Logo Bee Web

Laporan Keuangan Adalah Dokumen Penting, Apa Saja Jenisnya?

Laporan keuangan adalah dokumen penting, apa saja fungsi dari laporan keuangan perusahaan? Dan apa saja jenisnya? Berikut penjelasannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 3 February 2023

Mengenal laporan keuangan adalah, tujuan beserta fungsinya jadi sangat penting bagi Pengusaha. Karena laporan ini jadi hal yang sangat penting untuk mengevaluasi suatu perusahaan.

Melalui laporan ini, Pengusaha dapat melihat perjalanan sebuah perusahaan dan mengetahui detail-detail keuangannya. Oleh karena itu, pembuatan laporan keuangan tidak bisa diabaikan dan harus dilakukan secara berkala.

Apa itu Laporan Keuangan? Laporan Keuangan Adalah …

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Ilustrast laporan keuangan dalam bentuk grafik (sumber: Pixels.com)

Laporan keuangan adalah dokumen penting yang berisi catatan keuangan perusahaan, baik transaksi maupun kas, dalam satu periode tertentu. Laporan keuangan dibuat untuk memberikan informasi tentang kondisi finansial suatu perusahaan secara keseluruhan.

Ini memungkinkan para stakeholder dan pengguna informasi akuntansi untuk mengevaluasi dan mengambil tindakan yang tepat dan cepat jika terjadi masalah atau perubahan dalam keuangan perusahaan.

Laporan keuangan perusahaan dibuat dalam periode tertentu. Umumnya, ketika suatu periode akuntansi dari perusahaan telah berakhir, maka laporan keuangan akan dibuat.

Periode akuntansi ini dapat bervariasi, ada yang menggunakan periode akhir tahun, dan ada juga yang melakukannya beberapa bulan sekali.

Karena sangat penting, laporan ini harus dibuat dengan benar dan hati-hati. Pertanggungjawaban atas laporan ini harus diserahkan secara mutlak kepada orang yang berwenang dalam bidang akuntansi, seperti seorang akuntan.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Excel untuk Bisnis

Jenis-Jenis Laporan Keuangan Perusahaan/ Bisnis

Terdapat lima jenis laporan keuangan utama yang dibuat oleh bisnis. Masing-masing laporan ini disesuaikan dengan bentuk transaksi yang terjadi di dalam perusahaan.

Oleh karena itu, pembuat laporan harus dapat membedakan cara membuat laporan keuangan yang sesuai dengan tujuan masing-masing laporan.

Berikut adalah 5 jenis laporan keuangan yang perlu Anda ketahui berdasarkan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) :

1. Laporan Neraca

Contoh Laporan Neraca

Contoh Laporan Neraca (Sumber: bee.id)

Akuntan perusahaan biasanya membuat laporan neraca yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Laporan ini berisi informasi mengenai jumlah, jenis aktivitas, kewajiban, dan ekuitas perusahaan.

Dengan menggunakan laporan ini, perusahaan dapat menentukan aset, utang, dan ekuitasnya dan menilai keuangan perusahaan.

Laporan Neraca terdiri dari dua bentuk yaitu T Form dan L Form. Fungsi utama dari laporan neraca adalah untuk menganalisis kesehatan keuangan suatu perusahaan.

2. Laporan Laba Rugi

06 Laporan Laba Rugi 2 Usaha Cafe Usaha Cafe

Contoh Laba Rugi (Sumber: Bee.id)

Laporan laba rugi digunakan untuk menggambarkan kinerja keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Data yang tercakup dalam laporan tersebut meliputi jumlah pendapatan, sumber pendapatan, jumlah biaya dan jenis pengeluaran perusahaan dalam periode tersebut.

Adanya laporan ini menjadi alat yang berguna untuk mengevaluasi keberhasilan perusahaan dalam periode waktu yang telah ditentukan.

Laporan laba rugi digunakan untuk merefleksikan tingkat profitabilitas suatu perusahaan dan mengukur kinerja ekonominya.

Dengan menggunakan laporan ini, manajemen dapat mengidentifikasi area yang memberikan keuntungan dan mengurangi biaya untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan. Laporan laba rugi biasanya disajikan dalam 2 model, yaitu :

a. Single Step Model

Tidak ada pengelompokan pendapatan dan biaya, melainkan hanya dipisahkan antara pendapatan yang menghasilkan laba dan biaya yang menghasilkan kerugian.

b. Multistep Mode

Laporan pendapatan dan biaya disusun dengan mengelompokkan kedua komponen tersebut, lalu mengurutkan mereka dalam urutan tertentu.

3. Laporan Arus Kas

07 Laporan Arus Kas Usaha Cafe Usaha Cafe

Contoh Laporan Arus Kas (Sumber: bee.id)

Laporan Arus Kas merupakan laporan keuangan yang berisi informasi tentang jumlah uang yang masuk dan keluar selama satu periode tertentu. Laporan ini biasa disebut juga dengan Cashflow.

Laporan ini akan sangat berguna dalam mengevaluasi struktur keuangan (likuiditas dan solvabilitas), serta aktiva bersih perusahaan. Selain itu, laporan ini juga dapat digunakan sebagai strategi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan dan mengambil keuntungan dari peluang yang muncul.

4. Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal adalah jenis laporan keuangan yang menggambarkan perubahan aktiva bersih sebuah perusahaan selama periode tertentu, termasuk peningkatan dan penurunan.

Laporan ini menunjukkan besaran dari perubahan modal keuangan yang dialami oleh perusahaan. Dan di laporan ini juga menyediakan informasi yang diperlukan untuk membuat perencanaan masa depan yang tepat bagi perusahaan.

Selama beroperasi, modal awal yang dikeluarkan oleh perusahaan akan bervariasi sesuai dengan kinerja perusahaan. Jika perusahaan mengalami kerugian, maka modal akan berkurang; namun jika perusahaan mengalami keuntungan, maka modal awal akan bertambah.

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Laporan CaLK adalah singkatan dari Catatan atas Laporan Keuangan yang bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna untuk memahami laporan keuangan dengan lebih baik. Format laporan ini menyertakan penjelasan yang dianggap perlu agar informasinya lebih jelas.

Catatan atas laporan keuangan tidak wajib, tetapi seringkali bermanfaat karena dapat mengungkap masalah mendasar mengenai kesehatan keuangan perusahaan. Informasi ini memberikan kejelasan bagi mereka yang membutuhkannya tanpa harus memiliki informasi yang tercantum dalam pernyataannya.

Baca juga: Kenali 5 Jenis Laporan Keuangan dan Kegunaannya untuk Bisnis

Fungsi Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

Laporan Keuangan

Fungsi Laporan Keuangan Salah Satunya Sebagai Analisa Keuangan Perusahaan (Sumber: Freepik.com)

Laporan keuangan perusahaan berfungsi untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan dalam suatu periode tertentu. Informasi ini akan digunakan untuk melakukan evaluasi dan mencegah masalah keuangan jika terjadi.

Adapun beberapa fungsi laporan keuangan sebagai berikut :

1. Menilai Kondisi Usaha

Laporan keuangan berguna untuk menilai kondisi usaha saat ini. Jika laporan menunjukkan banyak data kerugian, berarti usaha sedang mengalami kemunduran. Namun jika laporan menunjukkan banyak data profit, berarti usaha sedang berkembang dengan baik.

Dengan demikian, pimpinan dapat menentukan apakah perusahaan harus melanjutkan usaha atau menutupnya karena kerugian usaha yang kronis.

2. Untuk Bahan Evaluasi

Laporan keuangan adalah sebuah aspek penting yang harus dipenuhi untuk menjalankan evaluasi yang berkualitas. Tanpa laporan ini, evaluasi yang dilakukan tidak akan menghasilkan hasil maksimal.

Laporan ini juga berfungsi sebagai parameter untuk menganalisa permasalahan dan mencari solusi yang tepat. Dengan laporan keuangan ini, perusahaan dapat mengidentifikasi penyebab kemunduran dan bagaimana mengatasinya.

3. Sebagai Pertanggungjawaban Suatu Perusahaan

Laporan keuangan berfungsi sebagai bukti pertanggungjawaban bagi perusahaan. Baik kepada investor maupun kepada pemerintah yang terkait dengan pajak dan lainnya.

Dengan laporan keuangan yang detail dan kredibel, perusahaan dapat memastikan bahwa manajemennya berjalan dengan baik sesuai dengan porsi masing-masing.

Sebaliknya, perusahaan dengan laporan keuangan yang berantakan akan menunjukkan bahwa badan usaha tersebut tidak kredibel dan berpotensi mengalami masalah di masa depan.

Tujuan Laporan Keuangan

Menurut Wikipedia, tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas perusahaan. Informasi ini penting bagi berbagai pengguna laporan keuangan untuk membuat keputusan ekonomi yang tepat.

Pemakai Laporan Keuangan menggunakannya untuk meramalkan, membandingkan, dan menilai dampak keuangan yang timbul dari keputusan ekonomis yang diambil. Laporan harus mencakup informasi kuantitatif yang dapat diukur secara objektif, serta penjelasan-penjelasan lainnya yang dirasakan perlu.

Jika nilai uang tidak stabil, hal ini harus dijelaskan dalam laporan. Informasi yang diberikan harus faktual dan dapat dipercaya.

Kesimpulan

Laporan keuangan dapat dianggap sebagai rapot untuk bisnis Anda. Mereka berisi seluruh data keuangan bisnis yang akan membantu Anda untuk mengetahui kesehatan keuangan bisnis Anda.

Jika Anda menggunakan pembukuan manual, mungkin Anda akan menghabiskan banyak waktu dan meningkatkan risiko kesalahan saat menyusun laporan keuangan.

Hal ini karena jika Anda harus melakukan semua pekerjaan ini sendiri, Anda harus menangani banyak transaksi yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Solusinya, Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk memudahkan pencatatan pembukuan dan meminimalisir kesalahan penginputan data.

Menggunakan software akuntansi Beeaccounting sebagai alat untuk membuat laporan keuangan dapat memberi manfaat yang besar bagi bisnis anda. Software ini menyediakan berbagai fitur yang memudahkan membuat laporan keuangan dengan mudah, akurat, dan untung.

21 Des Cta Ba

Beeaccounting memungkinkan Anda untuk memasukkan data keuangan dengan mudah dan cepat, serta memberikan laporan secara real-time ke berbagai departemen dan unit bisnis.

Software ini juga membantu Anda untuk mengidentifikasi dan menganalisa masalah keuangan secara cepat dan meningkatkan efisiensi operasional.

Dengan menggunakan software akuntansi, anda dapat menghemat waktu dan biaya yang terkait dengan menyusun laporan keuangan secara manual.

Akuntansi Biaya Adalah: Jenis, Fungsi dan Siklusnya
Kemajuan dan keberlangsungan bisnis sangat bergantung pada sistem informasi yang baik, perhitungan anggaran yang akurat, dan pelaporan yang efektif. Untuk
Baca Juga
Akuntansi UKM: Aplikasi Pembukuan Sederhananya Usaha Kecil
Akuntansi UKM - Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha
Baca Juga
Panduan Pemula: Cara Mudah Membuat Trial Balance, 5 Menit!
Ketika kita memasuki dunia bisnis dan keuangan, satu dari sekian banyak hal yang sering menjadi pusat perhatian adalah laporan keuangan.
Baca Juga
Kenali 6 Kriteria Software Akuntansi Terbaik Sebelum Beli!
Semakin hari, pekerjaan manusia semakin mudah sebab kecanggihan teknologi. Satu dari bentuk kecanggihan ini adalah hadirnya beragam pilihan software akuntansi
Baca Juga
Laporan Harga Pokok Produksi: Cara Membuat dan Contohnya
Dalam dunia bisnis, terutama pada perusahaan manufaktur, pemahaman yang mendalam tentang laporan harga pokok produksi (HPP) menjadi kunci utama untuk
Baca Juga
Rasio Profitabilitas: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Rasio profitabilitas adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengetahui perbandingan kemampuan dua perusahaan berkaitan dengan pendapatan laba dari pendapatan yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu