Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Mengenal Profesi Auditor: Pengertian, Tugas, dan Jenis

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 29 November 2022

Auditor adalah seseorang yang mempunyai kualifikasi dan keahlian tertentu pada bidang finance. Seorang auditor mempunyai tugas untuk melakukan berbagai kegiatan auditing. Dalam suatu perusahaan, auditor memiliki peranan yang sangat penting.

Fungsi utama keberadaan auditor ialah untuk memantau serta memastikan kesehatan keuangan perusahaan dalam kondisi yang baik. Terdapat berbagai macam job desk yang harus dilakukan oleh auditor dalam suatu perusahaan.

Pengertian Auditor

Pengertian Auditor Adalah

Ilustrasi Auditor (Sumber: Freepik.com)

Arti auditor adalah seseorang yang mempunyai profesi dalam bidang keuangan dan melakukan auditing. Dimana kegiatan auditing yang dimaksud ialah dikhususkan pada laporan-laporan mengenai keuangan dalam suatu instansi, perusahaan, ataupun lembaga.

Auditor juga didefinisikan sebagai seseorang yang mempunyai wewenang untuk melakukan verifikasi dan peninjauan mengenai keakuratan laporan keuangan. Tanggung jawab auditor yang lainnya adalah memastikan perusahaan tidak melanggar peraturan UU perpajakan.

Oleh karena itu, tidak heran jika kualifikasi seorang auditor harus mempunyai kualifikasi khusus untuk menjalankan tugas. Kualifikasi auditor tidak jauh dari keterampilan pada pencatatan keuangan. Prinsip kompetensi dan independensi menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang auditor.

Berbicara mengenai profesi auditor, tahukah Anda berapa gaji auditor? Rata-rata seorang auditor mempunyai penghasilan berkisar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta setiap bulan. Profesi auditor mempunyai kode etik yang harus terpenuhi.

Kode etik auditor bertujuan untuk melindungi kerahasiaan dokumen-dokumen klien atau pelanggan. Dimana kode etik ini wajib dimiliki oleh seluruh jenis profesi auditor. Berikut beberapa macam kode etik yang harus dimiliki oleh auditor:

  • Kompetensi
  • Integritas
  • Objektivitas
  • Akuntabel
  • Kerahasiaan
  • Profesional

Baca Juga: Apa Itu Audit? Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya Lengkap!

Job Desk Auditor

Jobdesk Auditor

Ilustrasi Auditor Meninjau Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Auditor mempunyai tanggung jawab terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan pencatatan keuangan dalam suatu lembaga atau perusahaan. Dimana tanggung jawab auditor ini tidak hanya sekedar melakukan audit saja, tugas auditor adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui Sistem Akuntansi

Tugas yang paling penting untuk dimiliki seorang auditor adalah memahami dengan jelas mengenai sistem akuntansi. Dimana sistem akuntansi yang dimaksud disini adalah sistem pencatatan keuangan serta prosedur transaksi dalam suatu perusahaan atau lembaga.

Hal tersebut mempunyai tujuan untuk mengukur keabsahannya dengan fungsi sebagai dasar untuk membuat laporan keuangan.

  • Pencatatan, Perencanaan, dan Pengawasan

Job desk seorang auditor yang selanjutnya adalah melakukan perencanaan, pengawasan, pengendalian, dan pencatatan pada setiap pekerjaan. Dalam hal ini objek audit yang dilakukan harus dikenal secara detail.

Tujuan untuk mengenal betul objek audit ialah supaya dapat menghasilkan program yang berjalan secara efisien dan efektif.

  • Pengendalian Internal

Auditor juga mempunyai tugas untuk melaksanakan peninjauan serta evaluasi mengenai pengendalian secara internal. Selain itu, seorang audit juga melakukan compliance test dengan tujuan untuk mengetahui akuntabilitasnya.

  • Meninjau Ulang Laporan Keuangan

Seorang auditor juga mempunyai tugas untuk melaksanakan pengecekan ulang terhadap laporan keuangan. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menganalisis kesimpulan dari bukti audit yang lainnya untuk memperoleh dasar opini tentang laporan yang secara rasional.

Contohnya adalah mengumpulkan bukti-bukti dengan memakai berbagai macam metode, seperti observasi, survei, review dokumentasi, dan interview.

Baca Juga: Fungsi dan Contoh Laporan Audit Perusahaan

  • Bukti Audit

Hasil atau bukti audit yang terpercaya merupakan tugas yang wajib dihasilkan oleh seorang auditor. Hal ini bertujuan supaya bisa menunjukkan kesimpulan akhir dari laporan keuangan yang rasional.

Jenis-jenis Auditor

Jenis Jenis Auditor

Ilustrasi Jenis-jenis Auditor (Sumber: Freepik.com)

Profesi auditor mempunyai cakupan yang cukup luas. Oleh karena itu terdapat berbagai macam jenis auditor. Beberapa yang paling umum adalah auditor independen, internal, pajak, forensik, dan pemerintah. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis profesi auditor:

  • Auditor Independen

Auditor independen merupakan staff kantor akuntan yang publik dan bekerja secara eksternal. Dimana pekerjaan auditor independen ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan jasa audit.

Salah satu syarat auditor independen ialah tidak boleh dipengaruhi oleh pihak mana pun, termasuk pihak luar. Julukan seseorang yang mempunyai profesi auditor independen di luar negeri adalah CPA.

  • Auditor Internal

Auditor internal merupakan auditor yang melakukan pekerjaannya di bawah suatu perusahaan, lembaga, atau instansi. Tugas utama seorang auditor internal adalah melakukan pemeriksaan dokumen keuangan pada perusahaan.

Pemeriksaan dokumen tersebut hanya dilakukan pada ruang lingkup yang terbatas. Selain itu, auditor internal juga bertugas untuk meningkatkan keakuratan data mengenai keuangan perusahaan.

  • Auditor Pajak

Auditor pajak adalah seorang auditor yang bekerja di bawah DJP atau Direktorat Jenderal Pajak pada Kementerian Keuangan RI. Jenis auditor yang satu ini mempunyai tugas khusus untuk melaksanakan audit terhadap wajib pajak.

Dimana proses audit yang dilakukan untuk memastikan apakah para wajib pajak telah melakukan kewajibannya. Dalam melaksanakan tugasnya audit pajak mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku mengenai perpajakan.

  • Auditor Forensik

Auditor forensik adalah seorang auditor yang bekerja pada bidang spesialisasi kriminal keuangan. Umumnya auditor forensik mempunyai tugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tindakan kriminal.

Contoh tindakan kriminal keuangan yang menjadi tugas auditor forensic adalah pelacakan sumber keuangan dan money laundry.

  • Auditor Pemerintah

Auditor pemerintah merupakan auditor yang melakukan pekerjaan untuk memberikan pelayanan kepada perusahaan pemerintah atau BUMN. Job desk yang dimiliki auditor pemerintah diantaranya ialah praktek di instansi pemerintahan dan mengawasi aliran keuangannya.

Tahapan Melaksanakan Audit

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh seorang auditor untuk melakukan audit. Tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan oleh auditor adalah:

  • Perencanaan

Perencanaan merupakan tahap awal yang harus dilaksanakan oleh seorang auditor agar mengetahui objek yang akan diperiksa secara pasti. Dengan demikian diharapkan akan memperoleh suatu program audit dengan sistem pelaksanaan yang efektif dan efisien.

  • Identifikasi Resiko dan Kendali

Langkah selanjutnya adalah melakukan identifikasi terhadap resiko dan kendali. Tujuan dilakukan tahap ini adalah untuk memastikan qualified resource yang telah ada. Dalam hal ini dibutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai pengalaman serta referensi praktik yang unggul.

Oleh karena itu, tidak heran jika untuk menjadi seorang auditor harus menempuh pendidikan tertentu. Pendidikan yang ditempuh untuk menjadi auditor adalah yang berhubungan dengan jurusan akuntansi tentunya.

  • Melakukan Evaluasi Kendali dan Pengumpulan Bukti

Tahap selanjutnya adalah seorang auditor wajib melaksanakan evaluasi kendali terhadap dokumen dan pencatatan keuangan. Selain itu, tahap ini juga harus dilakukan pengumpulan bukti melalui berbagai macam teknik.

Beberapa kegiatan yang dilakukan pada tahap ini diantaranya ialah survei, interview, observasi, dan melaksanakan review dokumentasi.

  • Dokumentasi

Kemudian seorang audit harus melakukan dokumentasi dan mengumpulkan berbagai macam temuan. Hal ini bertujuan untuk dijadikan sebagai bahan melakukan identifikasi.

  • Menyusun Laporan

Tahap terakhir dari pelaksanaan audit dalam menyusun laporan. Dimana penyusunan laporan ini kegiatannya mencakup pemeriksaan, tingkat kedalaman, dan sifat yang dilakukan oleh auditor.

Buat Laporan Keuangan Siap Audit dengan Beecloud

Auditor adalah satu hal yang sangat penting dalam suatu instansi, lembaga, dan perusahaan. Tugas auditor dalam melakukan audit berbagai laporan keuangan mempunyai cakupan yang cukup luas. Untuk menjadi seorang auditor dibutuhkan keahlian khusus dan harus sesuai dengan kualifikasi yang ada.

Bagi Anda yang tidak ingin repot menyusun laporan keuangan perusahaan secara manual, kini bisa menggunakanĀ software akuntansiĀ dari Beeacloud. Mengapa menggunakan software akuntansiĀ Beecloud? Bisnis Anda bisa didelegasikan & terkontrol tanpa kehadiran Anda. Manajemen hak akses data bisa disesuaikan perusahaan Anda. Aman dari manipulasi, semua transaksi bisa diaudit.

Image Software Akuntansi Online aman siap audit twitter
Mengenal GMP (Good Manufacturing Practices) dan Strateginya
Mungkin cukup asing bagi masyarakat awam namun istilah GMP termasuk familiar bagi orang-orang yang bekerja di bagian produksi. terutama untuk […]
Baca Juga
Contoh Cash Flow Sederhana yang Mudah Penerapannya
Contoh cash flow sederhana dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan terutama pada bagian laporan arus kas. Pasalnya laporan arus […]
Baca Juga
Apa Itu UMKM, dan Apa Perbedaannya dengan Usaha Kecil?
Apa itu UMKM? Saat Anda memulai bisnis, penting untuk mengetahui perbedaan antara UMKM dan bisnis kecil. Mudahnya Anda bisa lihat […]
Baca Juga
Cara Membuat Jurnal Berdasarkan Jenisnya
Jurnal merupakan artikel yang diterbitkan secara berkala dan isinya sangat padat. Cara membuat jurnal tidaklah sulit. Meskipun mudah, tetapi membuat […]
Baca Juga
Bea Cukai Adalah: Tugas, Fungsi, dan Perannya
Halo, Anda pasti sudah familiar dengan bea cukai, Istilah bea cukai adalah terdiri dari dua kata yaitu pengertian bea dan […]
Baca Juga
Software Akuntansi Perusahaan Kontraktor dan Developer Property
Sebagaimana jenis usaha lain, bidang kontraktor juga memiliki software akuntansi untuk perusahaan kontraktor yang secara khusus menangani pekerjaan tersebut. Perusahaan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright Ā© 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu