Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Cara Menggunakan Mesin Kasir ala Alfamart

Dipublish Tgl: Tuesday, 19 April 2022

Cara menggunakan mesin kasir penting untuk pengusaha dan kasir karena fungsinya menangani penjualan. Banyak pengusaha minimarket menggunakan aplikasi kasir agar bisnisnya berkembang layaknya alfamart. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan mesin kasir ala afamart.

Umumnya, mesin kasir diperlukan untuk membantu memudahkan transaksi penjualan. Seiring berkembangnya teknologi, mesin kasir saat ini tidak hanya digunakan untuk menangani transaksi penjualan saja, melainkan aktifitas lain seperti mencatat penjualan, stok, keuangan, hingga laporan keuangan.

Mesin kasir sangat membantu para pengusaha yang umumnya menggunakan sistem kasir pada transaksinya yakni seperti usaha toko kelontong, minimarket, swalayan, coffee shop, laundry, dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian mesin kasir, manfaat, keuntungan, hingga cara menggunakan mesin kasir ala alfamart.

Apa itu Mesin Kasir?

apa-itu-mesin-kasir

Mesin Kasir Menampilkan Jumlah yang Harus Dibayar Photo by Patrick Tomasso on Unsplash

Menurut pemahamannya sendiri, mesin kasir adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghitung transaksi keuangan. Mesin kasir biasanya memiliki keyboard yang digunakan untuk memasukkan data, pemindai (scanner), laci yang digunakan untuk menyimpan uang tunai, dan perangkat pencetakan untuk tanda terima.

Mesin kasir adalah peralatan penting dalam berbagai bisnis. Mesin kasir dapat mencatat jumlah penjualan, memberikan tanda terima kepada pelanggan, dan membantu pembuatan laporan transaksi harian buatan.

Pada saat ini, mesin kasir semakin canggih dan memiliki banyak fungsi yang dapat membantu menjalankan toko, restoran, atau bisnis Anda yang lain. Kasir saat ini memiliki teknologi terbaru dan lebih kompleks yang dapat digunakan untuk melacak inventaris hingga memudahkan melakukan analisa inventaris stok. Tidak hanya itu, kasir juga dapat digunakan untuk membantu Anda menghitung penjualan berdasarkan jenis atau kelas barang. Mesin kasir ini paling sering digunakan oleh bisnis ritel.

Fungsi Mesin Kasir dalam Usaha Sehari-hari

fungsi-mesin-kasir

Mengatahui Fungsi dari Meskin Kasir untuk Ragam Usaha Photo by Blake Wisz on Unsplash

Perhitungan modern di dunia bisnis, terutama di toko adalah dengan menggunakan fasilitas kasir elektronik, yaitu dengan menggunakan mesin. Beberapa fungsi dan keunggulan mesin ini yang perlu Anda ketahui adalah:

1. Catatan Transaksi yang Lebih Praktis

Kasir dengan bantuan mesin akan lebih sederhana, dan ini akan sangat terasa ketika proses transaksi penjualan terjadi. Mesin kasir ini akan membantu mengintegrasikan sistem transaksi penjualan dengan cash drawer atau laci tunai dalam modul.

Ada tempat untuk menyimpan uang dalam bentuk koin dan ada tempat lain yang dapat digunakan untuk uang kertas sehingga proses pemberian uang kembalian kepada pelanggan yang membayar juga lebih mudah dengan mesin kasir kasir.

2. Mencetak Struk Penjualan

Dengan mesin elektronik untuk proses transaksi penjualan, pembeli akan merasa diuntungkan karena mesin ini juga berfungsi untuk mencetak tanda terima penjualan yang berisi barang yang dibeli berikut setiap item dan total pembayaran. Struk ini diberikan kepada pelanggan ketika proses pembayaran. Ketika tanda terima dicetak, itu akan secara otomatis keluar dengan sendirinya. Untuk bisnis kecil yang baru saja dimulai, kasir dijual secara online agar orang-orang bisnis pemula dapat melihat-lihat dan memilih sesuai keinginan.

3. Fungsi Lainnya

Mesin kasir juga memiliki beberapa fungsi lain yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis, seperti catatan laporan laba dan kerugian stabil, menyimpan dan mencatat data laporan akhir, dan mencatat semua pajak dalam penjualan. Tidak hanya itu, mesin kasir ini juga mampu membuat proses transaksi lebih cepat serta memproses data menjadi lebih optimal. Jadi, baik penjual dan pelanggan akan bertransaksi lebih relevan dan menghemat waktu.

Keuntungan Menggunakan Mesin Kasir

keuntungan-menggunakan-mesin-kasir

Apa Kelebihan Menggunakan Mesin Kasir untuk Usaha Anda? Photo by Blake Wisz on Unsplash

Untuk meyakinkan Anda menggunakan mesin kasir, berikut ini beberapa kelebihan menggunakan mesin kasir yang perlu Anda simak:

1. Dapat Dihubungkan dengan Sistem Lain

Ini adalah keuntungan yang dapat diperoleh setelah menggunakan mesin. Di mana, program ini dapat diintegrasikan dengan sistem lain. Misalnya, sistem untuk mencetak struk atau pemindaian barcode. Jadi, semua sistem dapat digabungkan untuk memfasilitasi transaksi.

2. Keamanan

Mesin kasir juga dapat dihubungkan ke sistem keamanan. Selain keamanan yang diberikan kepada pelanggan, mesin kasir tentu saja memberikan keamanan pada pemilik usaha. Yaitu sebuah sistem keamanan data yang memungkinkan karyawan Anda tidak dapat melakukan manupulasi data sembarangan.

3. Laporan Data yang Lengkap

Ini adalah yang paling penting ketika Anda menggunakan mesin kasir di toko atau minimarket. Karena, setiap terjadinya transaksi yang dilakukan di mesin kasir akan secara otomatis tercatat. Tidak hanya pemasukan saja, tetapi juga pengeluaran juga. Laporan yang diberikan relatif lengkap dan terperinci.

Laporan yang diberikan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda meminta laporan bulan ini, program akan mengeluarkannya. Ini dapat digunakan untuk memantau apakah pengembangan penjualan di toko atau tidak.

4. Dapat Digunakan Sebagai Strategi Promosi

Pengusaha juga dapat menggunakan fitur promosi pada mesin kasir. Misalnya, dengan menerapkan poin untuk setiap belanja konsumen di toko. Untuk mendapatkan poin-poin ini, pengusaha dapat membuat jumlah nilai belanja untuk mendapatkan poin.

Jika poin sudah banyak, poin dapat ditukar dengan barang yang disediakan atau harga diskon untuk bahan makanan. Ini tentu sangat menarik untuk menarik perhatian konsumen.

5. Manajamen Stok Barang

Bagian ini adalah yang paling sulit untuk dilakukan ketika menggunakan pencatatan manual. Karena karyawan akan mengalami kesulitan ketika mengerjakan analisa ketersediaan produk. Tapi dengan mesin kasir, Anda dan karyawan dapat dengan mudah mengetahui item yang masuk atau keluar. Selain itu, data stok juga menampilkan barang yang paling dicari oleh konsumen atau tidak.

Baca Juga: Kenali Tugas Kasir Cafe Yang Bukan Hanya Menerima Pembayaran

Cara Menggunakan Mesin Kasir ala Alfamart

Jika Anda sebagai pemilih usaha minimarket menginginkan sebuah sistem mesin kasir yang mirip dengan mesin kasir alfamart, itu bukalah hal yang sulit. Anda perlu tahu, bahwa saat ini sudah banyak aplikasi kasir yang sangat mirip dengan mesin kasir ala alfamart.

Berbagai aplikasi kasir ini bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Setiap aplikasi kasir juga memiliki keunggulan tersendiri untuk membantu usaha Anda. Salah satu aplikasi terbaik mirip mesin kasir alfamart adalah aplikasi kasir Beepos.

Berikut cara menggunakan mesin kasir ala alfamart menggunakan aplikasi kasir Beepos:

1. Siapkan Komputer

Komputer sebagai Mesin Kasir dengan Aplikasi Beepos (Sumber: Bee.id)

Jika Anda melihat di kasir alfamart, Anda akan menjumpai komputer sebagai mesin kasirnya. Kenapa? Seperti yang sudah dijelaskan, perkembangan teknologi mengubah mesin kasir yang tadinya hanya barang elektronik dengan laci dan layar kecil, sekarang telah berkembang menggunakan komputer.

Disini Anda perlu menyiapkan komputer sebagai sistem yang akan menampung aplikasi kasir. Berikut spesifikasi yang dibutuhkan:

  • OS min. Win 7,8 & 10
  • Recom. Ubuntu 14.04 or higher
  • Processor Core i3 or higher
  • RAM min. 2GB or 4GB for Better
  • Resolusi Layar min. 1366x768

2. Siapkan Printer dan Cashdrawer

Setelah komputer, supaya terlihat seperti kasir ala alfamart Anda perlu menyiapkan printer untuk mencetak struk dan juga cashdrawer untuk menyimpan uang tunai. Berikut beberapa list printer  yang kami rekomendasikan:

  • Enibit RP58 BU
  • Enibit P58S
  • Enibit P80W
  • Eppos T58K
  • Eppos EP58 H-BT
  • Eppos EP58IIL-BT
  • Eppos EP58 U
  • Panda PRJ-58D

Pilihan Cashdrawer:

  • Securebox
  • Posiflex

3. Scanner Barcode dan Customer Display

barcode scanner

Barcode Scanner untuk Memimdai Kode Barang

Scanner barcode befungsi untuk memudahkan Anda dalam memindai kode barang dalam waktu yang cepat. Setelah produk di scan, nama item akan tampil pada customer display agar pelanggan bisa mengecek kembali barang pembeliannya. Berikut rekomendasi kami:

  • Barcode Scanner Taffware 1D
  • Customer Display Codesoft VFD-800​

4. Gunakan Aplikasi Kasir Beepos Desktop

Beepos merupakan salah satu aplikasi kasir terbaik yang didesain untuk keamanan dan kecepatan penjualan. Aplikasi kasir ini memiliki tampilan yang lebih minimalis, yang memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi dengan cepat. Dilengkapi dengan fitur full keyboard dimana Anda hanya perlu menggunakan keyboard saja untuk melakukan transaksi.

Beepos telah memiliki fitur yang beragam, mulai dari mencatat penjualan, keamanan sistem, integrasi accounting, hingga laporan keuangan yang cepat dan akurat.

Kesimpulan

Mesin kasir saat ini sudah dapat digunakan untuk segala aktivitas pada usaha minimarket, swalayan, toko kelontong, coffee shop, barbershop, dan lainnya. Dengan memiliki segala keunggulan, mesin kasir menjadi jawaban untuk setiap masalah yang dihadapi pengusaha ritel.

Jika Anda ingin menggunakan mesin kasir ala alfamart, Anda bisa menggunakan Aplikasi Kasir Beepos Dekstop. Komplit! barcode scanner, laci kasir, customer display, card reader, printer nota, dll. Beepos mendukung banyak merk & tipe peralatan POS untuk membantu kasir anda jualan lebih cepat dan aman.

Coba gratis Beepos sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Mesin Kasir Digital yang Punya Banyak Manfaat Untuk Toko Anda
Mesin kasir digital merupakan barang yang wajib dimiliki oleh pemilik toko atau minimarket sebagai alat bantu transaksi penjualan. Mesin kasir […]
Baca Juga
Jenis-Jenis Software Toko Gratis Terpopuler untuk Usaha Bisnis
Software toko gratis kian hari makin berkembang terutama pada usaha bisnis. Bagaimana tidak, bisnis kecil pun seperti toko kelontong, toko […]
Baca Juga
Tips Akuntansi untuk Anda Pengusaha Bisnis Minimarket
Tips Akuntansi MinimarketDalam menjalankan bisnis, terlebih jual-beli seperti minimarket, tentunya dibutuhkan sistem akuntansi untuk mencatat semua transaksi yang terjadi secara […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu