Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Komputer untuk Kasir dan Macam-macam Perangkatnya

Dipublish Tgl: Tuesday, 26 April 2022

Jenis komputer untuk kasir adalah perangkat yang secara luas dipertanyakan oleh orang-orang baru yang akan memulai bisnis mereka. Nah, komputer kasir itu sendiri adalah mesin kasir canggih dan dilengkapi dengan teknologi. Jika mesin kasir kasir memiliki banyak keterbatasan, maka mesin komputer kasir sebenarnya dapat diandalkan dalam banyak hal.

Beberapa keuntungan yang dimiliki oleh komputer kasir tetapi tidak dimiliki oleh cashregister atau cashdrawer adalah kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dan fleksibilitas pengaturan yang lebih tinggi. Karena itu, komputer kasir tidak hanya memiliki komponen perangkat keras penting, tetapi juga perangkat lunak yang sama sama pentingnya untuk dipenuhi.

Apa itu Komputer untuk Kasir

apa-itu-komputer-kasir

Ilustrasi Kasir Minimarket Melakukan Transaksi dengan Komputer Kasir (Sumber: Freepik.com)

Komputer untuk kasir, sebenarnya adalah kasir yang telah menggunakan komputer sebagai alat untuk sistem pembayaran mereka. Jenis komputer ini memiliki dua bagian penting. Kedua bagiannya adalah perangkat keras komputer sendiri dan perangkat lunak atau aplikasi kasir.

Setidaknya ada enam komponen yang biasanya ada pada sistem komputer untuk kasir. Keenam komponen ini adalah CPU, monitor atau pos display, cashdrawer, kasir printer khusus, pole display (monitor pembeli) dan pembaca barcode atau biasa disebut barcode scanner. Dan jangan lupa aplikasi kasir, karena ini juga sangat penting.

Komponen Penting dalam Komputer untuk Kasir

Jenis komputer kasir terdiri dari beberapa bagian yang terpisah, tetapi mereka harus dipersatukan untuk dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan perintah yang ada. Alasan mengapa modul-modul ini dibuat terpisah dan tidak menyatu secara permanen adalah, agar nantinya jika terjadi kerusakan, hanya modul / alat tertentu yang perlu diganti, tanpa harus mengganti seluruh komputer kasir.

Saat ini ada banyak merek komputer yang memiliki kualitas yang baik dan terkenal di pasar. Namun, untuk menghemat lebih banyak biaya, mungkin Anda dapat menggabungkan beberapa merek untuk perangkat kasir. Misalnya, Anda dapat membeli printer dengan merek Epson, kemudian menggabungkannya dengan CPU Brand Prostronix. Dengan demikian, biaya anggaran akan lebih ditekan.

Seperti disebutkan di atas bahwa mesin komputer kasir harus terdiri dari beberapa modul, untuk menjalankan perintah sesuai dengan fungsinya. Dan modulnya adalah: LCD, CPU, cashdrawer, printer, pole display, barcode scanner, dan aplikasi kasir.

1. CPU Kasir

komputer untuk kasir

CPU Komputer Kasir

Sebagai otak sistem komputer, tentu saja peran CPU sangat penting. Yang perlu Anda perhatikan sebagai pemilik bisnis adalah bahwa CPU untuk kasir berbeda dari CPU untuk kebutuhan sehari-hari. Meskipun Anda dapat menggunakan CPU biasa. Mengapa? Karena penggunaan kasir yang sangat lama. Dari jam toko terbuka, sampai toko ditutup.

Karena itu, pilih CPU yang memiliki banyak lubang udara. Ini untuk menghindari komponen komputer yang terlalu panas atau juga disebut overhead. Juga pastikan bahwa di CPU memiliki hard drive yang dirancang untuk bekerja 24 jam. Masalah RAM disesuaikan dengan kebutuhan akan perangkat lunak. Yang tidak kalah penting adalah power supply (PSU). Cobalah untuk memiliki PSU yang baik.

2. Monitor atau POS Display

komputer untuk kasir

Layar LCD atau POS Display

Karena kita berbicara tentang bisnis, Anda tidak perlu menggunakan LCD yang memiliki kecepatan refresh yang tinggi. Pilih LCD dan radiasi bertenaga rendah. Layar monitor 15 inci cukup memadai. Untuk merek, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menggunakan Philips, Fujitsu, LG, Samsung, atau merek lain. bebas, yang penting adalah berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Contoh Laporan Kas Excel Bikin Laporan Keuangan Cuma 5 Menit

3. Printer Kasir

Printer Khusus Kasir

Komponen selanjutnya dari komputer kasir adalah printer kasir. Modul ini digunakan untuk memberikan laporan pengeluaran / tanda terima kepada konsumen. Berbeda dengan printer yang biasa yang memiliki ukuran besar, kasir memiliki ukuran yang cukup mini, sehingga tidak akan makan banyak tempat di meja komputer Anda.

4. Cashdrawer

Cash Drawer atau Laci Uang

Jika Anda membeli satu sistem paket, biasanya akan mendapatkan semuanya, termasuk laci untuk uang. Di mana laci ini biasanya secara otomatis terbuka setelah transaksi selesai dan Anda menyerahkan uang Anda ke kasir. Namun, jika Anda tidak memiliki laci otomatis, cobalah untuk memiliki laci yang aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hanya sebuah catatan, beberapa pemilik bisnis melengkapi kasir mereka dengan CCTV. Meskipun ini bukan bagian dari sistem komputer kasir, tetapi CCTV di bidang ini harus dipertimbangkan. Karena ini akan membuat sistem kasir Anda lebih tahan lama. Tahan lama dari gangguan dari luar dan dalam manajemen.

5. Customer Display

Layar Pembeli atau Pole Display

Rasanya sangat rumit dan cukup sulit bagi pelanggan untuk dapat melihat jumlah transaksi mereka pada layar LCD kasir saat bertransaksi. Karena itu, Anda memerlukan pole display atau customer display. Dengan alat ini, pelanggan juga dapat melihat dengan bebas proses penghitungan harga yang dilakukan oleh petugas kasir.

6. Barcode Scanner

Barcode Scanner (sumber: tokopedia.com)

Ini yang juga tak kalah penting dalam sebuah sistem komputer kasir. Barcode scanner berfungsi untuk membaca barcode yang ada pada produk, lalu selanjutnya di input pada aplikasi kasir. Ini akan mempercepat kasir dalam melakukan transaksi penjualan.

Karena kasir tidak perlu lagi mengetik manual setiap produk belanjaan pelanggan. Hanya menggunakan barcode scanner, maka item akan langsung muncul pada aplikasi kasir. Sebagai catatan, pastikan aplikasi kasir sudah support barcode scanner.

7. Aplikasi Kasir

aplikasi kasir beepos

Aplikasi Kasir Beepos

Bagian terakhir ini adalah komponen yang tidak dapat dihiraukan. Karena dengan semua komponen di atas, sistem kasir tidak akan dapat digunakan. Aplikasi kasir memang banyak dipasaran, tetapi tidak semua aplikasi kasir yang mendukung beberapa macam merk hardware komponen di atas.

Pastikan Anda memilih aplikasi kasir yang telah mendukung semua macam hardware, dari pole display, barcode scanner, cash drawer, hingga printer kasir. Untuk meminimalisir pengeluaran, pilihlah aplikasi kasir yang dapat berjalan pada cpu yang minim.

Meski spesifikasi minim, tetapi aplikasi tetap dapat digunakan. Tapi Anda juga boleh menggunakan CPU yang memiliki spek tinggi juga

Aplikasi Kasir Komputer untuk Kasir

Setelah membahas mengenai pengertian hingga komponen-komponen komputer untuk kasir, selanjutnya Anda perlu mengetahui tentang aplikasi kasir. Pasalnya Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih aplikasi kasir, karena jika salah pilih maka itu akan merugikan bisnis Anda sendiri.

Namum Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa memilih aplikasi kasir yang kami rekomendasikan berikut ini.

  • Aplikasi Kasir Komputer untuk Kasir, Beepos

Beepos Software Kasir Online

Beepos merupakan aplikasi kasir yang telah mendukung banyak komponen hardware, sehingga Anda tidak akan salah pilih komponen. Keunggulan aplikasi kasir beepos memiliki sistem keamanan dan kecepatan yang terjamin. Sehingga Anda akan mudah mengembangkan bisnis Anda.

Berikut beberapa fitur unggulan Beepos:

  • Transaksi cepat, didesain full keyboard, pencarian barcode cepat, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk membayar belanjaannya.
  • Data aman, jangan takut kalau uang dicuri atau hilang, karena beepos memiliki sistem keamanan berupa proteksi password atau pin
  • Support banyak hardware, seperti yang sudah dijelaskan, beepos telah support banyak hardware
  • Data terpusat, Anda bisa mengakses data bisnis Anda kapanpun dan dimanapun
  • Integrasi akuntansi, semua laporan akuntansi lengkap, kapanpun Anda butuh maka akan tersaji otomatis.

Kesimpulan

Dengan mengetahui pengertian hingga komponen komputer untuk kasir, diharapkan Anda tidak salah pilih dalam memilih perangkat untuk memulai menggunakan sistem kasir pada bisnis Anda. Karena Anda akan sangat terbantu jika mulai menggunakan komputer kasir pada bisnis Anda.

Nikmati Mesin Kasir Terintegrasi dengan Beepos Kasir, Efektif dan Efisien!
Beepos kasir merupakan salah satu software kasir di Indonesia yang menggunakan sistem POS (Point of Sales). Apakah Anda pernah mendengar […]
Baca Juga
Aplikasi Kasir Coffee Shop untuk Tingkatkan Penjualan Anda
Aplikasi kasir coffee shop saat ini sudah banyak bermunculan dimana-mana. Mereka semua memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberi kemudahan […]
Baca Juga
6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis
Strategi Pemasaran Produk - Untuk saat ini memang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis baik itu online maupun offline. Segala […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu