🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

6 Jenis Pembukuan Usaha Wajib Dimiliki Perusahaan

Memang banyak pula yang belum mengerti kenapa usaha yang dijalankan mengalami masalah serius, salah satu akibatnya adalah tidak memiliki pembukuan usaha.
Penulis: Farhan Anggara
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 6 May 2020

Tidak sedikit pengusaha mengalami kegagalan dalam merintis usahanya. Padahal sudah susah payah dalam membangun serta menjalankan bisnis dalam jangka waktu yang lama. Memang banyak pula yang belum mengerti kenapa usaha yang dijalankan mengalami masalah serius, salah satu akibatnya adalah tidak memiliki pembukuan usaha.

Alangkah baiknya jika setiap pengusaha memahami cara dan pentingnya membuat atau memiliki pembukuan bagi yang menjalankan usaha maupun bisnis kecil. Hal ini dikarenakan bahwa setiap usaha yang dijalankan selalu membutuhkan analisa antara keuntungan yang didapat dengan pengeluaran supaya usaha yang dijalankan tetap berjalan, alhasil untuk mempermudah dalam melihat arus keuangan tersebut dibutuhkan yang namanya pembukuan usaha.

Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Software Perusahaan Dagang

Pengertian Pembukuan Usaha

Pembukuan Usaha

Ilustrasi membuat pembukuan usaha (Sumber: Freepik.com)

Pengertian dari pembukuan itu sendiri secara umum adalah sebuah kegiatan pencatatan yang bertujuan untuk mengumpulkan semua informasi dan data yang berkaitan dengan laporan keuangan. Sebagian besar dari pengusaha baru memiliki kesalahan yaitu melupakan pembukuan karena hanya berfokus kepada penjualan produk dan jasa agar pemasaran cepat meluas.

Resiko yang bisa saja terjadi bilamana dalam setiap usaha tidak dilaksanakan pencatatan adalah munculnya kecurangan yang berkaitan dengan keuangan, laporan yang tidak jelas ketika menginginkan adanya penambahan modal melalui investor maupun bank, hingga kesulitan dalam pengambilan keputusan di situasi mendesak yang berkaitan dengan keuangan usaha.

Tujuan Pembukuan Usaha untuk Perusahaan

Manfaat pembukuan bagi perusahaan bukan hanya dirasakan untuk operasional untuk saat ini, tetapi juga untuk pengembangan usaha di masa depan. Alasannya, pembukuan dapat memberikan gambaran yang jelas terhadap bagaimana berlangsungnya perusahaan yang Anda kelola. Tanpa adanya pembukuan yang benar, maka ini akan menyusahkan Anda dalam mengambil keputusan supaya bisa melakukan kinerja yang efisien dalam perusahaan.

Manfaat Pembukuan Usaha untuk Perusahaan

Sudahkah Anda menyadari pentingnya pembukuan bagi perusahaan? Jika Anda sudah mengetahui tujuannya, tentu Anda akan mengerti bagaimana sebuah usaha sangat perlu yang namanya pembukuan. Adapun beberapa manfaat bisa didapatkan ketika memiliki pembukuan adalah sebagai berikut.

1. Pemisah Aset Bisnis dengan Aset Pribadi

Menjalankan suatu usaha berarti Anda berkomitmen untuk profesional dalam setiap lini termasuk dalam hal keuangan. Tidak disarankan untuk sekali-kali Anda menerapkan manajemen rumah tangga dalam perusahaan. Karena ini merupakan kesalahan fatal. Perlu adanya manajemen pengelolaan aset bisnis dan aset pribadi agar tidak menjadi satu. Kalaupun Anda melakukannya, tentunya Anda akan sulit untuk membedakan mana yang merupakan aset pribadi dan perusahaan. Ada kemungkinan Anda akan menggunakan keuangan pribadi untuk perusahaan dan begitupun sebaliknya.

Jika kebiasaan seperti ini diteruskan maka akan menjadi bom bunuh diri dan merugikan diri Anda sendiri dan juga bisnis yang dijalankan. Oleh karenanya Anda harus mengerti pentingnya pembukuan untuk perusahaan. Pembukuan yang dilakukan secara teratur dapat membantu Anda lebih mudah memisahkan antara aset bisnis dengan aset pribadi sehingga tidak bercampur. Alhasil, Anda bisa mengetahui hasil yang diperoleh dan mengalokasikannya untuk rencana bisnis dimasa kedepan.

2. Memberikan Informasi Keuntungan yang Didapat

Mendirikan sebuah usaha tidak terlepas dari permasalahan untung dan rugi. Terdapat fase dimana perusahaan yang dijalankan mendapatkan keuntungan dan ada waktunya pula harus mengalami kerugian. Untuk itulah dibutuhkannya sebuah pembukuan untuk memantau kinerja perusahaan Anda. Seperti pembukuan buku besar yang memuat modal, beban pengeluaran serta pendapatan yang diterima dalam suatu periode. Dari informasi inilah Anda bisa memantau dan menganalisa berapa jumlah keuntungan yang diperoleh perusahaan.

3. Acuan dalam Perhitungan dan Pelaporan Pajak

Sebuah perusahaan tentunya punya tanggung jawab dalam melaporkan pajak. Untuk pelaporan pajak seperti ini membutuhkan catatan keuangan selama satu tahun terakhir. Begitu banyak transaksi yang harus dimasukkan serta akan dihitung untuk mendapatkan jumlah pajak yang harus dilaporkan.

Proses ini akan sangat merepotkan apabila perusahaan Anda tidak mengumpulkannya sedikit demi sedikit setiap harinya. Dengan adanya pembukuan, Anda bisa langsung memberikan informasi keuangan yang lengkap dan akurat pada waktu kapan saja dibutuhkan. Alhasil, tidak akan ada lagi drama mencari dan kehilangan tanda terima, faktur dan yang lainnya.

6 Jenis Pembukuan Usaha

Pembukuan yang wajib dimiliki perusahaan tidak hanya tentang laporan keuangan, bisa juga laporan inventory dan lainnya. Untuk itu berikut ini adalah jenis-jenis pembukuan usaha yang wajib Anda ketahui dan harus dimiliki perusahaan.

1. Pembukuan Pemasukan dan Pengeluaran Uang

Pembukuan kas masuk sangat wajib dimiliki. Disini catatan-catatan transaksi masuk harus dicatat semua dalam sebuah pembukuan. Dalam sebuah usaha, setiap hari pasti ada transaksi yang akan masuk, dan tentunya harus dicatat semua. Jangan sampai ada yang terlewatkan, sehingga Anda dapat mengetahui jumlah kas masuk harian.

Selain kas masuk, perusahaan juga diwajibkan untuk memiliki pembukuan kas keluar. Kas keluar ini merupakan catatan-catatan yang berisi semua transaksi keluar. Seberapa pun nilai transaksi yang perusahaan keluarkan, maka harus dicatat. Hal ini bertujuan agar sistem pembukuan pada usaha Anda bisa disiplin.

2. Pembukuan Arus Kas

Pembukuan arus kas memang wajib dimiliki oleh berbagai jenis usaha kategori apapun. Karena arus kas atau cashflow memiliki peran untuk mengetahui bagaimana posisi keuangan perusahaan saat ini. Setiap jenis usaha apapun wajib memiliki pembukuan arus kas. Dengan adanya pembukuan arus kas, Anda bisa melihat bagaimana posisi keuangan usaha yang dijalankan

3. Pembukuan Keluar Masuk Stok

Tentunya perusahaan juga harus memiliki buku khusus yang mencatat jumlah barang yang dimiliki. Supaya Anda lebih mudah memantau stok harian, selain itu Anda tidak lagi khawatir ketika barang habis saat pelanggan membutuhkannya.

4. Pembukuan Aset Tetap

Salah satu pembukuan yang tidak boleh dihiraukan pula adalah pembukuan aset tetap. Perusahaan wajib mencata segala inventaris yang dimiliki dalam sebuah pembukuan. Hal ini bertujuan untuk memantau barang yang perusahaan miliki. Umumnya, buku inventaris dimiliki oleh usaha kuliner untuk mengetahui perabotan apa saja yang dimilikinya.

5. Pembukuan Jurnal Transaksi

Pembukuan lain yang harus dimiliki perusahaan selanjutnya adalah jurnal transaksi. Jurnal ini bermanfaat untuk mencatat setiap transaksi dalam satu buku. Baik itu transaksi keluar maupun transaksi masuk.

Lalu di dalam buku jurnal terdapat juga bagaimana proses pembayaran yang dilakukan pelanggan. Apakah pelanggan membayar secara debet atau kredit. Apapun model pembayaran tersebut harus dituliskan dalam satu buku jurnal yang dimaksud.

6. Pembukuan Keuangan

Bagai sebuah pondasi sebuah usaha, pembukuan keuangan sangatlah wajib dimiliki setiap perusahaan. Pembukan ini meliputi neraca dan laba rugi. Informasi ini nantinya yang akan membantu Anda dalam mengambil keputusan dalam merencanakan strategi bisnis.

Sayangnya tidak semua orang mengerti cara membuat pembukuan usaha. Kabar baiknya Anda tidak perlu takut apabila Anda tidak mengerti cara menyusun pembukuan. Bahkan Anda tidak perlu pula memiliki staff khusus untuk menangani pembukan.

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Jawabannya dengan menggunakan Aplikasi Pembukuan Beeaccounting. Fitur lengkap sangat dibutuhkan perusahaan sudah tersedia dan siap Anda gunakan. Akhirnya, kegiatan pembukan dapat berjalan otomatis tanpa perlu membuat manual dan membuang banyak waktu.

Selengkapnya bisa Anda baca di halaman: Aplikasi Pembukuan Usaha Beeaccounting

Kesimpulan

Segala jenis pembukuan di atas wajib dimiliki sebuah perusahaan. Tanpanya, usaha yang dijalankan tidak akan pernah mencapai kesuksesan. Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan Beeaccounting agar lebih mudah membuat pencatatan pembukuan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Mengenal Akuntansi Biaya, Jenis, Unsur, Fungsi, dan Siklus
Akuntansi biayamerupakan sistem informasi akuntansi yang keberadaannya sangat penting bagi suatu perusahaan perusahaan terutama untuk mengukur, menganalisis, dan mengendalikan biaya-biaya
Baca Juga
Pengertian Cash/ Kas, Karakteristik, dan Contoh dalam Akuntansi
Jika diartikan kas adalah sebuah kelompok aset yang bersifat likuid/lancar. Jadi semakin besar nominal cash, maka akan semakin lancar sifatnya.
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel dengan Mudah
Melakukan cara membuat laporan keuangan di Excel sebenarnya cukup mudah. Aplikasi satu ini memang sudah dikenal lama sebagai software pengolahan
Baca Juga
Format Neraca Lajur, Contoh dan Cara Membuatnya
Membahas tentang format neraca lajur tentu sangat menarik, terlebih bagi para pebisnis. Jenis neraca ini merupakan suatu lembaran kertas dengan
Baca Juga
Pengertian Standar Akuntansi Pemerintahan yang Digunakan
Apa yang dimaksud dengan SAP atau standar akuntansi pemerintahan dan bedanya dengan SAK? Temukan jawabannya di halaman ini. SAP, yang
Baca Juga
Tabel Cash Flow: Contoh, Metode, dan Cara Membuatnya
Dalam laporan akuntansi, tabel cash flow adalah istilah yang cukup sering ditemui. Prinsip cash flow adalah upaya untuk mencatat semua
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu