📅 Sisa 2 Hari Lagi, Diskon 15% Berakhir!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Alur Proses Akuntansi Sederhana Serta Fungsi dan Tujuannya

Pelajari lengkap tentang proses akuntansi dalam siklus akuntansi dalam bisnis serta deretan tujuan dan fungsi pentingnya dalam dunia bisnis
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 12 June 2023

Apakah Anda pernah mendengar tentang proses akuntansi? Bagi pelaku bisnis, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi. Proses akuntansi merupakan hal yang sangat penting dalam siklus akuntansi di bisnis.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mulai dari pengertian, tujuan, komponennya, dan manfaatnya bagi para pelaku bisnis.

Apa itu Proses Akuntansi?

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita definisikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan proses akuntansi. Proses yang merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan, mencatat, mengolah, dan menyajikan informasi keuangan sebuah entitas bisnis.

Proses ini melibatkan berbagai transaksi keuangan yang terjadi dalam siklus akuntansi. Jadi, dapat dikatakan bahwa proses akuntansi adalah langkah-langkah yang diambil untuk mengelola dan mengontrol aspek keuangan suatu perusahaan.

Pentingnya alur akuntansi dalam bisnis tidak bisa diabaikan. Proses ini menjadi landasan bagi pengambilan keputusan yang tepat, pengendalian keuangan yang baik, dan ketaatan terhadap peraturan yang berlaku.

Dengan melalui proses yang baik, para pelaku bisnis dapat memperoleh informasi keuangan yang akurat dan terpercaya, yang menjadi dasar untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan.

5 Tahapan Proses Akuntansi yang Benar

Sekarang, mari kita pelajari apa saja yang termasuk dalam proses akuntansi. Proses ini melibatkan beberapa langkah penting yang harus dilakukan secara teratur untuk menjaga kelancaran bisnis.

Berikut tahapan proses akuntansi yang benar adalah

1. Pembukuan

Pembukuan merupakan langkah awal dalam proses akuntansi. Pada tahap ini, semua transaksi keuangan yang terjadi dicatat secara sistematis dan teratur. Informasi-informasi ini nantinya akan digunakan dalam proses pengolahan data lebih lanjut.

2. Pencatatan Transaksi

Setelah dilakukan pembukuan, langkah selanjutnya adalah mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi. Hal ini meliputi catatan tentang penerimaan dan pengeluaran uang, pembelian dan penjualan barang, serta semua kegiatan keuangan lainnya yang berhubungan dengan bisnis.

3. Pengklasifikasian Transaksi

Setelah pencatatan, transaksi-transaksi tersebut perlu diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori yang sesuai. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis atau akuntan untuk melihat secara jelas komponen-komponen pendapatan, biaya, aset, kewajiban, dan ekuitas yang terlibat dalam bisnis.

4. Pelaporan Keuangan

Pada tahap ini, data yang sudah diklasifikasikan akan diolah lebih lanjut untuk menghasilkan laporan keuangan. Laporan ini mencakup neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, serta laporan keuangan lainnya yang memberikan gambaran menyeluruh tentang keuangan perusahaan.

5. Analisis dan Interpretasi

Setelah laporan keuangan selesai disusun, langkah selanjutnya adalah menganalisis dan menginterpretasi data tersebut. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang kinerja keuangan perusahaan serta membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Dari penjelasan di atas kita akan bisa menjawab pertanyaan terkait, bagaimana dan jelaskan proses akuntansi secara garis besar, yakni pembukuan, pencatatan transaksi, klasifikasi, pelaporan dan analisis interpretasi.

Baca Juga: Apa Fungsi Akuntansi Dalam Bisnis? Ini Penjelasannya

Apa Tujuan dari Proses Akuntansi?

Sia Atau Sistem Informasi Akuntansi Ilustrasi Kalkulator

SAlah satu tujuan dari proses akuntansi adalah memonitor kesehatan keuangan bisnis (Credit: Freepik.com)

Sekarang kita sudah mengetahui komponen-komponen dari proses akuntansi. Namun, apa sebenarnya tujuan dari proses ini? Berikut adalah beberapa tujuan utama dari proses akuntansi dalam bisnis:

1. Memonitor Kinerja Keuangan

Salah satu tujuan utama proses akuntansi adalah memantau dan memonitor kinerja keuangan perusahaan. Dengan melalui proses akuntansi yang baik, pemilik bisnis dapat melihat secara jelas pendapatan, biaya, dan laba yang dihasilkan oleh bisnis mereka.

Informasi ini menjadi dasar untuk mengukur sejauh mana bisnis mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

2. Mengambil Keputusan yang Tepat

Proses akuntansi memberikan pemilik bisnis atau manajemen informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan memiliki data keuangan yang akurat dan terpercaya, pengambilan keputusan dapat didasarkan pada fakta yang jelas dan bukan sekadar perkiraan atau dugaan semata.

3. Memenuhi Kewajiban Perpajakan

Proses akuntansi juga penting dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Dengan memiliki catatan keuangan yang lengkap dan teratur, perusahaan dapat menyusun laporan keuangan yang akurat untuk keperluan pelaporan pajak.

Hal ini membantu perusahaan untuk mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku dan menghindari masalah hukum yang mungkin timbul.

4. Menarik Investor dan Pemberi Pinjaman

Bagi perusahaan yang berencana untuk mendapatkan investasi atau pinjaman, proses akuntansi yang baik menjadi kunci penting.

Investor dan pemberi pinjaman akan melihat laporan keuangan sebagai indikator keuangan yang dapat diandalkan untuk menilai keberhasilan dan keberlanjutan bisnis.

Dengan memiliki proses akuntansi yang baik, perusahaan dapat memperoleh kepercayaan dari pihak eksternal dan memperoleh akses lebih mudah ke sumber dana yang diperlukan.

Output dari Proses Akuntansi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proses akuntansi menghasilkan berbagai output yang penting dalam mengelola bisnis. Berikut adalah beberapa output utama dari proses akuntansi:

1. Laporan Keuangan

Pertama, laporan keuangan merupakan salah satu output paling penting dari proses akuntansi. Laporan ini mencakup neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Laporan keuangan memberikan informasi tentang kinerja keuangan perusahaan serta posisi keuangan pada periode tertentu.

Baca Juga: Laporan Keuangan Adalah Dokumen Penting, Apa Saja Jenisnya?

2. Anggaran dan Perencanaan Keuangan

Prosedur atau alur akuntansi juga menghasilkan anggaran dan perencanaan keuangan yang penting dalam mengatur keuangan perusahaan. Anggaran membantu dalam mengendalikan pengeluaran dan merencanakan pendapatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis.

Dengan perencanaan keuangan yang baik, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya dengan efisien dan mengoptimalkan penggunaan dana.

3. Analisis Keuangan

Output lain dari proses akuntansi adalah analisis keuangan. Melalui analisis ini, pemilik bisnis dapat memahami tren keuangan, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan, serta membuat strategi untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Analisis keuangan menjadi dasar untuk mengambil tindakan perbaikan dan mengoptimalkan pengelolaan keuangan perusahaan.

Manfaatkan Software Akuntansi

Dalam era digital seperti sekarang ini, penggunaan software akuntansi telah menjadi pilihan yang populer bagi para pelaku bisnis. Software akuntansi memungkinkan alur akuntansi menjadi lebih efisien dan akurat.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Dengan memanfaatkan software akuntansi, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan tugas-tugas akuntansi yang kompleks. Selain itu, software akuntansi juga menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu dalam menghasilkan laporan akuntansi yang cepat dan akurat.

Salah satu software akuntansi yang dapat Anda manfaatkan adalah Beecloud. Beecloud merupakan software akuntansi online yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam mengelola proses akuntansi.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan software akuntansi Beecloud:

1. Efisiensi dan Akurasi

Dengan menggunakan Beecloud, Anda dapat meningkatkan efisiensi dalam alur akuntansi. Software ini memiliki fitur-fitur otomatisasi yang dapat mengurangi pekerjaan manual, seperti pencatatan transaksi, pengklasifikasian, dan pelaporan keuangan. Hal ini mengurangi risiko kesalahan manusia dan meningkatkan akurasi data akuntansi.

2. Laporan Akuntansi Cepat dan Akurat

Salah satu keunggulan Beecloud adalah kemampuannya dalam menghasilkan laporan akuntansi dengan cepat dan akurat. Software ini dilengkapi dengan fitur pelaporan yang dapat menyusun laporan keuangan secara otomatis berdasarkan data yang telah tercatat.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi keuangan yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan bisnis.

3. Pemantauan Keuangan yang Lebih Baik

Dengan menggunakan Beecloud, Anda dapat memantau keuangan bisnis Anda secara lebih baik. Software ini menyediakan dashboard yang intuitif dan mudah digunakan untuk melihat secara real-time informasi keuangan seperti arus kas, saldo bank, dan performa keuangan lainnya.

Dengan informasi yang terupdate, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengelola keuangan bisnis Anda.

4. Integrasi dengan Sistem Lain

Beecloud juga dapat terintegrasi dengan sistem lain yang Anda gunakan dalam bisnis Anda. Misalnya, integrasi dengan sistem inventaris atau sistem penjualan. Dengan integrasi ini, data dapat saling terhubung secara otomatis, menghindari kesalahan dan kesulitan dalam memindahkan data antar sistem.

5. Keamanan Data

Beecloud menempatkan keamanan data sebagai prioritas. Software ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih untuk melindungi data keuangan bisnis Anda. Anda dapat memiliki akses yang terbatas berdasarkan peran pengguna.

Dengan menggunakan software akuntansi seperti Beecloud, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam alur akuntansi. Dengan laporan akuntansi yang cepat dan akurat, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai proses akuntansi dan manfaatnya bagi para pelaku bisnis. Proses ini bukan hanya sekedar pencatatan dan pengolahan data keuangan, tetapi juga merupakan alat penting untuk mengendalikan bisnis dan membuat keputusan yang tepat.

Dengan memahami proses akuntansi dengan baik, pelaku bisnis dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangan dan mencapai keberhasilan dalam bisnis mereka.

Artikel Terkait

Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Laporan kegiatan usaha menjadi salah satu landasan perusahaan dalam mengevaluasi kinerja. Melalui laporan ini, perusahaan dapat menggambarkan pencapaian, tantangan, dan
Baca Juga
Pengertian Jurnal dalam Akuntansi, Jenis dan Cara Membuatnya
Pengertian jurnal adalah salah satu hal yang tidak asing lagi dalam dunia akuntansi. Apalagi bagi seorang akuntan sendiri, jurnal mungkin
Baca Juga
Contoh Jurnal Umum dan Buku Besar Akuntansi Perusahaan
Jurnal umum dalam bidang ilmu akuntansi, sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari dan tentunya wajib diketahui
Baca Juga
Mengenal Tujuan Akuntansi Beserta Manfaatnya Bagi Perusahaan
Akuntansi merupakan komponen penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan dan tujuan akuntansi adalah menyediakan informasi keuangan yang akurat, relevan, dan bisa
Baca Juga
Software Akuntansi untuk Segala Kebutuhan Bisnis
Software akuntansi merupakan sebuah jawaban dari segala kebutuhan dari bisnis Anda. Jika sebelumnya saya sudah sempat membahas tentang software akuntansi
Baca Juga
10 Prinsip Akuntansi yang Wajib Diketahui
Ada beberapa prinsip dasar akuntansi yang memiliki peran sebagai aturan atau pedoman dalam menjalankan sistem akuntansi. Dimana konsep ini akan
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu