🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal Komputer untuk Kasir dan Perangkat Pendukungnya

Jenis komputer untuk kasir adalah perangkat yang secara luas dipertanyakan oleh orang-orang baru yang akan memulai bisnis mereka.
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Tuesday, 26 April 2022

Jenis komputer untuk kasir adalah perangkat yang secara luas dipertanyakan oleh orang-orang baru yang akan memulai bisnis mereka. Nah, komputer kasir itu sendiri adalah mesin kasir canggih dan dilengkapi dengan teknologi. Jika mesin kasir kasir memiliki banyak keterbatasan, maka mesin komputer kasir sebenarnya dapat diandalkan dalam banyak hal.

Beberapa keuntungan yang dimiliki oleh komputer kasir tetapi tidak dimiliki oleh cashregister atau cashdrawer adalah kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dan fleksibilitas pengaturan yang lebih tinggi. Karena itu, komputer kasir tidak hanya memiliki komponen perangkat keras penting, tetapi juga perangkat lunak yang sama sama pentingnya untuk dipenuhi.

Apa itu Komputer untuk Kasir

apa-itu-komputer-kasir

Ilustrasi Kasir Minimarket Melakukan Transaksi dengan Komputer Kasir (Sumber: Freepik.com)

Komputer untuk kasir, sebenarnya adalah kasir yang telah menggunakan komputer sebagai alat untuk sistem pembayaran mereka. Jenis komputer ini memiliki dua bagian penting. Kedua bagiannya adalah perangkat keras komputer sendiri dan perangkat lunak atau aplikasi kasir.

Setidaknya ada enam komponen yang biasanya ada pada sistem komputer untuk kasir. Keenam komponen ini adalah CPU, monitor atau pos display, cashdrawer, kasir printer khusus, pole display (monitor pembeli) dan pembaca barcode atau biasa disebut barcode scanner. Dan jangan lupa aplikasi kasir, karena ini juga sangat penting.

Komponen Penting dalam Komputer untuk Kasir

Jenis komputer kasir terdiri dari beberapa bagian yang terpisah, tetapi mereka harus dipersatukan untuk dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan perintah yang ada. Alasan mengapa modul-modul ini dibuat terpisah dan tidak menyatu secara permanen adalah, agar nantinya jika terjadi kerusakan, hanya modul / alat tertentu yang perlu diganti, tanpa harus mengganti seluruh komputer kasir.

Saat ini ada banyak merek komputer yang memiliki kualitas yang baik dan terkenal di pasar. Namun, untuk menghemat lebih banyak biaya, mungkin Anda dapat menggabungkan beberapa merek untuk perangkat kasir. Misalnya, Anda dapat membeli printer dengan merek Epson, kemudian menggabungkannya dengan CPU Brand Prostronix. Dengan demikian, biaya anggaran akan lebih ditekan.

Seperti disebutkan di atas bahwa mesin komputer kasir harus terdiri dari beberapa modul, untuk menjalankan perintah sesuai dengan fungsinya. Dan modulnya adalah: LCD, CPU, cashdrawer, printer, pole display, barcode scanner, dan aplikasi kasir.

1. CPU Kasir

komputer untuk kasir

CPU Komputer Kasir

Sebagai otak sistem komputer, tentu saja peran CPU sangat penting. Yang perlu Anda perhatikan sebagai pemilik bisnis adalah bahwa CPU untuk kasir berbeda dari CPU untuk kebutuhan sehari-hari. Meskipun Anda dapat menggunakan CPU biasa. Mengapa? Karena penggunaan kasir yang sangat lama. Dari jam toko terbuka, sampai toko ditutup.

Karena itu, pilih CPU yang memiliki banyak lubang udara. Ini untuk menghindari komponen komputer yang terlalu panas atau juga disebut overhead. Juga pastikan bahwa di CPU memiliki hard drive yang dirancang untuk bekerja 24 jam. Masalah RAM disesuaikan dengan kebutuhan akan perangkat lunak. Yang tidak kalah penting adalah power supply (PSU). Cobalah untuk memiliki PSU yang baik.

2. Monitor atau POS Display

komputer untuk kasir

Layar LCD atau POS Display

Karena kita berbicara tentang bisnis, Anda tidak perlu menggunakan LCD yang memiliki kecepatan refresh yang tinggi. Pilih LCD dan radiasi bertenaga rendah. Layar monitor 15 inci cukup memadai. Untuk merek, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menggunakan Philips, Fujitsu, LG, Samsung, atau merek lain. bebas, yang penting adalah berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Contoh Laporan Kas Excel Bikin Laporan Keuangan Cuma 5 Menit

3. Printer Kasir

Printer Khusus Kasir

Komponen selanjutnya dari komputer kasir adalah printer kasir. Modul ini digunakan untuk memberikan laporan pengeluaran / tanda terima kepada konsumen. Berbeda dengan printer yang biasa yang memiliki ukuran besar, kasir memiliki ukuran yang cukup mini, sehingga tidak akan makan banyak tempat di meja komputer Anda.

4. Cashdrawer

Cash Drawer atau Laci Uang

Jika Anda membeli satu sistem paket, biasanya akan mendapatkan semuanya, termasuk laci untuk uang. Di mana laci ini biasanya secara otomatis terbuka setelah transaksi selesai dan Anda menyerahkan uang Anda ke kasir. Namun, jika Anda tidak memiliki laci otomatis, cobalah untuk memiliki laci yang aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hanya sebuah catatan, beberapa pemilik bisnis melengkapi kasir mereka dengan CCTV. Meskipun ini bukan bagian dari sistem komputer kasir, tetapi CCTV di bidang ini harus dipertimbangkan. Karena ini akan membuat sistem kasir Anda lebih tahan lama. Tahan lama dari gangguan dari luar dan dalam manajemen.

5. Customer Display

Layar Pembeli atau Pole Display

Rasanya sangat rumit dan cukup sulit bagi pelanggan untuk dapat melihat jumlah transaksi mereka pada layar LCD kasir saat bertransaksi. Karena itu, Anda memerlukan pole display atau customer display. Dengan alat ini, pelanggan juga dapat melihat dengan bebas proses penghitungan harga yang dilakukan oleh petugas kasir.

6. Barcode Scanner

Barcode Scanner (sumber: tokopedia.com)

Ini yang juga tak kalah penting dalam sebuah sistem komputer kasir. Barcode scanner berfungsi untuk membaca barcode yang ada pada produk, lalu selanjutnya di input pada aplikasi kasir. Ini akan mempercepat kasir dalam melakukan transaksi penjualan.

Karena kasir tidak perlu lagi mengetik manual setiap produk belanjaan pelanggan. Hanya menggunakan barcode scanner, maka item akan langsung muncul pada aplikasi kasir. Sebagai catatan, pastikan aplikasi kasir sudah support barcode scanner.

7. Aplikasi Kasir

aplikasi kasir beepos

Aplikasi Kasir Beepos

Bagian terakhir ini adalah komponen yang tidak dapat dihiraukan. Karena dengan semua komponen di atas, sistem kasir tidak akan dapat digunakan. Aplikasi kasir memang banyak dipasaran, tetapi tidak semua aplikasi kasir yang mendukung beberapa macam merk hardware komponen di atas.

Pastikan Anda memilih aplikasi kasir yang telah mendukung semua macam hardware, dari pole display, barcode scanner, cash drawer, hingga printer kasir. Untuk meminimalisir pengeluaran, pilihlah aplikasi kasir yang dapat berjalan pada cpu yang minim.

Meski spesifikasi minim, tetapi aplikasi tetap dapat digunakan. Tapi Anda juga boleh menggunakan CPU yang memiliki spek tinggi juga

Aplikasi Kasir Komputer untuk Kasir

Setelah membahas mengenai pengertian hingga komponen-komponen komputer untuk kasir, selanjutnya Anda perlu mengetahui tentang aplikasi kasir. Pasalnya Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih aplikasi kasir, karena jika salah pilih maka itu akan merugikan bisnis Anda sendiri.

Namum Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa memilih aplikasi kasir yang kami rekomendasikan berikut ini.

  • Aplikasi Kasir Komputer untuk Kasir, Beepos

Beepos Software Kasir Online

Beepos merupakan aplikasi kasir yang telah mendukung banyak komponen hardware, sehingga Anda tidak akan salah pilih komponen. Keunggulan aplikasi kasir beepos memiliki sistem keamanan dan kecepatan yang terjamin. Sehingga Anda akan mudah mengembangkan bisnis Anda.

Berikut beberapa fitur unggulan Beepos:

  • Transaksi cepat, didesain full keyboard, pencarian barcode cepat, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk membayar belanjaannya.
  • Data aman, jangan takut kalau uang dicuri atau hilang, karena beepos memiliki sistem keamanan berupa proteksi password atau pin
  • Support banyak hardware, seperti yang sudah dijelaskan, beepos telah support banyak hardware
  • Data terpusat, Anda bisa mengakses data bisnis Anda kapanpun dan dimanapun
  • Integrasi akuntansi, semua laporan akuntansi lengkap, kapanpun Anda butuh maka akan tersaji otomatis.

Manfaat Mesin Kasir Bagi Bisnis

Ada dan tidak adanya mesin kasir tentu saja disesuaikan kembali pada kebutuhan bisnis. Namun bisnis yang menggunakan mesin kasir tentu saja akan mendapatkan kemudahannya. Apa saja manfaat mesin kasir bagi bisnis? Berikut diantaranya:

1. Transaksi Lebih Cepat dan Aman

Manfaat pertama menggunakan mesin kasir bagi bisnis adalah dapat melakukan transaksi penjualan dengan lebih cepat, praktis dan aman. Pelanggan tidak perlu menunggu mengantri lama karena kasirnya pusing menghitung produk secara manual.

Dengan pelayanan yang cepat juga akan memberikan kesan yang baik pada customer, sehingga mereka tidak segan untuk melakukan repeat order karena kasirnya anti lelet.

2. Mudahkan Pembukuan

Selanjutnya adalah memudahkan proses pembukuan keuangan bisnis. Mesin kasir akan mencatat setiap transaksi yang terjadi, sehingga pebisnis akan mengetahui produk mana yang terjual hingga berapa penghasilan dalam sehari dengan lebih mudah.

Sedangkan jika tidak menggunakan mesin kasir, pebisnis akan cenderung tidak tahu produk mana saja yang mereka jual karena catatan manual yang sudah di rekap atau bahkan tidak mempunyai sama sekali, sehingga tidak tahu hari itu sedang untung atau rugi.

Apalagi jika Anda menggunakan aplikasi mesin kasir seperti Beepos yang sudah terintegrasi dengan software akunting. Tidak hanya proses transaksi saja yang akan diuntungkan tapi juga manajemen keuangan bisnis Anda.

3. Tidak Perlu Menghafal Seluruh Barang dan Harganya

Berikutnya, hal ini masih bersangkutan dengan efisiensi kerja kasir yang menunjang kecepatan dalam memberikan pelayanan, yakni tidak perlu menghafal seluruh barang dan harganya satu persatu.

Anda bisa melakukan scan barcode atau mencarinya dengan mengetikkan nama di aplikasi kasir yang Anda gunakan dan informasi produk akan disampaikan secara detail dalam waktu yang singkat.

Kini Anda sudah tidak perlu pusing lagi menghafal berapa harga produk yang Anda jual secara manual. Apalagi jika produk yang Anda jual sudah ratusan dan ribuan item, yakin bisa menghafal semua dan tidak menggunakan mesin kasir? Nggak takut kecolongan?

4. Meningkatkan Customer Loyality

Pelayanan yang cepat, program diskon, promo, hingga member bisa terapkan untuk menarik perhatian customer hingga membangun loyalitas mereka.

Kesimpulan

Dengan mengetahui pengertian hingga komponen komputer untuk kasir, diharapkan Anda tidak salah pilih dalam memilih perangkat untuk memulai menggunakan sistem kasir pada bisnis Anda. Karena Anda akan sangat terbantu jika mulai menggunakan komputer kasir pada bisnis Anda.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

21+ Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Dipraktikkan
Memulai suatu bisnis perlu persiapan yang matang, Anda harus mencatat apa saja peluang usaha yang menjanjikan supaya tidak mengalami kerugian.
Baca Juga
Software Kasir Alfamart dan 7 Fitur Canggihnya
Software kasir Alfamart merupakan sesuatu yang wajib bagi seorang kasir. Banyak orang menganggap profesi ini mudah karena tidak membutuhkan banyak
Baca Juga
Aplikasi Kasir Rental dan Tips Bisnis Rental
Aplikasi kasir rental sering menjadi kebutuhan orang yang menjalankan bisnis penyewaan atau yang bisa disebut juga sebagai rental. Bisnis rental
Baca Juga
Software Akuntansi Surabaya untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)
Meski sudah tersedia banyak pilihan software akuntansi Surabaya, Anda tidak boleh memilihnya secara sembarang. Ada sejumlah faktor yang harus Anda
Baca Juga
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Barbershop dari Nol?
Cara Memulai Bisnis Barbershop - Bisnis barbershop mulai dilirik oleh sebagian masyarakat karena keuntungannya yang lumayan besar. Modal yang dibutuhkan
Baca Juga
Software Kasir Pulsa Terbaik 2023, Rekomendasi dan Fitur Terbaru
Saat ini, penyedia software kasir pulsa sudah terbilang cukup banya. Namun, apakah semua software tersebut memiliki kualitas yang baik? Jawabannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu