Logo Bee Web

5+ Konsep Pelayanan Prima jadi Kunci Gaet Pelanggan

Konsep pelayanan prima atau service excellent perlu diterapkan, agar pelanggan merasa puas dan loyal. Pelajari selengkapnya berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 10 May 2023

Berbagai bidang industri/bisnis pasti memproduksi produk maupun jasa untuk pelanggan. Ketika berhubungan dengan pelanggan, pastikan untuk menerapkan konsep pelayanan prima atau service excellent. Tujuan agar pelanggan merasa puas dan secara tidak langsung membuat bisnis mendapat banyak keuntungan.

Memangnya, apa pengertian pelayanan prima? Seperti apa konsep layanan atau service yang ada? Seberapa penting manfaat penerapan konsep tersebut? Langsung saja pelajari lebih detail  dengan membaca artikel di bawah ini!

Apa Itu Pelayanan Prima?

service excellent

Salah satu cara agar pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan perusahaan adalah dengan menerapkan service excellent (Credit: pch.vector)

Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian upaya atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan service atau layanan terbaik dan maksimal kepada setiap pelanggan agar mereka merasa puas.

Memberikan pelayanan prima memang tidak mudah karena setiap pelanggan mungkin memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya pelayanan prima memiliki konsep dasar yang bisa diterapkan oleh setiap perusahaan.

Pelayanan yang dimaksud juga sangat beragam dan tergantung dari jenis industri atau bisnis yang dijalankan. Misalnya, pelayanan prima industri penghasil produk tertentu dapat berupa memberikan produk berkualitas, menyediakan layanan customer service responsif, dan lainnya.

Sementara itu, untuk industri yang bergerak di bidang jasa, pelayanan prima dapat dilihat lebih jelas dan langsung. Misalnya, karyawan yang responsif, ramah, dan siap sedia membantu pelanggan untuk memilih jenis jasa yang diinginkan serta sesuai kebutuhan.

Konsep Pelayanan Prima (Service Excellent)

Terdapat beberapa konsep dasar yang harus dipelajari dan diterapkan dalam pelayanan prima. Apa saja konsep tersebut? Jika belum tahu dan penasaran, maka berikut ini beberapa konsep yang ada di dalam service excellent atau pelayanan prima, yaitu:

1. Attitude (Sikap)

Sikap atau perilaku merupakan konsep dasar yang paling penting untuk diperhatikan ketika berhadapan dengan pelanggan. Hal tersebut karena attitude yang dilakukan atau ditunjukkan oleh seorang karyawan merupakan sebuah cerminan dari perusahaan itu sendiri.

Di dalam menjalankan pelayanan prima, setiap karyawan harus mampu bersikap baik, sopan, ramah, dan responsif kepada setiap pelanggan tanpa membedakan. Selain itu, karyawan juga harus menunjukkan sikap profesionalisme dalam bekerja terutama ketika berhubungan langsung dengan pelanggan.

2. Ability (Kemampuan)

Selain attitude, ability atau kemampuan juga harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan prima. Kemampuan yang dimaksud berupa pengetahuan dan keterampilan dalam pekerjaan. Beberapa kemampuan yang harus dikuasai, seperti komunikasi efektif dan publik relation.

Selain itu, pastikan untuk menguasai kemampuan yang berhubungan langsung dengan pekerjaan. Misalnya, seorang karyawan minimarket harus tahu tentang produk-produk yang dijualnya agar tidak kesulitan ketika ada pelanggan yang bertanya.

3. Attention (Perhatian)

Jelaskan konsep pelayanan prima! Konsep selanjutnya yang tidak kalah penting adalah perhatian atau attention. Artinya, setiap karyawan harus mampu memberikan perhatian atau kepedulian kepada setiap pelanggan.

Contohnya dengan bersikap mendengarkan kebutuhan pelanggan dan memberikan rekomendasi terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Action (Tindakan)

Tindakan atau action yang dimaksud dalam pelayanan prima berupa tindakan langsung. Misalnya, mencatat setiap kebutuhan atau keinginan pelanggan, melakukan konfirmasi kembali, memberikan produk/ jasa yang dibutuhkan, mengucapkan terima kasih, dan lain sebagainya.

5. Accountability (Tanggung Jawab)

Setiap karyawan wajib memiliki tanggung jawab tinggi sebagai bagian dari pelayanan prima. Tanggung jawab tersebut berupa sikap memihak kepada pelanggan agar mereka merasa puas. Tujuannya agar tidak terjadi komplain atau kritik ketidakpuasan pelanggan.

6. Appearance (Penampilan)

Konsep pelayanan prima juga berkaitan erat dengan penampilan fisik maupun non fisik. Penampilan yang dimaksud bukan hanya perlu tampil rapi, bersih, dan enak dilihat. Namun, penampilan yang ditunjukkan kepada pelanggan juga harus sesuai dengan SOP perusahaan.

Penampilan setiap karyawan yang seragam sesuai SOP perusahaan bisa mewujudkan image atau citra positif di hadapan masyarakat luas. Selain itu, penampilan karyawan juga bisa menjadi ciri khas dari perusahan.

7. Sympathy (Simpati)

Konsep terakhir yang tidak kalah penting adalah memiliki rasa simpati kepada pelanggan. Hal tersebut dapat membantu karyawan untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan, sehingga bisa memberikan layanan terbaik.

8. Menggunaan Software Kasir BEEPOS

Beepos Bikin Pelanggan Puas Belanja Dengan Layanan Kasir Yang Cepat Dan Aman

Selain ketujuh konsep diatas, satu tips lain yang tidak boleh dilewatkan dalam menunjang konsep pelayanan prima kepada konsumen adalah dengan menggunakan sofware kasir online Beepos membantu Anda dalam memberikan kecepatan pelayanan dan kemanan transaksi.

Selain itu, mudah dikontrol dimana sana dan kapan saja tanpa perlu capek riwa-riwi ke banyak cabang, dari cek oder ke suplier, edit harga, kontrol setoran kasir sampai analisa penjualan. Sudah terintegrasi dengan akuntansi dan support banyak merek hardware. Cek selenkapnya pada banner di atas.

Baca Juga: Aplikasi Pos Android: Pelayanan Lebih Cepat dan Perhitungan Akurat

Manfaat dan Fungsi dari Pelayanan Prima

Konsep dasar pelayanan prima sangat penting untuk diterapkan karena mampu memberikan manfaat yang bisa dilihat secara signifikan. Berikut ini beberapa manfaat dan fungsi dari pelayanan prima yang diterapkan dengan optimal, yaitu:

1. Sebagai Bentuk Branding Perusahaan

Pelayanan yang baik kepada setiap pelanggan akan membuat perusahaan dikenal memiliki citra positif dan baik dalam pandangan masyarakat luas. Nilai branding perusahaan pun akan meningkat dan membuat semakin banyak pelanggan percaya kepada produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Memberi Kepuasan Kepada Pelanggan

Manfaat lainnya dari pelayanan prima adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan. Pelanggan yang merasa puas karena kebutuhan dan keinginannya terpenuhi tidak akan selalu setia membeli produk maupun jasa dari perusahaan.

3. Meningkatkan Penjualan

Perusahaan yang bisa menerapkan service excellent dengan baik akan mendapat banyak pelanggan loyal dan setia. Pada akhirnya, penjualan produk atau jasa yang ditawarkan pun akan semakin banyak atau meningkat, sehingga menambah keuntungan finansial maupun keuntungan lainnya.

Konsep service excellent meliputi sikap hingga rasa simpati yang harus diterapkan secara maksimal oleh setiap karyawan. Tujuannya agar pelanggan merasa dihargai dan akhirnya puas dengan layanan yang diberikan, sehingga ia akan menjadi pelanggan setia.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Membaca Barcode untuk Software Kasir Bisnis
Cara membaca barcode diperlukan untuk memudahkan penginputan barang pada aplikasi kasir saat melakukan transaksi di sebuah usaha. Biasanya, usaha yang
Baca Juga
Contoh Studi Kelayakan Bisnis dan Penjelasannya
Contoh Studi Kelayakan Bisnis sebenarnya harus diketahui oleh seluruh pengusaha sebelum membangun sebuah perusahaan. Bisnis ini sebenarnya merupakan salah satu
Baca Juga
Contoh Laporan Neraca dan Cara Membuatnya
Neraca dalam akuntansi merupakan salah satu laporan keuangan yang berperan penting dalam analisa keuangan sebuah bisnis, dengan menggambarkan aset, kewajiban,
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Sederhana Menggunakan Excel
Jika saat ini Anda sedang mencari contoh laporan keuangan sederhana menggunakan excel Anda sudah sangat tepat berada di artikel ini.
Baca Juga
Mau Investasi Sukses? Pahami Rumus Payback Period Berikut!
Rumus payback period adalah sebagai salah satu metode evaluasi yang penting dalam dunia keuangan dan investasi, memberikan gambaran yang signifikan
Baca Juga
Karakteristik Perusahaan Dagang Berdasarkan Jenisnya
Sebagai pengusaha atau yang sedang memasuki dunia bisnis, memahami karakteristik perusahaan dagang adalah langkah awal yang penting. Perusahaan dagang memiliki
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu