Logo Bee Web

Jualan Apa yang Laku di Kampung? 7 Ide Usaha Ini Pasti Laris

Jualan apa yang laku di kampung? Berikut, beberapa ide usaha menarik yang pasti laris dan bisa berkembang meski jualan di kampung.
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Thursday, 27 October 2022

Jualan apa yang laku di kampung? Saat ini ada berbagai ide bisnis yang bisa dipilih bagi para pengusaha di kampung. Tentu saja ide bisnis tersebut harus disesuaikan dengan kondisi kampung agar bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

Kemudian dengan adanya perkembangan zaman yang semakin maju juga membuat peluang usaha disana semakin bervariasi. Tidak hanya toko kelontong atau toko sembako saja yang dapat berkembang, usaha kuliner, pertanian, hingga peternakan bisa menjadi ide usaha terbaik di kampung.

Jualan Apa yang Laku di Kampung?

Jualan Apa Yang Laku Di Kampung

Ilustrasi Jualan Sayur di Kampung (Sumber: Freepik.com)

Ingin membuka sebuah usaha yang pasti laris di kampung? Para pengusaha bisa memilih salah satu dari beberapa usaha yang ada di bawah ini.

  • Jualan Sayur

Untuk yang menginginkan membuka usaha rumahan, usaha jualan sayur merupakan ide yang menarik. Sayur-sayur tersebut bisa ditawarkan kepada para tetangga dengan membuka kios kecil di depan rumah. Bisnis ini bisa menjadi pilihan para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan.

Selain bisa dilakukan sebagai usaha sampingan, jualan sayur juga tidak memerlukan modal yang besar. Untuk memulai usaha ini, yang perlu dilakukan ialah berbelanja ke pasar lalu menjualnya kembali. Pastikan jika sayur yang dijual adalah sayuran segar dengan berbagai pilihan.

  • Jualan Kue

Jualan kue juga memiliki peluang yang cukup besar di kampung. Mulai dari kue tradisional, kue kering, usaha jualan kue ini sangat cocok bagi yang memiliki hobi membuat berbagai makanan. Biasanya bisnis ini merupakan bisnis musiman.

Meski begitu, keuntungan dari jualan kue di kampung bisa sangat menguntungkan. Apalagi jika pengusaha mau mulai menjajakannya secara online sehingga bisa menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula

  • Ternak Ayam Kampung

Ternak Ayam Kampung

Ilustrasi Ternak Ayam Kampung (Sumber: Freepik.com)

Jika ternak ayam negeri sudah banyak pesaing, maka pilihlah usaha ternak ayam kampung. Usaha yang satu ini sangat cocok di kampung. Salah satu alasannya ialah tersedianya lahan yang masih asri dan luas sehingga ayam kampung bisa lebih sehat.

Selain bisa menjual telur dan dagingnya kepada warga kampung, para pengusaha juga dapat memperbesar skala usaha mereka dengan memulai kemitraan dengan berbagai rumah makan ataupun perusahaan yang mengolah ayam kampung menjadi produk jadi.

  • Membuka Warung Makan

Jualan apa yang laku di kampung? Selain ketiga bisnis di atas, jualan berbagai macam makanan dengan membuka warung makan bisa menjadi ide yang tidak kalah menarik. Para pengusaha bisa membuat konsep warteg atau warung lesehan.

Kemudian, pastikan juga harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal sehingga semakin menarik banyak warga. Bagi yang memiliki lahan kosong di depan rumah, membuka warung makan kecil-kecilan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan di kampung.

  • Membuka Usaha Jahit

Meskipun kini banyak orang lebih suka membeli pakaian jadi, namun banyak warga kampung yang lebih memilih untuk menjahit pakaian mereka. Oleh karena itu, membuka usaha jahit memiliki prospek yang cukup baik di kampung.

Untuk memulai usaha ini pun sederhana. Para pengusaha harus memiliki skill menjahit yang baik dan memiliki peralatan jahit. Untuk promosi, bisa dilakukan ketika ada perkumpulan warga di kampung. Bisa juga memanfaatkan aplikasi chat untuk beberapa target konsumen.

  • Menjadi Agen Gas Elpiji

Jualan Gas Lpg

Ilustrasi Gas LPG (Sumber: Freepik.com)

Menjadi agen gas elpiji 3 kg merupakan ide bisnis yang layak dicoba di kampung. Dengan menjadi agen, pengusaha bisa memberikan harga gas yang lebih murah daripada warung-warung pengecer lainnya. Keuntungan bisnis ini pun terbilang cukup baik karena jumlah pengecer yang banyak.

Namun, ada beberapa persyaratan administrasi untuk bisa menjadi agen resmi. Karena itu, pastikan jika semua persyaratan tersebut dilengkapi untuk bisa mendapatkan izin keagenan gas elpiji 3 kg di kampung.

  • Penginapan

Untuk yang tinggal di kampung dekat dengan berbagai pariwisata, membuka sebuah penginapan adalah ide bagus. Menyediakan tempat penginapan seperti guest house atau bungalow bisa membantu para wisatawan yang datang kesana untuk berwisata.

Baca Juga: Tips Jualan di Tokopedia Banjir Ratusan Pesanan Tiap Hari

Kesimpulan

Kini tidak perlu risau lagi untuk menentukan jualan apa yang laku di kampung. Semua usaha di atas bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan dengan membuka usaha baru di kampung. 

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

6 Faktor Analisis PESTLE dan Contoh Penerapannya dalam Bisnis
Analisis PESTLE adalah singkatan dari Political, Economic, Social, Technological, Legal, dan Environmental, yakni suatu pendekatan yang luas dalam menganalisis faktor-faktor
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Penjualan Mudah dan Cepat
Cara membuat laporan penjualan mudah dan cepat beserta contohnya. Laporan penjualan merupakan alat serbaguna yang dapat menjadi dasar yang tepat
Baca Juga
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Proses manajemen strategi adalah proses yang melibatkan analisis mendalam terhadap lingkungan eksternal dan internal, penentuan visi dan misi, serta pengembangan
Baca Juga
5 Aplikasi Pembuat Nota Penjualan dan Pembayaran di 2023
Aplikasi untuk membuat nota penjualan dan pembayaran, tentu sangat diperlukan bagi setiap pebisnis, baik produk maupun jasa. Aplikasi nota, merupakan
Baca Juga
11 Peluang Usaha Modal 10 Juta Paling Menjanjikan
Punya modal usaha 10 juta bingung mau usaha apa? Ada banyak sekali yang bisa Anda coba dari mulai usaha dagang,
Baca Juga
Format Order dan Cara Membuatnya
Dalam bisnis jual beli online biasanya ada istilah yang dikenal dengan format order. Istilah ini memiliki peran yang sangat penting
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu