⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Contoh Nota Kontan dan Penjelasannya Lengkap

Nota kontan adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran tunai antara penjual dan pembeli
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 28 May 2023

Nota kontan adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran tunai antara penjual dan pembeli. Dalam bisnis, contoh nota kontan sangat penting untuk memastikan bahwa transaksi tunai dilakukan dengan benar dan tercatat dengan baik.

Penting untuk diketahui jika jenis nota kontan dapat bervariasi tergantung pada jenis transaksi dan kebutuhan bisnis atau individu yang terlibat. Adapun bentuk dan format nota kontan dapat disesuaikan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

Apa itu Nota Kontan? Nota Kontan Adalah

Jika diartikan, pengertian nota kontan adalah salah satu bentuk alat pembayaran yang umum digunakan dalam transaksi keuangan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan pengertian nota kontan, fungsinya, dan beberapa contoh penggunaannya.

apa itu Nota transaksi

Ilustrasi penerimaan nota kontan setelah transaksi

Selain itu, nota kontan juga bisa diartikan sebagai dokumen tertulis yang digunakan sebagai bukti pembayaran langsung dalam suatu transaksi. Nota ini berisi informasi tentang jumlah uang yang dibayarkan, tanggal pembayaran, penerima pembayaran, dan deskripsi singkat tentang transaksi tersebut.

berikut ini contoh penggunaan nota kontan yang biasa dilakukan oleh pebisnis.

Digunakan untuk transaksi Pembelian: Ketika seseorang membeli barang atau jasa secara tunai, penjual dapat memberikan nota kontan sebagai bukti pembayaran kepada pembeli.
Pembayaran Hutang: Jika seseorang memiliki hutang kepada pihak lain dan ingin membayar secara tunai, nota kontan dapat digunakan untuk mencatat pembayaran tersebut.
Hingga, transaksi di Bank: Ketika nasabah melakukan transaksi tunai di bank seperti menyetor atau menarik uang, nota kontan diberikan sebagai bukti transaksi.

Fungsi Nota Kontan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terkait bagaimana contoh penggunaan dari nota kontan. Berikut ini penjelasan lebih detail terkait apa saja fungsi dari nota kontan:

1. Bukti Pembayaran

Fungsi nota kontan yang pertama adalah sebagai bukti resmi bahwa suatu pembayaran telah dilakukan. Ini memberikan keamanan dan kepercayaan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi.

2. Bukti Transaksi

Selanjutnya adalah nota kontan juga berguna sebagai rujukan untuk melacak dan memverifikasi transaksi keuangan di masa mendatang. Informasi yang terdapat dalam nota ini membantu mengingat dan mengklarifikasi detail transaksi yang pernah terjadi sebelumnya.

Sehingga akan sangat memudahkan pebisnis dalam melakukan manajemen stok barang atau mengklarifikasi kemungkinan kesalahan jika terjadi dimasa yang akan datang.

3. Manajemen Keuangan

Fungsi selanjutnya adalah digunakan untuk mencatat setiap transaksi melalui nota kontan, seseorang atau perusahaan dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik. Nota kontan dapat digunakan untuk melakukan analisis keuangan, membuat laporan, dan memantau arus kas.

Jenis-Jenis Nota Kontan

Berikut ini jenis-jenis dari nota kontan yang biasa digunakan:

1. Nota Tunai Sederhana

Pertama ada nota tunai sederhana, jenis nota kontan paling umum yang berisi informasi dasar, seperti tanggal pembayaran, jumlah uang yang dibayarkan, dan penerima pembayaran. Nota ini biasanya digunakan dalam transaksi sehari-hari, seperti pembelian barang atau jasa secara tunai.

2. Nota Kwitansi

Kedua ada nota kwitansi, jenis nota ini mencakup informasi yang lebih lengkap, seperti rincian barang atau jasa yang dibeli, harga per unit, jumlah yang dibayar, dan total pembayaran.

Nota kwitansi sering digunakan dalam transaksi bisnis yang melibatkan penjualan barang atau jasa kepada pelanggan.

3. Nota Giro

Ketiga ada nota gito, jenis nota kontan yang digunakan ketika seseorang melakukan pembayaran melalui giro atau cek. Nota ini mencatat informasi mengenai nomor giro atau cek, tanggal pembayaran, dan penerima pembayaran.

4. Nota Kasir

Berikutnya ada nota kasir, jenis nota yang biasanya dikeluarkan oleh kasir dalam bisnis ritel atau restoran untuk mencatat pembayaran yang diterima dari pelanggan. Nota kasir berisi informasi tentang item yang dibeli, jumlah uang yang dibayarkan, kembalian (jika ada), dan tanda tangan kasir.

5. Nota Debet/Kredit

Terakhir adalah nota debet/ kredit, dimana jenis nota ini digunakan dalam transaksi perbankan, seperti penarikan tunai atau setoran ke rekening bank. Nota ini mencatat informasi tentang jumlah yang didebet atau dikreditkan, tanggal transaksi, dan rincian rekening terkait.

Format dan Komponen Nota Kontan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika nota kontan memiliki fungsi yang cukup penting sebagai bukti pembayaran hingga manajemen keuangan. Untuk itu, informasi yang disampaikan di dalamnya juga harus detail sehingga bisa dipertimbangkan.

Berikut komponen-komponen yang wajib ada dalam nota kontan:

  • Logo dan nama perusahaan sebagai identitas dari nota.
  • Nomor nota, digunakan sebagai indikasi pembeda antara nota satu dengan nota lainnya.
  • Mencantumkan tanggal transaksi, sebagai identitas waktu yang nantinya akan memudahkan
  • proses manajemen dan audit.
  • Jenis barang yang dibeli beserta jumlahnya
  • Harga satuan barang dan total harga seluruh barang yang dibeli.

Contoh Nota Kontan dari Beberapa Bidang Usaha

Berikut ini deretan contoh nota kontan:

1. Contoh Nota Kontan Sederhana

Pertama ada nota kontan sederhana. Nota ini biasanya digunakan untuk transaksi kecil seperti pembelian makanan atau minuman di warung atau toko kecil.

Contoh Nota Kontan Sederhana.jpg

Nota ini hanya mencantumkan informasi dasar seperti nama penjual, tanggal transaksi, jumlah pembayaran, dan tanda tangan pembeli.

2. Contoh Nota Kontan dengan Rincian Produk

Contoh nota kontan yang kedua adalah nota kontan dengan rincian produk. Nota ini digunakan untuk transaksi yang melibatkan beberapa produk atau barang. Nota ini mencantumkan informasi tentang produk yang dibeli.

Nota Kontan Dengan Rincian Pembelian Produk

Seperti nama produk, jumlah, harga satuan, dan total harga. Nota ini juga mencantumkan informasi dasar seperti nama penjual, tanggal transaksi, jumlah pembayaran, dan tanda tangan pembeli.

3. Contoh Nota Kontan dengan Diskon

Ketiga adalah nota kontan dengan diskon. Nota ini digunakan untuk transaksi yang melibatkan diskon atau potongan harga. Nota ini mencantumkan informasi tentang produk yang dibeli, jumlah, harga satuan, diskon yang diberikan, dan total harga setelah diskon.

Nota Kontan Dengan Diskon

Nota ini juga mencantumkan informasi dasar seperti nama penjual, tanggal transaksi, jumlah pembayaran, dan tanda tangan pembeli.

4. Contoh Nota Kontan dengan Pajak

Berikutnya adalah nota kontan dengan pajak. Nota ini digunakan untuk transaksi yang melibatkan pajak. Nota ini mencantumkan informasi tentang produk yang dibeli, jumlah, harga satuan, pajak yang dikenakan, dan total harga setelah pajak.

Nota Kontan Dengan Pajak

Nota ini juga mencantumkan informasi dasar seperti nama penjual, tanggal transaksi, jumlah pembayaran, dan tanda tangan pembeli.

5. Contoh Nota Kontan Kredit

Selanjutnya ada nota kontan dengan keterangan pembayaran kredit. Nota ini digunakan untuk transaksi yang memerlukan keterangan khusus seperti pengiriman barang atau jaminan kualitas namun dengan sistem pembayaran kredit

contoh pembayaran Kredit

Sama seperti Nota lainnya, jenis nota ini mencantumkan informasi tentang produk yang dibeli, jumlah, harga satuan, keterangan khusus, dan total harga. Nota ini juga mencantumkan informasi dasar seperti nama penjual, tanggal transaksi, jumlah pembayaran, dan tanda tangan pembeli.

Kesimpulan

Nota kontan adalah alat pembayaran yang berguna dalam transaksi tunai. Fungsinya sebagai bukti pembayaran dan rujukan transaksi memberikan kepercayaan dan keamanan dalam urusan keuangan.

Dengan memahami pengertian dan penggunaan nota kontan, kita dapat lebih terorganisir dalam mengelola transaksi keuangan kita.dan akurat. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memilih contoh nota kontan yang sesuai dengan jenis transaksi yang dilakukan.

Jika Anda membuat nota kontan sendiri menggunakan excel, maka itu langkah yang lebih baik. Namun jika Anda menginginkan cara yang lebih otomatis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting.

Penting untuk diingat nota kontan sangat penting sebagai bukti transaksi yang sah dan menjadi acuan dalam pembuatan laporan keuangan. Tanpa adanya nota kontan akan sulit mendapat rincian harga dan bukti pembayaran yang sah.

Seperti yang telah dijelaskan di atas ada 3 cara mudah untuk membuat nota penjualan. Jika Anda ingin membuat nota yang cepat dan mudah kami sarankan untuk menggunakan software. Software Akuntansi Beeaccounting bisa menjadi solusi cepat Anda.

 Software Akuntansi Beeaccounting

Software ini telah dilengkapi dengan nota penjualan otomatis yang juga terintegrasi dengan laporan keuangan. Jadi Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan dengan dicocokan dengan nota terlebih dahulu. Dengan Software Akuntansi Beeaccounting seluruh data telah sinkron dan mudah untuk digunakan.

Artikel Terkait

Contoh Laporan Keuangan UMKM PDF
Laporan keuangan yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Untuk pelaku UMKM yang masih belum
Baca Juga
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Laporan kegiatan usaha menjadi salah satu landasan perusahaan dalam mengevaluasi kinerja. Melalui laporan ini, perusahaan dapat menggambarkan pencapaian, tantangan, dan
Baca Juga
Laporan Keuangan Terdiri Dari: Penjelasan dan Jenisnya
Laporan keuangan terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki peran yang sangat penting. Laporan keuangan membantu Anda dalam menjalankan operasional
Baca Juga
Pengertian Neraca Saldo, Contoh dan Cara Membuatnya
Membuat neraca saldo atau trial balance merupakan hal yang harus dilakukan secara tepat. Jenis pencatatan akuntansi ini adalah sebuah pondasi
Baca Juga
Laba Ditahan Adalah: Ciri, Contoh dan Cara Menghitungnya
Laba ditahan adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam laporan keuangan perusahaan. Secara pengertian jenis laba ini sengaja untuk
Baca Juga
Aplikasi Manajemen Marketplace, Rekap Transaksi Lebih Mudah
Aplikasi manajemen marketplace berguna untuk merekap semua data produk, pesanan, jumlah stok, dan transaksi pembelian untuk dikelola dalam satu sistem
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu