⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Laporan Rugi Laba Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Laporan rugi laba adalah salah satu laporan keuangan bisnis yang digunakan untuk melaporkan kinerja keuangan dalam kurun waktu tertentu.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 15 June 2022

Laporan rugi laba adalah salah satu laporan keuangan bisnis yang digunakan untuk melaporkan kinerja keuangan dalam kurun waktu tertentu. Sudahkah Anda mengetahuinya? Selain laporan rugi laba, ada juga laporan neraca dan arus kas.

Ketiga laporan tersebut secara umum memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melihat kinerja keuangan bisnis secara menyeluruh. Ketika kinerja keuangan terlihat, maka Anda sebagai pebisnis bisa melakukan analisis dan pengambilan keputusan di masa depan.

Bayangkan saja jika Anda tidak membuat laporan neraca, rugi laba, dan arus kas, maka dari mana lagi Anda mendapatkan data untuk melihat kinerja perusahaan? Sulit rasanya menilai kinerja keuangan perusahaan tanpa adanya data berupa angka-angka.

Apa Itu Laporan Rugi Laba?

3.Laporan Laba Rugi scaled

Ilustrasi Laporan Laba Rugi

Laporan rugi laba adalah laporan keuangan yang merangkum total pendapatan dan pengeluaran suatu usaha dalam periode tertentu. Laporan ini memberikan informasi mengenai seberapa mampu perusahaan untuk menghasilkan laba, atau justru tidak mampu dan mengalami kerugian.

Setiap perusahaan tentu tidak ingin mengalami kerugian secara terus-menerus. Rugi sekali saja rasanya sudah pusing tidak karuan dan harus memutar otak lagi bagaimana caranya supaya untung. Nah, adanya laporan ini akan membuat Anda bisa melakukan analisis dan pengambilan keputusan, akan dibawa ke mana bisnis Anda selanjutnya.

Selain sebagai bahan analisis dan evaluasi, manfaat lainnya dari laporan rugi laba adalah bisa melihat efektivitas strategi yang ditetapkan bisnis pada awal periode.

Baca Juga: Perhitungan Laba Rugi dalam Laporan Keuangan Perusahaan

Jenis-Jenis Laporan Rugi Laba

Laporan rugi laba terbagi menjadi dua jenis, yaitu metode kas tunai dan akrual.

  • Metode Tunai (Kas)

Lapora Rugi Laba Metode Tunai

Ilustrasi Orang Menghitung Menggunakan Kalkulator (Sumber: Freepik.com)

Jenis pertama dari laporan rugi laba adalah metode tunai atau biasa disebut dengan kas. Metode ini digunakan untuk mencatat uang masuk dan keluar dalam transaksi bisnis Anda.

Jadi, ketika bisnis Anda memperoleh pembayaran, maka Anda akan mencatatnya saat itu juga. Begitu pun ketika bisnis Anda melakukan pengeluaran, maka akan dicatat saat transaksi berlangsung. Intinya, ketika bisnis Anda melakukan transaksi, baik menerima atau mengeluarkan uang secara langsung, maka Anda akan membuat laporannya.

  • Metode Akrual

Jenis yang kedua adalah metode akrual. Metode ini digunakan dengan cara mencatat pendapatan dan pengeluaran, terlepas dari kapan uang tersebut benar-benar Anda terima.

Nah, dari sini sudah terlihat kan perbedaan antara metode tunai dan akrual? Kalau metode tunai, Anda melakukan pencatatan ketika uang secara langsung diterima atau dikeluarkan. Sedangkan, metode akrual itu tetap mencatat meskipun uang belum Anda terima. Misalnya baru ada ucapan akan memesan sejumlah A, maka Anda akan mencatatnya pada tanggal tersebut.

Supaya lebih terbayang, Anda bisa lihat contoh kasus berikut ini. Misalnya, Anda mendapatkan pesanan dari klien sebesar Rp5.000.000 pada tanggal 1 Juli. Sedangkan, klien baru akan membayar pada tanggal 1 Agustus.

Jika Anda menggunakan metode tunai, maka Anda akan mencatat pemasukan Rp5.000.000 pada tanggal 1 Agustus. Namun, jika Anda menggunakan metode akrual, maka Anda akan mencatat pemasukan pada tanggal 1 Juli pada saat transaksi terjadi.

Sampai sini sudah paham ya perbedaan kedua metode di atas?

Cara Membuat Laporan Laba Rugi

Laporan Laba rugi 1

Laporan Laba Rugi dengan Software Akuntansi Online Beecloud

Anda tidak perlu bingung cara membuat laporan rugi laba. Jika Anda rutin dan terstruktur dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran dalam sistem akuntansi Anda, maka membuat laporan rugi laba akan sangat mudah bagi Anda.

1. Lakukan Pencatatan Transaksi yang Masuk dan Keluar Secara Rutin

Langkah pertama supaya Anda lebih mudah dalam membuat laporan rugi laba adalah mencatat setiap transaksi yang masuk dan keluar bisnis Anda. Transaksi ini mencakup faktur, kuitansi, rekening bank, laporan kartu kredit, dan berbagai informasi lainnya.

Pastikan tidak ada catatan yang terlewat. Kalau ada yang terlewat, maka dipastikan laporan rugi laba Anda menjadi kurang akurat dan balance. Hal itu tentu akan semakin memusingkan Anda, bukan?

2. Pilih Metode dan Periode Pelaporan Rugi Laba

Di atas sudah dijelaskan mengenai jenis metode yang bisa Anda gunakan dalam melakukan pencatatan transaksi uang keluar dan masuk. Langkah selanjutnya adalah memilih salah satu metode pelaporan: metode tunai atau akrual. Anda bisa memutuskan berdasarkan metode yang paling cocok bagi bisnis Anda.

Setelah itu, tentukan juga periode pelaporannya. Apakah Anda akan melakukan pelaporan per bulan, kuartal, atau tahunan. Kalau Anda sudah memilih metode dan periode pelaporan, maka Anda bisa lebih mudah dalam membuat laporan rugi laba.

3. Mulai Perhitungan Keuangan

Terakhir, Anda bisa mulai melakukan perhitungan. Pada tahap ini, Anda bisa mulai menghitung segala pendapatan yang diperoleh dari bisnis Anda, seperti pendapatan pokok dari berbagai kegiatan operasional dan di luar kegiatan pokok. Selanjutnya, hitung beban usaha dari bisnis Anda, seperti gaji karyawan, sewa, dan pajak. Terakhir, hitung HPP (Harga Pokok Penjualan), laba kotor, dan laba bersihnya.

Setelah Anda menyusun laporan rugi laba, maka dapat dipastikan Anda akan mengetahui detail dari keuangan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengevaluasi dan mengambil keputusan dari laporan tersebut. Mau dibawa ke mana bisnis Anda ke depannya? Strategi apa yang perlu diambil untuk meningkatkan atau mempertahankan bisnis Anda? Lakukan analisis untuk masa depan bisnis Anda!

Baca Juga: Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis

Rekomendasi Software Akuntansi Untuk Pembuatan Laporan Rugi Laba

Banner Beecloud Laporan Neraca

Software Akuntansi Online Beecloud Gratis Klik Gambar untuk Info Selengkapnya

Menyusun laporan secara manual menggunakan Excel memang bisa dilakukan. Namun, akan kurang efektif dan efisien menggunakan cara seperti itu. Solusinya, Anda bisa menggunakan software akuntansi online untuk membantu pekerjaan Anda.

Untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam menyusun laporan keuangan maka jangan khawatir karena kami disini punya rekomendasi terbaik untuk Anda.

Pakai Software Akuntansi Online Beecloud

Beberapa keuntungan jika Anda menggunakan software akuntansi online Beecloud:

  • Gak harus jago Akunting
  • Revisi mudah gak harus revisi satu-satu
  • Gampang diaudit
  • Bisa dibutuhkan kapan saja dan realtime

Kesimpulan

Dalam pelaporan lаbа rugі реruѕаhааn, jangan lupa mеnсаntumkаn laporan lаbа rugi dаrі kеgіаtаn реruѕаhааn, lаbа rugi уаng dіtеrіmа dаrі саbаng dan laba rugі реrіоdе berjalan. Itulаh penjelasan mеngеnаі lароrаn kеuаngаn, laporan laba rugi perusahaan, dan саrа mеnghіtung lаbа rugі уаng bіѕа Andа gunakan.

Dараt disimpulkan bahwa lароrаn kеuаngаn harus dіѕuѕun ѕесаrа tepat dаn akurat. Uѕаhаkаn untuk tіdаk mеmbuаt kesalahan dаlаm penulisan аngkа. Kаrеnа jіkа ѕаlаh dari awal, ѕеluruh реrhіtungаn jugа bіѕа ѕаlаh dаn bіѕа mеnіmbulkаn bаnуаk kеrugіаn dіbаndіngkаn kеuntungаn.

Artikel Terkait

Software Kasir Murah dan Terpercaya Bee.id
Bingung mencari software kasir murah tapi kualitas bagus dan terpercaya? Jika Anda ingin tahu caranya, di bawah ini ada 9
Baca Juga
10 Karakteristik Laporan Keuangan untuk Pengambilan Keputusan
Sebuah laporan keuangan berarti memiliki karakteristik laporan keuangan itu sendiri. Tujuannya adalah menjadikan catatan transaksi menjadi sistematis, sehingga nantinya dapat
Baca Juga
Surplus Adalah: Jenis, Penyebab, Dampak dan Contoh Kasusnya
Surplus adalah istilah yang sering kali muncul dalam dunia bisnis dan keuangan. Istilah ini merujuk pada kelebihan dana yang tersisa
Baca Juga
Prinsip Ekonomi Adalah: Jenis, Ciri dan Manfaatnya, Lengkap
Prinsip ekonomi adalah sebuah hal yang menjadi lumrah dan umum diterapkan pada kegiatan ekonomi. Baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari,
Baca Juga
Akuntansi Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Standarnya
Akuntansi keuangan adalah sebuah cabang akuntansi yang memiliki keterkaitan dengan laporan mengenai informasi keuangan yang ditujukkan untuk pihak eksternal. Fungsi
Baca Juga
Contoh Pembukuan Akuntansi dan Manfaat Menerapkannya Bagi Bisnis
Contoh pembukuan sudah bisa Anda temukan pada banyak platform yang menjelaskan mengenai akuntansi bisnis. Anda juga bisa menemukannya di sini.
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu