🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa Itu Audit? Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya Lengkap!

Apa itu audit? Audit adalah salah satu hal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, sehingga data keuangan dapat tersaji lebih akurat.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 25 November 2022

Tidak sedikit dari beberapa orang yang mempertanyakan tentang apa itu audit. Sebab, audit adalah salah satu hal yang harus diperhatikan ketika hendak menjalankan suatu bisnis tertentu. Semakin banyak data yang dimiliki perusahaan, hal ini dapat membuat perkembangan bisnisnya semakin baik.

Dalam hal ini, semua data yang ada dalam suatu perusahaan harus memiliki tingkat keakuratan yang tepat. Jika terjadi kesalahan pada data, khususnya data keuangan, maka hal ini dapat berpengaruh buruk terhadap perusahaan tersebut. Untuk itu, audit akan sangat dibutuhkan di dalam dunia bisnis.

Apa Itu Audit?

Apa Itu Audit Adalah

Ilustrasi Melakukan Audit (Sumber: Freepik.com)

Pengertian umum dari audit merupakan suatu kegiatan evaluasi terhadap organisasi yang mencakup sistem, proses, dan produk yang terkandung didalamnya. Biasanya, audit akan dilakukan oleh pihak auditor yang kompeten dan bersifat objektif, sehingga mereka tidak akan memihak satu kubu tertentu.

Jika itu pengertian umum dari istilah audit, untuk pengertian audit dalam dunia bisnis sendiri adalah laporan keuangan yang dianalisis oleh akuntan publik kompoten, untuk menilai kelayakan suatu penyajian laporan keuangan perusahaan.

Proses penilaian laporan keuangan ini akan dilakukan dengan menjadikan prinsip akuntansi sebagai acuannya yang tepat. Hal ini sesuai dengan apa yang pernah dikatakan ahli bernama Sukrisno Agoes bahwa audit merupakan pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis.

Baca Juga: Yuk! Kenali Pengertian Akuntan Publik dan Tugasnya

Tujuan Perusahaan Melakukan Audit

Aktivitas audit dapat berguna untuk mengetahui informasi mengenai persediaan, harga, dan jumlah aset dalam suatu perusahaan. Selain itu, audit juga memiliki beberapa tujuan lainnya, yaitu:

  • Memastikan seluruh transaksi dalam perusahaan sudah tercatat dengan data yang tepat.
  • Memastikan transaksi dan saldo perkiraan perusahaan sudah tercatat berdasarkan perhitungan jumlah dan klasifikasi yang benar.
  • Memastikan waktu dan tanggal dari semua kewajiban serta aset yang tercatat sudah benar.
  • Memastikan bahwa perusahaan sudah berjalan dengan prinsip yang sesuai ketentuan.
  • Memastikan bahwa semua transaksi yang ada dalam jurnal perusahaan telah dikategorikan sesuai dengan golongan akunnya masing-masing.

Jenis-Jenis Audit dalam Dunia Bisnis

Jenis Jenis Audit

Ilustrasi Jenis-jenis Audit (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui tentang apa itu audit, sekarang Anda juga perlu memahami tentang apa saja jenis-jenis audit yang ada dalam dunia bisnis. Pada dasarnya, audit dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yang dibedakan menurut sudut analisisnya masing-masing.

Pembagian jenis-jenis audit ini dilakukan untuk menentukan tujuan yang akan dicapai oleh pihak auditor secara lebih rinci. Sebab, ada beberapa jenis audit yang ditinjau dari sudut pandang yang berbeda. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah jenis-jenis audit berdasarkan sudut analisisnya:

  • Jenis Audit Pemeriksaan

Jenis audit yang pertama adalah audit menurut pemeriksaan. Pasalnya, kegiatan audit itu sendiri juga dapat diartikan sebagai metode pemeriksaan yang dilakukan oleh suatu perusahaan maupun lembaga tertentu. Untuk itu, pahami pengertian dari masing-masing jenis audit pemeriksaan berikut ini:

  • Audit Ketaatan

Setiap perusahaan harus menaati segala jenis peraturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak internal. Dalam hal ini, tim audit ketaatan akan memeriksa dan memastikan bahwa perusahaan benar-benar telah menaati peraturan dan kebijakan yang ada tersebut.

Pihak internal dari sebuah perusahaan akan membuat peraturan khusus yang harus dipatuhi oleh pihak perusahaan itu sendiri. Dengan begitu, audit ketaatan dapat menentukan kualitas sistem bisnis perusahaan dengan baik melalui pemeriksaan yang dilakukannya.

  • Audit Kinerja

Tanggung jawab dari tim audit kinerja adalah menguji tingkat ekonomi dan efektivitas serta efisiensi penggunaan sumber daya hingga perusahaan bisa mencapai tujuannya. Audit kinerja akan lebih kualitatif dan analitis, sehingga mereka lebih mengutamakan indikator, standar, dan target kinerja.

Selain itu, audit kinerja juga memiliki beragam jenis manfaat yang dapat berpengaruh baik terhadap perkembangan bisnis tertentu, yaitu:

  • Menjadikan penggunaan sumber daya publik bisa berjalan secara lebih efisien dan efektif.
  • Memperbaiki kualitas layanan yang diberikan, efisiensi, dan produktivitas pada sebuah perusahaan.
  • Mengurangi biaya atau belanja serta meningkatkan pendapatan perusahaan.
  • Audit Operasional

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, untuk audit operasional sendiri akan bertugas untuk memeriksa kegiatan operasional dari sebuah perusahaan. Ada beberapa contoh kegiatan operasional perusahaan yang dapat diperiksa dan dievaluasi melalui jenis audit ini.

Kebijakan akuntansi dan kebijakan operasional suatu perusahaan akan diperiksa dan dievaluasi secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan segala jenis kegiatan operasional yang dilakukan dalam perusahaan tersebut dapat memiliki efektivitas dan efisiensi yang tepat.

  • Audit Laporan Keuangan

Apa itu audit keuangan? Tidak sedikit dari beberapa orang yang belum tahu tentang jenis audit yang satu ini. Pada dasarnya, tugas dan tanggung jawab dari jenis audit ini adalah mengumpulkan dan mengevaluasi bukti terkait laporan-laporan dari salah satu entitas tertentu.

Tujuan dari adanya audit laporan keuangan adalah untuk menyampaikan opini terkait laporan yang sudah ditulis, karena laporan ini harus dibuat dengan menggunakan prinsip akuntansi yang sesuai kriterianya. Dengan begitu, data yang ada di laporan tersebut dapat tersaji secara lebih akurat.

  • Jenis Audit Luas Pemeriksaan

Jenis Audit Luas Pemeriksaan

Ilustrasi Audit Menyeluruh (Sumber: Freepik.com)

Lebih sedikit dari pada jenis audit pemeriksaan, untuk audit luas pemeriksaan sendiri hanya akan dibagi menjadi dua jenis saja, yaitu:

  • General Audit

General audit juga sering disebut dengan istilah pemeriksaan umum atas laporan keuangan perusahaan maupun lembaga, yang dilakukan oleh KAP atau Kantor Akuntan Publik.

Jadi, sifatnya pun akan independen ketika menilai dan menyampaikan opini terkait kewajaran dari laporan keuangan perusahaan.

  • Special Audit

Selain general audit, special audit juga termasuk salah satu jenis audit luas pemeriksaan. Berbeda dengan jenis audit luas pemeriksaan yang sebelumnya, untuk pemeriksaan laporan keuangan audit ini akan disesuaikan dengan peraturan yang ada dalam perusahaan.

Lalu, Apa Itu Audit Internal?

Jika membahas tentang istilah audit dalam dunia bisnis, Anda pasti juga sering mendengar tentang istilah audit internal. Pada dasarnya, audit internal adalah proses pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak auditor internal, untuk memastikan tingkat keakuratan laporan keuangan pada suatu perusahaan.

Sesuai dengan apa yang pernah dikatakan oleh pakar ekonomi bernama Milton Stevens Fonorow, audit internal adalah salah satu penilaian yang dilakukan oleh karyawan perusahaan yang sudah terlatih dan mudah dipercaya. Dalam hal ini, karyawan perusahaan itu harus melakukan aktivitas-aktivitas seperti:

  • Menelaah dan menilai kualitas sistem pengendalian manajemen, pengendalian internal, pengendalian operasional, dan mengembangkan pengendalian yang efektif dengan biaya yang tidak terlalu tinggi.
  • Memastikan perusahaan taat pada kebijakan, rencana, dan prosedur yang telah ditetapkan.
  • Memastikan seberapa jauh harta perusahaan yang dipertanggungjawabkan dan dilindungi dari risiko terjadinya kerugian di masa depan.
  • Memastikan bahwa pengelolaan data yang dikembangkan dalam suatu perusahaan benar-benar dapat dipercaya.
  • Menilai mutu pekerjaan setiap bagian yang ada dalam perusahaan ketika melaksanakan tugasnya.
  • Memberi saran mengenai perbaikan-perbaikan operasional, agar efisiensi dan efektivitas perusahaan bisa lebih meningkat.

Baca Juga: Fungsi dan Contoh Laporan Audit Perusahaan

Karena sekarang Anda sudah tahu tentang apa itu audit, jadi Anda harus segera menerapkan aktivitas ini ke dalam perusahaan Anda. Dengan begitu, perkembangan bisnis yang akan dilakukan bisa berjalan secara lebih mudah dan lancar.

Buat Laporan Keuangan Siap Audit dengan Beecloud

Bagi Anda yang tidak ingin repot menyusun laporan keuangan perusahaan secara manual, kini bisa menggunakan software akuntansi dari Beeacloud. Mengapa menggunakan software akuntansi Beecloud? Bisnis Anda bisa didelegasikan & terkontrol tanpa kehadiran Anda. Manajemen hak akses data bisa disesuaikan perusahaan Anda. Aman dari manipulasi, semua transaksi bisa diaudit.

Image Software Akuntansi Online aman siap audit twitter

Beecloud Software Akuntansi Online Aman Siap Audit

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Pengertian Break Even Point (BEP) dan Metode Perhitungannya
Pengertian break even point baik itu di unit produksi atau nilai rupiah dalam bisnis, dan bagaimana metode perhitungan yang digunakan
Baca Juga
Cara Meningkatkan Revenue Stream untuk Mengembangkan Bisnis
Ketika Anda menjalankan bisnis, memahami apa itu revenue stream sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Revenue stream adalah cara mengukur aliran
Baca Juga
35 Nama Nama Akun dalam Akuntansi dan Fungsinya
Akuntansi adalah bahasa bisnis yang penting untuk mengukur kesehatan finansial suatu entitas. Dalam dunia akuntansi, akun adalah konsep fundamental yang
Baca Juga
5 Cara Optimasi Bisnis dengan Biaya Peluang dan Info Lainnya
Biaya yang muncul dikarenakan hilangnya kesempatan dampak dari pemenuhan suatu kebutuhan lain yaitu definisi biaya peluang atau opportunity cost. Jenis
Baca Juga
E-commerce adalah:Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya
E-commerce adalah sebuah platform yang bisa menjadi penyelamat hidup jika Anda memutuskan untuk meluncurkan sebuah toko online dari nol, atau
Baca Juga
ERP Adalah Sistem yang Bisa Digunakan untuk Optimalisasi Bisnis
Bagi yang belum mengenal istilah bisnis yang satu ini, ERP adalah sistem dalam bisnis yang banyak digunakan baik itu oleh
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu