Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Akuntansi Aplikasi: Manfaat, Fitur dan Rekomendasi Terbaik 2022

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 28 May 2022

Akuntansi aplikasi saat ini akrab dalam kegiatan bisnis di berbagai perusahaan mulai dari skala menengah hingga besar. Menggunakan aplikasi untuk akuntansi akan memfasilitasi semua aspek yang terkait dengan perhitungan dan pembukuan perusahaan dan dapat diselesaikan dengan cepat, tepat, dan akurat.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi untuk akuntansi di perusahaan, berikut ini beberapa hal yang harus ditinjau sebelumnya tentang pengertian, fitur, manfaat, untuk tips untuk memilih aplikasi akuntansi yang baik untuk membantu usaha Anda.

Apa itu Akuntansi Aplikasi?

Akuntansi Aplikasi Adalah

Ilustrasi Akuntan sedang Menggunakan Akuntansi Aplikasi (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi akuntansi adalah seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung aktivitas akuntansi berdasarkan modularitas yang saling berhubungan dengan modul pembelian (hutang akun), penjualan (piutang), buku besar, penggajian, dan sebagainya.

Aplikasi atau software akuntansi biasanya dapat dikembangkan oleh perusahaan atau juga dapat bekerja dengan pihak ketiga untuk menyediakan layanan.

Tujuan aplikasi akuntansi adalah untuk dapat memudahkan untuk menyiapkan laporan akuntansi keuangan dalam bentuk neraca, laporan laba rugi, arus kas, dan laporan akhir. Anda harus melakukan input awal untuk data yang harus diproses dalam aplikasi atau software akuntansi.

Anda harus mengkompilasi buku besar dengan kode dan nama yang jelas. Sehingga buku besar kemudian harus memiliki posting yang jelas di setiap posisi laporan keuangan, buku besar untuk neraca, laba rugi, manufaktur, dan biaya fabrikasi.

program akuntansi bekerja secara real-time dari berbagai divisi yang saling berhubungan sebelumnya. Oleh karena itu,Anda tidak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan pernyataan laba rugi.

Berbagai transaksi yang berjalan seperti penjualan, pembelian, produksi, rawat inap stok, dan pengeluaran di perusahaan akan secara otomatis dimasukkan dalam jurnal dan selalu diperbarui kapan saja.

Ini akan membantu semua perhitungan akuntansi dan akuntansi di perusahaan menjadi lebih otomatis dan lebih mudah. Setelah mengetahui pemahaman berikut tentang aplikasi akuntansi, ada beberapa manfaat dari penggunaan program akuntansi.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat

Manfaat Akuntansi Aplikasi yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Akuntansi Aplikasi

Ilustrasi Analisa Laporan Keuangan dari Akuntansi Aplikasi (Sumber: Freepik.com)

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan saat menggunakan aplikasi akuntansi:

  • Laporan keuangan adalah aspek paling vital dari perusahaan, menggunakan program akuntansi akan memfasilitasi pekerjaan laporan dalam waktu singkat.
  • Mengurangi kesalahan perhitungan karena kesalahan manusia.
  • Dapat memperbaiki kesalahan input hanya dalam modul yang ditemukan sendirian tanpa harus mengulangi semua perhitungan dari awal lagi.
  • Dapat meningkatkan kemudahan, efisiensi dan produktivitas perusahaan karena proses akuntansi dapat berjalan secara otomatis.
  • Aplikasi akuntansi akan menyajikan data yang lebih akurat sehingga ini akan mendukung Anda dalam menentukan langkah -langkah dan keputusan yang harus diambil.

Dari banyaknya manfaat di atas tentu saja Anda akan paham bahwa aplikasi akuntansi memberikan dampak yang sangat baik untuk perusahaan yang Anda kelola. Terlebih, Anda juga bisa mengurangi resiko kerugian karena adanya sistem otomatis pada bisnis Anda.

Fitur-Fitur Aplikasi Akuntansi yang Wajib Dimiliki

Sebelum memilih aplikasi akuntansi yang cocok dan sesuai dengan visi dan misi perusahaan Anda, tentu saja ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan dalam seleksi, salah satunya adalah fitur aplikasi akuntansi yang harus dimiliki. Fitur apa ini? Mari kita lihat poin -poin berikut.

1. Fitur Manajemen Piutang Akun

Fitur ini juga sangat penting dalam operasional bisnis Anda. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat laporan utang atau piutang dari pelanggan atau pemasok dan mengontrolnya ketika tanggal jatuh tempo hutang yang harus dibayar.

2. Fitur Laporan Keuangan

laporan laba bersih keuangan kedai kopi angkringan

Ilustrasi Laporan Laba Rugi dengan Software Akuntansi Beecloud

Tentu saja fitur laporan keuangan adalah yang paling penting. Anda harus memperhatikan kemampuan aplikasi dalam proses akuntansi entri ganda dan akuntansi akrual.

Tidak hanya itu, fitur -fitur penting lainnya yang harus dimiliki adalah laporan neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan pendapatan, perubahan modal, arus kas, laporan jurnal, dan laporan buku besar.

3. Fitur Pembelian

Pembelian adalah kegiatan yang akan selalu ada di setiap lini bisnis. Fitur ini akan membantu melihat status dan laporan transaksi seperti pembelian karena, pembayaran, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, aplikasi akuntansi juga harus dapat memiliki fitur dalam membuat faktur dan pembelian, pembelian, dan pengembalian pengiriman pada pemasok produk.

4. Fitur penganggaran

Dengan fitur ini, Anda dapat mencatat semua laporan tentang penganggaran yang telah dibuat seperti membuat jejak atau tidak ada anggaran yang tersisa yang dapat disesuaikan dengan periode kegiatan bisnis Anda.

Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk menghitung anggaran laba dan rugi.

5. Fitur Financial Forecasting

Fitur ini adalah salah satu fitur paling penting. Tentu saja dalam setiap kursus bisnis ingin memperkirakan biaya pendapatan yang sesuai.

Sekarang fitur itur Financial Forecasting ini dapat membantu mengendalikan keuangan dengan bijak karena dapat menghilangkan biaya yang tidak perlu dan keuntungan maksimum.

Baca Juga: Software Akuntansi Keuangan Itu Penting? Ini Alasannya!

Tips Memilih Layanan Developer Aplikasi Akuntansi

Apa Itu Laporan Keuangan

Ilustrasi Layanan Aplikasi Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Supaya aktivitas pembukuan atau akuntansi di perusahaan berjalan dengan baik, Anda juga harus memperhatikan pemilihan vendor perangkat lunak akuntansi yang akan digunakan. Berikut beberapa tips.

Akuntansi Aplikasi Kemudahan Mengakses

Setiap pengembang aplikasi tentu memiliki penampilannya sendiri. Sebagai pengguna aplikasi, Anda harus dapat memilih aplikasi yang memiliki kemudahan akses untuk digunakan dengan lancar dan mudah oleh seorang akuntan bahkan yang tidak memiliki akuntan dasar.

Keamanan Data

Keamanan Data adalah pertimbangan utama yang Anda pilih produk berbasis aplikasi. Demikian juga dengan pemilihan software akuntansi yang akan digunakan, tanyakan secara rinci dan jelas pada pengembang mengenai keamanan data dari perampokan online atau offline.

Ini juga yang menjadi tujuan dari penggunaan perangkat lunak akuntansi, yaitu mengatasi masalah kebocoran atau manipulasi yang dilakukan terhadap orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja Anda tidak menginginkan uang perusahaan bisa hilang tak terlacak.

Maka fitur keamanan data ini sangat dibutuhkan oleh setiap pemilik bisnis.

Ada Fitur Impor dan Ekspor

Tips berikutnya dalam memilih vendor aplikasi adalah fitur data cadangan. Ini karena semua laporan keuangan akan lebih sering diakses dengan Microsoft Excel sehingga Anda harus memilih aplikasi akuntansi yang menyediakan fitur data impor ekspor dalam bentuk Excel.

Adanya Layanan Support

Saat pertama kali menggunakan sistem akuntansi, tentu saja tim dan Anda masih memerlukan bantuan yang terkait dengan aplikasi akuntansi, sekarang ketika Anda akan memilih vendor, pastikan Anda memilih vendor yang memiliki cukup untuk melayani Anda dengan baik dan dapat menyediakan layanan dukungan pelanggan.

Kesimpulan

Pengunaan akuntansi aplikasi tentu saja memberikan dampak sangat baik untuk perusahan karena memiliki banyak fitur dan juga fungsi untuk menjalankan operasional usaha. Pastikan Anda tidak salah pilih aplikasi akuntansi yang justru akan membuat usaha menjadi kacau dan tak terkendali.

Anda bisa menggunakan akuntansi aplikasi bernama Beeaccounting karena memiliki semua fitur yang Anda butuhkan. Mulai dari kemudahan akses, keamanan, fitur impor dan ekspor, layanan support tentu saja sudah dimiliki oleh software akuntansi Beeaccounting.

Alasan berikutnya mengapa software akuntansi perlu bagi perusahaan adalah manfaatnya. Secara singkat, manfaat atau kegunaan software akuntansi bagi perusahaan untuk memastikan adanya kontrol keuangan yang baik, membentuk kerangka kerja akuntansi yang lebih efisien, hemat waktu dan tenaga, pengelolaan utang piutang menjadi lebih terorganisir, membuat laporan keuangan dengan cepat, dan banyak manfaat lainnya.

Jika Anda terlalu penasaran dengan apa saja manfaat softare akuntansi, mengapa tidak langsung membeli dan merasakannya sendiri? Sebagai langkah awal, software akuntansi Beeaccounting adalah pilihan yang tepat. Ada layanan uji coba selama 30 hari yang bisa Anda pakai secara cuma-cuma atau gratis.

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Software Akuntansi Online Bisnis, Berikut Penjelasan Manfaatnya
Sekarang, dunia bisnis tak lagi sama dengan zaman dahulu. Secara perlahan, bisnis konvensional mulai bergerak menuju era digital. Hal ini […]
Baca Juga
Pentingnya Analisi Laporan Keuangan
Biasanya di akhir periode tahun berjalan, seorang akuntan yang bekerja untuk sebuah perusahaan akan membuat berbagai macam laporan keuangan seperti […]
Baca Juga
Standar Akuntansi Keuangan: Pengertian, Format dan Bentuk
Standar akuntansi keuangan merupakan salah satu topik yang selalu ditanyakan beberapa perusahaan yang mengelola laporan keuangan. Pasalnya, lumanyan banyak yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu