Logo Bee Web

Mau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini

Kedai Kopi Laku Keras - Setiap orang pasti ingin agar bisnisnya berkembang dengan pesat. Begitu juga jika Anda memiliki bisnis membuka kedai kopi.
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Tuesday, 30 July 2019

Kedai Kopi Laku Keras - Setiap orang pasti ingin agar bisnisnya berkembang dengan pesat. Begitu juga jika Anda memiliki bisnis membuka kedai kopi. Bisnis kedai kopi saat ini memang telah menjamur di berbagai kota di Indonesia. Rasa kopi yang khas membuat minuman ini menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat.

Hal ini menandakan jika bisnis kedai kopi memang mempunyai pasar yang potensial sehingga layak untuk dikembangkan. Banyaknya kedai kopi yang bermunculan membuat persaingan di bisnis ini semakin ketat. Persaingan di dunia bisnis memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha.

Lalu, apakah yang harus Anda lakukan agar kedai kopi Anda laku keras? Lakukan 4 hal ini agar kedai kopi Anda selalu ramai pengunjung.

1. Rencanakan Pemasaran Bisnis Kedai Kopi Sejak Awal

Kedai Kopi Laku Keras

Merencanakan Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Saat bisnis yang Anda kembangkan telah berjalan, terkadang Anda akan lupa mengenai pemasaran yang harus Anda lakukan untuk membuat agar bisnis tetap berkelanjutan ke depannya. Pemasaran yang baik memang merupakan kunci dari keberhasilan bisnis yang kita jalankan.

Untuk itu, dari awal Anda harus telah merencanakan bagaimana cara pemasaran bisnis kedai kopi Anda nantinya.  Anda dapat mencoba mengadakan event kecil-kecilan dengan mengundang beberapa orang untuk nobar sepak bola atau menyaksikan open mic stand up comedy di akhir pekan.

Pada awalnya mungkin mereka hanya ingin sekedar nobar atau nonton saja, tapi tidak menutup kemungkinan juga mereka akan memesan kopi di kedai Anda untuk menemani mereka nobar atau menyaksikan stand up comedy.

Jika rasa kopi yang Anda sajikan nikmat, tentunya mereka akan datang lagi untuk menikmati kopi di kedai Anda walaupun tidak ada event. Lakukan juga promosi dengan memberikan potongan harga atau bonus misalnya buy one get one dengan ketentuan, mereka harus mengunggah foto kedai kopi Anda ke sosial media. Hal tersebut juga dapat memperkenalkan kedai kopi Anda ke khalayak ramai.

2. Ciptakan Value di Mata Komunitas

Banyak komunitas yang berkembang di Indonesia saat ini. Hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang untuk meramaikan kedai kopi Anda. Anda dapat menyiapkan tempat untuk mereka saat akan mengadakan meeting atau berbagai kegiatan lainnya. Mungkin, hal yang Anda lakukan ini tidak akan memberikan keuntungan dalam hal keuangan, namun akan menciptakan value di mata komunitas.

Anda juga dapat menerima acara tertentu pada kedai kopi Anda misalnya acara ulang tahun, reuni atau peluncuran album band. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan di kedai kopi Anda, semakin banyak pula pelanggan yang akan datang ke kedai kopi Anda.

Baca Juga: 7 Strategi Cerdas Mengembangkan Bisnis Minimarket

3. Tawarkan Atmosfer bukan Desain Interior

Hampir setiap kedai kopi menawarkan desain interior yang nyaman dan cozy bagi para pelanggannya. Mereka biasanya datang ke kedai kopi hanya untuk sekedar bermain gadget. Tawarkan sesuatu yang berbeda untuk mereka sehingga mereka akan sering datang ke kedai kopi Anda bukan untuk bermain gadget namun untuk saling berinteraksi dengan Anda, karyawan atau pengunjung lainnya.

Perlakukan pelanggan Anda layaknya teman Anda sendiri. Cobalah bangun komunikasi yang baik dengan para pelanggan dan tanamkan juga hal tersebut pada karyawan Anda. Para pelanggan akan saling mengenal satu sama lain sehingga mereka akan saling berinteraksi. Jadi ngopi bukanlah untuk menemani mereka bermain gadget namun menemani mereka saling mengobrol antara satu dengan yang lainnya.

4. Menyelami Dunia Kopi

Untuk terjun ke bisnis kopi, Anda harus mengenal mengenai seluk beluk kopi dengan baik. Mulai dari jenis kopi yang menjadi favorit para pelanggan, berasal dari daerah manakah kopi tersebut, bagaimana cara pemanenan kopi yang baik untuk menentukan tingkat keasaman kopi, bagaimana juga teknik penyeduhan kopi agar dihasilkan kopi yang nikmat.

Hal tersebut akan berpengaruh dalam menciptakan keunikan dari kedai kopi Anda nantinya. Jadi selamilah dunia kopi saat Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis ini.

Itulah sekilas uraian mengenai 4 hal yang harus Anda lakukan agar kedai kopi laku keras. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Cara Menentukan Segmentasi Pasar Berdasarkan Tipenya
Cara menentukan segmentasi pasar adalah kegiatan usaha yang membagi target pasar ke dalam beberapa kelompok lebih kecil sehingga lebih mudah
Baca Juga
Cara Melakukan Clearance Sale Anti Rugi dan Keuntungannya
Clearance sale adalah salah satu strategi promosi dengan iming-iming harga murah dengan diskon fantastis. Dimana pelanggan dapat menemukan berbagai macam
Baca Juga
Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD
Saya ingin cerita bagaimana cara meningkatkan omset penjualan dengan matematika sd saat meng-handle usaha distributor.  Usaha ini awalnya hanya memiliki
Baca Juga
10 Contoh Usaha Mikro Cocok Untuk Pengusaha Pemula
Usaha mikro adalah jenis usaha yang dijalankan dalam skala kecil. Contoh usaha mikro yang umum ditemukan pada pengrajin, toko kelontong
Baca Juga
Tips Manajemen Konflik, Atasi Masalah di Tempat Kerja
Manajemen konflik - Anda tentu pernah mengalami situasi di mana perbedaan pendapat atau kepentingan muncul di antara individu atau kelompok
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu