🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

8 Ide Bisnis Rumahan Online Bisa Untung Sampai Jutaan

Membangun bisnis rumahan online membutuhkan passion dan niat yang kuat. Ingin membangun bisnis namun bingung dengan nichenya?
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Monday, 15 August 2022

Bekerja remote atau mencoba ide bisnis rumahan online sudah menjadi trend belakangan ini. Selain menguntungkan, bisnis online tidak pernah semudah ini sebelumnya. Kemajuan dunia digital turut mendukung seorang pebisnis memasarkan usaha online rumahannya.

Kalau Anda ingin sekali membangun sebuah bisnis namun bingung sekali dengan apa yang dirintis, tenang saja! Ada begitu banyak pilihan yang tersedia untuk merintis bisnis. Selagi Anda memiliki minat, hobi dan mau menekuninya, maka bisnis yang dijalankan dari rumah pasti bisa dilakukan.

Ide Bisnis Rumahan Online

Ide Bisnis Rumahan Online

Ilustrasi Ide Bisnis Rumahan Photo by Hobi industri on Unsplash

  • Catering

Apakah Anda seorang juru masak yang hebat? Atau suka sekali memasak? Anda bisa memanfaatkan skill memasak dengan membuka bisnis catering dari rumah. Bukalah bisnis catering dan jual re kepada orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk masak.

Misalnya, karyawan kantoran, mahasiswa atau bisa juga anak sekolah. Anda juga bisa memulai bisnis catering makanan sehat.  Anda bisa cari tahu resep langkah demi langkah, daftar bahan, dan ketahui nilai nutrisi. Kemudian ingatlah untuk menjual manfaat dalam materi pemasaran Anda!

  • Bimbingan Belajar Online

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang mata pelajaran tertentu, mengapa tidak mengajar orang lain melalui kursus online? Memasuki masa sekolah ini, ada begitu banyak orang ingin belajar dari rumah sendiri.

Anda bisa mengajarkan keahlian yang dimiliki dengan memanfaatkan berbagai macam platform  video conference. Pasarkan keahlian Anda ini ke berbagai sosial media agar diminati oleh banyak orang yang memang membutuhkan.  

  • App Developer

Paham dengan pengembangan aplikasi bisa menjadi ide bisnis rumahan online yang menjanjikan. Anda bisa menghubungi klien dan mengerjakan proyek aplikasi hanya di rumah saja. 

Namun, untuk memulai bisnis ini, maka Anda perlu pelatihan terlebih dahulu untuk memahami bahasa yang digunakan oleh Apple, Windows, dll. Pelatihan bisa memakan waktu hingga 6 bulan lebih jika Anda memulai dari awal, tetapi setelah itu, Anda pasti bisa membuka bisnis sendiri.

Baca Juga: Software Akuntansi Untuk Developer Perumahan

  •  Desainer Web

Designer Web

Ilustrasi Designer Web di Rumah (Sumber: Pexels.com)

 Bisnis satu ini bukan yang termudah tetapi jika  Anda punya bakat di bidang ini, maka Anda bisa melakukannya dari rumah. Ya, menjadi desainer web bisa menjadi ide usaha yang menjanjikan. Anda hanya perlu kumpulkan portofolio yang cemerlang dan pasarkan diri Anda secara online.

 Anda mungkin memerlukan USP (unique selling point), karena bidang ini adalah pasar yang kompetitif. Jika Anda memiliki keterampilan desainer dan memahami cara kerja pembuat situs web, Anda bisa memulai ide bisnis rumahan di bidang ini.

  • Desainer Grafis

Setiap bisnis membutuhkan seorang desainer grafis titik. Jika mendesain merupakan keahlian Anda, cukup temukan perusahaan sebagai klien Anda dan tunjukkan portofolio kepada mereka. 

Jika Anda tidak bisa menemukan klien, cobalah situs-situs seperti Fiverr misalnya. Ada banyak tempat yang baik untuk mulai membangun reputasi sebagai desainer grafis. 

  • Translator

Apakah Anda tahu dan menguasai bahasa asing? Apapun keahlian Anda pada bahasa asing, cobalah untuk membuka jasa sebagai penerjemah. Anda bisa membuka bisnis translator dan memasarkan keterampilan tersebut melalui situs-situs atau sosial media.

Pekerjaan sebagai penerjemah bisa sangat menguntungkan jika Anda bisa rajin mendapatkan klien. Pastikan untuk memberi harga yang tidak terlalu tinggi namun cukup kompetitif di pasar.

  • Blogging

Blogging Bisnis Rumahan

Ilustrasi Blogging di Rumah (Sumber: Pexels.com)

Jika Anda menyukai suatu topik, seperti perjalanan, budaya, atau teknologi, Anda dapat memulai bisnis blogging. Jika tulisan yang Anda buat bisa menarik banyak pembaca, maka Anda dapat memonetisasinya melalui iklan dan sponsor.

Blogging adalah bisnis online yang paling murah. Artinya, Anda tidak butuh modal, yang perlu dilakukan adalah rutin menulis dan membangun audiens yang cukup besar untuk dimonetisasi.

  • Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah bisnis yang mempromosikan produk ke orang lain dan menerima komisi untuk setiap penjualan kepada sebuah perusahaan. Misalnya, Anda dapat mempromosikan produk dari perusahaan A melalui posting media sosial, posting blog, artikel, atau video.

Bergantung pada produk yang Anda pasarkan, Anda dapat memperoleh tingkat komisi setinggi 50% untuk produk khusus. Pemasaran afiliasi memiliki keuntungan yang cukup tinggi, namun tergantung pada kemampuan pemasaran Anda.

Baca Juga: E-commerce adalah: Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di E-commerce

Kesimpulan

Ingin membangun bisnis rumahan online terbaik? Temukan niche dan keterampilan Anda, latih, dan tekuni itu. Namun, jangan lupa bahwa di dunia yang sangat digital, apapun bisnis yang ingin Anda kembangkan, kemungkinan besar harus dimulai dengan merancang promosi secara online.

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Artikel Terkait

Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya
Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai
Baca Juga
5 Tips Memulai Bisnis F&B Untuk Pengusaha Pemula
Dari sekian banyak bisnis yang ada, bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling banyak diminati orang. Sehingga tak heran jika saat
Baca Juga
7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
Cara Membaca Barcode untuk Software Kasir Bisnis
Cara membaca barcode diperlukan untuk memudahkan penginputan barang pada aplikasi kasir saat melakukan transaksi di sebuah usaha. Biasanya, usaha yang
Baca Juga
Memahami Sistem Pemrosesan Transaksi, Jenis, Contoh dan Karakterisiknya
Dalam era modern yang serba cepat dan bergerak, sistem pemrosesan transaksi atau bahasa inggrisnya Transaction Processing System (TPS), telah menjadi
Baca Juga
4 Cara Menghitung Modal Awal Usaha dan Contohnya
Memulai merintis karir sebagai seorang pengusaha mengetahui cara menghitung modal adalah hal dasar yang perlu dipahami, dimana modal ini menjadi
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu