Logo Bee Web

Akun Riil adalah: Jenis, Fungsi dan Perbedaannya

Akun riil adalah akun yang masuk ke dalam laporan neraca, Apa bedanya dengan akun nominal? Bagaimana pencatatannya? Sek selengkapnya di sini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 31 March 2024

Dalam dunia akuntansi akun riil juga dikenal sebagai akun neraca. Secara pengertian akun riil adalah akun yang mencatat aset, kewajiban, dan ekuitas suatu perusahaan. Keberadaannya krusial dalam menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu.

Akun riil tidak hanya menjadi penanda keaslian, tetapi juga menjadi fondasi bagi berbagai aktivitas online, menyediakan landasan yang kuat untuk transparansi, pertanggungjawaban, dan keamanan dalam dunia maya yang semakin kompleks. Mari kita simak penjelasan lengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Akun Riil Adalah

Akun Riil Akuntansi

Dalam laporan neraca terdapat terdiri dari beberapa akun yang disebut dengan akun riil (Credit: Freepik.com)

Akun riil adalah akun yang masuk ke dalam laporan neraca. Menurut Jusup (2011) akun riil adalah beberapa rekening yang pada akhir periode akan dilaporkan dalam neraca.

Dalam pencatatannya akun riil dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yakni aset, kewajiban dan ekuitas. Istilah akun riil juga disebut sebagai akun neraca, karena saldonya dilaporkan dalam laporan neraca keuangan.

Berikut beberapa karakteristik yang dimiliki akun riil:

  • Saldo akun riil berkesinambungan: Saldo akun riil pada akhir periode menjadi saldo awal periode berikutnya. Hal ini memungkinkan pelacakan perubahan kekayaan perusahaan dari waktu ke waktu.
  • Akun riil tidak ditutup pada akhir periode: Berbeda dengan akun nominal yang ditutup pada akhir periode, akun riil tetap terbuka dan saldonya dibawa ke periode berikutnya.
  • Akun riil menunjukkan posisi keuangan perusahaan: Informasi tentang aset, kewajiban, dan ekuitas yang terdapat di akun riil memberikan gambaran tentang kesehatan keuangan perusahaan pada periode tertentu.

Jenis-Jenis Akun Riil

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, jika akun riil dikelompokkan menjadi 3 jenis, yakni aset, kewajiban dan ekuitas. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Aset (Aktiva)

Menurut Jusup (2011) Aset adalah beberapa sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan/organisasi yang biasa dinyatakan dalam satuan uang. Seperti kas, dan lain sebagainya.

Aset atau aktiva ini terdiri dari aktiva lancar, investasi jangka panjang, aktiva tetap, tidak berwujud dan sejenisnya.

Baca Juga: Aset Adalah: Jenis, Sifat dan Manfaatnya, Lengkap!

2. Kewajiban (Liabilitas)

Kemudian, kewajiban adalah utang yang wajib dibayarkan oleh perusahaan/organisasi dengan uang atau jasa pada periode tertentu dimasa yang akan datang.

Sama seperti aktiva, kewajiban ini juga terdiri dari beberapa jenis yakni kewajiban lancar, jangka panjang dan lain sebagainya.

3. Modal (Equity)

Terakhir adalah modal, yakni hak pemilik perusahaan atas aset atau kekayaannya. Modal ini menunjukkan hak kepemilikan atas aset oleh pemilik perusahaan.

Biasanya modal ini bersifat permanen atau dapat bertambah dan berkurang. Modal ini juga memiliki beberapa jenis yakni modal disetor, modal saham, agio saham dan masih banyak lagi.

Contoh Akun Riil

Berikut yang termasuk akun riil adalah sebagai berikut:

#Aset

  • Kas: Uang tunai dan setara kas yang dimiliki perusahaan, seperti giro dan deposito.
  • Piutang usaha: Jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pelanggan kepada perusahaan atas pembelian produk atau jasa secara kredit.
  • Persediaan: Barang yang dimiliki perusahaan untuk dijual kepada pelanggan.
  • Tanah: Tanah yang dimiliki perusahaan untuk digunakan dalam kegiatan usahanya.
  • Bangunan: Bangunan yang dimiliki perusahaan untuk digunakan dalam kegiatan usahanya.
  • Peralatan: Peralatan yang digunakan perusahaan dalam kegiatan usahanya.

#Kewajiban

  • Pinjaman bank: Utang yang dimiliki perusahaan kepada bank.
  • Hutang dagang: Jumlah uang yang harus dibayarkan perusahaan kepada pemasok atas pembelian produk atau jasa secara kredit.
  • Gaji karyawan: Upah yang harus dibayarkan perusahaan kepada karyawannya.

#Ekuitas

  • Modal: Modal yang disetorkan oleh pemilik perusahaan kepada perusahaan.
  • Laba ditahan: Laba yang diperoleh perusahaan pada periode sebelumnya dan tidak dibagikan kepada pemilik.

Perbedaan Akun Nominal dan Akun Riil

Perbedaan Akun Nominal Dan Akun Riil

Tabel Perbedaan Akun Nominal Dan Akun Riil (Credit: Bee.id)

Meskipun sama-sama ada dalam laporan keuangan, akun nominal dan akun riil adalah dua jenis akun yang berbeda, berikut beberapa perbedaan akun nominal dan akun riil:

1. Definisi

Pertama dari segi pengertian, akun nominal adalah akun yang memiliki saldo nominal (debit atau kredit) dan digunakan untuk mencatat transaksi yang terjadi dalam periode akuntansi.

Sedangkan akun riil Adalah akun yang mencatat aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan, dan saldonya berkesinambungan dari periode ke periode.

2. Jenis Akun

Perbedaan akun nominal dan akun riil yang kedua dari jenisnya, dimana akun nominal terbagi menjadi akun nominal (pendapatan, beban, dan biaya) dan akun realisasi (prive dan laba ditahan). Sedangkan akun riil terbagi menjadi akun aset, akun kewajiban, dan akun ekuitas.

3. Pencatatan Transaksi

Kemudian dari segi pencatatannya dalam jurnal akuntansi. Akun nominal dicatat dalam jurnal akuntansi dan ditutup pada akhir periode. Disisi lain akun riil dicatat dalam jurnal akuntansi dan tidak ditutup pada akhir periode, saldonya dibawa ke periode berikutnya.

Baca Juga: Transaksi, Apa itu? Ini Pengertian, Jenis, Contoh dan Sistemnya

4. Posisi di Neraca

Kemudian dari posisinya di neraca, akun nominal tidak muncul di neraca, tapi muncul di laporan laba rugi. Contoh akun nominal, penjualan (debet), beban gaji (kredit). Sedangkan akun riil muncul pada laporan neraca. contoh yang termasuk dalam akun riil adalah kas (debit), hutang dagang (kredit), dan lain sebagainya.

5. Fungsi

Berikutnya dari fungsi, akun nominal berfungsi untuk mengukur profitabilitas perusahaan. Sedangkan akun riil digunakan untuk menunjukkan posisi keuangan perusahaan.

Fungsi Akun Riil Akuntansi

Fungsi akun riil dalam jurnal akuntansi apa saja? Berikut diantaranya:

  • Menggambarkan posisi keuangan perusahaan, dimana nilai saldo akun riil pada neraca menunjukkan nilai aset, kewajiban dan ekuitas yang artinya dapat membantu pemangku kepentingan dalam memahami kesehatan keuangan perusahaan.
  • Membantu auditor dalam memverifikasi kebenaran informasi keuangan perusahaan.
  • Menilai potensi dan pertumbuhan perusahaan dari analisis tren akun riil.
  • Memudahkan proses klasifikasi transaksi berdasarkan jenisnya, mulai dari aset, kewajiban dan ekuitas.
  • Membantu dalam penerapan konsep matching untuk menghasilkan laporan akuntansi yang akurat.

Cara Pencatatan Akun Riil

Pencatatan akun riil dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Identifikasi Jenis Akun

Langkah pertama adalah mengidentifikasi jenis akun riil yang terlibat dalam transaksi. Akun riil terbagi menjadi tiga jenis:

  • Akun aset: Mencatat semua sumber daya ekonomi yang dimiliki perusahaan, seperti kas, piutang, persediaan, peralatan, dan tanah.
  • Akun kewajiban: Mencatat semua utang dan kewajiban perusahaan kepada pihak lain, seperti pinjaman bank, hutang dagang, dan gaji karyawan.
  • Akun ekuitas: Mencatat modal yang disetorkan oleh pemilik perusahaan dan laba yang ditahan.

2. Tentukan Sisi Pencatatan

Setiap akun riil memiliki sisi pencatatan yang berbeda:

  • Akun aset: Dicatat pada debit.
  • Akun kewajiban: Dicatat pada kredit.
  • Akun ekuitas: Dicatat pada kredit (modal) dan debit (laba ditahan).

3. Buat Jurnal Transaksi

Setelah mengidentifikasi jenis akun dan sisi pencatatan, catat transaksi dalam jurnal akuntansi. Jurnal akuntansi terdiri dari tiga kolom: tanggal, keterangan, dan debit/kredit.

Contoh Jurnal Umum

Contoh Pencatatan pada jurnal akuntansi (Credit: Bee.id)

4. Posting ke Buku Besar

Setelah mencatat transaksi dalam jurnal, posting ke buku besar. Buku besar adalah akun-akun individu yang mencatat semua transaksi yang terkait dengan akun tersebut.

Buku Besar Bentuk Staffel

Contoh Format Buku Besar Bentuk Staffel (Credit; Bee.id)

5. Buat Neraca

Akun riil digunakan untuk membuat neraca, yaitu laporan keuangan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada suatu tanggal tertentu.

Contoh Laporan Neraca

Contoh Laporan Neraca (Credit: Bee.id)

Kesimpulan

Dapat disimpulkan jika akun riil adalah elemen penting dalam akuntansi yang mencatat aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan. Akun ini memiliki saldo yang berkesinambungan dari periode ke periode dan tidak ditutup pada akhir periode.

Berfungsi untuk menggambarkan posisi keuangan perusahaan, membantu proses audit, dan menilai potensi pertumbuhan perusahaan. Pencatatan akun riil ini dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Tidak hanya akun riil saja, berbagai jenis transaksi akuntansi juga bisa dicatat dan langsung jadi laporan keuangan yang bisa dicek kapan saja dan dimana saja. Jadikan bisnis Anda jadi lebih efektif dengan pembukuan rapi langsung jadi. Klik banner di atas untuk informasi selengkapnya

Persiapan Sebelum Belajar Pembukuan Keuangan Perusahaan
Bagaimana sih cara belajar pembukuan keuangan perusahaan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda mengenal pembukuan keuangan dari perusahaan
Baca Juga
Tips Buat Laporan Cash Flow Sederhana dengan Cepat dan Akurat
Laporan cash flow sederhana atau laporan arus kas merupakan salah satu bagian yang penting dari laporan keuangan di suatu perusahaan.
Baca Juga
10 Standar Audit Menurut GAAP Serta Prosedur Penerapannya
Audit adalah sebuah istilah yang menggambarkan proses pemeriksaan yang berkaitan dengan keuangan, dengan tujuan melakukan koreksi sehingga meminimalisir kesalahan. Sehingga
Baca Juga
Neraca Pembayaran: Pengertian dan Cara Mudah Menghitungnya
Apakah Anda sudah mengenali neraca pembayaran? Apa saja fungsi dari neraca pembayaran ? serta jenis-jenis dari neraca ini? Jika belum,
Baca Juga
Pengertian Akuntansi Manajemen, Fungsi, Penerapan dan Manfaatnya
Akuntansi Manajemen merupakan hal terpenting bagi bisnis. Segala perencanaan dan pengambilan keputusan manajemen berdasarkan data akuntansi manajemen. Oleh sebab itu,
Baca Juga
3 Rekomendasi Software Akuntansi Perusahaan Jasa
Sebuah perusahaan pasti membutuhkan tenaga akuntan dalam mengelola seluruh urusan akuntansi. Nah, inovasi terbaru untuk mengurus masalah akuntansi dalam sebuah
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu