Logo Bee Web

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel dengan Mudah

Cara membuat laporan keuangan di Excel sebenarnya cukup mudah dan juga memiliki user experience menyenangkan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Melakukan cara membuat laporan keuangan di Excel sebenarnya cukup mudah. Aplikasi satu ini memang sudah dikenal lama sebagai software pengolahan angka. Bahkan, untuk fitur di dalamnya juga sudah didesain sedemikian rupa agar kinerja lebih otomatis.

Termasuk di dalamnya untuk membuat laporan keuangan. Ada banyak fitur canggih seperti kemudahan dalam menggunakan rumus-rumus di dalamnya. Lebih lengkap tentang cara membuat laporannya, simak pembahasannya berikut ini.

Mengapa Menggunakan Excel untuk Membuat Laporan Keuangan?

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Mmebuat Laporan Keuangan dengan Menggunakan Excel (Sumber: Freepik.com)

Cara membuat laporan keuangan di Excel memang banyak dilakukan, khususnya bagi pebisnis pemula. Sebenarnya menggunakan platform ini tidaklah salah, karena memang kaya akan beberapa manfaat seperti:

1. Entri Data

Membuat laporan keuangan di Excel ternyata memiliki user experience mengesankan. Entri data bisa Anda dapatkan secara otomatis, cocok untuk yang mendambakan keteraturan dan otomatisasi.
Anda hanya perlu memasukkan data ke Excel, opsi untuk penyusunan otomatis bisa dilakukan. Misal menyusun berdasarkan urutan abjad, nomor, dan masih banyak lagi.

2. Lebih Akurat

Cara membuat laporan keuangan di Excel kerap dilakukan karena dinilai akurasinya tinggi. Software satu ini bisa dipakai untuk mengolah data berupa angka. Jangan khawatir untuk hasilnya, karena secara akurasinya saja tinggi.

Data yang Anda olah tidak akan keliru hasilnya karena ada program-program pembantu di dalamnya. Terdapat juga template pembuatan laporan untuk memaksimalkan user experience-nya.

3. Mudah

Cara membuat laporan keuangan sederhana di Excel memang kerap dilakukan. Hal ini disebabkan karena penggunaannya yang mudah. Sudah tersedia format berupa kolom-kolom yang siap Anda olah sesuai kebutuhan.

Selain itu, ragam tools pendukungnya juga optimal untuk pengolahan angka. Mulai dari pivot, rumus, sampai kustomisasi font. Semua bisa Anda manfaatkan, bahkan bagi para pemula bisa mengoperasikannya.

4. Gratis

Excel merupakan salah satu produk pengolahan angka dimana pengguna bisa memakainya secara gratis. Bagi yang belum memiliki dana mencukupi untuk upgrade perangkat lunak akuntansi, memakai Excel adalah pilihan.

Ragam fitur di dalamnya semua bisa digunakan gratis. Walau bebas biaya, Anda sudah bisa memanfaatkannya untuk membuat laporan keuangan sederhana.

Fitur yang Ada di dalam Microsoft Excel untuk Membuat Laporan Keuangan

Excel didesain dengan banyak sekali fitur untuk pengolahan angka. Termasuk di dalamnya untuk membuat laporan keuangan. Sekian banyak fitur yang dibekalkan Excel untuk user-nya, berikut beberapa yang menarik untuk membantu kinerja Anda.

1. Pivot Table

Cara membuat laporan keuangan di Excel juga dapat lebih maksimal dengan pivot table. Penempatannya ada di menu Insert yang berguna meringkas kompulan data bersifat kompleks.

Fitur ini berguna juga sebagai penyaring data yang rumit menjadi lebih sederhana. Cocok jika Anda ingin memilah data per kategori sehingga lebih optimal.

2. Analisis “What IF”

Untuk mengolah data berupa angka seperti cara membuat rumus laporan keuangan di Excel, bisa memakai fitur ini. Analisis “What IF” ini berguna untuk memperkirakan kumpulan data menjadi rumus.

Anda bisa menguji hasil baru dengan modifikasi data yang ada. Tidak perlu hapus data primer dahulu untuk melakukan hal tersebut. Secara akurasi, fitur ini juga menarik terutama untuk manajemen arus kas.

3. Forecast Sheets

Cara membuat laporan keuangan di Excel ternyata semakin mudah berkat adanya forecast sheets. Fitur satu ini bermanfaat untuk memperkirakan tren data dengan dasar nilai historis. Forecast sheets ini nantinya akan memprediksi tren keuangan dengan format grafis.

Data angka bisa diubah ke dalam bentuk sel secara mudah. Akan tetapi jika Anda ingin memanfaatkan fitur ini, pastikan sudah ada data historis terlebih dahulu.

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel Jenis Laporan Sederhana

Membuat laporan keuangan dengan Microsoft Excel memang mudah. Salah satu yang sering dilakukan adalah membuat laporan sederhana. Untuk membuatnya, ada beberapa tahap yang bisa Anda coba.

1. Masukkan Data

Cara membuat laporan keuangan di Excel sederhana dimulai dengan memasukkan data. Mulai dengan menuliskan judul, nama barang, kegiatan, nominal, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, simak contoh pada gambar berikut.

Laporan Keuangan Dengan Excel

Contoh Laporan Keuangan Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

2. Pakai Fitur Wizard

Langkah berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Wizard. Fitur satu ini bisa dipakai untuk menambahkan tagline atau hal lain agar laporan lebih profesional. Untuk memakai fitur ini, berikut langkahnya:

  • Klik tools File di Excel Anda
  • Setelah itu, klik Wizard dan pilih berbagai jenis template dengan pilihan seperti gambar berikut.
Potret Templete Excel

Potret Templete Excel (Sumber: Bee.id)

Ragam template akan ditampilkan, bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk membuat agenda, kalender, format khusus laporan keuangan, dan lainnya.

3. Pakai Rumus yang Tepat

Microsoft Excel merupakan salah satu platform yang memang cocok untuk mengolah angka. Ada banyak kombinasi rumus yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari penjumlahan, sampai rumus VLOOKUP maupun kombinasi lainnya.

Cara membuat laporan keuangan di Excel harus dengan rumus yang tepat. Seperti dalam contoh laporan sederhana berikut yang memakai rumus SUM untuk penjumlahannya.

  • Untuk menjumlahkan total penjualan menggunakan rumus =SUM(total di kolom pertama sampai yang ingin dijumlahkan, tekan enter)
  • Untuk mengetahui total dari kuantiti penjumlahan dan harga satuan menggunakan rumus perkalian yakni =cell harga satuan*qty
Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Penggunaan Rumus yang Tepat Pada Excel (Sumber: Freepik.com)

4. Atur Format Cell Agar Lebih Otomatis

Agar laporan keuangan Anda lebih baik tampilannya, pastikan jangan melupakan format cell. Ada banyak pengaturan dan bentuk format cell yang dapat Anda gunakan.

  • Untuk mengaturnya cukup lihat menu Home di toolbar.
  • Klik pilihan format cell, tampilan angka akan berubah, seperti dalam gambar berikut:
Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Pengeturan Format Excel (Sumber: Bee.id)

5. Membuat Grafik

Bentuk tabel dari laporan keuangan Anda juga bisa diubah tampilannya menjadi grafik. Cocok sekali untuk mengevaluasi performa keuangan secara mudah. Cara buat laporan keuangan di Excel menjadi beberapa tampilan grafik seperti:

  • Diagram batang
  • Diagram pie
  • Dan berbagai macam diagram lainnya

Jika merubahnya ke dalam grafik, Anda akan dengan mudah mengetahui jumlah pemasukan. Bahkan bisa mengevaluasinya secara cepat, tanpa harus repot membaca angka-angka.

Untuk membuat file menjadi bentuk grafik, cukup blok bagian yang ingin dirubah
Setelah itu, masuk ke toolbar Insert, lihat bagian lambang grafik, pilih mode yang Anda butuhkan.

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Contoh Grafik Laporan Keuangan Excel (Sumber: Bee.id)

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Excel untuk Bisnis

Rumus Lain untuk Membuat Laporan Keuangan Lebih Kompleks

Contoh cara membuat laporan keuangan di Excel sebelumnya memang masih mendasar sifatnya. Agar laporan Anda semakin kompleks, ada berbagai rumus yang bisa dipakai, seperti berikut.

1. IF Tunggal dan Cabang

Untuk rumus IF tunggal adalah fungsi dasar yang pemakaiannya masih sederhana. Rumus satu ini dipakai untuk memeriksa nilai logika. Setelah itu, dipakai untuk memutuskan mengambil tindakan.

Rumus IF tunggal adalah =IF (kriteria acuan;[nilai untuk kondisi];[nilai kondisi tidak terpenuhi]). Sedangkan IF cabang berguna untuk memeriksa nilai yang jumlahnya lebih dari satu buah.

2. COUNTA

Rumus satu ini merupakan formula untuk menghitung jumlah kolom serta baris. Akan tetapi dalam artian yang tidak kosong. Rumus dari COUNTA ini adalah = COUNTA (nilai baris atau kolom pertama;nilai baris atau kolom seterusnya).

KESIMPULAN

Cara membuat laporan keuangan di Excel memang bisa menjadi pilihan menarik. Akan tetapi sifatnya masih sederhana, dan perlu kemampuan khusus jika ingin pakai rumus lainnya. Jika Anda ingin upgrade tools bisnis, Software Akuntansi Online Beecloud bisa jadi solusi yang lebih praktif dan efektif.

Menggunakan Beecloud, Anda bisa membuat laporan keuangan secara otomatis. Baik itu laba rugi, neraca, perubahan modal, dan sebagainya dibuat secara mudah. Pastikan gunakan software Beecloud untuk upgrade bisnis yang lebih profesional.

Beecloud Aplikasi Dashboard Untuk Monitor Bisnis Real Time

Macam-macam Software Akuntansi Produksi Bee.id
Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat canggih. Ada banyak produk teknologi yang sengaja diciptakan demi mempermudah kehidupan manusia, khususnya dalam
Baca Juga
GDP Adalah: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Cara Menghitung
Perekonomian sebuah negara tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik, karena hal ini berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat di dalamnya.
Baca Juga
Aplikasi Kasir Toko Pakaian dan Fitur Pentingnya
Aplikasi kasir toko pakaian merupakan sebuah sistem yang dibutuhkan setiap pemilik usaha. Perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap beberapa bisnis, salah
Baca Juga
Manfaat Laporan Keuangan bagi Pengelola Bisnis dan Pihak Eksternal
Beberapa pebisnis mungkin sering mengalami masalah dalam mengelola keuangannya. Salah satu hambatan yang dirasakan adalah kesulitan dalam memahami manfaat laporan
Baca Juga
Bagaimana Cara Melakukan Pembukuan Bengkel Motor Mobil?
Untuk bertahan hidup di industri ini, banyak poin harus dipertimbangkan, termasuk pembukuan bengkel motor mobil hingga pengawasannya. Tidak dapat dipungkiri,
Baca Juga
5 Langkah Mudah Membuat Laporan Keuangan
Membuat laporan keuangan, meskipun sering ditakuti sebagai bagian yang rumit dari proses akuntansi usaha kecil, sebenarnya hanyalah masalah menempatkan sejumlah
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu