Logo Bee Web

Mengenal EBIT dan Cara Menghitungnya

EBIT adalah singkatan dari Earnings Before Interest and Taxes jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Laba Sebelum Bunga dan Pajak
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 25 September 2023

EBIT adalah singkatan dari Earnings Before Interest and Taxes, jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Laba Sebelum Bunga dan Pajak, adalah konsep kunci dalam analisis keuangan yang memberikan pemahaman tentang kinerja operasional suatu perusahaan tanpa mempertimbangkan pengaruh bunga dan pajak.

Selain itu, EBIT juga penting karena memungkinkan pemilik bisnis, investor, dan analis untuk mengevaluasi sejauh mana operasi inti perusahaan menghasilkan keuntungan, memfasilitasi perbandingan kinerja antara perusahaan, sektor, dan industri yang berbeda, serta membantu dalam pengambilan keputusan finansial yang cerdas.

Pahami lebih dalam apa itu EBIT, Jenis dan cara menghitungnya pada artikel di bawah ini:

Pengertian EBIT

EBIT atau laba sebelum bunga dan pajak adalah sebuah metrik keuangan yang mengukur laba bersih suatu perusahaan sebelum memperhitungkan biaya bunga dan pajak.

Laba ini mencerminkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari operasi intinya, tanpa memperhitungkan faktor eksternal seperti struktur modal atau perpajakan.

Ebit Adalah

adanya EBIT membuat jumlah keuntungan di luar pajak dan bunga yang harus ditanggung oleh perusahaan bisa dihitung (Credit: Freepik)

Ini adalah indikator penting dalam analisis keuangan karena membantu pemilik bisnis, investor, dan analis untuk memahami kinerja operasional perusahaan secara murni.

Sekaligus memfasilitasi perbandingan dengan perusahaan lain, dan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang profitabilitas inti bisnis tersebut.

Perbedaan EBIT dan EBITDA

EBIT (Earnings Before Interest and Taxes) dan EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) adalah dua metrik keuangan yang digunakan untuk mengukur kinerja operasional suatu perusahaan, tetapi mereka memiliki perbedaan utama:

1. Depresiasi dan Amortisasi

Perbedaan paling mendasar antara keduanya adalah bahwa EBITDA mengabaikan biaya depresiasi dan amortisasi, sedangkan EBIT memasukkannya.

Depresiasi adalah alokasi biaya untuk aset fisik yang sudah tua atau mengalami penurunan nilai seiring waktu, sementara amortisasi adalah alokasi biaya untuk aset tak berwujud seperti hak paten atau merek dagang.

2. Keabsahan Pendapatan

EBITDA dapat memberikan gambaran yang lebih tinggi tentang pendapatan sebenarnya dari operasi inti perusahaan, karena menghapus pengaruh depresiasi dan amortisasi yang mungkin merupakan biaya bukan kas aktual.

Namun, EBIT mencerminkan laba sebelum biaya depresiasi dan amortisasi yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan anggaran dan perhitungan laba akhir.

3. Penggunaan dalam Analisis

EBITDA lebih sering digunakan dalam konteks penilaian perusahaan yang sangat berkaitan dengan kapitalisasi dan struktur utang, seperti perusahaan yang mengalami restrukturisasi keuangan atau yang beroperasi dalam industri dengan tingkat pengeluaran modal yang tinggi. Sementara EBIT lebih umum digunakan dalam analisis kinerja operasional sehari-hari perusahaan.

4. Pajak

Baik EBITDA maupun EBIT mengabaikan biaya pajak dalam perhitungannya, tetapi keduanya memasukkan biaya bunga. EBITDA dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang profitabilitas operasional murni suatu perusahaan.

Sementara EBIT mencerminkan laba sebelum depresiasi dan amortisasi, yang dapat menjadi pertimbangan penting dalam perencanaan anggaran dan strategi bisnis jangka panjang.

Untuk menghitung pajak, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi agar proses pencatatan dan pelaporan keuangan lebih mudah dan teratur. Salah satu software akuntansi online yang bisa Anda pilih adalah Beecloud.

Beecloud memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda, terutama untuk memudahkan kewajiban Anda dalam pelaporan pajak. Dengan Beecloud, Anda bisa mencatat semua transaksi bisnis secara terperinci dan otomatis terhubung dengan laporan keuangan.

Hitung Laporan Pajak Pakai Beecloud

Hal ini memudahkan Anda untuk membuat laporan pajak yang akurat dan tepat waktu tanpa perlu khawatir ketinggalan deadline.

Selain itu, Beecloud juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya seperti pencatatan inventory, pembuatan faktur, dan pengaturan anggaran. Semua fitur ini dirancang untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan lebih efisien dan efektif.

Fungsi EBIT

Berikut adalah beberapa fungsi utama EBIT:

1. Mengukur Kinerja Operasional

Pertama, EBIT membantu dalam mengukur sejauh mana operasi inti perusahaan menghasilkan laba. Ini memungkinkan manajemen untuk mengevaluasi kinerja operasional tanpa mempertimbangkan pengaruh biaya bunga dan pajak, sehingga memberikan gambaran yang lebih akurat tentang profitabilitas inti bisnis.

2. Perbandingan Kinerja

Berikutnya, memungkinkan perbandingan yang lebih mudah antara perusahaan-perusahaan dalam sektor yang sama atau industri yang berbeda. Karena tidak dipengaruhi oleh struktur modal atau tingkat pajak, EBIT memfasilitasi perbandingan kinerja operasional murni.

3. Evaluasi Potensi Leverage Keuangan

Selanjutnya, membantu perusahaan untuk mengukur potensi leverage keuangan, yaitu sejauh mana penggunaan utang akan mempengaruhi laba bersih. Dengan membandingkan laba sebelum pajak dengan biaya bunga, perusahaan dapat mengidentifikasi sejauh mana peningkatan utang dapat meningkatkan laba bersih atau meningkatkan risiko keuangan.

4. Perencanaan Anggaran

EBIT adalah komponen kunci dalam perencanaan anggaran perusahaan. Dengan mengetahui laba sebelum bunga dan pajak, manajemen dapat membuat proyeksi keuangan yang lebih akurat dan merencanakan kegiatan operasional dan investasi.

5. Evaluasi Kinerja Manajemen

Kemudian, Laba ini juga digunakan dalam evaluasi kinerja manajemen, terutama dalam hal mencapai target laba operasional. Ini memberikan dasar untuk menilai apakah manajemen efektif dalam mengelola operasi bisnisnya.

6. Keputusan Investasi dan Pembiayaan

Terakhir, EBIT juga berperan dalam pengambilan keputusan tentang investasi dan pembiayaan. Investor dan kreditor dapat menggunakannya untuk mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk membayar bunga atau menghasilkan pengembalian investasi yang memadai.

Contoh dan Cara Menghitung EBIT

Misalkan PT Contoh Sukses adalah perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk sepatu. Untuk tahun laporan keuangan terakhir, PT Contoh Sukses memiliki data berikut:

  • Pendapatan penjualan: Rp 5.000.000.000
  • Biaya produksi: Rp 2.500.000.000
  • Biaya operasional lainnya (termasuk gaji, sewa, dan biaya administrasi): Rp 1.000.000.000
  • Biaya bunga: Rp 200.000.000
  • Biaya pajak: Rp 300.000.000

Langkah-langkah menghitung EBIT sebagai berikut:

1. Pendapatan penjualan - Biaya produksi = Laba kotor

Rp 5.000.000.000 - Rp 2.500.000.000 = Rp 2.500.000.000

2. Laba kotor - Biaya operasional lainnya = Laba operasional sebelum bunga dan pajak

Rp 2.500.000.000 - Rp 1.000.000.000 = Rp 1.500.000.000

3. Laba operasional sebelum bunga dan pajak - Biaya bunga = EBIT

Rp 1.500.000.000 - Rp 200.000.000 = Rp 1.300.000.000

Jadi, EBIT (Laba Sebelum Bunga dan Pajak) untuk PT Contoh Sukses pada tahun laporan keuangan tersebut adalah Rp 1.300.000.000.

Dalam perhitungan ini, dimulai dengan pendapatan penjualan dan mengurangkan biaya produksi untuk mendapatkan laba kotor. Kemudian, biaya operasional lainnya dikurangkan dari laba kotor untuk mendapatkan laba operasional sebelum bunga dan pajak.

Akhirnya, biaya bunga dikurangkan dari laba operasional sebelum bunga dan pajak untuk mendapatkan EBIT. Penting untuk diingat bahwa EBIT adalah salah satu metrik keuangan yang memiliki peran penting dalam bisni.

Yakni memberikan gambaran tentang kinerja operasional suatu perusahaan sebelum mempertimbangkan biaya bunga dan pajak. Ini digunakan untuk menganalisis profitabilitas inti bisnis dan memungkinkan perbandingan kinerja antara perusahaan-perusahaan yang berbeda.

Pertanyaan Terkait EBIT

1. Apakah EBIT sama dengan Laba Bersih?

Tidak, EBIT (Earnings Before Interest and Taxes) tidak sama dengan Laba Bersih (Net Income). EBIT adalah suatu metrik keuangan yang mengukur laba sebelum memperhitungkan biaya bunga dan pajak, sedangkan Laba Bersih adalah laba akhir yang tersisa setelah semua biaya, termasuk biaya bunga dan pajak, dipertimbangkan.

EBIT digunakan untuk memberikan pemahaman tentang kinerja operasional suatu perusahaan secara murni, tanpa mempertimbangkan pengaruh biaya bunga dan pajak. Ini membantu dalam mengevaluasi sejauh mana operasi inti perusahaan menghasilkan laba.

Laba Bersih

nilai EBIT dalam laporan keuangan dari perhitungan dengan rumus tidak langsung diumumkan pada rapat akhir tahun (Credit: Freepik)

Laba Bersih, di sisi lain, adalah laba akhir yang mencerminkan semua biaya, termasuk biaya bunga yang harus dibayarkan atas utang dan biaya pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah. Ini adalah laba yang tersedia untuk pemegang saham perusahaan setelah semua kewajiban keuangan dan pajak terpenuhi.

2. Dimana letak EBIT di laporan keuangan?

EBIT biasanya ditemukan sebelum Laba Bersih dalam laporan keuangan. Letak EBIT di laporan keuangan biasanya terlihat dalam beberapa tahap, tergantung pada jenis laporan keuangan yang digunakan:

  • Laporan Laba Rugi (Income Statement), terletak di bagian atas laporan laba rugi sebagai "Laba Sebelum Bunga dan Pajak" atau "Operating Income." Ini adalah langkah pertama dalam perhitungan laba bersih. Setelah EBIT, biaya bunga dan pajak dikurangkan untuk mencapai Laba Bersih.
  • Laporan Keuangan yang Lebih Rinci, dalam laporan keuangan yang lebih rinci atau yang dirinci lebih lanjut, mungkin terletak di bawah garis laba rugi bersih, sebelum biaya bunga dan pajak diperhitungkan.
  • Laporan Keuangan Audited, alam laporan keuangan yang diaudit, EBIT dan komponennya sering dijelaskan dalam catatan terlampir yang disebut "Catatan Atas Laporan Keuangan" atau "Catatan Akuntansi," yang mendetailkan semua komponen laporan keuangan.

Jadi, meskipun EBIT memberikan gambaran tentang profitabilitas operasional suatu perusahaan sebelum pengaruh bunga dan pajak, Laba Bersih adalah angka akhir yang mencerminkan laba perusahaan setelah mempertimbangkan semua biaya yang terlibat dalam operasi dan pengaruh pajak.

Contoh Pembukuan Sederhana Online Shop, Mudah dan Akurat!
Contoh pembukuan sederhana online shop membantu Anda untuk dapat memantau perkembangan bisnis serta kondisi keuangan yang dimiliki. Bisnis online shop
Baca Juga
Akuntansi Manajerial: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya
Akuntansi manajerial atau akuntansi manajemen adalah salah satu komponen paling penting dalam suatu bisnis atau perusahaan. Pasalnya, semua hal yang
Baca Juga
Fungsi Jurnal Penyesuaian dan Pengertiannya
Perusahaan jasa maupun dagang membutuhkan pembukuan yang bersifat profesional. Caranya adalah dengan menggunakan jurnal penyesuaian. Fungsi jurnal penyesuaian bermacam-macam, yang
Baca Juga
Contoh Faktur Pajak dan Cara Membuatnya Lengkap!
Faktur pajak adalah dokumen yang berisi informasi transaksi dan digunakan untuk keperluan perpajakan di suatu negara. Faktur ini biasanya dikeluarkan
Baca Juga
Neraca Saldo Setelah Penyesuaian, Simak Penjelasannya
Dalam dunia akuntansi dan bisnis neraca merupakan komponen penting yang harus ada dalam laporan keuangan setiap akhir periodenya. Untuk mendapatkan
Baca Juga
Pengertian Variable Cost, Jenis, Ciri dan Contohnya, Lengkap!
Biaya variabel atau variable cost adalah jenis biaya yang dapat berubah sesuai dengan tingkat produksi atau volume penjualan produk. Bisa
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu