🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

9 Tips Cara Mengatur Keuangan dalam Bisnis Mudah

Cara mengatur keuangan dalam bisnis harus diperhatikan dengan baik dan tepat. Tujuannya agar bisnis bisa tumbuh dan berkembang pesat!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 16 May 2023

Bisnis apa pun yang sedang dijalani pastinya tidak terlepas dari manajemen keuangan. Hal tersebut karena keuangan menjadi bagian yang penting agar bisnis dapat dimulai, terus berjalan, bahkan hingga berkembang maju. Cara mengatur keuangan pun harus dipelajari oleh para pebisnis.

Ketika tidak bisa mengatur keuangan bisnis dengan tepat, maka akan banyak risiko finansial yang harus dihadapi dan bisa menimbulkan kerugian bahkan gulung tikar. Sebaliknya, pengaturan atau manajemen keuangan yang tepat, efektif, dan efisien akan membantu bisnis terus bertumbuh.

9 Tips dan Cara Mengatur Keuangan Bisnis

Mengatur Keuangan

Salah Satu Faktor Bisnis Berjalan Lancar adalah Kemampuan dalam Mengatur Keuangan (Credit: Freepik.com/@pressfoto)

Pentingnya mengelola keuangan dalam bisnis membuat setiap pebisnis seperti Anda harus mempelajarinya. Bagaimana tips dan caranya? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa tips untuk mengelola dan mengatur keuangan dalam menjalankan bisnis, yaitu:

1. Membuat Perencanaan Keuangan

Tips pertama yang wajib dilakukan adalah membuat perencanaan keuangan terutama ketika Anda baru memulai bisnis. Perencanaan keuangan harus mencakup modal yang diperoleh, alokasi dana, jumlah dana masing-masing kebutuhan, dan lain sebagainya.

Selain pembuatan perencanaan keuangan di awal usaha, sebaiknya lakukan juga budgeting anggaran keuangan setiap bulannya. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah pengelolaan keuangan perusahaan setiap bulan hingga penyusunan laporan keuangan.

2. Mencatat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran Aktual

Ingin keuangan bisnis tetap teratur rapi dan mudah dilacak? Jika menginginkannya, maka pastikan untuk selalu mencatat setiap pemasukan maupun pengeluaran yang berhubungan dengan bisnis. Catatan yang dibuat juga harus detail terutama untuk waktu transaksi dan deskripsinya.

Selain itu, pastikan juga setiap catatan transaksi keuangan ditulis dengan benar tanpa kesalahan. Anda juga harus memantau arus kas bisnis yang dijalani dengan teliti agar tidak ada kesalahan yang bisa membuat kerugian.

3. Memisahkan Keuangan Bisnis dengan Keuangan Pribadi

Cara mengatur keuangan yang tidak kalah penting adalah memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Meskipun bisnis dimulai dengan menggunakan uang pribadi, Anda tetap harus memisahkan pengelolaannya termasuk membuat rekening yang berbeda.

Tips ini bertujuan agar lebih mudah melacak arus kas keuangan bisnis, perhitungan pajak, dan lain sebagainya.

4. Memanfaatkan Teknologi dan Aplikasi Tertentu

Di era serba digital seperti sekarang ini sebenarnya mengatur keuangan dalam bisnis lebih mudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Anda bisa mencoba berbagai jenis aplikasi atau software pengelolaan keuangan bisnis untuk membantu cara mengatur keuangan dengan baik.

Pastikan untuk memilih software keuangan bisnis yang memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan. Selain lebih efektif dan efisien, software seperti ini juga sangat memudahkan dalam menyimpan hingga melacak transaksi keuangan.

Beecloud Untuk Catat Keluar Masuk Uang Bisnis

Atau menggunakan software akuntansi online Beecloud, jadikan bisnis lebih mudah dan menguntungkan. Anda bisa lebih bisa menghemat biaya dengan penggunaan software ini. Selain itu, laporan pembukuan keuangan juga bisa dilakukan dengan praktis dengan laporan langsung jadi. Mengatur keuangan akan jauh lebih menyenangkan dan jadikan bisnis lebih menguntungkan.

5. Sebaiknya Gunakan Laba untuk Mengembangkan Bisnis

Ketika awal menjalankan bisnis mungkin Anda belum menghasilkan keuntungan yang besar. Namun, sebaiknya tetap sisihkan atau pisahkan laba bersih yang didapatkan. Jika dana dari laba tersebut sudah terkumpul, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis.

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan dana tersebut untuk membuat iklan atau promosi di media digital. Contoh lainnya adalah memanfaatkan dana tersebut untuk membeli alat produksi atau bahkan membuka cabang baru.

Tips dan tindakan seperti ini akan lebih cepat membuat bisnis berkembang dan menghasilkan lebih banyak laba bersih.

6. Pastikan untuk Membuat Laporan Keuangan dengan Detail

Cara untuk mengatur keuangan dalam bisnis selanjutnya adalah membuat laporan keuangan secara detail. Selain itu, laporan keuangan sebaiknya juga dibuat secara rutin untuk periode waktu tertentu, seperti setiap bulan, pertengahan tahun, dan tahunan.

Laporan keuangan sangat penting untuk melihat perkembangan bisnis secara umum hingga spesifik. Oleh karena itu, analisis terhadap laporan keuangan juga harus dilakukan secara detail untuk menyusun strategi bisnis selanjutnya.

Baca Juga: Software Laporan Keuangan Terbaik untuk Berbagai Jenis Usaha

7. Kelola Keuangan Bisnis Sendiri atau Partner Terpercaya

Tips mengatur keuangan yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya Anda mengelola semua keuangan bisnis secara mandiri. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecurangan atau pun manipulasi dari pihak luar atau karyawan yang Anda pekerjakan.

Namun, jika tidak memungkinkan, maka sebaiknya Anda benar-benar memilih partner terpercaya untuk membantu mengelola keuangan bisnis. Jika diperlukan, maka jangan ragu juga untuk membuat perjanjian tertulis dengan partner Anda.

8. Sebaiknya Hindari Hutang

Bisnis dapat dimulai, dijalankan, dan dikembangkan dengan modal dana dalam jumlah tertentu. Sebaiknya, hindari hutang dalam jumlah besar dan jangka waktu panjang dalam mengelola keuangan bisnis.

Jika terpaksa melakukan pinjaman untuk bisnis, maka sebaiknya perhatikan besarnya bunga yang harus dibayarkan. Buatlah perencanaan dan analisis keuangan yang matang untuk mengetahui kemampuan Anda membayar hutang tersebut agar tidak membuat bisnis rugi bahkan bangkrut.

Baca Juga: 5 Perbedaan Hutang dan Piutang dalam Keuangan Bisnis

9. Lakukan Konsultasi dengan Akuntan Profesional

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah membuat janji untuk melakukan konsultasi dengan akuntan profesional. Anda bisa berdiskusi lebih dalam maupun konsultasi tentang berbagai masalah atau tantangan dalam pengelolaan bisnis. Sebelum melakukan konsultasi, sebaiknya pilih akuntan yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam keuangan bisnis.

Cara mengatur keuangan yang tepat dapat membuat bisnis berjalan lebih efektif dan efisien. Selain itu, Anda juga bisa mengatur keuangan dengan baik untuk menjalankan strategi bisnis hingga usaha yang dijalani semakin maju, berkembang, dan menghasilkan berbagai keuntungan lainnya.

5 Strategi Penetapan Harga Jual Agar Tidak Rugi
Harga bagi pebisnis akan sangat menentukan seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan, sedangkan bagi konsumen harga juga menjadi hal yang
Baca Juga
7+ Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis UMKM
Dalam menjalankan bisnis menentukan target  market atau target pasar adalah hal penting, agar proses pemasaran nanti mendapatkan angka penjualan yang
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
5 Cara Bisnis Rental Mobil yang Sukses
Bisnis rental mobil termasuk salah satu jenis usaha yang memiliki peluang kesuksesan cukup menjanjikan. Namun, untuk memulai bisnis di bidang
Baca Juga
8 Contoh Video Marketing Tingkatkan Jangkauan Audiens
Dalam era digital yang terus berkembang, tidak dapat dipungkiri bahwa video marketing telah menjadi kekuatan utama dalam dunia pemasaran. Penggunaan
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk untuk Pebisnis Pemula
Menyusun cara memasarkan produk adalah salah satu poin paling penting yang harus dilakukan. Pasalnya suatu produk tidak akan bisa terjual
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu