7 Strategi Cerdas Mengembangkan Bisnis Minimarket

Monday, 29 July 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Strategi Bisnis Minimarket – Bisnis minimarket kini semakin banyak diminati orang. Namun dari setiap pebisnis minimarket perlu mengetahui strategi yang cerdas untuk mengembangkan bisnis tersebut. Jika anda termasuk salah satu orang tersebut, ada beberapa strategi yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis minimarket. Yang mana strategi ini cukup mudah untuk dilakukan.

Langsung saja berikut ini 7 strategi cerdas mengembangkan bisnis minimarket…

1. Pilih lokasi strategis

Lokasi yang tepat menjadi salah satu faktor dalam suksesnya bisnis. Karena dengan lokasi yang strategis ini, anda bisa semakin dekat dengan target pasar.

Dalam memilih lokasi yang tepat untuk bisnis minimarket yaitu memilih lokasi yang ramai seperti di pinggir jalan raya atau berdekatan dengan kampus, perkantoran dan lain sebagainya. Sehingga tanpa melakukan promosipun bisnis anda akan diketahui banyak orang.

Baca Juga: Buka Bisnis Kuliner di Pinggir Jalan, Ini Tipsnya

2. Hitung laba yang ingin diraih secara tepat

Strategi bisnis Minimarket
Gambar 1. Menghitung Laba Secara Cepat (Sumber: Pexels.com)

Apapun bentuk bisnisnya, mencari profit adalah tujuan utama berbisnis. Maka dari itu penting untuk melakukan penghitungan laba yang ingin anda dapatkan, agar bisnis minimarket bisa lebih sukses. Untuk membangun minimarket, pastikan anda menghitung berapa modal yang dikeluarkan.

3. Memiliki branding yang baik

Dengan memiliki ciri khas produk, Anda akan lebih dikenal oleh banyak orang. Branding yang baik bisa membuat minimarket yang anda miliki bisa berkembang dengan baik. Selain itu, untuk meningkatkan branding yang baik ini, anda bisa melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Pada umumnya, minimarket menjalin kerjasama dengan berjualan pulsa, bayar belanja online, pembelian tiket kereta atau pesawat dan lain sebagainya. Dengan memiliki berbagai banyak opsi ini, pelanggan akan lebih sering datang ke minimarket anda untuk melakukan transaksi atau membeli.

4. Promosi dengan cara yang kreatif

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan minimarket yaitu melakukan promosi dengan cara yang kreatif. Agar tidak sama dengan minimarket lainnya, buatlah promosi yang terbilang unik seperti pemberian diskon untuk hari-hari tertentu dan bisa juga mengadakan program undian berhadiah menarik. Selain itu,  menawarkan harga paket untuk dua barang yang berbeda dengan harga yang lebih murah juga bisa Anda terapkan agar semakin menarik minat konsumen.

5. Memaksimalkan penggunaan teknologi

Cara mengembangkan minimarket yang selanjutnya yaitu memaksimalkan penggunaan teknologi. Karena  penggunaan teknologi ini semakin memudahkan kita untuk melakukan berbagai macam transaksi dalam menjalankan bisnis. Selain itu, keuntungan dengan memaksimalkan penggunaan teknologi ini bisa memberikan pelayanan yang efisien kepada pelanggan.

Dengan pemanfaatan teknologi yang tepat, akan lebih mudah bagi anda untuk mengetahui untung ruginya.

6. Manajemen usaha yang baik

Memiliki manajemen usaha yang baik juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembangkan minimarket. Karena dengan manajemen usaha yang buruk, dapat dipastikan usaha minimarket tidak akan berjalan dengan efektif. Manajemen usaha yang baik ini bisa Anda terapkan pada pendistribusi stok barang dari produsen sehingga bisa sampai ke tangan pelanggan dalam keadaan baik. Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan memutuskan untuk kembali belanja di minimarket.

7. Pelayanan terbaik

Cara terakhir untuk mengembangkan bisnis minimarket yaitu memberikan pelayanan yang terbaik. Yang mana harus selalu ramah dalam melayani konsumen. Dengan begitu Konsumen akan semakin nyaman dalam berbelanja di minimarket.

Itulah 7 cara mengembangkan bisnis minimarket. Dengan penerapan cara-cara tersebut, bisa dipastikan bisnis minimarket akan semakin cepat berkembang. Yang terpenting selalu berikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen. Semoga bermanfaat.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :