Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Manfaat Menggunakan Aplikasi Catatan Penjualan Harian

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 8 April 2022

Menurut Anda, apakah membuat catatan penjualan secara manual lebih baik daripada menggunakan aplikasi catatan penjualan harian? Coba pikirkan lagi!

Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda menyadari bahwa catatan penjualan harian sangat penting untuk melihat kinerja bisnis secara dan mengevaluasinya. Lagi pula, membuat catatan harian tidak sesulit yang dibayangkan jika dilakukan secara otomatis menghasilkan laporan harian. Mari kita selidiki lebih dalam, mengapa mencatat penjualan harian itu penting dan perlukah Anda menggunakan software pembantu?

Apa Itu Catatan Penjualan Harian?

pengertian-catatan-penjualan-harian

Catatan Penjualan Harian untuk Mengetahui Jumlah Produk Terjual (Sumber: Freepik.com)

Catatan penjualan harian atau dalam bahasa Inggris bisa disebut dengan Daily Sales Report merupakan alat manajemen yang biasa digunakan dalam bisnis. Catatan ini digunakan oleh berbagai pihak seperti CEO, manager, dan sales memantau segala hal yang ada di lapangan. Termasuk di dalamnya adalah jumlah transaksi, percakapan klien, prospek, target harian, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan siklus penjualan, dan hal penting lainnya di lapangan.

Mengapa Mencatat Penjualan Harian Penting?

Ada beberapa alasan pentingnya mencatat data penjualan harian bisnis Anda. Berikut adalah alasannya.

1. Membantu dalam Mengambil Keputusan dari Informasi Harian

Sebagai pemilik bisnis atau manager, membuat keputusan merupakan hal yang akan selalu Anda lakukan. Tugas ini termasuk berat, karena masa depan suatu bisnis ada di tangan Anda. Terlebih jika dalam pengambilan keputusan tidak disertai data yang cukup.

Adanya catatan penjualan harian akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan. Dari data harian tersebut, Anda bisa mengetahui siapa pelanggan tetap Anda, bagaimana arus kasnya, bagian mana dari bisnis yang menghasilkan paling banyak pendapatan, berapa banyak prospek yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui masalah dalam bisnis Anda dan segera mengatasinya sebelum terlambat.

2. Memantau dan Memotivasi Karyawan

manfaat-apliksi-catatan-penjualan-harian

Pantau Kinerja Karyawan dengan Aplikasi Catatan Penjualan Harian (Sumber: Freepik.com)

Hasil penjualan atau marketing tidak jauh dari jasa karyawan, khususnya sales Anda. Adanya data catatan harian akan memudahkan Anda dalam melihat siapa saja yang menghasilkan penjualan paling banyak dan siapa yang masih sedikit.

Dengan begitu, Anda bisa memberikan apresiasi kepada karyawan yang kinerjanya baik. Hal ini tentu akan membuat karyawan lain termotivasi untuk mendapatkan apresiasi tersebut dan membuat kinerjanya meningkat, sehingga penjualan bisnis Anda akan semakin tinggi. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan aplikasi catatan penjualan harian daripada pencatatan secara manual.

3. Menghemat Waktu dan Sumber Daya

Dalam bisnis, waktu dan sumber daya adalah hal yang paling penting. Manajemen yang kurang baik akan menghambat potensi kedua hal ini. Adanya catatan penjualan harian membuat Anda mengetahui prospek manakah yang layak untuk menjadi fokus bisnis Anda, dan manakah yang tidak perlu terlalu fokus, karena waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat.

4. Membuat Prediksi Untuk Periode Penjualan Selanjutnya

aplikasi-catatan-penjualan-harian-memprediksi-keputusan-bisnis

Aplikasi Catatan Penjualan Harian Membantu Memprediksi dan Mengambil Keputusan Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Catatan penjualan harian bisa dijadikan acuan untuk membuat prediksi terkait dengan proyeksi penjualan. Dari data tersebut, manajer bisa mengetahui di hari apa penjualan paling tinggi dan mengapa bisa seperti itu. Dengan analisis yang tepat, maka hal ini bisa dijadikan acuan membuat prediksi dan berbagai keputusan lainnya.

Baca Juga: Pengertian Jurnal Pembelian & Jurnal Penjualan Beserta Contohnya

Kesimpulan

Bagaimana, sudahkah Anda memikirkan kembali betapa pentingnya melakukan pencatatan penjualan harian? Manfaat di atas bisa Anda peroleh dengan maksimal menggunakan aplikasi catatan penjualan harian seperti Beepos. Dengan begitu, bisnis Anda akan semakin berkembang dengan sistem manajerial yang efektif dan efisien.

Aplikasi-Catatan-Penjualan-Harian-Akurat-Langsung-Tahu-Laba-Rugi

Contoh Laporan Perubahan Modal
Apa yang dimaksud laporan perubahan modal? Bagaimana cara membuatnya dan seperti apa contoh laporan perubahan modal? Sebagai pelaku bisnis, tentu […]
Baca Juga
Sistem Kasir: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya untuk Minimarket
Sistem kasir minimarket saat ini banyak digunakan para pengusaha agar memudahkan operasional usaha yang dijalankan. Begitu beragam sistem kasir yang […]
Baca Juga
Pengertian Aktiva Tetap, Jenis, Contoh dan Metode Penyusutan
Aktiva merupakan hal yang sangat penting dalam keuangan bisnis karena menjadi sumber ekonomi dari sebuah perusahaan tersebut. Di dalam aktiva […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu