⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pengertian Penyusutan Aset Tetap dan Cara Mencatat Penyusutan

Salah satu elemen yang terpenting dalam sebuah perusahaan yaitu aset tetap. Dalam sebuah perusahaan, aset merupakan wujud yang digunakan untuk menjalankan
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 November 2019

Salah satu elemen yang terpenting dalam sebuah perusahaan yaitu aset. Dalam sebuah perusahaan, aset merupakan wujud yang digunakan untuk menjalankan kegiatan operasional pada perusahaan. Ada dua jenis aset yaitu aset tetap dan Aset lancar, yang tentunya keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Namun pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai pengertian penyusunan aset tetap serta cara mencatat penyusutan. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Apa itu Proses Pemesanan Pembelian (Purchase Order)?

Pengertian Penyusutan Aset Tetap

aset tetap

Pengertian Aset Tetap (Sumber: Freepik.com)

Sebelum kita membahas mengenai cara mencatat penyusutan, alangkah baiknya jika kita mengetahui pengertian dari penyusutan aset tetap. Penyusutan adalah suatu nilai pada aset tetap yang bisa disusutkan agar bisa dimanfaatkan. Penyusutan ini dilakukan sesuai dengan penurunan kapasitas suatu aset.

Dalam melakukan penyusutan, ada beberapa metode yang dilakukan. Metode penyusutan merupakan alokasi biaya perolehan selama aset tersebut bermanfaat. Dalam hal ini menentukan metode apa yang digunakan di pegang oleh perusahaan. Karena apapun metode yang digunakan sangat berpengaruh pada besarnya beban penyusutan.

Faktor Penyusutan Aset Tetap

Aset tetap akan mengalami penyusutan meskipun sudah memiliki masa manfaat yang relatif lama. Penyusutan aset tetap ini terjadi ketika alokasi sistematis yang dapat disusutkan dari suatu aset selama usia aset tersebut bermanfaat. Biasanya jumlah nilai setelah dialokasikan nantinya disalurkan untuk periode-periode yang akan menerima manfaat dari aset tersebut. Dalam menentukan beban penyusutan, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya mulai dari harga perolehan, aset nilai sisa dan usia manfaat.

Berikut penjelasan lengkapnya mengenai definisi dari faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan beban penyusutan:

  • Umur manfaat merupakan periode dimana aset diharapkan bisa digunakan oleh entitas. Pengertian lainnya yaitu jumlah produksi yang diharapkan bisa didapatkan dari aset tersebut.
  • Nilai sisa merupakan jumlah yang diperkirakan akan didapatkan entitas dari pelepasan. Aset nilai ini didapatkan setelah dikurangi dari taksiran biaya pelepasan nantinya. Hal ini berlaku jika aset sudah mencapai umur yang diharapkan untuk mendapatkan manfaatnya.

Jenis Metode Penyusutan Aset dan Contohnya

Ada tiga faktor yang mempengaruhi penyusutan yaitu harga perolehan nilai residu dan umur ekonomis aset dalam penyusutan. Ada juga beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengetahui nilai aset yang dimiliki. Pada umumnya terdapat dua jenis metode penyusuta. Metode tersebut diantaranya metode penyusutan garis lurus dan metode penyusutan saldo menurun ganda, adapun berikut ini penjelasannya.

1. Metode Penyusutan Garis Lurus

Metode ini digunakan untuk menamakan beban pada penggunaan aset disetiap periodenya. Misalnya, anda membeli barang dengan harga  50 juta dengan sisa100 juta rupiah. Nah, jika masa penggunaan mobil tersebut sudah mencapai 4 tahun, berapa depresiasinya dalam satu tahun?

Nah, sedangkan massa penggunaan selama 4 tahun depresiasinya dalam satu tahun didapatkan penyusutan tersebut adalah 50 juta  dikurangi 100 juta kata-kata atau 4 tahun totalnya 100 juta.

Penyusutan = (Harga Perolehan – Estimasi Nilai Sisa) / Masa penggunaan.

2. Metode Penyusutan Saldo Menurun Ganda

Metode penyusutan aset yang kedua yaitu metode penyusutan saldo menurun ganda, yang mana metode ini digunakan untuk menghitung depresiasi berdasarkan persentase nilai dalam pembelian produk yang dilakukan dalam periode tertentu. Persentase penyusutan saldo menurun Ganda ini besarnya dilihat dari tarif penyusutan metode garis lurus.

Itulah pengertian penyusutan aset tetap dan cara mencatat penyusutan yang tepat. Semoga ulasan Ini bisa memberikan pengetahuan baru kepada kita, khususnya yang ingin membuka usaha. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Mengenal Software Akuntansi Manufaktur dan Peran Pentingnya
Bisnis manufaktur di Indonesia yang biasanya orang sebut dengan pabrik memiliki sistem yang besar dan hilir-mudik perputaran modal yang tinggi.
Baca Juga
Contoh Jurnal Pembelian dan Cara Membuatnya
Contoh Jurnal pembelian adalah pencatatan pembelian yang terjadi pada kegiatan operasional perusahaan yang dilakukan secara rutin, yang termasuk dalam elemen
Baca Juga
Analisa Kinerja Keuangan Perusahaan dan Indikatornya
Analisis kinerja keuangan menjadi kegiatan penting untuk memantau kondisi finansial sebuah usaha. Seperti menggali informasi dari laporan laba rugi, neraca,
Baca Juga
Jurnal Umum Perusahaan Dagang dan Contohnya
Jurnal umum perusahaan dagang adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat beberapa transaksi keuangan yang muncul dalam satu periode akuntansi, mulai
Baca Juga
Pasiva Adalah: Pengertian, Jenis, dan Rumus Menghitungnya
Dalam konteks akuntansi, istilah pasiva adalah komponen yang merujuk pada salah satu sisi dari neraca keuangan suatu perusahaan. Neraca keuangan
Baca Juga
Berapa Gaji Akuntan Perusahaan dan Publik? Ini Rinciannya!
Gaji akuntan perusahaan dan publik akan sesuai dengan tanggung jawab yang diembannya. Dalam hal ini, keahlian dari seorang akuntan akan
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu