Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Fungsi dan Contoh Laporan Audit Perusahaan

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 July 2022

Penyusunan laporan audit harus dilakukan secara teliti untuk menghindari kesalahan input. Apabila terjadi kesalahan maka yang dirugikan adalah pihak perusahaan maupun investor. Berikut penjelasan singkat mengenai fungsi dan contoh laporan audit perusahaan. 

Apa Fungsi Laporan Audit?

Apa Fungsi Laporan Audit

Ilustrasi Laporan Audit (Sumber: Pexels.com)

Laporan audit merupakan laporan dengan rincian audit yang dikeluarkan oleh auditor independensi setelah pemeriksaan laporan keuangan entitas dan laporan lainnya termasuk laporan keuangan, akun manajemen dan laporan manajemen. 

Fungsi dari laporan audit digunakan oleh banyak pihak penting dalam sebuah perusahaan termasuk manajemen entitas, pemegang saham, investor, dewan direksi, badan pemerintah, bank dan lainnya. Laporan audit dikeluarkan dengan periode 12 bulan atau 1 tahun. 

  1. Fungsi laporan audit bagi investor guna menilai kinerja keuangan dan posisi keuangan entitas perusahaan untuk peluang investasi. 
  2. Fungsi laporan audit bagi badan pemerintah yakni menilai kelengkapan dan keakuratan laporan pajak nantinya. 
  3. Fungsi laporan audit bagi pemegang saham dan dewan direksi guna menilai integritas manajemen dan transparansi laporan keuangan. 

Tujuan Laporan Audit

Tujuan dari laporan audit antara lain:

  • Menjaga Kepatuhan

Pemeriksaan data keuangan oleh pihak auditor dilakukan dengan mengikuti aturan yang telah ditetapkan atas dasar hukum. Apabila terdapat kejanggalan atau pelanggaran pada laporan yang diaudit maka pihak auditor dapat melaporkannya. Semua telah ditentukan oleh hukum yang berlaku sehingga laporan audit dibuat dengan ketelitian tinggi. 

  • Laporan Lebih Akurat

Ketika proses pengauditan dilakukan, auditor akan mengidentifikasi semua celah sebelum menyajikan hasilnya kepada pihak-pihak penting. Hal itulah yang membuat data hasil audit dapat diandalkan dan akurat untuk dijadikan laporan keuangan perusahaan. 

  • Ketepatan Penentuan Laba

Audit keuangan dapat membantu perusahaan dalam menentukan profitabilitas agar lebih tepat dengan semua angka yang telah dihitung secara teliti dan cermat. Laporan audit dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang tepat guna kelancaran manajemen bisnis. 

Baca Juga: Yuk! Kenali Pengertian Akuntan Publik dan Tugasnya

Format Laporan Audit

header image software akuntansi online aman dan siap audit

Ilustrasi Format Laporan Audit

Contoh laporan audit standar dapat dilihat dari penyusunan formatnya sebagai berikut:

  • Judul Laporan

Anda bisa langsung menulis judul laporan seperti “Laporan Audit Independen”. 

  • Alamat Laporan Audit

Alamat audit merupakan alamat dari kantor atau perusahaan yang diaudit.

  • Paragraf Pendahuluan

Pada paragraf ini harus memuat tiga pernyataan faktual agar pembaca laporan dapat membedakan antara tanggung jawab pihak manajemen dan tanggung jawab pihak akuntan publik sebagai editor. 

  • Paragraf Ruang Lingkup

Paragraf ini memuat pernyataan auditor secara faktual sebagai bukti telah melakukan audit terhadap laporan tersebut. 

  • Paragraf Pendapat

Paragraf ini berisi kesimpulan dan pernyataan pendapat akuntan publik terhadap perusahaan berdasarkan hasil auditnya. 

  • Nama Kantor Auditor

Nama kantor auditor yang telah melaksanakan audit pada perusahaan. 

  • Tanda Tangan

Tanda tangan dapat dilampirkan dalam bentuk manual maupun elektronik. 

  • Tanggal Pelaporan

Tanggal pelaporan audit adalah hari di mana laporan dibuat. 

Jenis Laporan Audit

Audit Laporan Keuangan

Ilustrasi Jenis Laporan Audit

Ada 4 jenis laporan audit, yaitu:

  • Unqualified Opinion

Laporan audit yang berisi pendapat wajar tanpa pengecualian. Laporan ini dikeluarkan oleh auditor dengan catatan keuangan oleh perusahaan bebas dari kesalahan. Unqualified Opinion juga menunjukkan bahwa catatan keuangan telah di-maintenance berdasarkan standar akuntansi. 

  • Qualified Opinion

Catatan keuangan tidak dibuat berdasarkan standar akuntansi tapi juga tidak terdapat kesalahan penyajian yang teridentifikasi. Auditor akan memberikan pendapat wajar dengan pengecualian. Penulisannya mirip dengan jenis laporan sebelumnya, tapi disertai dengan paragraf tambahan berisi alasan laporan tidak wajar. 

  • Adverse Opinion

Jenis ini merupakan laporan terburuk yang dapat dikeluarkan untuk perusahaan. Catatan keuangan perusahaan tidak sesuai dengan standar akuntansi. Kesalahan yang sering terjadi dapat berupa indikasi penipuan. Perusahaan harus melakukan koreksi terhadap laporan seperti ini dan harus diaudit kembali. Pasalnya investor, kreditur dan pihak penting lain tidak akan menerimanya. 

  • Disclaimer of Opinion

Pada beberapa kondisi, auditor tidak dapat menyelesaikan laporan audit yang akurat. Alasannya bisa saja karena tidak ada catatan keuangan yang sesuai. Jika hal ini terjadi maka auditor akan mengeluarkan pernyataan tidak memberikan pendapat karena status keuangan perusahaan tidak dapat ditentukan. 

Baca Juga: Laporan Keuangan Sesuai PSAK dan Cara Cepat Membuatnya

Buat Laporan Keuangan Siap Audit dengan Beecloud

Bagi Anda yang tidak ingin repot menyusun laporan keuangan perusahaan secara manual, kini bisa menggunakan software akuntansi dari Beeacloud. Mengapa menggunakan software akuntansi Beecloud? Bisnis Anda bisa didelegasikan & terkontrol tanpa kehadiran Anda. Manajemen hak akses data bisa disesuaikan perusahaan Anda. Aman dari manipulasi, semua transaksi bisa diaudit.

Image Software Akuntansi Online aman siap audit twitter

Beecloud Software Akuntansi Online Aman Siap Audit

Pentingnya Aplikasi Kas Keuangan untuk Laporan Usaha
Aplikasi kas keuangan di era digital saat ini digunakan baik dari usaha kecil, UMKM, hingga perusahaan skala besar untuk mempercepat […]
Baca Juga
Testimoni Software Akuntansi Bee.id
Testimoni software akuntansi tidak sepenuhnya menjamin bahwa perangkat lunak tersebut benar-benar aman. Pasalnya, testimoni semacam ini terdapat potensi rekayasa data. […]
Baca Juga
Prospek Kerja Akuntansi, Mulai dari Akuntan hingga Manajer
Akuntansi merupakan sebuah bidang studi yang mempelajari metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Nah, kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu