Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis

Dipublish Tgl: Tuesday, 10 May 2022

Membahas tentang pembukuan di dalam usaha kecil tentu sangat penting. Selain menjadi media untuk mengatur keuangan usaha Anda juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan usaha Anda. Dalam membuat pembukuan di era sekarang telah banyak yang menggunakan Excel. Artikel kali ini akan membahas mengenai pembukuan di excel serta download file excel laporan laba rugi. 

Pentingnya Pembukuan

download file excel laporan laba rugi

Ilustrasi Pentingnya Pembukuan (Sumber: Pexels.com)

Pentingnya pembukuan usaha kecil yaitu agar setiap pengeluaran ataupun pemasukan dapat diketahui dengan jelas. Selain itu, dengan adanya pembukuan Anda juga bisa mengontrol segala alur keuangan usaha Anda mulai dari harga jual produk maupun perubahan modal dari bulan ke bulan. 

Persiapan Penyusunan Pembukuan Usaha Kecil Excel

1. Menyiapkan Catatan Transaksi Pengeluaran

Langkah pertama dalam menyusun pembukuan usaha kecil di excel yaitu menyiapkan catatan transaksi pengeluaran. Artinya setiap transaksi pengeluaran Anda catat dan kumpulkan datanya untuk diolah di tahap selanjunya. 

2. Mencatat Transaksi Pemasukan

Setelah semua catatan transaksi pengeluaran disiapkan, langkah selanjutnya adalah mencatat transaksi pemasukan. Artinya segala sumber pemasukan Anda catat dengan detail beserta nominalnya. 

3. Membuat Buku Kas

Langkah selanjutnya adalah membuat buku kas. Tentunya buku kas ini sangat mendukung dalam penyusunan pembukuan yang baik dan benar. 

4. Membuat Catatan Inventaris

Langkah selanjutnya adalah membuat catatan inventaris barang. Catatan inventaris sendiri merupakan catatan yang di dalamnya terdiri informasi nama barang, tanggal pembelian barang, jumlah barang, kondisi barang, dank kode barang. 

5. Membuat Laporan Laba-Rugi

Langkah terakhir dalam penyusunan pembukuan adalah membuat laporan laba rugi. Laporan ini merupakan catatan mengenai besarnya keuntungan atau kerugian selama periode tertentu. 

Keuntungan Membuat Pembukuan dengan Excel

Ilustrasi Membuat Pembukuan dengan Excel (Sumber: Freepik.com)

1. Dapat Menyimpan Data Tidak Terbatas

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan membuat pembukuan dengan excel yaitu Anda dapat menyimpan data penting untuk pembukuan tidak terbatas. Artinya memuat data dengan kapasitas banyak. 

2. Meminimalkan Kesalahan Perhitungan

Membuat pembukuan dengan excel juga dapat meminimalkan kesalahan perhitungan. Hal ini dikarenakan di dalam excel terdapat rumus atau fitur yang bisa mengecek perhitungan yang kurang tepat. 

3. Lebih Praktis dan Cepat

Selain dari segi penyimpanan data dan minim kesalahan, excel juga membuat pembukuan menjadi lebih praktis dan cepat. Lebih praktis karena banyak rumus dan fitur yang membantu membuat pembukuan. Sedangkan lebih cepat karena membutuhkan waktu yang singkat jika membuat pembukuan di excel. 

Kekurangan Membuat Pembukuan dengan Excel

1. Cara Menggunakan Rumus Excel Sulit

Kekurangan pertama yaitu Anda perlu mempelajari ilmu mengenai rumus di dalam excel karena jika tidak maka Anda akan merasa kesulitan untuk menggunakannya. 

2. Tidak Ada Riwayat Perubahan Data

Selain dari segi rumus, di excel tidak ada riwayat perubahan data. Artinya ketika Anda merubah data yang Anda masukkan kemudian Anda olah kembali maka olahan data yang pertama yang ada riwayatnya. Tentu hal ini bisa fatal jika Anda masih membutuhkan data yang pertama. 

3. Masih Dilakukan Secara Manual

Kekurangan lain dari excel yaitu masih dilakukan secara manual. Manual disini artinya dalam memasukkan data atau entry data. Anda harus tetap manual satu satu memasukkan data ke excel. 

Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan Excel

Dalam download file excel laporan laba rugi, terdapat 3 contoh format laporan keuangan bulanan excel sebagai berikut : 

  • Laporan Arus Kas

Contoh Laporan Arus Kas menggunakan Aplikasi

Contoh Laporan Arus Kas menggunakan Software Akuntansi Beecloud

  • Laporan Laba Rugi

laporan laba rugi aplikasi pembukuan toko online

Contoh Laporan Laba Rugi Menggunakan Software Akuntansi Beecloud

  • Neraca

Laporan Neraca Staffel

Contoh Laporan Neraca Staffel Menggunakan Software Akuntansi Beecloud

5+ Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis

Download file excel laporan laba rugi bisa lik link button di bawah ini.

download file excel laporan laba rugi

Klik Button Ini untuk Download Laporan Laba Rugi

Manfaat Laporan Keuangan

1. Bagi Perusahaan Sebagai Manajemen

Laporan keuangan sendiri memiliki manfaat untuk perusahaan yaitu mampu memberikan informasi terkait alur keuanga mulai dari pemasukkan, pengeluaran, modal dan lain sebagainya. Tentunya laporan keuangan ini bisa digunakan sebagai evaluasi pengembangan perusahaan. 

2. Bagi Investor atau Owner

Laporan keuangan juga sangat dibutuhkan oleh para investor artinya untuk menyakinkan investor berinvestasi kepada sebuah perusahaan maka perusahaan mampu menunjukkan alur keuangan. 

Tujuan Penyusunan Laporan Keuangan

1. Untuk Membantu Perusahaan Dalam Proses Pengambilan Keputusan

Laporan keuangan dapat membantu perusahan untuk saran evaluasi keuangan serta dampak terhadap pengambilan keputusan ekonomi. 

2. Untuk Membantu Menilai dan Memprediksi Pertumbuhan Bisnis di Masa Depan

Dengan laporan keuangan maka perusahaan dapat mengetahui kondisi keuangan di masa sekarang dan memperkirakan kondisi keuangan di masa yang akan datang. 

3. Untuk Menilai Aktivitas Pendanaan dan Operasi Perusahaan

Laporan keuangan juga membantu perusahaan menilai aktivitas pendanaan dan operasional suatu perusahaan dalam periode tertentu. 

Komponen Utama Laporan Keuangan Bulanan Excel

Contoh Laporan Cash Flow Excel

  • Laporan Arus Kas

Laporan arus kas sendiri bertujuan untuk memperkirakan arus kas dimasa depan, mengevaluasi pengambilan keputusan serta menunjukkan laba bersih. 

  • Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan catatan untuk menunjukkan tentang besarnya keuntungan dan kerugian yang diperoleh perusahaan selama periiode tertentu. 

  • Neraca

Neraca sendiri merupakan komponen utama laporan keuangan yang dibuat setiap satu tahun sekali. 

Cara Membuat Laporan Keuangan Step-by-Step

1. Kumpulkan dan Analisa Bukti Transaksi

Langkah pertama dalam membuat laporan keuangan step by step yaitu mengumpulkan bukti transaksi. Bukti transaksi ini bisa meliputi bukti pembayaran, bukti pemasukkan, atau bukti lainnya. Bukti ini bisa dalam bentuk kwitansi, wesel ataupun lainnya. 

2. Membuat Jurnal Transaksi

Jurnal transaksi ini di dalamnya berisi informasi mengenai tanggal,nomor bukti, akun transaksi, keterangan, debet, kredit, dan saldo. 

3. Memindahkan Transaksi ke Buku Besar

Langkah selanjutnya memindahkan semua jenis transaksi ke buku besar atau dikenal dengan General Ledger. 

4. Membuat Neraca Percobaan

Neraca percobaan ini dibuat menjelang penutupan buku yang bertujuan untuk memastikan nilai akun saldo debit sama dengan akun saldo kredit. 

5. Laporan Keuangan

Langkah terakhir adalah membuat laporan keuangan meliputi laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan posisi keuangan dan laporan perubahan modal. 

Cara Cepat dan Akurat dalam Menyusun Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Beeaccounting merupakan software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan keuangan secara cepat dan akurat. Hal ini dikarenakan terdapat fitur seperti membuat laporan dengan cepat dan mudah, fitur inventaris barang, fitur analisis bisnis, dan fitur cek data antar cabang.

Kesimpulan

Dalam pelaporan lаbа rugі реruѕаhааn, jangan lupa mеnсаntumkаn laporan lаbа rugi dаrі kеgіаtаn реruѕаhааn, lаbа rugi уаng dіtеrіmа dаrі саbаng dan laba rugі реrіоdе berjalan. Itulаh penjelasan mеngеnаі lароrаn kеuаngаn, laporan laba rugi perusahaan, dan саrа mеnghіtung lаbа rugі уаng bіѕа Andа gunakan.

Dараt disimpulkan bahwa lароrаn kеuаngаn harus dіѕuѕun ѕесаrа tepat dаn akurat. Uѕаhаkаn untuk tіdаk mеmbuаt kesalahan dаlаm penulisan аngkа. Kаrеnа jіkа ѕаlаh dari awal, ѕеluruh реrhіtungаn jugа bіѕа ѕаlаh dаn bіѕа mеnіmbulkаn bаnуаk kеrugіаn dіbаndіngkаn kеuntungаn.

Untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam menyusun laporan keuangan maka jangan khawatir karena kami disini punya rekomendasi terbaik untuk Anda. Pakai Software Akuntansi Beeaccounting. Beberapa keuntungan jika Anda menggunakan Software Akuntansi Beeaccounting:

  • Gak harus jago Akunting
  • Revisi mudah gak harus revisi satu-satu
  • Gampang diaudit
  • Bisa dibutuhkan kapan saja dan realtime
Apa itu Aplikasi Pembuat Kwitansi Online dan Kelebihannya
Butuh aplikasi pembuat kwitansi online atau software akuntansi online dilengkapi fitur-fitur fungsional lainnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya perlu dilihat […]
Baca Juga
Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B
Cara Mengembangkan Bisnis F&B - Bisnis F&B atau food and beverage kini semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar. Karena […]
Baca Juga
Contoh Cash Flow Sederhana yang Mudah Penerapannya
Contoh cash flow sederhana dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan terutama pada bagian laporan arus kas. Pasalnya laporan arus […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu