis Anda dalam sebulan. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu