🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Menghitung Rasio Likuiditas, Pengertian dan Manfaatnya

Rasio likuiditas merupakan rasio keuangan yang memiliki peran untuk membantu mengantisipasi pernyataan aset kas dan perusahaan di masa yang akan datang.
Penulis: Farhan Anggara
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 14 January 2021

Rasio likuiditas merupakan rasio keuangan yang memiliki peran untuk membantu mengantisipasi pernyataan aset kas dan perusahaan di masa yang akan datang. Rasio keuangan dirancang untuk membantu bisnis mengevaluasi laporan keuangan mereka. Hal ini merupakan titik awal untuk tindakan perencanaan yang akan meningkatkan kinerja bisnis di masa depan.

Pada artikel kali ini kita akan bahas lebih lengkap mengenai pengertian dari rasio likuiditas mulai dari arti, tujuan, manfaat, dan berbagai hal lain.

Pengertian Rasio Likuiditas

rasio likuiditas

Memahami Pengertian Rasio Likuiditas (Sumber: Freepik.com)

Rasio likuiditas adalah proporsi yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk mematuhi kewajiban atau membayar hutang jangka pendek. Rasio ini dapat digunakan untuk mengukur bagaimana likuidnya suatu perusahaan. Jika perusahaan dapat mematuhi kewajibannya, itu berarti perusahaan itu likuid, sedangkan jika perusahaan tidak dapat memenuhi kewajibannya, itu berarti bahwa perusahaan adalah iLikuid.

Cara mengukur sebuah perusahaan likuid atau tidak, Anda dapat membandingkan komponen yang ada di neraca, yaitu jumlah aset lancar dengan total kepasifan (hutang jangka pendek). Pengukuran ini dapat dibuat dalam beberapa periode sehingga pengembangan likuiditas perusahaan akan terlihat dari waktu ke waktu.

Pengertian Rasio Likuiditas Menurut Para Ahli

Rasio likuiditas menurut para ahli adalah rasio yang menunjukkan antara uang tunai dan aset lancar sebuah perusahaan dengan kewajiban lancarnya.

Harus juga diketahui bahwa pemahaman likuiditas menurut para ahli adalah aset yang dapat menjadi uang tunai dengan cepat tanpa harus mengurangi harga aset.

Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi likuiditas sesuai dengan para ahli terkait dengan kapasitas perusahaan untuk membayar utang ketika hutang jatuh tempo.

Baca Juga: Pengertian Prinsip Ekonomi dan Penjelasannya

Tujuan Rasio Likuiditas

rasio-likuiditas-untuk-analisa-laporan-keuangan

Rasio Likuiditas untuk Analisa Laporan Keuangan (Sumber: Unsplash.com)

Berikut ini adalah tujuan dari rasio likuiditas dalam analisis laporan keuangan.

  • Untuk mengukur kapasitas perusahaan dalam pembayaran hutang yang harus dibayarkan ketika penagihan. Ini berarti kemampuan untuk membayar hutang yang saatnya untuk melunasi sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
  • Untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban lancar menggunakan aktiva lancar pada umumnya. Ini berarti jumlah kewajiban yang bertambah usianya kurang dari atau sama dengan 1 tahun, dibandingkan dengan jumlah aktiva lancar.
  • Untuk mengukur kemampuan Perusahaan untuk membayar kewajiban lancar tanpa memperhitungkan inventaris atau piutang.
  • Untuk mengukur dan juga membandingkan antara jumlah modal kerja Perusahaan dengan jumlah inventaris.
  • Untuk mengukur jumlah uang tunai yang tersedia untuk membayar hutang jangka pendek.
  • Sebagai alat perencana di masa depan, terutama yang terkait dengan uang tunai dan liabilitas.
  • Sebagai alat untuk menggambarkan kelemahan yang dimiliki oleh Perusahaan masing-masing komponen yang terkandung dalam aset lancar dan kewajiban saat ini.
  • Sebagai alat pemacu untuk bagian internal Perusahaan mengembangkan atau meningkatkan kinerjanya, dengan mengacu pada tingkat rasio likuiditas saat ini.

Manfaat Rasio Likuiditas

Analisis laporan keuangan yang menggunakan perhitungan rasio likuiditas telah menguntungkan banyak pihak yang memiliki kepentingan dalam laporan keuangan.

Pihak yang memiliki kepentingan mencakup pemilik perusahaan dan administrasi perusahaan. Untuk bagian internal, rasio likuiditas perusahaan berguna untuk menunjukkan dan mengevaluasi kinerjanya dalam pengelolaan perusahaan, terutama dalam hal likuiditas perusahaan.

Selain itu, eksterior perusahaan juga memiliki minat, seperti kreditor, investor, pemasok, dan lainnya. Bagi para pihak dari luar indeks likuiditas perusahaan, penting untuk mengevaluasi Perusahaan untuk membayar hutang kepada pihak ketiga.

Kapasitas pembayaran perusahaan akan memberikan jaminan bagi pihak yang berminat. Bagi kreditor, penting untuk mengevaluasi jika perusahaan akan diberikan pinjaman lain atau tidak.

Untuk distributor, berguna untuk mengevaluasi jika perusahaan memiliki kemampuan membayar atau tidak. Jika sebuah perusahaan memiliki kemampuan membayar, itu akan membuatnya lebih mudah untuk menentukan keputusan untuk menjual barang dengan kredit.

Artinya, ada jaminan yang menunjukkan bahwa pinjaman yang diberikan kepada perusahaan akan dibayar tepat waktu. Akan tetapi rasio likuiditas bukan satu-satunya pertimbangan untuk menyetujui pinjaman atau penjualan barang secara kredit.

rasio likuiditas

Faktor-Faktor Rasio Likuiditas (Sumber: Freepik.com)

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rasio Likuiditas

1. Cost of External Financing

Cost of External Financing terkait dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan jika perusahaan menggunakan di luar dana perusahaan, menggunakan ukuran perusahaan dan kesempatan untuk tumbuh untuk mengukur faktor-faktor ini.

Munawir (2001) menjelaskan bahwa biaya dana eksternal yang dihadapi perusahaan besar lebih rendah daripada usaha kecil. Ini karena perusahaan besar dapat mencapai skala ekonomi, terutama jika dikaitkan dengan biaya tetap ketika membuat emisi sekuritas.

Pada perusahaan yang menghadapi keadaan kompleks informasi asimetris antara orang asing dan investor asing, perusahaan akan cenderung mengalami biaya besar pembiayaan eksternal.

Ini berlaku untuk perusahaan yang nilainya ditentukan sebagian besar oleh peluang pertumbuhan. Perusahaan juga akan menghadapi informasi asimetris yang besar.

2. Current and Future Investment Opportunities

Current and Future Investment Opportunities adalah peluang investasi yang dihadapi perusahaan, baik sekarang maupun di masa depan. Faktor ini dapat mempengaruhi manajemen untuk menentukan kebijakan likuiditasnya.

Terkait dengan peluang investasi saat ini dan di masa depan, manajemen ini akan mempertimbangkan, apakah lebih baik berinvestasi dalam bentuk aset tetap atau aset lancar.

3. Transactions Demand for Liquidity

Transactions Demand for Liquidity berhubungan dengan uang tunai yang dibutuhkan perusahaan untuk transaksi. Faktor ini adalah faktor yang dipertimbangkan oleh manajemen untuk menentukan likuiditas perusahaan.

Tingkat kapasitas perusahaan untuk membayar semua kewajiban lunak disebut likuiditas seperti dijelaskan di atas. Perusahaan yang memiliki kapasitas yang cukup untuk membayar tanggung jawab disebut perusahaan likuid. Sementara perusahaan yang mengalami kesulitan membayar kewajiban tanpa masalah disebut ilikuid.

Kapasitasnya dapat diukur dari kemampuan perusahaan untuk mendapatkan uang tunai atau kemampuan untuk mengubah aset non-moneter secara tunai.

Aspek likuiditas yang umumnya dikaitkan dengan 1 periode tahun atau, kadang-kadang, diidentifikasi dengan siklus operasi normal suatu perusahaan.

Siklus operasi normal adalah periode waktu yang mencakup awal kegiatan produksi, pembelian, penjualan ke kegiatan yang diidentifikasi dengan siklus operasi normal.

Ini umumnya digunakan di perusahaan yang siklus operasinya melebihi 1 periode buku.

4. Cash Flow Uncertainty

Cash Flow Uncertainty (ketidakpastian arus kas) dapat menentukan kebijakan administrator untuk menentukan tingkat likuiditas perusahaan.

Perusahaan yang memiliki tingkat arus kas yang tinggi dari ketidakpastian akan cenderung berinvestasi dalam aset likuid atau tanpa masalah dengan jumlah yang cukup besar.

 rasio-likuiditas-untuk-mengukur-kemampuan-usaha

Rasio Likuiditas Untuk Mengukur Kemampuan Usaha (Sumber: Freepik.com)

Jenis – Jenis Rasio Likuiditas

Berikut beberapa jenis rasio likuiditas:

1. Rasio Lancar (Current Ratio)

Rasio lancar adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar utang lancar yang akan jatuh tempo ketika akan ditagih pada umumnya.

Artinya, berapa banyak aset yang lancar menutup hutang lancar yang akan jatuh tempo.

Dapat juga dikatakan bahwa proporsi saat ini adalah alat untuk mengukur tingkat margin keamanan (margin keamanan).

Jika proporsi perusahaan saat ini rendah atau di bawah standar industri, Perusahaan mengalami masalah penyelesaian. Jika sebuah perusahaan memiliki proporsi ringan yang terlalu tinggi, itu juga tidak baik.

Ini karena itu menunjukkan banyak dana yang menganggur yang pada akhirnya dapat mengurangi kapasitas perusahaan.

Berikut ini adalah formula yang digunakan untuk menghitung rasio lancar

Rasio Lancar = Total Aset Lancar : Total Kewajiban Lancar

2. Rasio Cepat (Quick Ratio)

Rasio cepat adalah rasio yang menunjukkan kapasitas perusahaan untuk mematuhi kewajiban jangka pendek dengan aset lancar tanpa memperhitungkan inventaris.

Dengan kata lain, dalam perhitungan, kita mengabaikan inventaris, yaitu dengan mengurangi aset lancar. Ini karena inventaris adalah aset likuid berbiaya rendah, sering mengalami fluktuasi harga, dan sering menyebabkan kerugian jika likuidasi terjadi.

Ini adalah formula untuk menghitung rasio cepat.

Quick Ratio = Total Aset Cair : Total Kewajiban Lancar

3. Rasio Kas (Cash Ratio)

Rasio kas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur jumlah kas dan setara kas yang tersedia untuk membayar liabilitas jangka pendek. Ketersediaan uang tunai dan setara dapat mencakup uang tunai, rekening giro atau tabungan di bank yang dapat diambil kapanpun.

Cash Ratio = Kas atau setara kas : Utang lancar

4. Rasio Perputaran Kas (Cash Turnover)

Rasio perputaran kas menunjukkan perbandingan nilai penjualan bersih untuk membersihkan modal kerja. Modal kerja bersih dalam bentuk semua komponen aset lancar dikurangi total hutang lancar. rasio ini juga untuk mengetahui berapa banyak penjualan untuk modal kerja perusahaan. Rumus rasio rotasi tunai adalah sebagai berikut.

Rasio Perputaran Kas = Penjualan Bersih : Modal Kerja Bersih

5. WORKING CAPITAL TO TOTAL ASSET RASIO

Rasio ini digunakan untuk mengevaluasi likuiditas ketika menghitung total aset dan posisi modal kerja. Sifat akuntansi sangat berpengaruh dalam jenis proporsi ini. Rumus hubungan ini adalah sebagai berikut.

Working Capital to Total Assets Ratio = Current Assets – Current Liabilities : Total Assets

Kesimpulan

Supaya lebih mudah dalam menghitung rasio likuiditas, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud. Karena beecloud memiliki banyak fitur yang akan mempermudah operasional usaha yang Anda jalankan.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Coba gratis dengan klik gambar di atas atas atau klik di sini.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Pengertian dan Manfaat Software Akuntansi Untuk Bisnis
Sebelum kita membahas software akuntansi, akan lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu akuntansi dan akuntan. Akuntansi adalah seni
Baca Juga
Contoh Pembukuan Sederhana Online Shop, Mudah dan Akurat!
Contoh pembukuan sederhana online shop membantu Anda untuk dapat memantau perkembangan bisnis serta kondisi keuangan yang dimiliki. Bisnis online shop
Baca Juga
Bee.id, Contoh Software Akuntansi yang Recommended dan Efektif
Dewasa ini ramai beredar contoh software akuntansi yang mulai populer khususnya di dunia start-up. Hal ini berbanding lurus dengan perkembangan
Baca Juga
4 Contoh Laporan Keuangan Sederhana dan Caranya Lengkap
Secara arti laporan keuangan adalah bagian dari laporan keuangan yang menyatakan kondisi keuangan pada sebuah kelompok atau bisnis. Dalam artikel
Baca Juga
Rumus Current Ratio, Contoh dan Cara Menghitungnya
Rumus current ratio atau rasio lancar adalah salah satu bagian dari rasio likuiditas yang bisa dijadikan sebagai alat pengukur kemampuan
Baca Juga
Mengenal, Manfaat, dan Faktor Analisis SWOT Bagi Perusahaan
SWOT berasal dari kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats. Analisis SWOT sendiri merupakan sebuah teknik perencanaan strategi yang berguna untuk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu